Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Corpus Delicti, Bagaimana pendapat anda?

ForumAlkitab

51 – 75 dari 134    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3  4 ... 6  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • ARTHUR192

    9 Februari 2016

    @hana..

    Kapan kita mengetahui bahwa si IBLIS ini telah melakukan pelanggaran, sehingga Tuhan mencari cara agar bisa menghukumnya? apakah mengacu pada Yesaya Yesaya 14:1-32 dan Yehezkiel 28:1-26 ?

    HANA914 tulis:

    Terima kasih bro Arthur untuk pelajaran bhs ibraninya ...

    Mengenai sebutan anak Allah bisa dikesampingkan dulu ... nti saya tanyakan ke pastor erastus klo ktemu, namun menurut saya pribadi bukan arti secara harafiah ...krn beliau menyebut adam sbg anak, orang orang percaya sbg anak .

    Allah adalah sosok Allah yang tertib yang terikat dengan hukum (rule) pada diriNya dan tak dapat menyangkalnya. Ia tak dapat menghukum Lucifer tanpa bukti yang jelas ...sudah ditulis di atas ..butuh verifikasi atau pembuktian bahwa iblis layak menerima hukuman kekal.

    Hal inilah yang membuat Lucifer memberontak karena melihat celah

    untuk memenangkan pemberontakannya.

    Pembuktian inilah yg disebut corpus delicti. Luvifer tidak akan terbukti bersalah sebelum ada pembuktian .

    Manusia yang diharapkan memiliki persekutuan dengan Allah, taat, menghormati, dan memuliskan Allah. Hal inilah yang akan menjadi pembuktian bahwa iblis bersalah. (Corpus delicti) inti dari tulisan ini ..

    9 Februari 2016 diubah oleh ARTHUR192

  • LISTON872

    9 Februari 2016

    Thanks ya sis untuk penjelasannya... detail tapi kok aku masih gagal paham juga ya...

    HANA914 tulis:

    Saya rasa tidak ...

    2 petrus 2:4

    Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua gua yang gelap untuk menyimpan  mereka sampai hari penghakiman.

    Saya memang pernah membaca suatu artikel atau opini yang menyatakan Allah memberi kesempatan iblis untuk bertobat dan berbalik arah pada Bapa. Tidak demikian ... Iblis tahu bagiannya adalah api kekekalan .....karena itu hampir di seluruh perjanjian baru berisi tentang bagaimana orang percaya harus berjaga jaga terhadap tipudaya iblis.

    Sesuai dengan namanya iblis yang berarti penghasut ....iblispun menghasut mausia untuk melawan Allah ... Sama seperti dia menghasut sepertiga malaikat. Betapa seriusnya ini bagi iblis sehingga dia menyamar menjadi nabi nabi palsu hanya untuk menyesatkan orang orang percaya.

    "perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. (Efesus 6:12). Amaran yang diilhami ini diserukan berabad-abad sampai ke zaman kita: "Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu si iblis berjalan berkeliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya." (1 Petrus 5:8). "Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis." (Efesus 6:11).

    Menurut saya pribadi ini adalah hal yang esensial .... Saat memahami hal ini maka kita pun memahami mengapa kita harus benar benar waspada akan si jahat ini. Termasuk salah satunya adalah pikiran "tak apa apa berbuat dosa" (pemikiran ini menurut anda datangnya darimana?) ...

  • HANA914

    9 Februari 2016

    ARTHUR192 tulis:

    @hana..

    Kapan kita mengetahui bahwa si IBLIS ini telah melakukan pelanggaran, sehingga Tuhan mencari cara agar bisa menghukumnya? apakah mengacu pada Yesaya Yesaya 14:1-32 dan Yehezkiel 28:1-26 ?

    Saya merasa kayak lagi ditest sama dosen nih ... Wkwkwk

    Sebemtar yaa bro ... Nti saya balas pas ada waktu nulis panjang panjang

  • ARTHUR192

    9 Februari 2016

    @hana,  OK hasian...

    HANA914 tulis:

    Saya merasa kayak lagi ditest sama dosen nih ... Wkwkwk

    Sebemtar yaa bro ... Nti saya balas pas ada waktu nulis panjang panjang

  • LIONG519

    9 Februari 2016

    Sama2 sis Hana...:up::-D:-D:-D

    HANA914 tulis:

    Thanks bro Liong .... Ini adalah versimkomplitnya dari artikel Erastus Sabdono ... Sekaligus menjawab pertanyaan bro Binto ....

  • HANA914

    9 Februari 2016

    ARTHUR192 tulis:

    @hana..

    Kapan kita mengetahui bahwa si IBLIS ini telah melakukan pelanggaran, sehingga Tuhan mencari cara agar bisa menghukumnya? apakah mengacu pada Yesaya Yesaya 14:1-32 dan Yehezkiel 28:1-26 ?

    Dear bro Arthur,

    Saya coba menanggapi yaa ....

    1. Kapan iblis melakukan pelanggaran? Saya menafsirkan pertanyaan ini sebagai kapan kejatuhan iblis ya ..

    Mengenai kapannya secara tepat tidak tercantum di alkitab. Namun kita bisa simpulkan sebagai berikut :

    Pertama perlu kita sepakati dulu bahwa iblis ini adalah malaikat terang asal muasalnya .. ( iyaa doong ...Tuhan khan tidak menciptakan satu sosok iblis untuk sengaja menentangNya)

    Para malaikat diciptakan sebelum penciptaan bumi (Ayub 38:4-7) ini ayat saat Tuhan menjawab ayub ...ttg masa penciptaan. Baca sendiri yaa bro ...  di ayat 7 disebut " pada waktu bintang bintang fajar bersorak sorak bersama sama, dan semua anak Allah bersorak sorai . Kejadian 3:1-14 ...baca sendiri yaa bro .. ular (yg adalah iblis) menghasut hawa . Sebelum iblis mencobai adam dan hawa ia sudah jatuh. Jadi kejatuhannya sendiri antara setelah malaikat diciptakan dan sebelum kejatuhan adam dan hawa.

    Yesaya 14:1-32, yehezkiel 28:1 -26

    Perikop tersebut adalah nuhuatan atau perkataan nabi Yesaya dan Yehezkiel terhadap raja Babel dan Tirus. Babel dan Tirus ini adalah tempatnya segala dosa, kemaksiatan ...tidak ada lagi penghormatan kepada Allah..semua sifat sifat yang dimiliki oleh iblis sebagai bapa dari segala kejahatan. Jadi perikop ini merujuk dan mengarah dengan jelas pada si bintang fajar ...alias iblis. Kedua perikop ini sendiri tidak menyebutkan dgn jelas kapan tepatnya kejatuhan itu. Hanya menceritakan bagaimana peristiwa kejatuhan itu namun lebih kepada ringkasan akhir hidup lucifer atau bintang fajar atau apapun sebutannya terserah bro Arthur dech .

    Waduh banyak typios, mudah mudahan kebaca, maklum ngetik pake hp ...n jari saya besar besar :-)

    9 Februari 2016 diubah oleh HANA914

  • ARTHUR192

    9 Februari 2016

    @Hana,

    Dari Tulisan corpus delicti (fakta yang membuktikan kesalahan telah dilakukan) yang ditulis oleh pastor Erastus Sabdono merupakan pendapat pribadi dan hanya menggunakan istilah, padahal sebenarnya yg saya tahu, tulisan tsb tak lain adalah penjabaran dari permasalahan awal DOSA dan FREE-WILL manusia yang sudah banyak di tulis dan di bahas selama Kekristenan berdiri...  daari point2 diatas ada satu point yang kurang setuju, masalah penciptaan manusia.  Oleh Karena kesalahan IBLIS/LUCIFER/SATAN maka Tuhan menciptakan manusia utk menjadi kontra dgn IBLIS tsb, ini ga sejalan dengan kitab kejadian awal permulaan Manusia. Saya melihat Eratus hanya beramsumsi saja, mencari2 alasan supaya IBLIS harus di HUKUM dengan cara trik khusus dari Tuhan, dan demikian Tuhan punya alasan/dalil untuk melenyapkan IBLIS tsb.  Saya rasa tidak relevan dengan Rancangan Tuhan yang menghadirkan JURUSELAMAT olek karena Manusia yang menggunakan FREE-WILL nya jatuh dalam DOSA.

  • HANA914

    9 Februari 2016

    Dear Arthur ,

    Benar bahwa corpus delicti hanyalah istilah saja. Saya sudah jelaskan di awal bahwa ini adalah istilah hukum, di dalam lieratur kekristenan sendiri tidak didapati. Well ... Kalau bro menuduh beliau hanya berasumsi saja ... Saya rasa tidak ..., tulisan beliau didukung dan berdasarkan alkitab. Lain jika tidak didukung alkitab sama aekali. .pewahyuan untuk masing masing orang berbeda beda bro ... Saya pribadi sangat tertarik dan mengalami pencerahan setelah membaca artikel ini.... Mungkin buat bto Arthur tidak menarik dan tidak beralasan.

    Pastor Erastus ini sendiri memang merupakan pastor favorit saya, saya sangat mengagumi tulisan tulusan beliau, hidup beliau sendiri menunjukkan buah buah kekekalan. Jadi sayapun mengambil ide tulisan beliau ini bukan asal comot dari tokoh yang tidak bisa dipertanggungjawabkan pribadinya.

    Dapatkah saya katakan juga jika bro Arthur juga berasumsi saja?

    Saya mengangkat topik ini mencari teman diskusi untuk beesama sama menggali tentang hal ini. Jika aada ketidaksepakatan pun saya juga menghargai untuk tidak sepakat .

    Buat saya pribadi pertanyaan pertanyaan ini muncul di kepala saya berhari hari

    Apakah manusia diciptakan hanya untuk memenuhi bumi? Menguasai bumi? Apakah sesimpel itu?bumi sudah dikuasai iblis, mengapa manusia diberi tugas yg sama?

    Mengapa iblis sedimikian rupa berupaya menjatuhkan manusia dengan berbagai cara?? Di seluruh perjanjian baru peringatan terhadap iblis dan tipu dayanya banyak disebut. Menunjukkan bahwa iblis ini adalah musuh utama Allah dan manusia ...

    Ada sesuatu maksud di balik penciptaan manusia. Penciptaan manusia ini dianggap berbahaya bagi ibkis.

    Mengapa Tuhan katakan orang orang percaya bisa mempercepat atau memperlambat kedatangan Tuhan? Mengapa tidak suka suka Tuhan saja terserah Dia?

    Mengapa tidak dipercepat saja penghukuman iblis? Ada korelasi antara orang percaya dengan penghukuman iblis

    Semua itu terjawab di dalam artikel beliau tentang corpus delicti ini.

    Saya akan kasih referensi ayat ayat kalo bro Arthur mau lanjut bedah satu satu. Dengan niat memang kita sama sama interest tentang hal ini bersama sama .. Boleh setuju boleh kontra ... Yang penting sama sama terbuka bro ....

    Kalau bro Arthur sudah menguncinya bahwa ini tidak beralasan tentu akan percuma juga jika dilanjutkan. Lebih baik kita sepakat untuk tidak bersepakat.

  • DONY531

    9 Februari 2016

    Corpus delicti... kirain nama makanan khas italia ato amerika latin...

    Mnrt saya bahasan kejatuhan iblis dan penciptaan manusia, sebaiknya dilakukan di forum rohaniwan saja. Jgn di forum masyarakat umum sprti ini. Hasil bahasan oleh para rohaniwan tsb barulah diinfokan kpd jemaat umum agar meminimalisir bnyknya salah tafsir. Krn jemaat kristen kan tidak semuanya paham alkitab 100%, baik scr histori, bahasa, penafsiran/pewahyuan, dll. Bisa jadi, semua rohaniwan di dunia kalo dikumpulin, blm tentu juga bs mengetahui jawaban yg benar, krn tidak semua pekerjaan Allah bisa diselami oleh manusia, kecuali klo Allah berkenan menyatakannya.

    Tapi, klo lagi seru diskusi, ya lanjutin aja deh bro&sis... hehehe..

  • HANA914

    9 Februari 2016

    DONY531 tulis:

    Corpus delicti... kirain nama makanan khas italia ato amerika latin...

    Mnrt saya bahasan kejatuhan iblis dan penciptaan manusia, sebaiknya dilakukan di forum rohaniwan saja. Jgn di forum masyarakat umum sprti ini. Hasil bahasan oleh para rohaniwan tsb barulah diinfokan kpd jemaat umum agar meminimalisir bnyknya salah tafsir. Krn jemaat kristen kan tidak semuanya paham alkitab 100%, baik scr histori, bahasa, penafsiran/pewahyuan, dll. Bisa jadi, semua rohaniwan di dunia kalo dikumpulin, blm tentu juga bs mengetahui jawaban yg benar, krn tidak semua pekerjaan Allah bisa diselami oleh manusia, kecuali klo Allah berkenan menyatakannya.

    Tapi, klo lagi seru diskusi, ya lanjutin aja deh bro&sis... hehehe..

    Ada tahu forum rohaniawan kah?? Yang seru gitu?? Saya akan sangat senang sekali ktemu mereka ... Banyak pertanyaan yg mau saya tanyakan dan diskusikan ..

  • LIONG519

    9 Februari 2016

    alo Bro Dony, ya gpp klo menurut sy lho bro..,biar kita bisa saling tuker pikiran,nambah wawasan utk hal2 yg positif apalg ttng sesuatu yg baru(membangun) dan emang ada ayat pendukungnya dr Alkitab, dimana2 pasti selalu ada pro dan kontra mau di forum rohaniawan ataupun forum umum ya sama aja,lagian kan ini emang forum kristen, jd kita sbg orang kristen bisa saling tukar pikiran utk saling mengingatkan, menguatkan, menegur, dan mengasihi dalam FirmanNya..,walaupun di web ini emang rata2 cari jodoh atau menambah tmn.:-D:-D:-D

    Tuhan Yesus memberkati..:-D:-D:-D

    DONY531 tulis:

    Corpus delicti... kirain nama makanan khas italia ato amerika latin...

    Mnrt saya bahasan kejatuhan iblis dan penciptaan manusia, sebaiknya dilakukan di forum rohaniwan saja. Jgn di forum masyarakat umum sprti ini. Hasil bahasan oleh para rohaniwan tsb barulah diinfokan kpd jemaat umum agar meminimalisir bnyknya salah tafsir. Krn jemaat kristen kan tidak semuanya paham alkitab 100%, baik scr histori, bahasa, penafsiran/pewahyuan, dll. Bisa jadi, semua rohaniwan di dunia kalo dikumpulin, blm tentu juga bs mengetahui jawaban yg benar, krn tidak semua pekerjaan Allah bisa diselami oleh manusia, kecuali klo Allah berkenan menyatakannya.

    Tapi, klo lagi seru diskusi, ya lanjutin aja deh bro&sis... hehehe..

  • JONY310

    9 Februari 2016

    Sedikit menanggapi :-)

    Istilah anak. Istilah ini dipakai Tuhan utk menunjukkan kasihNya, jd Tuhan mencari suatu bentuk kasih yg dipahami manusia. Kasih terbesar seorg manusia adalah kasih ortu thd anak. Dgn menggunakan istilah anak, manusia tahu bhwa Allah bgtu mengasihi anak, terlebih manusia sperti di Yoh 3:16. Ini kasih yg luar biasa, lebih dr kasih ortu thdap anak.

    Sepanjang sejarah Alkitab, hya ada 3 pribadi yg disebut anak, yaitu Yesus, Lucifer dan Manusia. Malaikat tidak disebut anak. Berarti, lucifer ini bukan malaikat sembarangan, tetapi yg begitu dikasihi Allah. namun sayangnya ia jatuh dlm dosa.

    Tujuan Allah menciptakan manusia mmg sampai hr ini masih jd tanda tya besar. Ada yg blg, agar menguasai bumi. Kalo ga ada bumi, ga masalah kan, seolah2 Tuhan ciptain bumi lalu bingung, siapa yg kelola ya? Akh ciptain manusia deh. Ga mgkin gitu kan?

    Ada yg blg agar menyembah Tuhan. Ini terkesan Tuhan haus akan pujian penyembahan, haus akan penghormatan mknya ciptain manusia. Tuhan tdk gila hormat kok.

    Ada yg blg agar Tuhan bs menunjukkan kasihNya. Tdk perlu menurut saya, tanpa manusia, Ia adalah Maha Kasih. Terus, mau tunjukkan ke siapa?

    Ada yg blg agar manusia menjadi anak2Nya, menjadi keluargaNya. Seolah2 tanpa manusia, hidup Allah tdk sempurna, kesepian, galau. Tdk mgkin kan? hehe...

    Jd yg dimaksud di forum ini, Tuhan ciptain manusia itu dgn satu tujuan yg multi compleks, tdk bisa dimengerti oleh manusia itu sendiri. Manusia hya mengetahui beerapa saja, diantaranya utk menjadi corpus delicti, menyatakan bhwa apa yg dilakukan iblis itu bersalah.

  • LIONG519

    9 Februari 2016

    @Bro Arthur, numpang nanya ayat brp yg menunjukkan di kitab kejadian yg kontra dgn karena kesalahan IBLIS/LUCIFER/SATAN maka Tuhan menciptakan manusia utk menjadi kontra dgn IBLIS tsb, ini ga sejalan dengan kitab kejadian awal permulaan Manusia ?

    Di Kitab Kejadian 3 :1-24, ayat 1 berbunyi "Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh Tuhan Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu. "Tentulah Allah berfirman : semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan? dan selanjutnya di ayat 2 sampai 6(bisa di baca sendiri). Intinya Ular itu berusaha merayu dan menipu(menjebak) Hawa utk makan buah pohon pengetahuan ttng yg baik dan jahat spy Hawa dan Adam jatuh ke dalam dosa.

    Coba kita renungkan apakah motif ular tersebut sampai mau merayu (menjebak) Hawa dan kemudian Adam jg ikut terjebak?

    kalo dr pembahasan pastor Erastus Sabdono ttng Corpus Delicti, motif Ular/ Iblis supaya bisa punya alasan utk tidak dihukum ( menjadikan pembenaran utk melindunginya dan malaikat2 pengikutnya dr Hukuman Allah),oleh karena manusia yg di ciptakan Allah menurut Gambaran-Nya jg ternyata tidak taat ( melawan perintah Allah).

    Sehingga utk bisa membuktikan Iblis dan malaikat2nya bersalah sekaligus menyelamatkan umat manusia dari dosa yg diakibatkan dosa mula2 (dari Adam), maka Allah Bapa mengutus Anak Nya yg Tunggal utk datang kedalam dunia ( Yoh 3:16) sebagai manusia yaitu Yesus Kristus.

    Dan Selama di dunia, Yesus yg menjadi manusia walaupun di cobai, Dia tetap tidak berbuat dosa ( Ibr 4:15), bahkan Yoh 4:34 kata Yesus: " Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya. Selama hidup Yesus menjadi manusia, Dia selalu taat dan setia 100% pada Allah Bapa di surga bahkan sampai harus menderita aniaya,dan mati di kayu salib (Fil 2:8).

    Setelah Yesus Kristus menebus dosa2 umat manusia yg diakibatkan oleh Adam (Rom 5 :17), Dia sekaligus memberikan kita contoh atau teladan untuk mengikut Dia sbg yg Sulung diantara banyak saudara( Rom 8:29) yang disebut Corpus Delicti. Saudara itu yang dimaksud ada juga di jelaskan dlm wahyu 6:11 : Dan kepada mereka masing-masing diberikan sehelai jubah putih, dan kepada mereka dikatakan, bahwa mereka harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka.

    Jadi menurut saya : yang ditulis pastor Erastus Sabdono bukan lah pendapat pribadi krn ada ayat2 pendukung yg dr kitab Kejadian,kitab Ayub,kitab Yehezkiel, kitab Yesaya, kitab2 dlm perjanjian baru  (Matius sampai Wahyu) ada benang merahnya atau saling terhubung satu sama lain.

    Tuhan Yesus Memberkati, Amin...:-D

    ARTHUR192 tulis:

    @Hana,

    Dari Tulisan corpus delicti (fakta yang membuktikan kesalahan telah dilakukan) yang ditulis oleh pastor Erastus Sabdono merupakan pendapat pribadi dan hanya menggunakan istilah, padahal sebenarnya yg saya tahu, tulisan tsb tak lain adalah penjabaran dari permasalahan awal DOSA dan FREE-WILL manusia yang sudah banyak di tulis dan di bahas selama Kekristenan berdiri...  daari point2 diatas ada satu point yang kurang setuju, masalah penciptaan manusia.  Oleh Karena kesalahan IBLIS/LUCIFER/SATAN maka Tuhan menciptakan manusia utk menjadi kontra dgn IBLIS tsb, ini ga sejalan dengan kitab kejadian awal permulaan Manusia. Saya melihat Eratus hanya beramsumsi saja, mencari2 alasan supaya IBLIS harus di HUKUM dengan cara trik khusus dari Tuhan, dan demikian Tuhan punya alasan/dalil untuk melenyapkan IBLIS tsb.  Saya rasa tidak relevan dengan Rancangan Tuhan yang menghadirkan JURUSELAMAT olek karena Manusia yang menggunakan FREE-WILL nya jatuh dalam DOSA.

    9 Februari 2016 diubah oleh LIONG519

  • JOSHUA603

    9 Februari 2016

    coba berbagi info :

    sarapanpagi.org

    forumkristen.com

    HANA914 tulis:

    Ada tahu forum rohaniawan kah?? Yang seru gitu?? Saya akan sangat senang sekali ktemu mereka ... Banyak pertanyaan yg mau saya tanyakan dan diskusikan ..

  • ARTHUR192

    9 Februari 2016

    @LIONG

    Untuk bisa membuktikan berarti mencari alasan, apa yang di jabarkan tentang corpus delicti ini sama hal menerangkan dari mana asal DOSA itu? bahkan lebih mendasar  dari pada sekedar mencari cari cara, trik, teknik untuk melegalitaskan Tuhan menghukum IBLIS..

    Dengan Dosa semua sudah dipasktikan bersalah/melanggar/tidak taat, Dosa merupakan indikator bahwa ada yang melakukan kesalahan, DOSA itu dilakukan IBLIS (Malaikat yg jatuh) dan Manusia sebagai ciptaan. Dosa yang dilakukan IBLIS menjalar kpd Manusia, Manusia telah jatuh dalam dosa hingga Rancangan Penebusan Tuhan terjadi.

    * Kejadian 3:15
    LAI TB, Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.

    Sejarah sejarah dalam Israel pun  di perjanjian lama mencatat bawah kesalahan/dosa bisa di bayar dengan darah (Typologi)  :

    Hukum Musa berkata “Nyawa makhluk ada dalam darahnya… dan tanpa penumpahan daran (korban) tak ada pengampunan” (Imamat 17:11, Ibrani 9:22). Ketentuan Korban penghapusan dosa/kesalahan/pelanggaran di dalam Hukum Taurat, keseluruhannya adalah dengan "menumpahkan darah". Dalam Imamat dicatatat macam-macam korban sbb :
    - Korban bakaran (Imamat 1:1-17); darah
    - Korban Sajian (Imamat 2:1-16) ; tepung/ minyak
    - Korban Kedamaian/keselamatan (Imamat 3:1-17) ; darah
    - Korban Penghapusan Dosa (Imamat 4:1-35) ; darah
    - Korban Pelanggaran (Imamat 5:1-13) ; darah, (orang miskin boleh memakai tepung dibakar diatas korban "darah" binatang orang lain).
    - Korban penebus salah (Imamat 5:14-19; 6:1-7) ; darah

    ABRAHAM dan ISHAK

    Kisah dari pengorbanan anak Abraham yang berakhir dengan penebusan kematiannya melalui seekor domba jantan, dicatat dengan lurus dalam Kejadian 22:8 dan 13
    “Tuhan yang akan menyediakan
    anak domba untuk korban bakaran bagiNya”
    “Abraham memanggil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai
    korban bakaran pengganti anaknya”

    DAUD

    Mazmur 50:5
    LAI TB, Bawalah kemari orang-orang yang Kukasihi, yang mengikat perjanjian dengan Aku berdasarkan korban sembelihan!

    PERJANJIAN BARU :

    ) t "Anak Domba Allah" atau Anak Kurban (Yohanes 1:29)

    ) "tanpa penumpahan darah, tidak ada pengampunan" (Ibrani 9:22).

    )Kolose 2:14-15
    2:14 LAI TB, dengan menghapuskan surat hutang (KHEIROGRAPHON), yang oleh ketentuan-ketentuan hukum (DOGMA) mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib.

    Dari paparan diatas, semua permasalahan adalah DOSA , kembali kerpermasalahan topik diskusi ini , corpus delicti hanya konsep pribadi yang di dasari oleh pemahaman tafsir  alkitab dari pastor erastus sendiri. yang sebenarnya bentuk lain dari KONSEP PENEBUSAN, menurut saya pribadi corpus delicti  kuranglah tepat untuk memehami iman kristen secara utuh.  Secara pribadi saya tidak bisa menerima bahwa Tuhan mencari cari alasan, teknik Jitu untuk menghukum IBLIS , padahal Manusia jatuh dalam dosa adalah karena pilihan KEHENDAK BEBAS nya...  yang menjadi pertanyaan disini " BAGAIMANA JIKA MANUSIA MEMILIH TIDAK JATUH DALAM DOSA"  dalam hal ini tidak memakan buah pengetahuan??? apakah konsep corpus delicti akan berjalan semestinya? atau Tuhan mencari lagi trik Jitu lain nya? :-)

    LIONG519 tulis:

    @Bro Arthur, numpang nanya ayat brp yg menunjukkan di kitab kejadian yg kontra dgn karena kesalahan IBLIS/LUCIFER/SATAN maka Tuhan menciptakan manusia utk menjadi kontra dgn IBLIS tsb, ini ga sejalan dengan kitab kejadian awal permulaan Manusia ?

    Di Kitab Kejadian 3 :1-24, ayat 1 berbunyi "Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh Tuhan Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu. "Tentulah Allah berfirman : semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan? dan selanjutnya di ayat 2 sampai 6(bisa di baca sendiri). Intinya Ular itu berusaha merayu dan menipu(menjebak) Hawa utk makan buah pohon pengetahuan ttng yg baik dan jahat spy Hawa dan Adam jatuh ke dalam dosa.

    Coba kita renungkan apakah motif ular tersebut sampai mau merayu (menjebak) Hawa dan kemudian Adam jg ikut terjebak?

    kalo dr pembahasan pastor Erastus Sabdono ttng Corpus Delicti, motif Ular/ Iblis supaya bisa punya alasan utk tidak dihukum ( menjadikan pembenaran utk melindunginya dan malaikat2 pengikutnya dr Hukuman Allah),oleh karena manusia yg di ciptakan Allah menurut Gambaran-Nya jg ternyata tidak taat ( melawan perintah Allah).

    Sehingga utk bisa membuktikan Iblis dan malaikat2nya bersalah sekaligus menyelamatkan umat manusia dari dosa yg diakibatkan dosa mula2 (dari Adam), maka Allah Bapa mengutus Anak Nya yg Tunggal utk datang kedalam dunia ( Yoh 3:16) sebagai manusia yaitu Yesus Kristus.

    Dan Selama di dunia, Yesus yg menjadi manusia walaupun di cobai, Dia tetap tidak berbuat dosa ( Ibr 4:15), bahkan Yoh 4:34 kata Yesus: " Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya. Selama hidup Yesus menjadi manusia, Dia selalu taat dan setia 100% pada Allah Bapa di surga bahkan sampai harus menderita aniaya,dan mati di kayu salib (Fil 2:8).

    Setelah Yesus Kristus menebus dosa2 umat manusia yg diakibatkan oleh Adam (Rom 5 :17), Dia sekaligus memberikan kita contoh atau teladan untuk mengikut Dia sbg yg Sulung diantara banyak saudara( Rom 8:29) yang disebut Corpus Delicti. Saudara itu yang dimaksud ada juga di jelaskan dlm wahyu 6:11 : Dan kepada mereka masing-masing diberikan sehelai jubah putih, dan kepada mereka dikatakan, bahwa mereka harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka.

    Jadi menurut saya : yang ditulis pastor Erastus Sabdono bukan lah pendapat pribadi krn ada ayat2 pendukung yg dr kitab Kejadian,kitab Ayub,kitab Yehezkiel, kitab Yesaya, kitab2 dlm perjanjian baru  (Matius sampai Wahyu) ada benang merahnya atau saling terhubung satu sama lain.

    Tuhan Yesus Memberkati, Amin...:-D

  • IWANXS553

    9 Februari 2016

    Diskusinya jangan yang berat-berat plis

  • ARTHUR192

    9 Februari 2016

    santai mas bro,,, ... modal mata doang..udah cukup ringan...

    IWANXS553 tulis:

    Diskusinya jangan yang berat-berat plis

  • LIZEGUD713

    9 Februari 2016

    Wahh,,, obrolan tingkat tinggi, gk nyampe otakku,,gk ikutan dahh,,wkwkwk

  • LIONG519

    9 Februari 2016

    @Arthur

    Sebelum kita bahas lebih lanjut, sy mau nanya berarti menurut bro siapa itu ular dalam kejadian 3? Apakah dia yg hny seekor ular biasa yg di hukum krn menjebak manusia? trs apa motifnya / alasan ular itu merayu/menipu/menjebak Hawa utk makan buah pohon pengetahuan ttng yg benar dan salah? iseng2 aja?

    trs siapa yg dikatakan didlm kitab Yesaya 14:12-14 dan Yeh 28:13-19? dan wahyu 12:9, 20:2 ?

    menurut anda itu semua ada keterkaitan?

    Selanjutnya Lucifer jatuh dalam dosa  yg disebut iblis sebelum manusia di ciptakan atau setelah manusia di ciptakan? atau barengan ?

    Kalo omong soal persepsi pribadi atau penafsirang pribadi ya semuanya bisa omong seperti itu, termasuk pernyataan bro Arthur hahahah

    Yg saya nilai itu pastor Erastus Sabdono menjelaskan ttng Corpus Delicti  sangat menarik karena ada ayat2 dalam Alkitab yg di jelaskan saling berkaitan? bukan hny mengikut keinginan pribadi tanpa di dukung ayat-ayat Alkitab yang jelas.

    Gitu loh bro Arthur, klo secara pribadi anda tidak bisa menerima bahwa Tuhan mencari cari alasan, teknik Jitu untuk menghukum IBLIS, ya silahkan2 saja, itu pilihan bro Arthur ( tidak ada yang maksa untuk ikut menyetujui) :-D

    Kalo seperti yg dijelaskan dr pembahasan pastor Erastus Sabdono ttng Corpus Delicti, jika MANUSIA MEMILIH TIDAK JATUH DALAM DOSA, maka ya jelas Iblis dan malaikat2nya tidak bisa mencari pembenaran dan pasti langsung di hukum.

    Contoh sederhananya gini ( sy kutip dr Artikel) :

    Seorang anak yg kencing di sembarang tempat tidak dapat dikatakan bersalah jika tidak ada tanda di larang kencing dan contoh adanya seorang anak yang lain yg memberikan teladan untuk kencing di WC. Anak yg kencing di wc itulah yg disebut corpus delicti atau anak yg membuktikan bahwa anak yg kecil disembarang tempat itu bersalah. Jika tidak pernah ada anak yang kencing di wc maka anak yg kencing disembarang tempat tidak dapat dikatakan bersalah.

    Gitu contoh singkatnya bro..:-D

    ARTHUR192 tulis:

    @LIONG

    Untuk bisa membuktikan berarti mencari alasan, apa yang di jabarkan tentang corpus delicti ini sama hal menerangkan dari mana asal DOSA itu? bahkan lebih mendasar  dari pada sekedar mencari cari cara, trik, teknik untuk melegalitaskan Tuhan menghukum IBLIS..

    Dengan Dosa semua sudah dipasktikan bersalah/melanggar/tidak taat, Dosa merupakan indikator bahwa ada yang melakukan kesalahan, DOSA itu dilakukan IBLIS (Malaikat yg jatuh) dan Manusia sebagai ciptaan. Dosa yang dilakukan IBLIS menjalar kpd Manusia, Manusia telah jatuh dalam dosa hingga Rancangan Penebusan Tuhan terjadi.

    * Kejadian 3:15
    LAI TB, Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.

    Sejarah sejarah dalam Israel pun  di perjanjian lama mencatat bawah kesalahan/dosa bisa di bayar dengan darah (Typologi)  :

    Hukum Musa berkata “Nyawa makhluk ada dalam darahnya… dan tanpa penumpahan daran (korban) tak ada pengampunan” (Imamat 17:11, Ibrani 9:22). Ketentuan Korban penghapusan dosa/kesalahan/pelanggaran di dalam Hukum Taurat, keseluruhannya adalah dengan "menumpahkan darah". Dalam Imamat dicatatat macam-macam korban sbb :
    - Korban bakaran (Imamat 1:1-17); darah
    - Korban Sajian (Imamat 2:1-16) ; tepung/ minyak
    - Korban Kedamaian/keselamatan (Imamat 3:1-17) ; darah
    - Korban Penghapusan Dosa (Imamat 4:1-35) ; darah
    - Korban Pelanggaran (Imamat 5:1-13) ; darah, (orang miskin boleh memakai tepung dibakar diatas korban "darah" binatang orang lain).
    - Korban penebus salah (Imamat 5:14-19; 6:1-7) ; darah

    ABRAHAM dan ISHAK

    Kisah dari pengorbanan anak Abraham yang berakhir dengan penebusan kematiannya melalui seekor domba jantan, dicatat dengan lurus dalam Kejadian 22:8 dan 13
    “Tuhan yang akan menyediakan
    anak domba untuk korban bakaran bagiNya”
    “Abraham memanggil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai
    korban bakaran pengganti anaknya”

    DAUD

    Mazmur 50:5
    LAI TB, Bawalah kemari orang-orang yang Kukasihi, yang mengikat perjanjian dengan Aku berdasarkan korban sembelihan!

    PERJANJIAN BARU :

    ) t "Anak Domba Allah" atau Anak Kurban (Yohanes 1:29)

    ) "tanpa penumpahan darah, tidak ada pengampunan" (Ibrani 9:22).

    )Kolose 2:14-15
    2:14 LAI TB, dengan menghapuskan surat hutang (KHEIROGRAPHON), yang oleh ketentuan-ketentuan hukum (DOGMA) mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib.

    Dari paparan diatas, semua permasalahan adalah DOSA , kembali kerpermasalahan topik diskusi ini , corpus delicti hanya konsep pribadi yang di dasari oleh pemahaman tafsir  alkitab dari pastor erastus sendiri. yang sebenarnya bentuk lain dari KONSEP PENEBUSAN, menurut saya pribadi corpus delicti  kuranglah tepat untuk memehami iman kristen secara utuh.  Secara pribadi saya tidak bisa menerima bahwa Tuhan mencari cari alasan, teknik Jitu untuk menghukum IBLIS , padahal Manusia jatuh dalam dosa adalah karena pilihan KEHENDAK BEBAS nya...  yang menjadi pertanyaan disini " BAGAIMANA JIKA MANUSIA MEMILIH TIDAK JATUH DALAM DOSA"  dalam hal ini tidak memakan buah pengetahuan??? apakah konsep corpus delicti akan berjalan semestinya? atau Tuhan mencari lagi trik Jitu lain nya? :-)

    9 Februari 2016 diubah oleh LIONG519

  • HANA914

    9 Februari 2016

    Bro Arthur YTC

    Saya coba jawab yaa. Tulisannya panjang sekali, saya malas bacanya . tapi saya bold maksud yang terakhir saja.

    Bagaimana jika manusia oleh kehendak bebasnya tidak jafuh dalam dosa?

    Ini kemungkinan pertama

    Manusia diciptakan dengan konsep Corpus Delucti ... Sekali lagi Allah membutuhkan sosok manusia yang taat, dan memiliki persekutuan denagn Allah sebagaimana yang saya tulis di awal ,.. Jika Adam tidak berdosa ..maka dia akan tetap tinggal di taman eden.Dan segala sesuatu yang diviptakan tetap menjadi sama... Iblis akan cepat dihukum. Yesus menjadi Raja sejak awal.

    Pertama yang harus diingat bahwa neraka diciptakan bukan untuk manusia tapi untuk iblis yaa .....

    Ini kemungkinan kedua

    Efesus 1:4-7

    sebagaimana ia telah memilih kita dalam persatuan dengan dia sebelum dunia dijadikan, agar kita kudus dan tanpa cacat di hadapannya dalam kasih. Sebab ia telah menetapkan kita sebelumnya untuk diangkat menjadi putra-putranya melalui Yesus Kristus, sesuai dengan kehendaknya yang berkenan kepadanya, demi pujian bagi kebaikan hatinya yang tidak selayaknya diperoleh dan yang mulia, yang dengan baik hati ia anugerahkan kepada kita melalui pribadi yang dikasihinya. Melalui dialah kita memperoleh kelepasan, yaitu melalui tebusan dengan darah pribadi itu, ya, pengampunan atas pelanggaran-pelanggaran kita, sesuai dengan kekayaan dari kebaikan hatinya yang tidak selayaknya diperoleh.

    Ayat tersebut dengan amat gamblang menyatakan bahwa rencana penebusan sudah ada bahkan sebelum dunia dijadikan (berarti sebelum manusia dijadikan juga). Maka seperti saat inilah yang akan terjadi

    Ini akan kembali pada konsep Allah Maha Tahu dan Allah mengijinkan terjadi .... Yang pernah bro Arthur perdebatkan di thread yang lain ..

    Mengapa saya kemukakan 2 kemungkinan ... Yaa karena saya tidak tahu persis seandainya yg akan terjadi . itunsepenuhnya kedaulatan Allah .Jangan dibalik balik bro ...

  • HANA914

    9 Februari 2016

    @ IwanXs & Lizegud : saya juga pusing ini sebenernya .... Wkwkwk ...

  • LIONG519

    9 Februari 2016

    Hahahahahahahahaha :-D:-D:-D

    HANA914 tulis:

    @ IwanXs & Lizegud : saya juga pusing ini sebenernya .... Wkwkwk ...

  • 9 Februari 2016

    Pk tangga mba brow,, biar nyampe...hehe..

    LIZEGUD713 tulis:

    Wahh,,, obrolan tingkat tinggi, gk nyampe otakku,,gk ikutan dahh,,wkwkwk

  • NUGIEE368

    9 Februari 2016

    Iya, trit saya tentang awal mula penciptaan justru tidak saya awali dgn kajian saya, dgn mengemukakan ayat2 dlm alkitab, karena dgn jelas saya tuliskan itu muncul karena pertanyaan seorang non -kristen  yg penasaran pada ajaran kristen. Dan jelas dia tidak akan bertanya dengan ayat2 alkitab, karena justru pertanyaan dia adalah wajar dan alami, sbg pertanyaan yg general mewakili orang awam bertanya akan apa yg kita imani. Kitalah yg menjawab dengan menunjukan apa yg Firman katakan tentang hal itu. Saya memang lebih suka menuliskan yg saya temui di lapangan dan saya diskusikan di sini . Agak berbeda style dengan teman2 lain dlm membuat trit sejenis.

    JOSHUA603 tulis:

    beda dong om, sini ada dasar ayatnya, sono ga ada dasar ayatnya cuma bisa me-reka2 tanpa dasar alias ngawang2 #gaperlucemburuom :-)

    NUGIEE368 tulis:
    bahasan ini kayaknya juga memiliki kedalaman pemikiran, sama dengan pembahasan yg pernah saya buat tritnya. Tentang awal mula penciptaan, termasuk di dalamnya "KEnapa Allah tidak jauhkan saja pohon pengertian baik dan buruk, sehingga manusia tidak jatuh dlm dosa saat itu? " KAlo Allah mau pasti bisa banget. Sama seperti tentang lucifer ini, kalo Allah mau pasti bisa banget.

    HANA914 tulis:
    Laporkan Kutip18 menit yang lalu
    Bro Nugiee thx buat komennya .... Ini bukan hal yang direka reka oleh pikiran kita sendiri. Ada misteri besar tentang pertanyaan kenapa Lucifer tidak langsung dihukum. Buat saya pribadi yang sudah lama tertarik dengan hal ini, mengingatkan tentang pentingnya kita selaku orangbpercaya untuk bisa menjadi corpus delicti yamg mempercepat kedatangan Yesus kedua kalinya. Mari kita berdiskusi didukung ayat alkitab yang jelad.
    Bukan karena saya cewek .... Buktinya banyak juga yang kontra .. Tapi saya akui setelah menulis ini profil saja membludak pengunjungnya ... Wkwkwk

  • ARTHUR192

    9 Februari 2016

    @LIONG

    Konsep cortus yg dibahas ini kan sudah saya tulis adalah salah satu interprestasi KONSEP PENYELAMATAN dalam bentuk lain cuma yg dipakai dalil tidak umum sejak permulaan Tuhan menyapa Manusia baik itu di perjanjian Lama or Baru. Inti yg saya sampaikan di diskusi ini, DOSA lah yang menjadi masalah hingga Tuhan menghukum IBLIS/MALAIKAT SESAT/Manusia.

     Hakekat DOSA itu yg membawa manusia ke Maut, sebab upah DOSA adalah maut. itu Konsep yg lebih Alkitabiah.. karena DOSA telah masuk kedunia oleh Adam dan Hawa... Manusia sudah mengambil keputusan nya untuk melanggar/berbuat DOSA, maka Penyelamatan dari Tuhan berjalan... para nabi - nabi di perjanjian lama mengatakan akan datang PENYELAMAT hingga ke Perjanjian Baru, PENYELAMAT  sudah datang...  Back To Corpus , Konsep inikan hanya berakar dari si Pendosa awal , terus dicari sesuatu yg  kontra thd si Pendosa supaya dapat diambil keputusan tindakan apa yang akan diambil bagi si Pendosa, walaupun akhir nya para Pendosa di Hukum. seperti saya tuliskan sebelum nya, apa yang terjadi jika salah satu unsur (Adam/Hawa) yg di rencanakan akan menghasilkan kontra bagi si Pendosa benar2 tidak berhasil? dalam hal ini Adam/Hawa tidak melanggar...apakah  Tuhan mencari cara lain lagi? trik jitu lain? kalau memang Tuhan langsung menghukum si pendosa saat itu juga, maka konsep PENEBUSAN yg menjadi dasar pemikiran Cortus dihadapkan pada PARADOKS!

    Jadi Konsep PENYELAMTAN dari Tuhanlah yg menjadi Pokok dari Alkitab yang merupakan jawaban dari Dosa yg telah di buat manusia, sebab manusialah yang akan diselamatkan, oleh karena itu pemahaman Cortus hanya bisa terjadi jika Manusia itu telah berdosa,... bedahal nya dengan Konsep PENYELAMATAN , jika saja Manusia TIDAK JATUH DALAM DOSA maka Penyelamatan TIDAK AKAN PERNAH TERJADI!

    LIONG519 tulis:

    @Arthur

    Sebelum kita bahas lebih lanjut, sy mau nanya berarti menurut bro siapa itu ular dalam kejadian 3? Apakah dia yg hny seekor ular biasa yg di hukum krn menjebak manusia? trs apa motifnya / alasan ular itu merayu/menipu/menjebak Hawa utk makan buah pohon pengetahuan ttng yg benar dan salah? iseng2 aja?

    trs siapa yg dikatakan didlm kitab Yesaya 14:12-14 dan Yeh 28:13-19? dan wahyu 12:9, 20:2 ?

    menurut anda itu semua ada keterkaitan?

    Selanjutnya Lucifer jatuh dalam dosa  yg disebut iblis sebelum manusia di ciptakan atau setelah manusia di ciptakan? atau barengan ?

    Kalo omong soal persepsi pribadi atau penafsirang pribadi ya semuanya bisa omong seperti itu, termasuk pernyataan bro Arthur hahahah

    Yg saya nilai itu pastor Erastus Sabdono menjelaskan ttng Corpus Delicti  sangat menarik karena ada ayat2 dalam Alkitab yg di jelaskan saling berkaitan? bukan hny mengikut keinginan pribadi tanpa di dukung ayat-ayat Alkitab yang jelas.

    Gitu loh bro Arthur, klo secara pribadi anda tidak bisa menerima bahwa Tuhan mencari cari alasan, teknik Jitu untuk menghukum IBLIS, ya silahkan2 saja, itu pilihan bro Arthur ( tidak ada yang maksa untuk ikut menyetujui) :-D

    Kalo seperti yg dijelaskan dr pembahasan pastor Erastus Sabdono ttng Corpus Delicti, jika MANUSIA MEMILIH TIDAK JATUH DALAM DOSA, maka ya jelas Iblis dan malaikat2nya tidak bisa mencari pembenaran dan pasti langsung di hukum.

    Contoh sederhananya gini ( sy kutip dr Artikel) :

    Seorang anak yg kencing di sembarang tempat tidak dapat dikatakan bersalah jika tidak ada tanda di larang kencing dan contoh adanya seorang anak yang lain yg memberikan teladan untuk kencing di WC. Anak yg kencing di wc itulah yg disebut corpus delicti atau anak yg membuktikan bahwa anak yg kecil disembarang tempat itu bersalah. Jika tidak pernah ada anak yang kencing di wc maka anak yg kencing disembarang tempat tidak dapat dikatakan bersalah.

    Gitu contoh singkatnya bro..:-D

51 – 75 dari 134    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3  4 ... 6  Selanjutnya Kirim tanggapan