Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Adat istiadat dan Firman Tuhan/ Perintah manusia dengan...

ForumAlkitab

1 – 25 dari 110    Ke halaman:  1  2  3 ... 5  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • RIDYK187

    2 november 2015

    Adat istiadat adalah ajaran turun temurun dari nenek moyang yang menjadi kebiasaan hidup yang tidak mengenal Tuhan (Tuhan yang sesungguhnya yaitu Yesus Kristus). Namun sampai sekarang masih banyak orang yang menjalankan adat istiadatnya walaupun sudah menjadi seorang kristen. Padahal adat istiadat degan Firman Tuhan sangat bertentangan dan tidak akan pernah bisa sejalan. dan orang berpegang pada adat itiadat tidak bisa sepenuhnya berkenan kepad Tuhan sebab persahabatan dengan dunia menjadikan kita menjadi musuh Allah ( Yakobus 4:4)

    Tuhan sangat benci dengan adat istiadat karna sama dengan penyembahan berhala 2 Raja-Raja 17:33-34 "33Mereka berbakti kepada Tuhan tetapi dalam pada itu mereka beribadah kepada allah mereka sendiri sesuai dengan adat bangsa" yang dari antaranya mereka di angkut tertawan. 34Sampai hari ini mereka berbuat sesuai dengan adat yang dahulu. Mereka tidak berbakti kepada Tuhan dan tidak berbuat sesu dengan ketetapan, hukum, undang-undang dan perintah yang diperintahkan Tuhan kepada anak-anak yakup yg dinamainya Israel".

    Matius 15:3

    Tetapi jawab Yesus kepada mereka: mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu?

    Ternya orang farisi dan ahli-ahli taurat adalah orang yang memelihara adat istiadat tetapi Yesus tidak. makanya orang farisi dan ahli-ahli taurat membenci Yesus dan berusaha menbunuh-Nya. begitu juga sekarang jika ada orang yang tidak berpegang lagi pada adat istiadat nenek moyang pasti akan dibenci oleh banyak orang bahkan saudara dan orang tua kita sendiri.

    1 Petrus 1:18

    sebab kamu tahu, sebab kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu bukan dari barang yang fana bukan pula dengan perak dan emas.

    Bagaimana kita bisa berkata saya ciptaan baru tetapi hidup dengan cara lama? sebab Firman Tuhan berkata kita didak dapat mengabdi kepada 2 tuan. kita tidak dapat mengabdi kepada mamon (dunia) sekaligus kepada Tuhan.

    Bagaimana menurut saudara-saudara JK? Bersediakah kita meninggalkan kebiasaan lama yang sia-sia dan masuk pada terang yang sesungguhnya?

    Syalom. Tuhan Yesus memberkati.

  • STEFANY387

    2 november 2015

    Saya suku jawa tp tdk pernah memakai adat istiadat dalam menentukan hari or percaya weton dll. Bagi keluarga besar kami hanya percaya Tuhan Yesus. Misal dlm menentukan hari memulai bisnis, masuk rumah dll, kami tdk pernah memilih tgl or hari kan bagi Tuhan semua hari baik dan dlm memulai apapun pokoknya andalkan + tempatkan Tuhan yg paling utama. JBU.

  • VINCENSIA931

    2 november 2015

    RIDYK187 tulis:

    Bagaimana menurut saudara-saudara JK? Bersediakah kita meninggalkan kebiasaan lama yang sia-sia dan masuk pada terang yang sesungguhnya?

    Syalom. Tuhan Yesus memberkati.

    Generasi muda, anak Tuhan sekarang ini sudah banyak yang sadar diri. Ritual macam begitu yang tidak sejalan dengan Firman Tuhan akan mereka tinggalkan. Tapi yang namanya kehidupan tidak sesimpel itu. Iblis makin pandai nan cerdik.

    Mari kita berandai-andai,

    Bagaimana jika Anda adalah seorang Kristen yang taat rajin ke gereja dll, tapi tanpa Anda sadari ada roh kegelapan yang menyertai Anda sejak Anda dalam kandungan ibu. Karena roh itu adalah diturunkan dari leluhur Anda yang sakti mandraguna tanpa Anda sadari dan inginkan. Ada warisan kutukan yang menyertai Anda tanpa anda sadari karena leluhur Anda adalah dukun sakti. Yang miris adalah orang lain tahu diri Anda 'isi" namun Anda sendiri tidak mengetahuinya. Jaman dahulu para leluhur memiliki ilmu kesaktian adalah untuk proteksi diri ketika peperangan berlangsung. Selain itu penyebaran agama Kristen belum dikenal oleh para leluhur kita.

    See? Mengapa hal ini Tuhan ijinkan terjadi? Agar Firman Tuhan digenapi.

    Alkitab melarang keterlibatan dalam okultisme.

    "Di antaramu janganlah didapati seorang pun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir, seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati. Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi Tuhan, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah Tuhan, Allahmu, menghalau mereka dari hadapan Tuhan, Allahmu" (Ul. 18:10-12).

    "Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora, dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah" (Gal. 5:19-21).

    "Demikianlah Saul mati karena perbuatannya yang tidak setia terhadap Tuhan, oleh karena ia tidak berpegang pada firman Tuhan, dan juga karena ia telah meminta petunjuk dari arwah, dan tidak meminta petunjuk Tuhan. Sebab itu Tuhan membunuh dia dan menyerahkan jabatan raja itu kepada Daud bin Isai" (1Taw. 10:13,14).

    Wahyu 21:8 menghakimi mereka yang melakukan kebiasaan magis. Dalam ucapan hukumannya terhadap Babil di Yesaya 47:11-15, Tuhan menyebut suatu daftar panjang kebiasaan-kebiasaan okultisme bangsa itu.

    Iman Kristen mengajarkan bahwa pada mulanya adalah Firman, dan Firman itu adalah terang bagi manusia bukan kegelapan. Apakah roh Allah akan diam saja melihat anakanakNya yang dikasihiNya seperti itu? Tidak. Meski perlu waktu, Roh Kudus yang berdiam diri pada anakNya lebih besar dari pada roh kegelapan. Tuhan memberikan manusia iman dan rasio, maka iman dan rasio itu dipakai untuk melihat terang itu, bukan melihat kegelapan. Jikalau hal dipakai untuk kegelapan, maka yang terjadi adalah kemerosotan, dan itulah yang harus diselamatkan. Roh kegelapan harus diikat dan dipatahkan. Kabar keselamatan harus diberitakan. Nama Yesus dipermuliakan.

    Tuhan Yesus memberkati.

  • ERMY555

    2 november 2015

    Roh Tuhan dan Roh kegelapan tdk mungkin ada dalam satu tubuh. Jika di dlm kita sdh ada Roh Tuhan maka Roh kegelapan akan pergi...

    Tuhan Yesus sdh mengalahkan kutuk...

  • GOLYATSB430

    2 november 2015

    Adat istiadat dan budaya.. boleh saja dilakukan asal tdk bertentangan dgn firman Tuhan, krn tdk semua adat budaya selalu penyembahan terhadap berhala, tetapi lebih pada  norma n sopan santun, kebiasan dan juga hasil riset

    Firman Tuhan di

    1 kor 11:2-16 (adat istiadat yg merupakan kebiasaan)

    Hak. 11:39,40 (adat istiadat netral)

    Yoh. 2:6, 19:40(adat istiadat netral)

    Yes 28:23-29 (adat istiadat yg merupakan hukum alam)

    Intinyayg tidak bertentangan dgn firman Tuhan dan tdk mengandung kuasa kegelapan boleh dilakukan.

    Salam

  • RIDYK187

    2 november 2015

    VINCENSIA931 tulis:

    Generasi muda, anak Tuhan sekarang ini sudah banyak yang sadar diri. Ritual macam begitu yang tidak sejalan dengan Firman Tuhan akan mereka tinggalkan. Tapi yang namanya kehidupan tidak sesimpel itu. Iblis makin pandai nan cerdik.

    Mari kita berandai-andai,

    Bagaimana jika Anda adalah seorang Kristen yang taat rajin ke gereja dll, tapi tanpa Anda sadari ada roh kegelapan yang menyertai Anda sejak Anda dalam kandungan ibu. Karena roh itu adalah diturunkan dari leluhur Anda yang sakti mandraguna tanpa Anda sadari dan inginkan. Ada warisan kutukan yang menyertai Anda tanpa anda sadari karena leluhur Anda adalah dukun sakti. Yang miris adalah orang lain tahu diri Anda 'isi" namun Anda sendiri tidak mengetahuinya. Jaman dahulu para leluhur memiliki ilmu kesaktian adalah untuk proteksi diri ketika peperangan berlangsung. Selain itu penyebaran agama Kristen belum dikenal oleh para leluhur kita.

    See? Mengapa hal ini Tuhan ijinkan terjadi? Agar Firman Tuhan digenapi.

    jika para leluhur kita yang melakukan hal yang demikian itu wajar" saja karna mereka belum mengenal kebenaran. kita tau bahwa leluhur kita dahulu tidak kenal Tuhan masa kebiasaan orang" yang tidak mengenal Tuhan kita masih pelihara sementara kita sudah tau kebenaran?

    Adat istiadat yang diwarisi oleh nenek moyang kita memang punya roh namun Roh Kudus jauh lebih berkuasa dari roh itu. jika kita mau keluar dari kegelapan itu pasti akan di tolong oleh Tuhan. Hanya saja banyak orang yang tidak mau keluar dari ritual adat istiadat tersebut dan malah memeliharanya itulah yang membuat karya Roh Kudus tidak bekerja.

  • 2 november 2015

    hi Brother RIDYK187 ,

    adat yang bertentangan dengan Injil, misalnya: Poligami, upacara mendoakan orang mati, praktek-praktek spiritisme(pemujaan terhadap arwah orang mati), ocultisme, animisme dan dynamisme. Bertenung dan meramal (Ulangan 18:9-12). Kedua, adat yang Netral artinya tidak dilarang tapi juga tidak di anjurkan misalnya: cara berpakaian (Ulos), sopan santun, etika sopan santun, cara makan-cara duduk, cara bersalaman. Ketiga, adat yang sejalan dengan ajaran Alkitab, misalnya: Hormat kepada orangtua (Keluaran 20:12), tidak boleh menikah dengan saudara kandung /semarga (Imamat 20:17), tidak boleh berjinah (Ulangan 22:22), tidak boleh mencuri, isteri hormat kepada suami (Efesus 5:22), peraturan pergaulan laki-laki dan wanita, hubungan seks pra-nikah(Efesus 5:3-5), memberi sedekah/peduli dengan orang miskin (Matius 25:31-46), sifat gotong royong, bertolong-tolongan menanggung beban (Galatia 6:2).

    sebenarnya adat - istiadat itu baik jika tunduk dan mendahulukan kepada Firman Tuhan. contohnya sebuah marga membuat arisan dan itu dibuat di hari minggu,biasanya diarisan itu ada hidangan makan terkadang HANYA krna mempersiapkan buat acara arisan jadi tidak keGereja. nah padahal ARISAN MARGA itu tidak salah tapi krna orang meningglkan ibadah demi ARISAN itu yang jadi Dosa.

    Yesus aja menghadiri pesta pernikahan di Kana sesuai adat istiadat Yahudi (Yohanes 2:1-11). Yesus disunat sesuai hukum adat Yahudi (Lukas 2:21-40) berpakaian sesuai adat Yahudi, dikuburkan sesuai adat istiadat Yahudi

  • RIDYK187

    2 november 2015

    HARYATIE307 tulis:

    hi Brother RIDYK187 ,

    adat yang bertentangan dengan Injil, misalnya: Poligami, upacara mendoakan orang mati, praktek-praktek spiritisme(pemujaan terhadap arwah orang mati), ocultisme, animisme dan dynamisme. Bertenung dan meramal (Ulangan 18:9-12). Kedua, adat yang Netral artinya tidak dilarang tapi juga tidak di anjurkan misalnya: cara berpakaian (Ulos), sopan santun, etika sopan santun, cara makan-cara duduk, cara bersalaman. Ketiga, adat yang sejalan dengan ajaran Alkitab, misalnya: Hormat kepada orangtua (Keluaran 20:12), tidak boleh menikah dengan saudara kandung /semarga (Imamat 20:17), tidak boleh berjinah (Ulangan 22:22), tidak boleh mencuri, isteri hormat kepada suami (Efesus 5:22), peraturan pergaulan laki-laki dan wanita, hubungan seks pra-nikah(Efesus 5:3-5), memberi sedekah/peduli dengan orang miskin (Matius 25:31-46), sifat gotong royong, bertolong-tolongan menanggung beban (Galatia 6:2).

    sebenarnya adat - istiadat itu baik jika tunduk dan mendahulukan kepada Firman Tuhan. contohnya sebuah marga membuat arisan dan itu dibuat di hari minggu,biasanya diarisan itu ada hidangan makan terkadang HANYA krna mempersiapkan buat acara arisan jadi tidak keGereja. nah padahal ARISAN MARGA itu tidak salah tapi krna orang meningglkan ibadah demi ARISAN itu yang jadi Dosa.

    Yesus aja menghadiri pesta pernikahan di Kana sesuai adat istiadat Yahudi (Yohanes 2:1-11). Yesus disunat sesuai hukum adat Yahudi (Lukas 2:21-40) berpakaian sesuai adat Yahudi, dikuburkan sesuai adat istiadat Yahudi

    Kita lakukan Firman Tuhan saja saya rasa sudah lebih dari cukuplah bahkan Firman Tuhan jauh lebih sempurna dari segalanya. kalau sudah ada Firman Tuhan tidak perlu lg aturan-aturan yang lain. Firman Tuhan saja kalau bisa kita kerjakan udah puji Tuhan. sadar atau tidak sadar adat istiadat adalah sebuah berhala yang membuat kita jauh dari tuhan. Salah satu contoh kalau kita orang batak mau mengadakan pesta adat menikah ataupun pesta orang mati siap sampai berhutang demi menjalankan aturan adatnya sedangkan untuk pekerjaan Tuhan misalnya untuk pembangunan gereja jangankan sampe ngutang memberi yang ada padanya saja susah. Dalam pesta adat batak kan biasanya untuk memberkati kan ataupun menasehati pake umpasa yang kalau dari sudut pandang kita seakan-akan itu tidak masalah dan tidak melanggar Firman Tuhan. Tapi ternyata tidak.

    Kolose 2:8

    Hati-hatilah supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak dari kristus.

  • 2 november 2015

    terkadang orang yang menerima ajaran Tuhan jika tidak penuh HIKMAT, akan susah buat mengerti dan memahami  apa yg Tuhan maksud dan kehendaki dalam hidupnya.

    2 november 2015 diubah oleh HARYATIE307

  • VINCENSIA931

    2 november 2015

    ERMY555 tulis:

    Roh Tuhan dan Roh kegelapan tdk mungkin ada dalam satu tubuh. Jika di dlm kita sdh ada Roh Tuhan maka Roh kegelapan akan pergi...

    Tuhan Yesus sdh mengalahkan kutuk...

    Awalnya saya juga berpengertian seperti Anda. Namun kenyataannya tidak seperti itu. Saya mengatakan ini karena saya tahu ada orang yang saya kenal mengalaminya. Puji Tuhan dia telah didoakan doa pelepasan, pengikatan roh kegelapan dari keturunan.

    Banyak orang Kristen yang rajin gereja, baca alkitab dll, tapi suatu saat ada kalanya dia ada keraguan dalam melayani Tuhan. Itu ulah siapa? Ya roh kegelapan itu.

  • MERMAN459

    2 november 2015

    gw siih cm bisa bilang :

    HIDUP ADAT - HIDUP ALLAH....Hiduuuuuuup!!!:-D8-)

  • RIDYK187

    2 november 2015

    MERMAN459 tulis:

    gw siih cm bisa bilang :

    HIDUP ADAT - HIDUP ALLAH....Hiduuuuuuup!!!:-D8-)

    Mana boleh bro, sebagai contoh ada seorang cina buddha kemudian percaya Yesus. masa ia beribadah kepada Tuhan tetapi juga masih menyembah patung"nya ataupun bakar" kertasnya? karna tidak mungkin seseorang mengabdi kepada dua tuan. karna dia akan mentaati yang satu dan mengabaikan yang lain ataupun sebaliknya.

  • MERMAN459

    2 november 2015

    maaf bro, sy bukan cina..sy bataak!!

    apakah ada penyembahan di adat batak??

    apa bener ulos itu sbg lambang penyembahan??*krn setau gw ada gereja yg melarang ulos..

    karna gw gereja di HKBP..jd, hidup ADAT hidup ALLAH...

    RIDYK187 tulis:

    Mana boleh bro, sebagai contoh ada seorang cina buddha kemudian percaya Yesus. masa ia beribadah kepada Tuhan tetapi juga masih menyembah patung"nya ataupun bakar" kertasnya? karna tidak mungkin seseorang mengabdi kepada dua tuan. karna dia akan mentaati yang satu dan mengabaikan yang lain ataupun sebaliknya.

  • RIDYK187

    2 november 2015

    MERMAN459 tulis:

    maaf bro, sy bukan cina..sy bataak!!

    apakah ada penyembahan di adat batak??

    apa bener ulos itu sbg lambang penyembahan??*krn setau gw ada gereja yg melarang ulos..

    karna gw gereja di HKBP..jd, hidup ADAT hidup ALLAH...

    Dalam adat batak dalam pesta pernikahan klw lg manortor kalau  hula"nya pasti di sembah"kan? apakah itu bukan berhala. Mengenai ulos itu di pake untuk ritualnya dan jg termasuk persembahannya dan itu termasuk ke dalam aturan/perintah adat. kenapa tidak bisa diganti dgn yang lain? sebagai contoh kenapa dalam pesta pernikahan pihak parboru harus membawa ulos dan tidak bisa  diganti dengan yang lain? di mana itu tertulis? tolong kasih ayatnya dong!

    Kalau untuk adat orang batak sangan taat namun kalau untuk Firman Tuhan sering kali diabaikan.

  • ERMY555

    2 november 2015

    org batak tdk bisa lepas dari adat batak terutama dalihan natolu. Kl tdk mau mengikuti adat batak artinya harus menghilangkan marga. Slm masih ada marga kt pasti ada tulang ada namboru dsb.  Somba itu artinya hormat bukan menyembah.

    Emang jaman dahulu (jaman adam, musa dsb) sebelum ada agama, ada pemberkatan gitu... bukankah mereka dinikahkan dengan adat mereka masing2.

    ulos itu adalah suatu simbol.. sama seperti cincin ketika menikah.

    Menurut saya adat batak tdk bertentangan dengan firman Tuhan. Tetapi menyembah berhala dan okultisme bertentangan dgn firman Tuhan.

  • MERMAN459

    2 november 2015

    Waahh..suka banget sm penjelasannya!! #kereen kk ermy..setujuu, gk ush pk marga klo ngilangin adat. Apalagi klo malu sbg org batak..dan menghilangkan ulos sbg icon org batak..

    Mngkin bro ridick sdh dpt pencerahan dr jwbn kk ermy..

    ERMY555 tulis:

    org batak tdk bisa lepas dari adat batak terutama dalihan natolu. Kl tdk mau mengikuti adat batak artinya harus menghilangkan marga. Slm masih ada marga kt pasti ada tulang ada namboru dsb.  Somba itu artinya hormat bukan menyembah.

    Emang jaman dahulu (jaman adam, musa dsb) sebelum ada agama, ada pemberkatan gitu... bukankah mereka dinikahkan dengan adat mereka masing2.

    ulos itu adalah suatu simbol.. sama seperti cincin ketika menikah.

    Menurut saya adat batak tdk bertentangan dengan firman Tuhan. Tetapi menyembah berhala dan okultisme bertentangan dgn firman Tuhan.

  • NATHALIA053

    3 november 2015

    Klo utk adat org batak sangat taat tp firman Tuhan sering d abaikan?  Kamu udh lht semua org batak yg ada d muka bumi ini?? Apa setiapp org yg mengabaikan firman Tuhan it pasti orang batak ?? :)

    Kenapa harus pake ulos ?? Pertanyaan yg lucu.. yah karna klo pake songket itu dr palembang :)

    Sombah hula2 trus dinyatakan berhala? Coba tanya dlu gih sama natua2 apakah konotasi dr kalimat it adlah menyembah hula2 sama dg cara kita menyembah Tuhan ?

    Semua aturan adat tdk ad tertulis di alkitab , tp kita diberikan hikmat oleh Tuhan, utk memilah milah mana adat yg bisa kita jalani mana yg tdk bisa

    Jgn terlalu gampang menjudge, dan mengeneralisasikan suatu case hanya dg 1 sumber dan sudut pandang saja, cari info dan sudut pandang yg lain sebanyaknya spya g slh menafsirkan dan menyimpulkan, be smart people , no hard feeling yaa to, Gbu

    RIDYK187 tulis:

    Dalam adat batak dalam pesta pernikahan klw lg manortor kalau  hula"nya pasti di sembah"kan? apakah itu bukan berhala. Mengenai ulos itu di pake untuk ritualnya dan jg termasuk persembahannya dan itu termasuk ke dalam aturan/perintah adat. kenapa tidak bisa diganti dgn yang lain? sebagai contoh kenapa dalam pesta pernikahan pihak parboru harus membawa ulos dan tidak bisa  diganti dengan yang lain? di mana itu tertulis? tolong kasih ayatnya dong!

    Kalau untuk adat orang batak sangan taat namun kalau untuk Firman Tuhan sering kali diabaikan.

  • NATHALIA053

    3 november 2015

    Babehh guee is the best pokokeee

    Ummaaakkkk

    GOLYATSB430 tulis:

    Adat istiadat dan budaya.. boleh saja dilakukan asal tdk bertentangan dgn firman Tuhan, krn tdk semua adat budaya selalu penyembahan terhadap berhala, tetapi lebih pada  norma n sopan santun, kebiasan dan juga hasil riset

    Firman Tuhan di

    1 kor 11:2-16 (adat istiadat yg merupakan kebiasaan)

    Hak. 11:39,40 (adat istiadat netral)

    Yoh. 2:6, 19:40(adat istiadat netral)

    Yes 28:23-29 (adat istiadat yg merupakan hukum alam)

    Intinyayg tidak bertentangan dgn firman Tuhan dan tdk mengandung kuasa kegelapan boleh dilakukan.

    Salam

  • MERMAN459

    3 november 2015

    hahahaha....*ngakak dibagian songketnya..haduh sakit perut gw :-D

    keerennn dah klo idola gw udh koment...8-)..*ngeriiii....:-D

    NATHALIA053 tulis:

    Klo utk adat org batak sangat taat tp firman Tuhan sering d abaikan?  Kamu udh lht semua org batak yg ada d muka bumi ini?? Apa setiapp org yg mengabaikan firman Tuhan it pasti orang batak ?? :)

    Kenapa harus pake ulos ?? Pertanyaan yg lucu.. yah karna klo pake songket itu dr palembang :)

    Sombah hula2 trus dinyatakan berhala? Coba tanya dlu gih sama natua2 apakah konotasi dr kalimat it adlah menyembah hula2 sama dg cara kita menyembah Tuhan ?

    Semua aturan adat tdk ad tertulis di alkitab , tp kita diberikan hikmat oleh Tuhan, utk memilah milah mana adat yg bisa kita jalani mana yg tdk bisa

    Jgn terlalu gampang menjudge, dan mengeneralisasikan suatu case hanya dg 1 sumber dan sudut pandang saja, cari info dan sudut pandang yg lain sebanyaknya spya g slh menafsirkan dan menyimpulkan, be smart people , no hard feeling yaa to, Gbu

  • RIDYK187

    3 november 2015

    ERMY555 tulis:

    org batak tdk bisa lepas dari adat batak terutama dalihan natolu. Kl tdk mau mengikuti adat batak artinya harus menghilangkan marga. Slm masih ada marga kt pasti ada tulang ada namboru dsb.  Somba itu artinya hormat bukan menyembah.

    Emang jaman dahulu (jaman adam, musa dsb) sebelum ada agama, ada pemberkatan gitu... bukankah mereka dinikahkan dengan adat mereka masing2.

    ulos itu adalah suatu simbol.. sama seperti cincin ketika menikah.

    Menurut saya adat batak tdk bertentangan dengan firman Tuhan. Tetapi menyembah berhala dan okultisme bertentangan dgn firman Tuhan.

    hormat kalau diartikan ke bahasa batak adalah sangap saudaraku. artinya udah jauh!

    Kemudian ada lg istilah orang batak mengatakan pasu-pasu ni tulang sambola langit. Apa itu ngak salah? kalau berkat dari tulang setengah langit berarti Tuhan hanya punya setengah lagi dong. bukankan Tuhan yang menurunkan berkat kedunia ini seutuhnya?

  • RIDYK187

    3 november 2015

    NATHALIA053 tulis:

    Klo utk adat org batak sangat taat tp firman Tuhan sering d abaikan?  Kamu udh lht semua org batak yg ada d muka bumi ini?? Apa setiapp org yg mengabaikan firman Tuhan it pasti orang batak ?? :)

    Kenapa harus pake ulos ?? Pertanyaan yg lucu.. yah karna klo pake songket itu dr palembang :)

    Sombah hula2 trus dinyatakan berhala? Coba tanya dlu gih sama natua2 apakah konotasi dr kalimat it adlah menyembah hula2 sama dg cara kita menyembah Tuhan ?

    Semua aturan adat tdk ad tertulis di alkitab , tp kita diberikan hikmat oleh Tuhan, utk memilah milah mana adat yg bisa kita jalani mana yg tdk bisa

    Jgn terlalu gampang menjudge, dan mengeneralisasikan suatu case hanya dg 1 sumber dan sudut pandang saja, cari info dan sudut pandang yg lain sebanyaknya spya g slh menafsirkan dan menyimpulkan, be smart people , no hard feeling yaa to, Gbu

    Saya hanya mengangkan salah satu karna saya orang batak. Kenapa dulu orang batak membunuh nomensen orang yang membawa injil ke tanah batak? tentu karena yang diajarkan oleh nomensen sangat bertentangan dengan adat batak yang menjadi agama/kepercayaan orang batak pd masa itu. Dulu saya jg sering ikut-ikutan kepesta adat dan memang kalau manortor itu dengan hula". hula"nya itu di sembah" memang tidak langsung sujud hanya membungkuk/nunduk sambil mengangkat tangan.

    Masalah ulos jika seumpamanya ada yang menikahkan anak perempuannya apakah boleh tanpa membawa ulos atau mungkin diganti dengan selimut misalnya?

    kedua orang tuaku juga masih memelihara adat istiadat dan kalau untuk adat walaupun ngak ada uang pasti akan di usahakan meskipun harus dengan ngutang.Dan kalau untuk manortor bisa sampai menghabiskan uang ratusan ribu bahkan jutaan tapi untuk persembahan waktu ibadah memberi uang 1000 rupiah. Apakah itu bukan berhala?

  • 3 november 2015

    adat istiadat dizaman sekarang apalagi yg tinggal diperkotaan...n sudah di telaah n dikaji ke dalam FIRMAN TUHAN..pastinya.

    KLu mnurut aku ya....Mengikuti Adat istiadat hanyalah SEKEDAR  penghargaan saja ama budaya kita(khusus adat istiadat batak(biar ga hilang )...karna ada bagian2 yg memang sangat bertentangan dgn Firman Tuhan.

    Tapi didlm adat istiadat ada jg hal yg baik jg yg kt bisa ambil.

  • RIDYK187

    3 november 2015

    DESIANA667 tulis:

    adat istiadat dizaman sekarang apalagi yg tinggal diperkotaan...n sudah di telaah n dikaji ke dalam FIRMAN TUHAN..pastinya.

    KLu mnurut aku ya....Mengikuti Adat istiadat hanyalah SEKEDAR  penghargaan saja ama budaya kita(khusus adat istiadat batak(biar ga hilang )...karna ada bagian2 yg memang sangat bertentangan dgn Firman Tuhan.

    Tapi didlm adat istiadat ada jg hal yg baik jg yg kt bisa ambil.

    Masalahnya yang banyak saya temui malah terbalik. adat istiadatnya yang diperkuat ibadahnya hanya sekedar. Ketika ada pesta pernikahan pemberkatan di gerja hanya dua jam saja tp sudah ngak tenang lg. bahkan pernah ada yang mengatakan sewaktu pendetanya mau khotbah dalam bahsa batak ai unang palelengku amang marjamita alana  godang nai annon acara i alaman. Jahat bukan?

    Dalam Alkitab Tuhan katakan orang yang melakukan adat istiadat percuma beribadah kepada Tuhan karena ibadah yang dilakukan adalah perintah manusia (Markus 7:6-7)

    Orang tuaku pernah mau jodoh"kan aku dengan seseorang dan akupun ngak begitu tertarik karna aku tau itu akan susah. Tapi aku bilang sama orang tuaku kalau dia mau nikah hanya diberkati di jereja  saja tanpa pesta/ritual adat ok" saja. Tapi orang tuaku langsung bilang ngak jadilah nanti jadi malu aku kamu bikin cari sendirilah yang sesuai keinginanmu (dengan nada yang tidak enak).  Apakah kalau tidak mengikuti adat istiadat adalah dosa?

    Tapi itu semua memang sudah dinubuatkan Tuhan bahwa orang yang melakukan Firman Tuhan akan di benci oleh banyak orang bahkan orang tua dan saudara kandung.

  • 3 november 2015

    RIDYK187.. Dari member yg sudah memberikan pendapatanya hampir semua tidak ada yg benar menurut kamu. Kamu sudah seperti lebih dari seorang saksi jahowa. Indonesia negara yg mempunyai beragam adat istiadat, trus apakah semuanya berdosa krna adat istiadat nya. Bagaimana menurut kamu ketika Tuhan menghadiri pesta pernikahan di Kana yg dibuat dngn tradisi orang Yahudi? Dan Yesus dikuburkan dengan cara adat Yahudi.

    Saya punya teman Pdt yg sama satu aliran Gereja sama kamu, tp dia tetap menghadiri pesta adat, bahkan beliau ikut mangulosi.

  • JUL485

    3 november 2015

    RIDYK187 tulis:

    Masalahnya yang banyak saya temui malah terbalik. adat istiadatnya yang diperkuat ibadahnya hanya sekedar. Ketika ada pesta pernikahan pemberkatan di gerja hanya dua jam saja tp sudah ngak tenang lg. bahkan pernah ada yang mengatakan sewaktu pendetanya mau khotbah dalam bahsa batak ai unang palelengku amang marjamita alana  godang nai annon acara i alaman. Jahat bukan?

    Dalam Alkitab Tuhan katakan orang yang melakukan adat istiadat percuma beribadah kepada Tuhan karena ibadah yang dilakukan adalah perintah manusia (Markus 7:6-7)

    Orang tuaku pernah mau jodoh"kan aku dengan seseorang dan akupun ngak begitu tertarik karna aku tau itu akan susah. Tapi aku bilang sama orang tuaku kalau dia mau nikah hanya diberkati di jereja  saja tanpa pesta/ritual adat ok" saja. Tapi orang tuaku langsung bilang ngak jadilah nanti jadi malu aku kamu bikin cari sendirilah yang sesuai keinginanmu (dengan nada yang tidak enak).  Apakah kalau tidak mengikuti adat istiadat adalah dosa?

    Tapi itu semua memang sudah dinubuatkan Tuhan bahwa orang yang melakukan Firman Tuhan akan di benci oleh banyak orang bahkan orang tua dan saudara kandung.

    Sepertinya bro RIDYK187 sudah mendapatkan suatu anugerah yg luar biasa. Tentu anugerah tersebut didapat berdasarkan pergumulan bro Ridyk.

    Sy setuju dg pendapat tmn2 diatas,

    Dan buat bro Ridyk, apakah menurut bro Ridyk semua pernyataan bro sudah tepat dan benar? Pernahkah bro mengajukan hal demikian dg org2 yg ahli baik agama maupun adat?

    Jangan informasi yg sepotong2 itu membuat bro Ridyk langsung menilai adat hingga demikian.

    3 november 2015 diubah oleh JUL485

1 – 25 dari 110    Ke halaman:  1  2  3 ... 5  Selanjutnya Kirim tanggapan