Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Adat istiadat dan Firman Tuhan/ Perintah manusia dengan...

ForumAlkitab

76 – 100 dari 110    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 3  4  5  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • MERMAN459

    8 januari 2016

    Amin...

  • DEDIS726

    1 mei 2017

    1 Timotius 6:3-21

    6:3 Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat--yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus--dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita,

    6:4 ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga,

    6:5 percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan.

    6:6 Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.

    6:7 Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.

    6:8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.

    6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.

    6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

    6:11 Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan.

    6:12 Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.

    6:13 Di hadapan Allah yang memberikan hidup kepada segala sesuatu dan di hadapan Kristus Yesus yang telah mengikrarkan ikrar yang benar itu juga di muka Pontius Pilatus, kuserukan kepadamu:

    6:14 Turutilah perintah ini, dengan tidak bercacat dan tidak bercela, hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diri-Nya,

    6:15 yaitu saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia, Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan.

    6:16 Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.

    6:17 Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.

    6:18 Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi

    6:19 dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya.

    6:20 Hai Timotius, peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu. Hindarilah omongan yang kosong dan yang tidak suci dan pertentangan-pertentangan yang berasal dari apa yang disebut pengetahuan,

    6:21 karena ada beberapa orang yang mengajarkannya dan dengan demikian telah menyimpang dari iman. Kasih karunia menyertai kamu!

    Gereja yang mengajarkan memburu kesuksesan finansial, kesuksesan karir dan Gereja yang menyatakan Tuhan Yesus malu punya pengikut miskin, itu adalah si penyesat, tuhanya mamon.

    Tuhan Yesus berfirman supaya kita mencari kerajaan allah dan kebenaranya dulu maka semua itu akan ditambahkan.

    Tuhan Yesus berfirman supaya kita tidak kwahtir akan hal apapun.

    Waspadalah pada si penyesat yang membuat aturan lama yang sudah tidak berlaku lagi, karna kematian Yesus dikayu Salib telah menghapus hukum seremoni Perjanjian lama, karna Perjanjian baru semua orang bisa menjadi imam dan Tuhan Yesus beserta para rasul tidak melakukan perpuluhan karna memang hakikatnya hukum seremoni Perjanjian lama sudah tidak berlaku lagi.

  • 1 mei 2017

    untuk menuju kehidupan yang lebih baik dalam segenap aspek, harusnya bersedia.

  • 1 mei 2017

    DEDIS726 tulis:

    ...

    Gereja yang mengajarkan memburu kesuksesan finansial, kesuksesan karir itu adalah si penyesat, tuhanya mamon.

    Diuji dulu, bray.

    Saya yakin banyak yang tidak sepakat dengan opini Anda itu.

    dan Gereja yang menyatakan Tuhan Yesus malu punya pengikut miskin, itu adalah si penyesat, tuhanya mamon.

    Sepakat.

    Bahwa Yesus Kristus pernah memuji seorang janda miskin atas persembahan yang diberikannya, buat saya, itu bukti bahwa Yesus Kristus tidak malu punya pengikut miskin.

    Tuhan Yesus berfirman supaya kita mencari kerajaan allah dan kebenaranya dulu maka semua itu akan ditambahkan.
    Tuhan Yesus berfirman supaya kita tidak kwahtir akan hal apapun.

    Sepakat.

    Tapi perlu membaca keselurahan perikop untuk mendapatkan pengertian yang lebih mendetil karena dimana ada hak (baca: berkat), di situ ada kewajiban.

    Waspadalah pada si penyesat yang membuat aturan lama yang sudah tidak berlaku lagi, karna kematian Yesus dikayu Salib telah menghapus hukum seremoni Perjanjian lama,

    Benar adanya.

    Buktinya, saya tidak perlu melakukan persembahan korban persembahan di bait Allah.

    karena Perjanjian baru semua orang bisa menjadi imam

    Lebih tepatnya adalah karena pengorbanan Yesus Kristus.

    Wahyu 1:6 LAI-TB:
    dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.

    Wahyu 5:10 LAI-TB:
    Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

    dan Tuhan Yesus beserta para rasul tidak melakukan perpuluhan karna memang hakikatnya hukum seremoni Perjanjian lama sudah tidak berlaku lagi.

    Lebih dari itu, menurut saya, Yesus Kristus bahkan mempertajam lagi soal persembahan.

    Matius 19:21-24 LAI-TB :
    (21) Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."

    Yesus tidak pernah secara spesifik mengajarkan tentang persepuluhan, malahan Yesus mengajarkan bahwa seluruh apa yang kita punya, HARUS dipersembahkan, bukan cuma sepersepuluhnya. (Warning : mohon opini ini jangan ditelan mentah-mentah)

    Saya mohon dibaca lagi keseluruhan perikopnya untuk memperoleh pengertian yang lebih mendetil tentang persembahan.

    1 mei 2017 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • TOTTI583

    1 mei 2017

    jadi sebaiknya bagaimana ya? apakah adat harus ditinggalkan?

  • DONY531

    1 mei 2017

    tentu tidak bro...

    kalau iya, sudah dilepaslah itu nama marga utk orang2 batak atau maluku.. atau ga dipake lg itu bahasa jawa sm org2 jawa..

    1 mei 2017 diubah oleh DONY531

  • TOTTI583

    1 mei 2017

    sip..setuju..

    DONY531 tulis:

    tentu tidak bro...

    kalau iya, sudah dilepaslah itu nama marga utk orang2 batak atau maluku.. atau ga dipake lg itu bahasa jawa sm org2 jawa..

  • 7 mei 2017

    Menurut saya : NATAL ADALAH SALAH SATU ADAT-ISTIADAT (TRADISI) AGAMA KRISTEN

    Apakah saya merayakan Natal?
    Ya, sepanjang usia hingga saat ini, saya selalu dan selalu merayakan Natal di gereja dan rumah. Merayakan Natal dalam rangka MEMPERINGATI kelahiran Yesus Kristus.

    Why?

    2 Timotius 2:8 LAI-TB,
    "Ingatlah ini: Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati, yang telah dilahirkan sebagai keturunan Daud, itulah yang kuberitakan dalam Injilku.

    Kata Ingatlah, diterjemahkan dari kata Yunani, "mnêmoneue" dengan tensis Present - Active - Imperative, yaitu perintah aktif untuk melakukan tindakan pada waktu sekarang atau berulang-ulang.

    Secara etimologi, merayakan tidak sama dengan mengingat.

    Saya bisa saja mengingat kelahiran Yesus Kristus tanpa harus merayakannya. Tetapi dengan merayakan, terlepas dari besar-kecilnya perayaan yang dilakukan, saya bisa mengingat sekaligus mengingatkan keluarga dan saudara seiiman saya bersama-sama. Why not?


    That's my two cents.

    7 mei 2017 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • ASBOL520

    7 mei 2017

    Saya sih setuju dgn pemikiran Gus Dur :

    Kristen datang bukan untuk mengubah budaya leluhur kita

    Kita pertahankan milik kita

    Kita harus serap ajarannya tapi bukan budaya nya

    Kebudayaan Indonesia sangat fenomenal krn sangat beragam hanya di 1 negara, ga ada negara lain didunia ini punya suku, bahasa n adat istiadat sebanyak kita.

    Saya sih sangat bangga dengan budaya batak, krn sudah bersekolah jadi tau mana budaya batak yg bagus bs diaplikasikan kehidupan sehari hari n mana yg ga bagus krn memuja berhala.

    Gitu aja koq repot

  • 7 mei 2017

    Hari ini mau gak mau, suka gak suka harus mlanggar printah Tuhan untuk tidak bekerja di hari sabat :-( tp klo mo cari pembenaran diri, mngikuti firman Tuhan gak salah jga krn menurut Ibrani 13:17 "Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka...:-)

    Brhubung bos yg suruh,, ya apa mo dikata,, aku mah apa atuh :-(

    Ya sudah lah ya,, yg pnting ntar sore harus ke gereja mngucap syukur atas berkatNya, tetep smangat

    #Happy Sunday n God Bless Us O:)

  • 9 mei 2017

    ALIANA233 tulis:

    Hari ini mau gak mau, suka gak suka harus mlanggar printah Tuhan untuk tidak bekerja di hari sabat :-( tp klo mo cari pembenaran diri, mngikuti firman Tuhan gak salah jga krn menurut Ibrani 13:17 "Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka...:-)

    Brhubung bos yg suruh,, ya apa mo dikata,, aku mah apa atuh :-(

    Ya sudah lah ya,, yg pnting ntar sore harus ke gereja mngucap syukur atas berkatNya, tetep smangat

    #Happy Sunday n God Bless Us O:)

    Kalo Anda bukan orang Yahudi atau Kaum Nasrani (orang Kristen-Yahudi yang tetap menjalankan Hukum Taurat), Anda sama sekali tidak terikat dengan ketetapan Hukum Sabat.  

    9 mei 2017 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • 11 mei 2017

    Sy bukan orang Yahudi tp sy orang Indonesia pengikut Kristus, yg harusnya mnjalankan hidupnya berpegang pada printah Tuhan yg trtuang pada Alkitab. Lagian di Alkitab khan dibilang di Mat 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya" so seharusnya aku mnjalani hukum Taurat ke 4 untuk tdk bkrja di hari sabat (trlepas mau hari sabtu/minggu trgantung pd keyakinan masing2) tp yach mo gmn lagi.. mudah2n itu untuk trakhir kalinya,, soalnya 5thn terakhir gak prnh krja di hari minggu :-(

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Kalo Anda bukan orang Yahudi atau Kaum Nasrani (orang Kristen-Yahudi yang tetap menjalankan Hukum Taurat), Anda sama sekali tidak terikat dengan ketetapan Hukum Sabat.  

  • 12 mei 2017

    ALIANA233 tulis:

    Sy bukan orang Yahudi tp sy orang Indonesia pengikut Kristus, yg harusnya mnjalankan hidupnya berpegang pada printah Tuhan yg trtuang pada Alkitab.

    Perintah Tuhan kepada siapa?

    Keluaran 31:16 LAI-TB,
    Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.

    Ulangan 4:44 LAI-TB,
    Inilah hukum Taurat yang dipaparkan Musa kepada orang Israel.

    Yesus Kristus terlahir ke dunia sebagai orang Yahudi atau Israel.
    Para Rasul semuanya adalah orang Yahudi atau Israel.

    Saya sudah pasti bukan orang Yahudi atau israel.
    Anda pun sudah bilang kalau bukan orang Yahudi atau Israel.


    Lagian di Alkitab khan dibilang di Mat 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya" so seharusnya aku mnjalani hukum Taurat ke 4 untuk tdk bkrja di hari sabat

    Saya sambung dengan Mat 5:18,
    Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.


    Menurut Anda, apakah yang dimaksud dengan sebelum semuanya terjadi?
    Kalo menurut saya, itu adalah peristiwa kelahiran, pelayanan pengabaran Injil, kematian di kayu salib dan kebangkitan Yesus Kristus. Setelah semuanya terjadi maka terjadilah apa yang dikatakan Yesus Kristus di Mat 5:17-18.

    Anda pasti sangat mengenal ayat ini:
    Yohanes 19:30 LAI TB,
    Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

    Coba Anda bandingkan dengan ayat ini:

    Efesus 2:15 LAI-TB,
    sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya
    , untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,



    Betewe, Anda sudah membaca keseluruhan perikop Mat 5:17-48?
    M
    enurut saya, dalam perikop tersebut, Yesus Kristus sedang menunjukkan perbandingan antara Hukum Taurat dan Hukum Kasih,

    Hukum Taurat :
    (21) Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum.

    Hukum Kasih:
    (22) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.


    Hukum Taurat:
    (27) Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.

    Hukum Kasih:
    (28) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

    Hukum Taurat:
    (31) Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya.

    Hukum Kasih:
    (32) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.


    Baiklah, saya kira itu saja dari saya. Terima kasih sudah nge-reply komen saya dan berbagi pengetahuan dan pandangan Anda.

    12 mei 2017 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • JONY310

    12 mei 2017

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Kalo Anda bukan orang Yahudi atau Kaum Nasrani (orang Kristen-Yahudi yang tetap menjalankan Hukum Taurat), Anda sama sekali tidak terikat dengan ketetapan Hukum Sabat.  

    Setuju.. very clear ;-)

  • 12 mei 2017

    Ahh,, sy balas 1-2 paragraf anda balas bnyak paragraf,, hadew penjelasannya bikin pusing. Maaf sy bukan ahli theologi,, ntar lah sy tnya pendeta2 di greja saya, mungkin mreka bs mnjelaskan lbh sederhana buat orang sprti saya :-)

    #NB klo sempet ya, gak janji :-)

    Intinya sy kristen (pengikut kristus), ini mrupakan kepercayaan saya yg sy imani :-). Psti anda tau donk iman itu apa di ibrani 11:1 "Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. "

    Saya memiliki pngharapan dan percaya Tuhan Jesus lah satu2 nya jalan untuk kita sampai ke Bapa (surga) kelak.  Dan saya punya bukti akan kepercayaan saya karena Dia turut hadir dalam stiap pergumulan saya. Dan itu sulit dijelaskan karena saya sendiri yang merasakannya.

    Pesan saya sih, jalani hidup dengan penuh keyakinan. Kalo keyakinan anda sprti itu,, sok atuh jalani, kalo sy yach sprti ini. Benar atau salah,, biarlah itu menjadi misteri yg akan kita ketahui kelak. Tuhan memberkati O:)

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Perintah Tuhan kepada siapa?

    Keluaran 31:16 LAI-TB,

    Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.

    Ulangan 4:44 LAI-TB,

    Inilah hukum Taurat yang dipaparkan Musa kepada orang Israel.

    Yesus Kristus terlahir ke dunia sebagai orang Yahudi atau Israel.

    Para Rasul semuanya adalah orang Yahudi atau Israel.

    Saya sudah pasti bukan orang Yahudi atau israel.

    Anda pun sudah bilang kalau bukan orang Yahudi atau Israel.

    .....

  • 12 mei 2017

    ALIANA233 tulis:

    Ahh,, sy balas 1-2 paragraf anda balas bnyak paragraf,, hadew penjelasannya bikin pusing. Maaf sy bukan ahli theologi,, ntar lah sy tnya pendeta2 di greja saya, mungkin mreka bs mnjelaskan lbh sederhana buat orang sprti saya :-)

    #NB klo sempet ya, gak janji :-)

    Tidak dibalas pun tidak apa-apa. Anda bebas merdeka untuk itu.


    Intinya sy kristen (pengikut kristus), ini mrupakan kepercayaan saya yg sy imani :-). Psti anda tau donk iman itu apa di ibrani 11:1 "Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. "

    Saya memiliki pngharapan dan percaya Tuhan Jesus lah satu2 nya jalan untuk kita sampai ke Bapa (surga) kelak.  Dan saya punya bukti akan kepercayaan saya karena Dia turut hadir dalam stiap pergumulan saya. Dan itu sulit dijelaskan karena saya sendiri yang merasakannya.

    Saya sangat sepakat dengen komen Anda di atas.


    Pesan saya sih, jalani hidup dengan penuh keyakinan. Kalo keyakinan anda sprti itu,, sok atuh jalani, kalo sy yach sprti ini. Benar atau salah,, biarlah itu menjadi misteri yg akan kita ketahui kelak. Tuhan memberkati O:)

    Terima kasih untuk nasihatnya.

    Justru karena yang dibahas bukan soal keselamatan maka saya memberanikan diri berbicara banyak. Lebih daripada itu, apa yang saya ajukan sebelumnya bukanlah pemikiran saya sendiri tetapi dari berbagai sumber.

    Saya hanya copas saja.

  • PRASANTI065

    12 mei 2017

    Ini ada tulisan yg bagus tentang INKULTURASI

    www.google.co.id/amp/s/history ... nkulturasi/amp/

  • PRASANTI065

    12 mei 2017

    Dengan inkulturasi, maka agama bisa berkembang.

    Sebaiknya qta tidak memakai kaca mata kuda dengan hanya melihat dari sisi agama, tapi menghargai juga kebudayaan dimana kita berasal.

    Setiap orang bisa pindah agama, tapi kebudayaan tetap melekat.

  • 12 mei 2017

    PRASANTI065 tulis:

    Dengan inkulturasi, maka agama bisa berkembang.

    Sebaiknya qta tidak memakai kaca mata kuda dengan hanya melihat dari sisi agama, tapi menghargai juga kebudayaan dimana kita berasal.

    Setiap orang bisa pindah agama, tapi kebudayaan tetap melekat.

    Saya sepakat dengan Anda dengan batasan-batasan tertentu.

    Adapun batasan-batasan tersebut salah duanya adalah iman dan moral.

  • TONY490

    14 mei 2017

    Adat batak...seperti makan darah,dll itu harus ditinggalkan

    DESIANA667 tulis:

    adat istiadat dizaman sekarang apalagi yg tinggal diperkotaan...n sudah di telaah n dikaji ke dalam FIRMAN TUHAN..pastinya.

    KLu mnurut aku ya....Mengikuti Adat istiadat hanyalah SEKEDAR  penghargaan saja ama budaya kita(khusus adat istiadat batak(biar ga hilang )...karna ada bagian2 yg memang sangat bertentangan dgn Firman Tuhan.

    Tapi didlm adat istiadat ada jg hal yg baik jg yg kt bisa ambil.

  • 14 mei 2017

    TONY490 tulis:

    Adat batak...seperti makan darah,dll itu harus ditinggalkan

    Saya tidak tahu kalo makan darah itu bagian dari adat Batak.

    Teman-teman Batak saya, pas lagi makan panggang, pasti selalu pake "darah".
    Ga mantap katanya kalo ga pake.

    15 mei 2017 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • DEDIS726

    22 mei 2017

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Diuji dulu, bray.

    Saya yakin banyak yang tidak sepakat dengan opini Anda itu.

    Sepakat.

    Bahwa Yesus Kristus pernah memuji seorang janda miskin atas persembahan yang diberikannya, buat saya, itu bukti bahwa Yesus Kristus tidak malu punya pengikut miskin.

    Sepakat.

    Tapi perlu membaca keselurahan perikop untuk mendapatkan pengertian yang lebih mendetil karena dimana ada hak (baca: berkat), di situ ada kewajiban.

    Benar adanya.

    Buktinya, saya tidak perlu melakukan persembahan korban persembahan di bait Allah.

    Lebih tepatnya adalah karena pengorbanan Yesus Kristus.

    Wahyu 1:6 LAI-TB:

    dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.

    Wahyu 5:10 LAI-TB:

    Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

    Lebih dari itu, menurut saya, Yesus Kristus bahkan mempertajam lagi soal persembahan.

    Matius 19:21-24 LAI-TB :

    (21) Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."

    Yesus tidak pernah secara spesifik mengajarkan tentang persepuluhan, malahan Yesus mengajarkan bahwa seluruh apa yang kita punya, HARUS dipersembahkan, bukan cuma sepersepuluhnya. (Warning : mohon opini ini jangan ditelan mentah-mentah)

    Saya mohon dibaca lagi keseluruhan perikopnya untuk memperoleh pengertian yang lebih mendetil tentang persembahan.

    Cuma orang gila duit yang ngak sepakat, Gereja yang benar mengajarkan cara agar hidup kekal dengan menderita di jalan Tuhan, ajaran sesat mengajarkan keduniawian memburu kesuksesan finansial dan karir.

  • DEDIS726

    22 mei 2017

    Lukas 16:16

    Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.

    Waspada kepada gembala siluman yang menghidupkan perpuluhan ajaran  hukum taurat yang sudah tidak berlaku lagi karna Perjanjian baru berlaku hukum kasih.

    Sang penyesat menghidupkan lagi perpuluhan karna menguntungkan dirinya dan gerejanya.

    Sang penyesat memanfaatkan Firman Tuhan  untuk nyari duit, nyari popularitas .

    dengan cara menjual buku rohani kristen, membuat seminar kristen, meminta sumbangan, matok tarif diundang ditelevisi.

    Rasul Paulus adalah teladan yang benar tidak mencari keuntungan dari firman Tuhan.

    Rasul Paulus menjual kemah untuk ongkos mengabarkan Firman Tuhan.

    Gampang saja Rasul Paulus dapat duit jika ia matok tarif untuk penyembuhan penyakit, dari jualan buku rohani, dari masang tarif diundang kerumah-kerumah atau dari buat seminar, tapi dia tidak melakukan itu semua karna itu perbuatan yang salah.

    1Korintus 9:18

    Kalau demikian apakah upahku? Upahku ialah ini: bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa upah, dan bahwa aku tidak mempergunakan hakku sebagai pemberita Injil

    2 Korintus 2:17

    Sebab kami tidak sama dengan banyak orang lain yang mencari keuntungan dari firman Allah.

    Sebaliknya dalam Kristus kami berbicara sebagaimana mestinya dengan maksud-maksud murni atas perintah Allah dan di hadapan-Nya.

    Kisah para rasul  18:3

    Dan karena mereka melakukan pekerjaan yang sama, ia tinggal bersama-sama dengan mereka.

    Mereka bekerja bersama-sama, karena mereka sama-sama tukang kemah.

    Karna hukum Taurat berlaku sampai zaman Yohanes pembaptis.

    perpuluhan tidak pernah diajarkan oleh YESUS dan gereja kristen mula2 yg dicatat dalam kitab PB:

    Matius 9:13

    Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

    YESUS tdk menghendaki lg semua jenis persembahan yg dilakukan oleh para farisi ,para farisi melakukan semua jenis persembahan berdasarkan ketentuan hukum taurat.dgn ucapan YESUS tersebut memberitahukan bahwa YESUS membatalkan jenis2 persembahan yg ada dihukum taurat termasuk PERPULUHAN !!!

    .

    .

    1 Timotius 6:

    3 “Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita”.

    4 “Ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga

    5 “Percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan."

    .

    .

    kis 4:

    Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama.

    33 Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah.

    34 Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa

    35 dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya.

    36 Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus.

    37 Ia menjual ladang, miliknya, lalu membawa uangnya itu dan meletakkannya di depan kaki rasul-rasul.

    ---> apabila emang ada perpuluhan digereja kristen mula2 maka barnabas seorang lewi yg menjadi kristen tentulah dia meminta haknya yakni mendapat perpuluhan dr jemaat2 kristen mula2.krn dihukum taurat jelas2 menulis para lewi WAJIB mendapat perpuluhan bukan malah bayar perpuluhan !

  • 22 mei 2017

    ALIANA233 tulis:

    Ahh,, sy balas 1-2 paragraf anda balas bnyak paragraf,, hadew penjelasannya bikin pusing. Maaf sy bukan ahli theologi,, ntar lah sy tnya pendeta2 di greja saya, mungkin mreka bs mnjelaskan lbh sederhana buat orang sprti saya :-)

    #NB klo sempet ya, gak janji :-)

    Intinya sy kristen (pengikut kristus), ini mrupakan kepercayaan saya yg sy imani :-). Psti anda tau donk iman itu apa di ibrani 11:1 "Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. "

    Saya memiliki pngharapan dan percaya Tuhan Jesus lah satu2 nya jalan untuk kita sampai ke Bapa (surga) kelak.  Dan saya punya bukti akan kepercayaan saya karena Dia turut hadir dalam stiap pergumulan saya. Dan itu sulit dijelaskan karena saya sendiri yang merasakannya.

    Pesan saya sih, jalani hidup dengan penuh keyakinan. Kalo keyakinan anda sprti itu,, sok atuh jalani, kalo sy yach sprti ini. Benar atau salah,, biarlah itu menjadi misteri yg akan kita ketahui kelak. Tuhan memberkati O:)

    Kata Yesus:...Aku datang bukan meniadakannya melainkan menggenapinya.

    =>Tuhan Yesus sudah menggenapi dengan kematian-Nya di kayu salib.

    Kata menggenapi artinya lunas, terpenenuhi, tuntas.

    Misal:

    Ketika cicilan motor saya sudah digenapi atau dibayar lunas oleh ayah saya tidaklah mungkin saya terus-terusan membayar cicilan bukan? Demikian pula Yesus bukan meniadakan Taurat namun menggenapi.

    Apakah dari kita ingin menggenapi Taurat?

    Dan tentunya juga membatalkan karena Dia yang membuat hukum itu, Dia punya otoritas penuh, dengan cara mereformulasi hukum Taurat.

    Salam goyim

    22 mei 2017 diubah oleh TORO617

  • DEDIS726

    22 mei 2017

    Lukas 16:16

    Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.

    Hukum Taurat berlaku hanya sampai zaman Yohanes pembaptis, ajaran Perjanjian Baru berlaku hukum kasih.

    Jadi hukum dan ketentuan Taurat tidak berlaku lagi seperti adanya pengorbanan bakaran, perpuluhan makanan haram, balas dendam, sumpah dll.

    -Hukum Taurat dikatakan berzinah jika  adanya hubungan biologis dengan yang bukan pasanganya.

    Di Perjanjian Baru siapa saja laki-laki yang melihat perempuan dengan nafsu sudah berzinah

    -Hukum Taurat boleh bercerai dengan memberi surat cerai

    Di Perjanjian Baru boleh bercerai jika pasangan beda agama  ngajak murtad nyembah tuhan palsu 1 Korintus 7:15

    Iman kepada Yesus adalah segalanya maka jika pasangan yang beda agama ngajak nyembah tuhan lain maka dibolehkan menceraikanya.

    itu adalah beberapa contoh mengenal sudah tidak berlakunya Hukum Taurat karna sudah diganti dengan Hukum Kasih.

    Apakah diHukum Kasih ada makanan haram ?

    Tidak ada lagi makanan haram.

    Aliran denominasi tertentu gereja mencari pembenaran darah haram dengan ayat ini :

    Kisah para rasul 15:29

    kamu harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan. Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini, kamu berbuat baik.

    Sekianlah, selamat."

    Ayat Kisah para rasul 15:29.

    Untuk mengasihi agama lain yang diseki

    tar kita, yang penyembah berhala,  agama lain yang mengharamkan darah, dan agama lain yang haramkan makan hewan yang mati dicekik.

    Kalau kita makan  makanan yang dipersembahkan ke berhala maka umat penyebah berhala akan marah pada kita, makanan untuk  sembahanya kita makan, maka kita  telah tidak mengasihi sesama kita.

    -Apakah kalau kita makan makanan persembahan kepada berhala kita akan bersekutu dengan berhala ?

    Jelas tidak, berhala tidak bisa berbuat apa-apa, ngomong saja tidak bisa.

    Tapi kamu akan bersekutu dengan berhala jika makanan untuk berhala kamu makan dan berharap berkah dari makanan berhala yang sudah kamu makan itu.

    -Mengenai makan darah, kita harus menjauhkan dari makanan darah supaya agama lain yang haramkan darah tidak marah atau  jijik pada kita, jangan kita jadi  batu sandungan bagi agama lain.

    -Sama seperti hewan yang dicekik intinya supaya kita mengasihi agama lain jangan buat mereka marah atau jijik pada kita.

    -Dari Pencabulan sudah jelas tidak perlu dijelaskan  lagi, karna untuk mengasihi agama lain di luar kristen, karna agama lain juga haramkan pencabulan.

    Kita di Indonesia juga mengasihi agama islam, agama islam  menggunakan tangan kiri  untuk menyalam orang, makan dan sebagainya itu dosa, kita mengasihi mereka ikut menjauhkan dari menggunakan tangan kiri, padahal dalam Alkitab tidak larangan penggunaan tangan kiri, dan kita telah berbuat benar karna mengasihi sesama.

    Kejadian 9:4

    Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan.

    Dalam makanan haram jelas bunyi perintahnya "Janganlah kamu makan" bedakan dengan "Menjauhkan dari"

    Semua halal jika diterima dengan ucapan syukur, semua yang diciptakan Tuhan baik.

    1Timotius 4:4

    Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,

    Rasul Paulus mengasihi agama lain, mengasihi adat bangsa lain,  dia hidup  seperti agama lain, dia hidup seperti adat bangsa lain.

    Rasul hidup dibawah hukum Kristus yang mengasihi sesama manusia.

    1 Korintus 9:19-23

    9:19 Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang.

    9:20 Demikianlah bagi orang Yahudi aku menjadi seperti orang Yahudi, supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku sendiri tidak hidup di bawah hukum Taurat, supaya aku dapat memenangkan mereka yang hidup di bawah hukum Taurat.

    9:21 Bagi orang-orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku tidak hidup di luar hukum Allah, karena aku hidup di bawah hukum Kristus, supaya aku dapat memenangkan mereka yang tidak hidup di bawah hukum Taurat.

    9:22 Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah.

    Bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya, supaya aku sedapat mungkin memenangkan beberapa orang dari antara mereka.

    9:23 Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian dalamnya.

    1Korintus 8:8-9

    "Makanan tidak membawa kita lebih dekat kepada Allah.

    Kita tidak rugi apa-apa, kalau tidak kita makan dan kita tidak untung apa-apa, kalau kita makan."

    8:9

    Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.

    --

    Demikian juga kalo pas ada Imlek & anda diundang makan oleh tuan rumah yg keluarganya belum percaya Yesus, lalu mereka menyajikan makanan2 dari persembahan berhala, maka kita tidak perlu menolak sehingga membuat mereka malah sakit hati pada kita. So, makan aja, Nggak apa-apa kok. Firman Tuhan berkata :

    1 Korintus 10:27

    Kalau kamu diundang makan oleh seorang yang tidak percaya, dan undangan itu kamu terima, makanlah apa saja yang dihidangkan kepadamu, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani.

    --

    Tapi kalo lagi asyik makan makannan itu, tiba-tiba ada orang Kristen yang tidak setuju, lalu ngomel-ngomel & ngoceh gak karuan "Kamu gila ya ..., Jangan dimakan dunk, itu kan makanan persembahan berhala"... yach tersenyumlah, lalu cukup makan nasi putih aja, bilang aja ama tuan rumah kalo anda lagi mau diet atau lagi puasa mutih cuma makan nasi putih karena sedang cari wangsit.......

    1Korintus 10:28

    Tetapi kalau seorang berkata kepadamu: "Itu persembahan berhala!" janganlah engkau memakannya, oleh karena dia yang mengatakan hal itu kepadamu dan karena keberatan-keberatan hati nurani.

    --

    Tapi kalo emang lagi anda lagi laper banget, dan yang ada cuman makanan persembahan berhala itu yg terdiri dari berbagai menu (Ada salad 7 rasa, ayam pengemis, ikan salmon jamur es, cumi goreng mentega dengan caviar, udang mabuk saus rum, steak lulur dalam, dsb huaaa...enyak, enyak, enyak...), tapi kamu masih aja sungkan-sungkan, maka silahkan menahan diri & telpon saya aja. Nanti saya pasti datang mewakilimu.

    1 Korintus 10:29

    Yang aku maksudkan dengan keberatan-keberatan bukanlah keberatan-keberata hati nuranimu sendiri, tetapi keberatan-keberatan hati nurani orang lain itu. Mungkin ada orang yang berkata: "Mengapa kebebasanku harus ditentukan oleh keberatan-keberatan hati nurani orang lain?

    --

    Tapi kalau nggak mau diwakili, karena seumur-umur baru ketemu makanan senikmat itu, ya udah nikmati saja dengan ucapan syukur.

    1Korintus 10:30 Kalau aku mengucap syukur atas apa yang aku turut memakannya, mengapa orang berkata jahat tentang aku karena makanan, yang atasnya aku mengucap syukur?"

    --

    Daripada anda kelaparan, lalu nyesel 7 keturunan dan mengeluh kenapa harus ada dia, dan ini malah nggak memuliakan Tuhan...ya udah, sikat aja bleeh......

    1 Korintus 10:31

    Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

    --

    1Korintus 10:32 Janganlah kamu menimbulkan syak dalam hati orang, baik orang Yahudi atau orang Yunani, maupun Jemaat Allah.

    1Korintus 10:33 Sama seperti aku juga berusaha menyenangkan hati semua orang dalam segala hal, bukan untuk kepentingan diriku, tetapi untuk kepentingan orang banyak, supaya mereka beroleh selamat.

    --

    Jadi kesimpulannya,

    1 Korintus 10:23 "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun .

    1 Korintus 10:24 Jangan seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.

    1 Korintus 10:25 Kamu boleh makan segala sesuatu yang dijual di pasar daging, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani.

    1 Korintus 10:26 Karena: "bumi serta segala isinya adalah milik Tuhan.

    --

    Roma14:17

    Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

    Mau jadi juara 1 disekolah bukan karna tiap senin selalu ikut upacara, tiap pagi ikut senam kesehatan jassmani, tapi karna nilai akademis terbaik diantara semua murid.

    Sama seperti masuk surga, masuk surga bukan karna dibaptis, karna ngak pernah absen perjamuan kudus, itu semua persembahan, tapi masuk surga karna percaya Yesus dan melakukan kehendaknya  yaitu  mengabarkan  Firman Tuhan.

    22 mei 2017 diubah oleh DEDIS726

76 – 100 dari 110    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 3  4  5  Selanjutnya Kirim tanggapan