Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Trinitas dalam Ajaran Kristen

ForumAlkitab

301 – 325 dari 353    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 12  13  14  15  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • 15 juni

    Sist kalau di Katolik Baptisan bayi setahu saya hanya dipercik air sambil diberkati dalam nama Bapa Putera dan Roh Kudus...setelah besar mengikuti katekisasi dan setelah lulus...menerima Komuni Pertama, kita harus bawa lilin (menurut saya itu sebagai lambang Roh Kudus/lidah api)...Dalam Mat 3:11....Yohanes Pembaptis mengatakan IA yang akan datang kemudian  jauh lebih besar daripadaku, mengikat tali kasut-Nya pun aku tak layak...DIA akan membatis kamu dengan Roh Kudus dan Api. Pada waktu Diberi Sakramen Komuni Pertama, Uskup/Romo/Pastor yang bertindak sebagai "In Persona Christi" akan membaptis selain diperciki air Kudus juga dengan Roh Kudus dan api di dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus...Hal ini melambangkan bahwa yang menerima Pembaptisan ke dua (Inisiasi ke 2) telah diberikan kesempatan untuk ikut di dalam Karya Penebusan Kristus...termasuk di dalamnya ikut menderita...Menyangkal diri dan memikul salib-Nya.

    Memang Baptisan (Bayi) menurut Sist, belum tentu menyelamatkan, tetapi saya meyakini pada Inisiasi yang ke 2 (Komuni Pertama) pasti diselamatkan (Grace).

    Saya agak kurang mengerti kenapa Sist yang mengaku Kristen bisa sampai ngga ngerti Sidi...itu sangat penting lho Sist...karena Pendalaman Alkitab (FT) tanpa disertai Roh Kudus adalah sia sia.

    Di Forum lain (Forum Kristen)...ada seorang teman saya, Non Kristen yang jadi member (mungkin sudah puluhan tahun lebih)...dia sangat rajin buat Thread dan rajin banget  bertanya kepada kita mengenai ajaran" Kristen...tetapi karena dia selalu menggunakan logika dunia tok (hanya yang terlihat), maka dia sering kebingungan sendiri dengan jawaban dan pertanyaannya (nanya sendiri...kadang jawab sendiri...terus bingung sendiri/keraguan dan kebimbangan)...Hal itu karena dia tidak percaya Roh Kudus (dia percaya rohul qudus gua hira?):-D

    Salam Damai Sist Elisa...

    Tuhan memberkati...

    ELISA859 tulis:

    Tiap-tiap gereja punya aturan dan tatacara dan tentunya berbeda,dan aku tidak mempermasalahkan  aturan2 tersebut,selagi itu sesuai dengan firman Tuhan.

    Aku latarbelakang dari islam,jadi aku kurang paham tentang baptisan bayi,

    Tetapi aku pernah belajar tentang baptisan.yaitu:

    1.harus bertobat.

    2.lahir baru,

    Barulah di baptis.

    Baptisan ini tidak menyelamatkan,karna baptisan itu hanya memproklamirkan diri bahwa seseorang itu sudah menjadi pengikut Tuhan Yesus.

    26 juni diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 15 juni

    Aku memang g tau sidi itu apa bro.

    Karna aku bergereja di gereja internasional.gereja gabungan Amerika,Filipina,Hongkong,Indonesia.jadi gerejaku memakai aturan internasional.

    Itu setauku.

    RONNY542 tulis:

    Sist kalau di Katolik Baptisan bayi setahu saya hanya dipercik air sambil diberkati dalam nama Bapa Putera dan Roh Kudus...setelah besar mengikuti katekisasi dan setelah lulus...menerima Komuni Pertama, kita harus bawa lilin (menurut saya itu sebagai lambang Roh Kudus/lidah api)...Dalam Mat 3:11....Yohanes Pembaptis mengatakan IA yang akan datang kemudian  jauh lebih besar daripadaku, mengikat tali kasut-Nya pun aku tak layak...DIA akan membatis kamu dengan Roh Kudus dan Api. Pada waktu Diberi Sakramen Komuni Pertama, Uskup/Romo/Pastor yang bertindak sebagai "In Persona Christi" akan membaptis selain diperciki air Kudus juga dengan Roh Kudus dan api di dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus...Hal ini melambangkan bahwa yang menerima Pembaptisan ke dua (Inisiasi ke 2) telah diberikan kesempatan untuk ikut di dalam Karya Penebusan Kristus...termasuk di dalamnya ikut menderita...Menyangkal diri dan memikul salib-Nya.

    ....

    Salam Damai Sist Elisa...

    Tuhan memberkati...

    26 juni diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 15 juni

    Maaf, ikut nimbrung yah sis ELISA...

    Setahu aku utk greja protestan; anak yg masih dibawah umur (bayi sampe usia remaja klo gak salah<16 thn ), blom bisa mengaku iman sendiri. Tapi orangtua bisa mengajukan pelayanan baptis anak(biasanya baptis percik, usap...) ke majelis gereja. Dan bertanggung jawab untuk nengajarkan ttg iman kristen kepada anaknya.

    Setelah memasuki usia deawasa (>16 thn) dia sudah bisa menyatakan iman sendiri dengan terlebih dahulu mengikuti pengajaran dari greja (katekisasi biasanya 52x pertemuan. Setelah dinyatakan lulus baru bisa mengajukan pernyataan/pengakuan iman sendiri. Kalo waktu kecil blom dilayani baptis anak dia akan menerima baptis dewasa. Tetapi apabila sdh dilayani baptis anak, pengakuan iman dia itu disebutnya SIDI (sdh bukan di baptis lagi).

    Mgkin beda dengan gereja lain misal gereja karismatik (mis gereja bethel /GBI, baptis dilakukan secara baptis selam setelah berusia 12thn.

    (

    ELISA859 tulis:

    Roh Kudus itu tidak bisa di lihat atopun kasat mata sist,

    Jadi sist Maya harus berhati-hati dengan pernyataan ibu pendeta itu.sebab Roh Kudus itu bukan seperti jin yang bisa di lihat dengan  kasat mata.

    tetapi tanda orang di penuhi Roh Kudus hidupnya berbuah,hari demi hari serupa dengan  Tuhan Yesus,

    Pekerjaan Roh Kudus itu mengubah manusia untuk menjadi serupa dengan Kristus,bukan membayang -bayangi manusia.

    [Edit admin: Sebagian kalimat dihapus karena tidak benar-benar sesuai]

    26 juni diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 15 juni

    Iya,aku pernah mendengar soal itu.

    Temanku juga di baptis percik waktu bayi,trus gabung di gerejaku,setelah beberapa tahun dia mengajukan baptis selam,karna menurut pelajaran yang kami terima syarat dari baptisan harus mengakui dosa, dan harus lahir baru.

    Di saat orang lahir baru dia di materai oleh Roh Kudus,

    Roh Kudus inilah yang berperan penting dalam kehidupan orang kristen,Roh Kudus itu tidak tampak oleh mata atopun kasat mata,tetapi dari perubahan hidup orang itulah bisa di lihat bahwa dia di penuhi Roh Kudus,sebab Roh Kudus itu aktif membentuk manusia hari demi hari serupa dengan Tuhan Yesus,

    Itulah pelajaran yg kami terima selama ini.

    NUGRA917 tulis:

    Maaf, ikut nimbrung yah sis ELISA...

    Setahu aku utk greja protestan; anak yg masih dibawah umur (bayi sampe usia remaja klo gak salah<16 thn ), blom bisa mengaku iman sendiri. Tapi orangtua bisa mengajukan pelayanan baptis anak(biasanya baptis percik, usap...) ke majelis gereja. Dan bertanggung jawab untuk nengajarkan ttg iman kristen kepada anaknya.

    Setelah memasuki usia deawasa (>16 thn) dia sudah bisa menyatakan iman sendiri dengan terlebih dahulu mengikuti pengajaran dari greja (katekisasi biasanya 52x pertemuan. Setelah dinyatakan lulus baru bisa mengajukan pernyataan/pengakuan iman sendiri. Kalo waktu kecil blom dilayani baptis anak dia akan menerima baptis dewasa. Tetapi apabila sdh dilayani baptis anak, pengakuan iman dia itu disebutnya SIDI (sdh bukan di baptis lagi).

    Mgkin beda dengan gereja lain misal gereja karismatik (mis gereja bethel /GBI, baptis dilakukan secara baptis selam setelah berusia 12thn.

    (

  • MAYA509

    15 juni

    NUGRA917 tulis:

    Maaf, ikut nimbrung yah sis ELISA...

    Setahu aku utk greja protestan; anak yg masih dibawah umur (bayi sampe usia remaja klo gak salah<16 thn ), blom bisa mengaku iman sendiri. Tapi orangtua bisa mengajukan pelayanan baptis anak(biasanya baptis percik, usap...) ke majelis gereja. Dan bertanggung jawab untuk nengajarkan ttg iman kristen kepada anaknya.

    Setelah memasuki usia deawasa (>16 thn) dia sudah bisa menyatakan iman sendiri dengan terlebih dahulu mengikuti pengajaran dari greja (katekisasi biasanya 52x pertemuan. Setelah dinyatakan lulus baru bisa mengajukan pernyataan/pengakuan iman sendiri. Kalo waktu kecil blom dilayani baptis anak dia akan menerima baptis dewasa. Tetapi apabila sdh dilayani baptis anak, pengakuan iman dia itu disebutnya SIDI (sdh bukan di baptis lagi).

    Mgkin beda dengan gereja lain misal gereja karismatik (mis gereja bethel /GBI, baptis dilakukan secara baptis selam setelah berusia 12thn.

    (

    👍👍👍

  • JACQUES816

    26 juni

    Kayaknya lebih dari tiga deh........ahaay...

  • 26 juni

    Lebihnya dirimu ya bro?

    JACQUES816 tulis:

    Kayaknya lebih dari tiga deh........ahaay...

  • JACQUES816

    26 juni

    Hahaha ampun mbak.. aku menyesal...

    ELISA859 tulis:

    Lebihnya dirimu ya bro?

    JACQUES816 tulis:

    Kayaknya lebih dari tiga deh........ahaay...

  • 26 juni

    Emange napa menyesal bro?

    JACQUES816 tulis:

    Hahaha ampun mbak.. aku menyesal...

  • JACQUES816

    26 juni

    Menyesal menunggu yg ditunggu mbak.... sepertinya dia kurang beruntung... cari yang beruntung aja ah.. ahay...

    ELISA859 tulis:

    Emange napa menyesal bro?

    JACQUES816 tulis:

    Hahaha ampun mbak.. aku menyesal...

  • 26 juni

    Oh aku kira menyesal lupa g ngajak aku mkn malam,,hehe

    JACQUES816 tulis:

    Menyesal menunggu yg ditunggu mbak.... sepertinya dia kurang beruntung... cari yang beruntung aja ah.. ahay...

  • 5 juli

    MAYA509 tulis:

    Yoh 1:3 dr yg masbro kasih. Yesus = Anak, Sang Firman. Akulah Firman yg hidup, kata Yesus sdr. Firman Tuhan adl perkataan Allah sdr. Gitu bukan yah? 🤔🤔

    Yg di 1 Kor 8:6, hanya ada 1 Allah, yaitu Bapa. Berarti mematahkan pemahaman bro JANGAN, Elisa dan lainnya dong ttg Allah Bapa, Allah Anak dan Allah RK.

    Mematahkan? Kok Anda sampai terpikir seperti itu ya?

    Sebagaimana yang saya tulis sebelumnya, saya percaya bahwa ALLAH sendiri yang mengilhami seluruh penulis Alkitab mulai dari Kitab Kejadian sampai Wahyu. Sehingga tidak mungkin dan tidak akan pernah mungkin ada pertentangan di dalamnya. Ini juga yang Anda percayai kan?

    Jadi tidak mungkin pernah 1 Kor 8:6 akan bertentangan dengan Yoh 1:1 dan Yoh 1:3, misalnya.

    Baiklah, saya tunjukkan kepada Anda :

    1 Kor 8:6 LAI-TB :
    namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup,

    Beberapa kalangan yang menolak keilahian Kristus mencoba menggunakan (bagian awal) ayat ini dan menjelaskan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan, tetapi Dia bukan Allah.

    Tetapi perhatikan kalimat ayat selanjutnya,

    dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

    Yang selaras dengan,


    Yoh 1;3 LAI-TB,
    Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

    Nah, pertanyaannya sekarang, siapakah Allah? Siapakah Sang Pencipta?
    Apakah "seseorang" yang "kurang" daripada Allah, sanggup mencipta sebagaimana Allah?

    Rasul Paulus menyatakan dalam ayat tersebut, bahwa oleh karena Yesus, "segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia, kita hidup".

    Lalu, apakah pengertiannya adalah bahwa Dia "kurang dari Sang Pencipta"?
    Ayat di atas, menurut saya, justru merujuk bahwa Dia adalah Sang Pencipta.


    Dan sekali lagi, dalam Yoh 1:1, sudah tersurat dengan sangat tegas, bahwa FIrman itu adalah Allah. Dan Firman itu selanjutnya juga dikenal dengan sebutan, Yesus Kristus atau Sang Anak.

    Sang Firman adalah Allah dan tanpa Firman, tidak ada suatu pun ada.

    Maz 33:6 LAI-TB,
    "Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya."

    Maz  33:9 LAI-TB,
    Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada.

    Kol 1:16 LAI-TB,
    karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.


    Satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus. Berarti mematahkan pemahaman ini juga yak.

    Juga termasuk pertanyaan masbro ini dong

    Apakah itu berarti Anda menolak Yoh 1:1?

    😱😱😱makasih yah bro. Atas bantuan ayatnya. Aku ga brani pk ayat, soalnya Alkitab itu isinya Firman/Perkataan Bapa dan Anak. Yg komenku byk ayat juga hasil googling. 😁 Biasanya Kuasa Babe yg selalu mengarahkan aku pada ayat-Nya.

    Gentle reminder, ayat ga bisa dipake cuma 1 ato 2 ato lebih untuk mengerti yg masbro inginkan. Pernahkah masbro terlintas dlm pikiran kedua ayat itu belom saat ini untuk masbro mengerti. Tapi saatnya untuk masbro baca saja. Waktu Tuhan bukan waktu masbro. 😊🙏🏻

    Secara literal, mohon masbro koreksi yg Pertama kata "HANYA" yg masbro pakai untuk memahami perkataan aku di awal pada komen masbro tsb. Koreksi kedua, apa yg RK sampaikan ke aku pribadi bukan pewahyuan seperti para orang Kudus; Rasul Yohanes dan Rasul Paulus. 🙏🏻 aku ndag mo ngaku2 sbg orang2 saleh. 🙈saya tunggu koreksi pada komen masbro. Terima kasih.

    Kayaknya ROH KUDUS yg masbro pahami berbeda dgn yg aku maksud daah,,,,🙈🙈🙈🙈 Masbro memahami kata Roh Kudus sebagai literal/literasi di ayat2 Alkitab. Sedang aku memahami menggunakan Roh Kudus pada pribadi lepas pribadi dalam membaca Alkitab. 🙈

    "Saat Firman Tuhan/ ayat perlu penjelasan manusiawi, saat itu Roh Kudus tidak hadir, schöne." teguran sepupu2 yg baca komentar2 dithread ini. 😁🙏🏻

    Wes,,,,udahan masbro mbabro. Tuh di thread lain sudah mulai bergunjing debat kursi di thread ini. 😂😂 nambahin dosa orang lain ini mah.😂

    Saya sejauh ini, hanya sebatas mempertanyakan dan memperbandingkan, lho.

    Saya belum menarik kesimpulan apa pun. Kan Anda sendiri yang mengklaim kalo keyakinan yang Anda tuliskan itu adalah iluminasi dari ROH KUDUS.

    Nah, karena klaim itulah saya memberanikan diri bertanya kepada Anda.

    Sekali lagi untuk Anda ketahui, bahwa segala yang saya tuliskan di komen ini adalah BUKAN hasil pemikiran saya sendiri tetapi ajaran Gereja yang turun-temurun diwariskan dari para rasul kepada para penerusnya. So, yang dilihami oleh Allah adalah para rasul dan para penerusnya, BUKAN saya. Oleh karena saya menjadi Kristen (Protestan) maka saya menjadikan apa yang mereka yakini sebagai keyakinan saya.

    Itulah sebabnya ketika saya menemukan perbedaan antara apa yang Anda terima dari ROH KUDUS dengan apa yang para Rasul terima dari ROH KUDUS, saya mempertanyakan hal tersebut kepada Anda. Kira-kira seperti itu kronologisnya.

    Betewe, kalo tentang referensi ayat, untuk doktrin Tritunggal saja, saya memiliki banyak sekali ayat pegangan baik dari PL dan PB. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

    5 juli diubah oleh VIRUSKASIH805

  • MAYA509

    5 juli

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Mematahkan? Kok Anda sampai terpikir seperti itu ya?

    Sebagaimana yang saya tulis sebelumnya, saya percaya bahwa ALLAH sendiri yang mengilhami seluruh penulis Alkitab mulai dari Kitab Kejadian sampai Wahyu. Sehingga tidak mungkin dan tidak akan pernah mungkin ada pertentangan di dalamnya. Ini juga yang Anda percayai kan?

    ....

    Kalo tentang referensi ayat, untuk doktrin Tritunggal saja, saya memiliki banyak sekali ayat pegangan baik dari PL dan PB. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

    As you wish bro. 😊

    Blessed be dlm nama Bapa, Putra dan Roh Kudus.

    JBU.

    5 juli diubah oleh JODOHKRISTEN

  • JANGAN506

    5 juli

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Mematahkan? Kok Anda sampai terpikir seperti itu ya?

    Sebagaimana yang saya tulis sebelumnya, saya percaya bahwa ALLAH sendiri yang mengilhami seluruh penulis Alkitab mulai dari Kitab Kejadian sampai Wahyu. Sehingga tidak mungkin dan tidak akan pernah mungkin ada pertentangan di dalamnya. Ini juga yang Anda percayai kan?

    ....

    Betewe, kalo tentang referensi ayat, untuk doktrin Tritunggal saja, saya memiliki banyak sekali ayat pegangan baik dari PL dan PB. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

    berarti bro TRINITAS itu bisa dipahami dari cara bekerjanya,yang membuat BAPA,PUTRA,ROH KUDUS adalah ALLAH?

    5 juli diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 5 juli

    Sebenarnya memiliki pemahaman seperti ini dah cukup loh bro.

    Tinggal kita berusaha melakukan kehendak Bapa,

    Karna kita percaya berarti kita di tuntut hidup kudus dan bekerja melakukan kehendak Bapa.

    Sebab iman tanpa perbuatan hakekatnya mati.

    Jangan sampai kita tidak di kenal oleh Tuhan Yesus.

    Matius 7:21-23.

    JANGAN506 tulis:

    berarti bro TRINITAS itu bisa dipahami dari cara bekerjanya,yang membuat BAPA,PUTRA,ROH KUDUS adalah ALLAH?

    5 juli diubah oleh ELISA859

  • 6 juli

    MAYA509 tulis:

    As you wish bro. 😊

    Blessed be dlm nama Bapa, Putra dan Roh Kudus.

    JBU.

    Kok Anda sepertinya menghindar ya.

    Padahal saya hanya mencoba mempraktekkan apa yang tertulis di:

    1 Tes 5:21 LAI-TB
    Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.  

    Dan jika setelah diuji, terbukti bahwa apa yang Anda yakini itu adalah baik, tentu saja saya dengan hati yang ikhlas bersedia memegangnya.

    Tapi yah, Anda bebas merdeka untuk itu.

  • 6 juli

    ANGAN506 tulis:

    berarti bro TRINITAS itu bisa dipahami dari cara bekerjanya, yang membuat BAPA,PUTRA,ROH KUDUS adalah ALLAH?

    Alur pikir Anda terbalik.

    Berdasarkan Alkitab, Tradisi dan Magisterium lah, formula Doktrin Trinitas dirumuskan.

    Saya sendiri seorang Prostestan tetapi untuk Doktrin Trinitas, saya TERPAKSA HARUS menggunakan terminologi Gereja Katolik karena Doktrin Trinitas itu sendiri adalah kekayaaan Gereja Katolik.


    Sedikit informasi mengenai Doktrin Trinitas,

    Catatan pertama terkait penggunaan kata Yunani ini dalam teologi Kristen adalah oleh Teofilus dari Antiokhia pada sekitar tahun 179. Ia menulis:

    Dengan cara demikian juga ketiga hari sebelum [terciptanya] penerang, terdapat tanda-tanda Trinitas [Τριάδος], dari Allah, dan Firman-Nya, dan kebijaksanaan-Nya. Dan yang keempat adalah tanda manusia, yang membutuhkan terang, sehingga demikianlah terdapat Allah, Firman, kebijaksanaan, manusia.

    (Bapa Gereja) Tertullianus, seorang teolog Latin yang menulis pada awal abad ke-3, dianggap sebagai orang pertama yang menggunakan kata-kata Latin terkait "Trinitas", "pribadi" dan "substansi", untuk menjelaskan bahwa Bapa, Putra, dan Roh Kudus adalah "satu dalam esensi—bukan satu dalam Pribadi".

    Gereja dan Kekristenan sudah ada dari abad ke-1 dan perdebatan mengenai Doktrin Trinitas pun sudah dimulai sejak akhir abad ke-1 dan awal abad ke-2, sampai pada hari ini.

    Jadi apa pun yang saya, Anda dan JKers tanyakan, diskusikan, argumentasikan atau debatkan di trit JK ini, hanyalah pengulangan dari apa yang sudah dilakukan ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Pertanyaannya sekarang adalah, APAKAH MASIH PERLU? Menurut saya, MASIH SANGAT TERAMAT PERLU.


    Coba Anda simak diskusi saya dengan seseorang yang mengaku Kristen tetapi tidak percaya Doktrin Trinitas karena tidak percaya kalau Yesus Kristus adalah Allah.

    Dia : Tunjukkan ayat yang bisa membuktikan kalau Yesus Kristus itu Allah!

    Saya : Yoh 20:28, "Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"
    (Saya menggunakan ayat ini dan bukan Yoh 1:1 karena dalam perikop tersebut sudah sangat jelas bahwa yang dimaksud Allah oleh Rasul Tomas adalah Yesus Kristus. Ini adalah kredo (pengakuan iman) Rasul Tomas yang sangat terkenal itu.)

    Dia : Alasannya ?

    Saya : Ya karena Tomas adalah salah satu rasul yang dipilih oleh Yesus Kristus dan perkataan Rasul Tomas itu dicatat oleh Rasul Yohanes yang juga ada pada kejadian tersebut. Dengan kata lain, Rasul Yohanes adalah saksi mata yang memberikan kesaksiannya dalam Yoh 20:28.
    (Ini tidak tertulls dalam 3 Kitab Injil yang lain)


    Dia : Tetapi Yesus Kristus tidak mengiyakan pernyataan tersebut?

    Saya :  Tidak secara langsung. Sila simak ayat selanjutnya; Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."  "Kalo yang tidak melihat namun percaya" disebut berbahagia, kira-kira disebut apakah "yang telah melihat dan percaya?".

    Dia : Ah bisa saja waktu itu Tomas dalam keadaan mabuk sehingga bicaranya ngawur. Kan tertulis di Luk 24:37, Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu.

    Saya : Sila baca Luk 24:39, "Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku." yang selaras dengan Yoh 20:27, Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."

    Dia : Saya tidak percaya. Saya yakin, perkataan itu keluar karena Tomas sedang berilusi melihat hantu mirip Yesus Kristus.

    Saya : Seperti biasa, Anda bebas merdeka untuk itu.

    Diskusi selesai.

    6 juli diubah oleh VIRUSKASIH805

  • JANGAN506

    6 juli

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Alur pikir Anda terbalik.

    Berdasarkan Alkitab, Tradisi dan Magisterium lah, formula Doktrin Trinitas dirumuskan.

    Saya sendiri seorang Prostestan tetapi untuk Doktrin Trinitas, saya TERPAKSA HARUS menggunakan terminologi Gereja Katolik karena Doktrin Trinitas itu sendiri adalah kekayaaan Gereja Katolik.

    Sedikit informasi mengenai Doktrin Trinitas,

    Catatan pertama terkait penggunaan kata Yunani ini dalam teologi Kristen adalah oleh Teofilus dari Antiokhia pada sekitar tahun 179. Ia menulis:

    Dengan cara demikian juga ketiga hari sebelum [terciptanya] penerang, terdapat tanda-tanda Trinitas [Τριάδος], dari Allah, dan Firman-Nya, dan kebijaksanaan-Nya. Dan yang keempat adalah tanda manusia, yang membutuhkan terang, sehingga demikianlah terdapat Allah, Firman, kebijaksanaan, manusia.

    (Bapa Gereja) Tertullianus, seorang teolog Latin yang menulis pada awal abad ke-3, dianggap sebagai orang pertama yang menggunakan kata-kata Latin terkait "Trinitas", "pribadi" dan "substansi", untuk menjelaskan bahwa Bapa, Putra, dan Roh Kudus adalah "satu dalam esensi—bukan satu dalam Pribadi".

    Gereja dan Kekristenan sudah ada dari abad ke-1 dan perdebatan mengenai Doktrin Trinitas pun sudah dimulai sejak akhir abad ke-1 dan awal abad ke-2, sampai pada hari ini.

    kenapa bisa terbalik bro?

  • MAYA509

    6 juli

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Kok Anda sepertinya menghindar ya.

    Padahal saya hanya mencoba mempraktekkan apa yang tertulis di:

    1 Tes 5:21 LAI-TB

    Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.  

    Dan jika setelah diuji, terbukti bahwa apa yang Anda yakini itu adalah baik, tentu saja saya dengan hati yang ikhlas bersedia memegangnya.

    Tapi yah, Anda bebas merdeka untuk itu.

    😂😂😂😂 tidak menghindar bro.

    Apa yg masbro pahami berbeda dengan saya. Masbro memahami harus menguji segala sesuatu yg aku yakini. Sedang yg aku pahami ujilah dalam kehidupan nyata bukan argumen dalam forum. 🙏🏻

    Yang aku pahami juga harus menerima apa yg masbro pahami ttg Trinitas dan yg aku sampaikan. Demikian saja masbro.

    Have fun with your path. 😊🙏🏻

  • 13 juli

    MAYA509 tulis:

    😂😂😂😂 tidak menghindar bro.

    Apa yg masbro pahami berbeda dengan saya. Masbro memahami harus menguji segala sesuatu yg aku yakini.

    Segala sesuatu? Tidak kok.

    Di trit ini, saya cuma mau menguji apa yang Anda yakini tentang doktrin Trinitas. Itu saja. Terutama yang Anda klaim adalah pewahyuan dari ROH KUDUS.

    Sedang yg aku pahami ujilah dalam kehidupan nyata bukan argumen dalam forum.

    Lho. Forum ini kan adalah bagian dari kehidupan nyata dan bukan robot yang diprogram?

    Saya hidup dan nyata, demikian Anda pun hidup dan nyata. Begitu pula para JKers dan moderator adalah hidup dan nyata.

    Setiap komen atau argumen saya dan Anda adalah menyatakan apa yang ada dalam pikiran dan menggambarkan pemahaman sejauh apa yang akal budi saya dan Anda ketahui.

    Apakah menurut Anda, forum JK ini bukan bagian dari kehidupan nyata?

    Yang aku pahami juga harus menerima apa yg masbro pahami ttg Trinitas dan yg aku sampaikan. Demikian saja masbro.

    Saya mencoba dan mencoba memahami Anda lho. Anda pun tahu itu. Oleh karena itu saya bertanya kepada Anda dalam rangka untuk mencoba lebih memahami lagi.

    Saya adalah seorang Protestan dan gereja saya adalah model yang konservatif (kuno dan kaku). Tetapi saya terbuka dengan pewahyuan-pewahyuan baru karena saya percaya bahwa Allah dapat berfirman kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja, termasuk kepada Anda.

    Maka dari itu ketika Anda bilang bahwa ROH KUDUS sendirilah yang memberitahukan kepada Anda, wow, saya betul-betul surprise dan semangat bingits. Coba Anda bayangkan, ROH KUDUS yang adalah Roh Allah, Roh Kebenaran, Roh Tuhan, Roh Yesus atau Roh Penghibur berkenan berwahyu kepada Anda. Ini luar biasa lho. Anda harus tahu itu.

    Tetapi ketika apa yang Anda klaim dari ROH KUDUS ternyata "terbaca berbeda bingits" dengan yang disampaikan ROH KUDUS kepada para Nabi dan Rasul yang tertulis di Alkitab, saya jadi bertanya-tanya, SIAPAKAH YANG BENAR? Anda atau para nabi dan rasul? Yang Anda dapatkan atau yang ada tertulis di Alkitab? Apakah ada benang merahnya atau saling kontradiksi?

    Oleh karena itulah saya menguji Anda. Begitu loh ceritanya.

    Yowes, karena sepertinya Anda tidak terarik lagi beradu argumen dengan saya, dengan demikian ini reply terakhir saya atas komen Anda di trit ini.

    Saya mohon maaf untuk setiap kata-kata yang telah menyinggung Anda dan untuk setiap komen yang terbaca tidak menyenangkan. Semoga saya dan Anda bisa beradu argumen di trit yang berbeda.

    13 juli diubah oleh VIRUSKASIH805

  • 13 juli

    JANGAN506 tulis:

    berarti bro, TRINITAS itu bisa dipahami dari cara bekerjanya, yang membuat BAPA,PUTRA,ROH KUDUS adalah ALLAH?

    Sejak kapan doktrin Trinitas membuat Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah Allah?

    Jika demikian, apa menurut Anda sebelum ada doktrin Trinitas maka Bapa, Anak dan Roh Kudus bukan Allah?

    JANGAN506 tulis:

    kenapa bisa terbalik bro?

    Ya, karena Doktrin Trinitas BUKAN MEMBUAT KONSEP TRINITAS, tetapi MENGUKUHKAN KEBENARAN konsep TRINITAS.

  • 13 juli

    Aku nyimak aja deh,biar tambah wawasan,

  • JANGAN506

    13 juli

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Sejak kapan doktrin Trinitas membuat Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah Allah?

    Jika demikian, apa menurut Anda sebelum ada doktrin Trinitas maka Bapa, Anak dan Roh Kudus bukan Allah?

    Ya, karena Doktrin Trinitas BUKAN MEMBUAT KONSEP TRINITAS, tetapi MENGUKUHKAN KEBENARAN konsep TRINITAS.

    ok,kalau begitu saya salah,jadi saya minta maaf.

    *maksud dari kata "yang membuat" adalah sebuah ungkapan buka yang berarti dijadikan/dibikin/tercipta😀.

    *tak pandai menulis ✌

  • MAYA509

    13 juli

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Segala sesuatu? Tidak kok.

    Di trit ini, saya cuma mau menguji apa yang Anda yakini tentang doktrin Trinitas. Itu saja. Terutama yang Anda klaim adalah pewahyuan dari ROH KUDUS.

    ...

    Saya mohon maaf untuk setiap kata-kata yang telah menyinggung Anda dan untuk setiap komen yang terbaca tidak menyenangkan. Semoga saya dan Anda bisa beradu argumen di trit yang berbeda.

    As you wish as you want bro, Thy will be done. 🙏🏻

    17 juli diubah oleh JODOHKRISTEN

  • KORINTUS834

    17 juli

    Trinitas tidak ada di dalam Alkitab, tapi konsep Trinitas merupakan konsep yang  alkitabiah.

    Trinitas= tiga pribadi tapi satu hakikat.
    Allah Bapa= Allah,

    Yesus= Allah,

    Roh Kudus=Allah, tapi Roh Kudus bukan Bapa, Yesus bukan Roh Kudus.

    jadi Kita mempunyai Satu Allah tapi 3 pribadi.

    saya mempercayai bahwa Allah kita itu Esa (Ulangan 6:4)

    kata Esa dalam bahasa Ibraninya adalah Ekhad= bukan hanya satu,tapi kesatuan, jadi berbeda dengan kata tunggal.
    silahkan perhatikan biar lebih jelas dalam kejadian 2:4.

    kata ekhad juga dipakai dalam menggambarkan kepada manusia "menjadi satu daging", artinya bahwa kesatuan, tapi pribadinya tetap 2 yaitu adam dan hawa, tapi menjadi satu hakikatnya.
    begitu juga dalam kata Allah yaitu ekhad artinya kesatuan dari 3 pribadi, yaitu Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus.
    mari kita lihat dalam Kejadian 1:1-3 disitu  ada Allah, Roh melayang-layang, dan ada Firman. dalam PB adalah Yohanes 1:1-3.


    jadi Allah kita itu Esa, tapi 3 pribadi.

    mengapa harus menjadi Allah anak atau menjadi Yesus? atau Allah Roh Kudus??

    -Allah dapat menjadi apa saja yang Dia mau, bisa menjadi kucing, rumput, atau apapun.., tapi kucing, rumput, atau apapun.. Allah tidak berurusan dengan itu, karena Allah hanya berurusan dengan manusia, manusialah yang perlu bertobat, sehingga Ia datang untuk menebus manusia lewat kematianNya. manusia adalah gambar dan rupa Allah.

    -Allah Roh adalah berasal dari Allah berarti Dia Allah, Roh Allah yang juga ikut menciptakan dunia ini, bahkan yang membangkitkan Yesus.

    jadi Allah kita adalah Esa,

    mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan, karena memang kita manusia tidak bisa menggambarkan Allah karena kita hanya manusia.

    bagaimana mungkin kita bisa memasukkan air laut kedalam gelas...
    GBU


301 – 325 dari 353    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 12  13  14  15  Selanjutnya Kirim tanggapan