Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Adam dan Hawa

ForumAlkitab

1 – 24 dari 24Kirim tanggapan

  • 23 Juni 2015

    Menurut teman2 JK apakah Adam dan Hawa yang telah diciptakan oleh Allah adalah dua sosok individu yang berbeda atau Adam dan Hawa hanya sebagai penamaan saja bahwa adam adalah pria dan Hawa adalah wanita? Dengan kata lain sebenarnya pria yang diciptakan itu lebih dari satu dan dinamakan Adam dan wanita diciptakan lebih dari satu dan dinamakan Hawa.

    Karena setelah Kain membunuh Habel, lalu Kain pergi ke Tanah Nod, ia memiliki keturunan dan bertambah banyak. Lalu perempuan yg menjadi istrinya siapa?

    Bukannya kalau Kain membunuh Habel, manusia awal hanya 3 saja? Yaitu Adam(ayahnya), Hawa(Ibu) dan Kain sendiri.

    Salam. (Note: tujuannya adalah bukan untuk meragukan isi Alkitab)

    23 Juni 2015 diubah oleh SAURIA580

  • JOJO757

    24 Juni 2015

    Alkitab tidak menyebut secara spesifik siapakah istri Kain, umur berapa Kain pada saat itu?

    Kronologis Alkitab mengenai Kain membunuh

    Habel pun tidak menyebut usia mereka.

    Kemungkinan, Kain menikahi adik perempuannya, keponakannya ataupun sepupunya....

    Ketika Kain membunuh Habel, Pasangan Adam dan Hawa memiliki anak-anak selain Kain dan Habel diluar dari catatan Alkitab.

    Kisah Kain dan Habel merupakan bagian kisah tersindiri diantara anak-anak Adam yg lain.

    Menurut catatan Alkitab, Usia Adam mencapai 930 tahun dan memperanakkan banyak anak laki2 dan perempuan.

    Tentunya ada perbedaan Incest (kawin dgn sesama saudara kandung) pada jaman Adam dan Hawa dengan manusia modern.

    Perlu diingat bahwa Adam dan Hawa merupakan manusia pertama, sempurna tanpa ada kecacatan genetika.

  • DANI145

    24 Juni 2015

    Klo menurut saya, Adam & Hawa itu bukan manusia yg diciptakan Tuhan pada hari keenam. Kej 1:26-27. Karena pada hari keenam Tuhan sudah menciptakan laki2 & perempuan. Sedang Hawa diciptakan setelah taman eden terbentuk Kej 2:8. Dengan demikian manusia itu bukan hanya Adam & Hawa saja di dunia. Tetapi untuk yg di taman Eden betul hanya Adam & Hawa. Setelah Adam & Hawa jatuh kedalam dosa mereka diusir dari taman eden dan bergabung dengan manusia2 lain. Jadi perempuan yang menjadi istri Kain adalah bukan dari keturunan Adam & Hawa tetapi keturunan manusia yg dimaksud pada Kej 1:26-27.

  • JOJO757

    25 Juni 2015

    Tafsir saya, Kejadian 2:8  menjabarkan kejadian secara detail mengenai proses penciptaan manusia pertama yg tidak dituliskan secara detail di Kej 1: 26-29.

    Di Kej 2:8 & Kej 2:15 dijelaskan bahwa TUHAN Allah mengambil dan  menempatkan manusia yg sudah diciptakan Nya di Taman Eden.

    Kalimat Kuncinya ada di Kej 2:4a & 4b yaitu : "Demikianlah riwayat langit dan bumi diciptakan". Artinya mulai dari Kej 1:1 sampai Kej 2:3. Merupakan riwayat keseluruhan penciptaan langit dan bumi.

    Lalu, di Kej 2:4b mulailah Riwayat tersebut lebih difokuskan atau detail.

    Jika ada manusia lain selain Adam dan Hawa pada awal penciptaan, maka gugurlah Iman Kristen.

    Yaitu:  Manusia berdosa oleh SATU orang saja yaitu Adam, dan Manusia diselamatkan dari dosa oleh SATU orang saja yaitu Kristus Yesus.

    Pertanyaannya adalah :

    1. Siapakah manusia selain Adam dan Hawa?

    2. Dimanakah mereka hidup tinggal?

    3. Jika Adam menyebabkan dosa, maka seharusnya TUHAN tidak perlu mengusir Adam. Karena masih ada manusia selain Adam yg bebas dari dosa dan keturunan mereka pastilah memiliki hidup abadi.

    Karena Dosa membawa maut (kematian fisik dan rohani) kepada manusia.

    4. Mengapa TUHAN tidak memakai kata ganti tunggal terhadap manusia? Seharusnya jika asumsinya ada manusia2 lain selain Adam dan Hawa.

    Kalimat seharusnya di Kej 1: 26 : " Baiklah KITA menjadikan Segala Manusia, menurut Gambar dan Rupa KITA".

    Itu jika ada manusia lain selain Adam dan Hawa.

    Apakah TUHAN lupa mendikte si penulis Kitab Kejadian?

    Lalu kalimat seharusnya di Kej 1:29 : "Lihatlah, AKU memberikan kepada Kalian..."

    Ya itu jika Adam dan Hawa dan manusia2 lainnya.

  • DANI145

    25 Juni 2015

    Mantap sekali penjelasannya Bro Jojo. Tapi saya masih tetap pada asumsi awal saya, karena pada kej 2:8 terdapat selanjutnya Tuhan Allah membuat taman di eden..... yg saya maksud adalah taman eden dibuat Tuhan Allah setelah Tuhan beristirahat (hari ke 7) dan berarti Hawa diciptakan setelah taman eden selesai Kej 2:21-22. Sehingga perempuan yg diciptakan pada hari ke 6 itu jelas sekali bukan Hawa. Karena Hawa diciptakan setelah taman eden.

    Untuk iman kristen yg Bro Jojo maksud "Manusia berdosa oleh satu orang....." saya sependapat dengan anda seperti tercantum di Roma 5:17, namun jika kita telaah lagi ternyata bukan dosa satu orang namun dua orang yaitu Hawa & Adam. Tetapi saya tidak mempersoalkan ayat tersebut karena ada kata2 dalam ayat tersebut, karena jujur saya juga masih harus banyak belajar tentang Alkitab. Tetapi yang pasti untuk keselamatan hanya ada pada Yesus Kristus Tuhan kita:).

    Kembali lagi pada kitab kejadian untuk menjawab pertanyaan anda no 1 & 2 manusia yang hidup selain Adam & Hawa tidak di cantumkan namanya. Mungkin juga mereka adalah manusia purba yang banyak ditemukan fosil2nya oleh para ilmuwan. Yg jelas mereka diberkati oleh Allah untuk memenuhi seluruh bumi. Jd mereka berada di bumi.

    No 3. Tuhan mengusir Adam & Hawa dari taman eden karena Tuhan tidak ingin manusia makan buah kehidupan kej 3:22-23.

    No. 4 terdapat kata ganti jamak Bro Jojo, kej 1:28. Allah memberkati mereka....

    Jadi bukan hanya satu orang tetapi ada lebih dari satu orang.

    Tentu saja Tuhan tidak lupa mendikte penulis kitab kejadian. Kita harus percaya akan setiap tulisan yang tertulis dalam firman Tuhan. Dan kita harus yakini serta amini. Hanya kita harus lebih lagi mendalami firman Tuhan. Dan kita sama2 menggali lagi kebenaran firman Tuhan. Terlebih lagi dengan adanya forum di JK ini kita bisa manfaatkan agar kita saling berbagi lagi untuk kita lebih memahami firman Tuhan.

    Sebelumnya saya mohon maaf jika pendapat saya ini terdapat kekeliruan. Karena jujur, saya bukanlah siapa2 dan yg pasti saya tidak mungkin dapat memahami semua proses ciptaan Tuhan. Tetapi yang saya coba pelajari adalah seturut dengan kehendak Tuhan.

    Serta sesuai dengan pernyataan sis Sauria : bukan untuk meragukan isi Alkitab

    Tuhan Yesus memberkati

  • 25 Juni 2015

    Satu hal yang pasti, Tuhan berhenti mencipta pada hari ke-7, sesudah itu Tuhan tidak lagi menciptakan yang baru termasuk taman Eden.

    Jadi Manusia dan taman eden diciptakan pada hari ke-6. saya yakin hanya Adam dan Hawa diciptakan pada hari ke-6, tidak ada manusia lain.

    Manusia berdosa oleh satu orang itu benar, yaitu Hawa. Hawa yang pertama makan buah terlarang baru Adam ikut memakannya.

    Untuk menjawab pertanyaan SAURIA, anak laki2 Adam yang tercatat ada tiga yaitu Kain, Habel, dan SET (leluhur dari NUH).

    Yang tidak tercatat bisa banyak termasuk anak perempuan, baca Kejadian 5:4

    "Umur Adam, setelah memperanakkan Set, delapan ratus tahun, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan".

    Jadi yang menjadi Istri kain bisa adek perempuan sendiri atau keturunan dari seth, byk kemungkinan

  • DANI145

    27 Juni 2015

    Shalom bro Donnysam, saya menghargai pendapat anda serta keyakinan anda.

    Namun jika saya membaca kej 2:8 "selanjutnya Tuhan Allah membuat taman di eden, di sebelah timur..." berdasarkan pemahaman saya jika kata "selanjutnya" kurang lebih berarti setelah. Sehingga itu saya berasumsi bahwa taman eden itu dibuat setelah penciptaan atau setelah hari ke 7. Taman eden berbeda dengan proses penciptaan dari hari pertama hingga hari ke 6. Karena proses penciptaan itu terjadi dengan "Berfirmanlah Allah" sedang taman eden "Tuhan Allah membuat". Jadi jika menurut anda Tuhan berhenti mencipta pada hari ke 7 saya sependapat. Namun Tuhan tetap berkarya setelah hari ke 7 hingga saat ini dan sampai Tuhan datang kembali ke dunia. Diantara banyak karya Tuhan tsb adalah taman eden & karya keselamatan manusia melalui Tuhan Yesus Kristus di kayu salib.

    Untuk penciptaan Adam & Hawa, jika kita membaca kej 1:27 ".... laki-laki dan perempuan diciptaka-Nya mereka". Berdasarkan pemahaman saya juga kata "dan" menunjukkan bersama2, berbeda dengan kata "lalu". Yg pasti waktunya berbeda. Kita mengetahui dari alkitab bahwa Adam telah ada terlebih dahulu lalu "dibangun-Nya Hawa dari salah satu tulang rusuk Adam" (ref: kej 2:21-22).

    Kita setuju yang pertama memakan buah pengetahuan yang baik & jahat adalah Hawa lalu Adam. Namun pada Roma 5:17 yang tergabung dalam perikop "Adam dan Kristus" (Roma 5:12-21), jujur saya masih belum memahami seluruhnya. Sehingga saya tidak dapat mengatakan lebih lanjut. Namun sesuai judul adalah hubungan Adam dan Tuhan Yesus.

    Memang betul Adam memperanakkan anak-anak lelaki & perempuan. Jika demikian terjadi incest atau perkawinan sedarah antara kakak dengan adik satu bapak & satu ibu. Yang selanjut nya dilarang dalam hukum taurat Imamat 18:9. Jika demikian terjadi incest mengenai perkawinan, menurut saya ada yang berubah dari hukum Tuhan. Tetapi yang saya ketahui Allah itu setia atas "Firman & perkataan Nya" jadi tidak mungkin berubah2. Sehingga pemahaman saya tidak terjadi "incest". Lebih lanjut lagi mengenai manusia selain Adam dan Hawa bisa kita lihat dalam kej 6:1-3. Disitu disebutkan "anak2 Allah" dan "anak2 perempuan manusia". Siapakah "anak2 Allah"? Menurut pemahaman saya mereka adalah keturunan Adam, karena pada ayat 3 umur mereka dibatasi oleh Tuhan menjadi 120 tahun saja. Sehingga saya berasumsi umur mereka sebelumnya sangat panjang bisa mencapai 800 hingga 1000 tahun an, yang berumur demikian adalah keturunan Adam kej 5. Sedang "anak2 perempuan" manusia adalah bukan keturunan Adam. Dan juga pada kej 6:4 "Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi,...." keturunan siapakah para raksasa tersebut? Memang di alkitab tidak disebutkan. Sehingga saya berasumsi tentang mereka, orang2 raksasa yang ada di bumi tersebut bukan keturunan Adam.

    Sehingga jika kembali lagi kepada pertanyaan sis Sauria siapakah istri Kain? Asumsi saya adalah perempuan yang bukan keturunan Adam.

    Mohon maaf jika ada pernyataan saya yang salah atau asumsi saya yang salah. Karena saya hanyalah seorang manusia belaka yang mempunyai banyak kelemahan serta keterbatasan pemikiran saya. Karena karya Tuhan alam semesta tidak dapat dijangkau oleh pemikiran saya yang sangat dangkal sekali

    Tuhan Yesus Memberkati.

  • 28 Juni 2015

    Terimakasih Bro, tidak apa berbeda pendapat dan pengertian.

    Ketika Tuhan mencipta bumi langit dan manusia, DIA sudah tahu apa yang akan terjadi termasuk Tuhan Yesus akan di salib dan mati bagi manusia nantinya.

    jadi Kej 1:27 ".... laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka", itu memang rencana Tuhan dari awal untuk menciptakan laki2 dan perempuan yaitu Adam dan Hawa.

    Jika manusia baru diciptakan tentu bukan masalah jika terjadi Incest apalagi larangan incest mulai ada setelah kitab imamat.

    Abaraham sendiri menikahi adik perempuan tiri (seayah tp beda ibu).

    Lalu apakah Tuhan mengutuk Abraham karena incest tsb?

    Saya tidak akan lanjutkan lagi diskusi ini...karena kita punya interpretasi yang berbeda. Yang penting di sini, Tuhan sudah atur sedemikian rupa dan baik adanya, jadi siapapun istri Kain dan Istri Seth, itu baik adanya dan Tuhan berkenan (tidak ada kutukan atau amarah Tuhan yang terkait dengan istri Kain atau Seth).

    Setuju kan Bro ! GBU

  • DANI145

    28 Juni 2015

    Amin Bro Donnysam. Bukan kita yang hebat, tapi Tuhan yang hebat. Ya, jujur saya senang sekali kita bisa tukar pikiran secara baik dan bersahabat walau kita berbeda pola pikir. Tetapi kita tetap satu dalam Tuhan Yesus Kristus. Terpujilah Tuhan sampai selama2nya.

    Tuhan Yesus memberkati

  • 5 Mei 2017

    Sedikit Dalil Dari Perjanjian Baru:

    1 Korintus 15:22 LAI-TB:
    Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.


    Tafsiran saya adalah bahwa Kain menikah dengan keturunan Adam.

    Sebab :
    Jika Kain menikah dengan keturunan yang bukan Adam maka konsekuensi logisnya adalah bahwa ada orang yang tidak mati karena tidak bersekutu dengan Adam dan ada orang yang hidup di luar persekutuan dengan Kristus.

    5 Mei 2017 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • CHRISTIAN701

    5 Mei 2017

    kalau menurut Sauria580 sendiri apa / bagaimana pendapat/ jawabannya ?

  • ZEGA376

    27 Januari 2019

    Kejadian 6:4  Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.

  • 19 November 2019

    Ini seperti membahas sebuah Teori Konspirasi Karena yang pertama

    kita yang hidup hari ini yang adalah keturunan Adam emm . . Entah kenapa aku lebih condong menyebut diriku dan manusia sekarang adalah keturunan bapak Nuh mengingat Nuh adalah satu satunya orang ( tentu saja didampingi 7 orang lain istri ke3 anak + ke3 menantunya ) yang membuat Allah Bapa berbelas kasih hingga umat manusia tidak musnah dari Genosida pertama dan T.S.M / Terstruktur Sistematis Masif ehh . . Bukan genosida ya . . Karena istilah itu mengacu pada pemunahan 1 ras / suku bangsa dan lagi yang melakukan proses seharusnya manusia juga

    apa ya ? Istilah Pemurnian kembali saja deh karena yang rancang air bah kan Sang Pencipta manusia itu sendiri, mau menghilangkan nyawa ciptaanNYA kapanpun, dimanapun dan dengan cara apapun serta berapapun jumlah nyawa melayang . .SAH SAHsaja itu sudah murni HAK Pencipta kepada ciptaan NYA !

    Dan Allah Maha Tau tentu Maha Kuasa, kekuatanNYA tak dapat di batasi ruang dan waktu

    DIA tau, pasti manusia jatuh dalam dosa dan yang ku percayai hingga kini, manusia awal penciptaan hanya ada 2 orang

    Tanpa mengecilkan KuasaNYA, aku cuma mau bilang : "dari 2 orang ini saja, sudah muncul begitu banyak dosa kejijikan serius dihadapan Allah Bapa Maha Suci yang timbul dari keturunan mereka, bagaimana mungkin di buat lebih dari sepasang itu ?"

    Jadi menjawab pertanyaan pertama saudari @SAURIA580 hanya 2 itu manusia cukup di muka bumi awalnya dan aku menolak tafsiran / teori konspirasi lain yang berpendapat ada makhluk setara manusia yang tercipta di belahan bumi lain, jika ada opini demikian maka itu ku anggap persis seperti kisah isapan jempol penampakan alien dan U.F.O serta kehebohan sejenis lainnya

    ke2

    Kebiasaan pencatatan dalam Alkitab nama anak perempuan tidak di sebutkan berhubung hal ini tidak di sebutkan maka aktifitas mereka / kaum Hawa pun tidak di sebutkan pula jadi sekali lagi profesi awal manusia yang pasti adalah PETANI, karena setelah kejatuhan dalam dosa begitulah di haruskan manusia bekerja dari hasil olah tanah yang juga otomatis olahraga dibawah teriknya matahari, ini profesi tertua di muka bumi dan masih eksis hingga hari ini sampai hari kiamat juga semestinya

    Tapi ternyata di temukan profesi baru oleh generasi manusia perintis ini yaitu penggembala / peternak

    Nah . . Terus apa hubungannya penjelasan panjang kali lebar kali tinggi diatas dengan anak anak perempuan serta profesinya ?

    Jadi begini dari 2 macam profesi diatas yang jelas generasi II manusia wajib NOMADEN / sering pindah tempat Karena dulu belum ada teknologi dan pabrik serta hasil industri berupa pupuk N.P.K, zat zat mineral yang di sediakan alam tapi tersebar keberadaannya jadi lahan pertanian yang dikerjakan subur sementara waktu saja demikian pula dengan beternak butuh padang rumput hijau luas, karena yang namanya ternak pasti berkembang biak dan perlu di ingat orang jaman itu tidak tahu cara menanam rumput pakan ternak, jadi sama caranya begitu persediaan rumput segar habis pindah . . Pindah lagi . . Pindah teros

    Dan dipastikan migrasi kelompok kecil hingga rombongan besar ada anak anak perempuan ikut di dalamnya, jadi setahuku dulu tugas perempuan kala itu hamil + menyusui + merawat anak anak hingga dinyatakan dewasa serta siap berdiri diatas kaki sendiri hingga kelewat subur perempuannya masa itu pernah sesekali terbersit di benakku dunia tanpa PMS, karena sangat mungkin ketika anak perempuan dapat haid pertamanya bisa di katakan layak nikah jaman itu, mengingat pula jaman itu tidak ada pil KB dan alat kontrasepsi lainnya belum ditemukan, produksi anak berjalan terus setelah 9 bulan masa kehamilan + melahirkan, manusia purbakala berpedoman gas poll, rem blong dalam hal ini

    Nah . . Kembali ke topik dalam bentuk pertanyaan : Kain nikahnya dengan perempuan yang mana ?

    Pastinya dengan salah 1 anak perempuan (atau bahkan lebih / berpoligami aman aman saja zaman purbakala begitu) dari kelompok kecil atau bahkan rombongan besar yang ada di dekat wilayah tempat tinggal serta kekuasaan si Kain dan jangan lupakan Kain punya hak istimewa berupa Tanda di dahi yang membuat nya tidak boleh di bunuh serta entah bagaimana semua orang pada jamannya paham betul arti Tanda di dahi

    Berbekal ilmu bertani dan Tanda di dahi, perempuan mana yang tidak tertarik dengan si Kain, karena hampir bisa di pastikan setelah pembunuhan manusia pertama oleh kain, Ada ke 2, 3, dst . . Hingga demi mendapat lahan penghasil sumber pangan terbaik manusia saling bunuh dan perempuan pasangan terbunuh menjadi janda atau diambil oleh pria, sang penakluk yang terakhir bertahan hidup

    Sudah begitu saja, semoga tidak ketiduran seperti baca dongeng sebelum tidur.

    19 November 2019 diubah oleh VEKA741

  • ADI973

    19 November 2019

    Ini pernah di bahas dan di diskusikan di gereja saya, bedah buku kitab kejadian,

    Saya mau jawab dan komentar, terkait denominasi,nanti ada yang setuju dan tidak setuju.

    Lebih baik saya Nyimak saja deh untuk diskusi yang satu ini,aku sudah ada jawabannya untuk hal ini, karena menyangkut denominasi gereja,lebih baik aku Nyimak saja,baca pendapat teman2 di forum ini,saya percaya hal2 yang misteri di Alkitab bisa terungkap.

    Tuhan memberkati kita semua,amin

  • 24 November 2019

    VEKA741 tulis:

    Ini seperti membahas sebuah Teori Konspirasi Karena yang pertama

    kita yang hidup hari ini yang adalah keturunan Adam emm . . Entah kenapa aku lebih condong menyebut diriku dan manusia sekarang adalah keturunan bapak Nuh mengingat Nuh adalah satu satunya orang ( tentu saja didampingi 7 orang lain istri ke3 anak + ke3 menantunya ) yang membuat Allah Bapa berbelas kasih hingga umat manusia tidak musnah dari Genosida pertama dan T.S.M / Terstruktur Sistematis Masif

    Saya sangat setuju dengan kalimat yang di-bold di atas.

    Segala perdebatan tentang topik ini akan terputus dengan sendirinya ketika sampai pada jaman dimana terjadinya peristiwa air bah, dimana hanya Nuh dan keluarganya adalah manusia (Adam) yang tersisa.

    Menurut beberapa catatan yang pernah saya baca, secara theologis, Nuh sering disebut sebagai Adam yang baru atau Adam kedua.

    24 November 2019 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • ANGEL692

    24 November 2019

    TS nya tidak ada tanggapan ini??

    Spt yg disebutkan diatas, adam & hawa punya banyak anak laki2 & perempuan lain. Bisa jadi Kain menikah dengan saudara perempuannya sendiri (incest). Jadi Bukan banyak adam & hawa yg lain ya sis.

    SAURIA580 tulis:

    Menurut teman2 JK apakah Adam dan Hawa yang telah diciptakan oleh Allah adalah dua sosok individu yang berbeda atau Adam dan Hawa hanya sebagai penamaan saja bahwa adam adalah pria dan Hawa adalah wanita? Dengan kata lain sebenarnya pria yang diciptakan itu lebih dari satu dan dinamakan Adam dan wanita diciptakan lebih dari satu dan dinamakan Hawa.

    Karena setelah Kain membunuh Habel, lalu Kain pergi ke Tanah Nod, ia memiliki keturunan dan bertambah banyak. Lalu perempuan yg menjadi istrinya siapa?

    Bukannya kalau Kain membunuh Habel, manusia awal hanya 3 saja? Yaitu Adam(ayahnya), Hawa(Ibu) dan Kain sendiri.

    Salam. (Note: tujuannya adalah bukan untuk meragukan isi Alkitab)

  • LENA327

    24 November 2019

    Diskusi yg menarik

  • 24 November 2019

    Adam mempunyai anak perempuan

  • 24 November 2019

    Yakub mempunyai anak 13, 1perempuan... tapi yg jadi suku israel hanya 12 satu perempuan gak ditulis, harusnya kan 13 suku israel karena yakub anaknya 13 orang, karena yakub itu israel tapi yg paten sampe sekarang hanya 12 suku israel...

    Mungkin sipenulis kitab kejadian tdk mementingkan perempuan ya bahasa kasarnya tdk dianggap... jadi tdk ditulis bahwa adam dan hawa mempunyai anak perempuan...

  • 24 November 2019

    Saudara @RUSTON812

    Setahuku tetap ada 13 suku Israel( berdasar penamaannya, coba lihat urutan ke 11 ada a & b khusus di ketik dalam HURUF BESAR ), cuma yang dapat jatah tanah kanaan adalah 12 suku saja , yang mana nama suku nya sesuai nama anak Israel d/h Yakub :

    1. Ruben

    2. Simeon

    3. Lewi 👉 ini yang tidak dapat jatah tanah

    4. Yehuda

    5. Isakhar

    6. Zebulon

    7. Dan

    8. Naftali

    9. Gad

    10. Asyer

    11. a) MANASYE & b) EFRAIM ( tidak ada namanya suku YUSUF )

    12. Benyamin

    Buat saudara saudari mohon di koreksi jika ada kesalahan dalam pengertian yang ku jabarkan

    Dan aku sangat setuju pada poin khususnya di perjanjian lama bahkan di perjanjian baru sekali pun, nama perempuan tidak ditulis kecuali perempuan tersebut memiliki andil penting dalam pohon silsilah Yesus Kristus, bisa juga nama perempuan yang berkerabat dekat dengan tokoh besar sejarah Bangsa Israel, sekelas Musa,contoh : Miryam

    Jika di lihat seksama Istri dari bapak Nuh pun tidak disebutkan lho di Alkitab seingatku, padahal beliau tokoh besar Alkitab juga cikal bakal umat Israel, yang pilihan Allah Bapa semula.

    Maaf jika merambat kemana mana dan tidak sesuai dengan topik alias O.O.T / melenceng jauh dari topik utama.

  • 24 November 2019

    VEKA741 tulis:

    Saudara @RUSTON812

    Setahuku tetap ada 13 suku Israel( berdasar penamaannya, coba lihat urutan ke 11 ada a & b khusus di ketik dalam HURUF BESAR ), cuma yang dapat jatah tanah kanaan adalah 12 suku saja , yang mana nama suku nya sesuai nama anak Israel d/h Yakub :

    ....

    Maaf jika merambat kemana mana dan tidak sesuai dengan topik alias O.O.T / melenceng jauh dari topik utama.

    Ikut gabung boleh yaa

    ini sebenarnya hampir sama dengan Batak

    Silsilah keturunan pihak perempuan jarang yang tahu sekalipun ada satu 2 yang memang dia mau belajar mengenai silsilah

    Sebab dalam Batak garis keturunan berada ditangan laki

    Itu sebabnya banyak keluarga Batak yang merasa sangat disayangkan bila tidak punya anak lelaki (bagi yang primitif) seakan Merasa terasingkan dalam keluarga

    (Just histori kebatakan) tapi itu juga ga semua

    Kembali keatas:

    Memang dalam Alkitab silsilah perempuan dalam keturunan tak satu pun yang diberitakan sejauh yang saya pernah baja dari PL dan baru

    Paling ditegaskan ia memperanakkan anak laki laki dan perempuan (tapi tidak diberitakan siapa nama perempuan itu)

    Berarti anak Adam kan ada ada 4

    KEJ 5:4

    Dimana sebelumnya 2

    KEJ 4:2

    Kain Habel Set & Perempuan

    (Itu dia perempuan tidak dijelaskan silsilahnya)

    Kemungkinan Besar inces ( ia )dengan saudara perempuan nya

    #Sama-sama Belajar

    24 November 2019 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • DETRAN002

    25 November 2019

    Minyak 🙄🤔

  • MARSHAL123

    25 November 2019

    Mungkin lebih jelas nya, kalau cerita tentang dikitab kejadian, untuk anak perempuan tidak diceritakan siapa yang lahir to.  Mereka hanya menceritakan yg singkat nya saja to. Ito bisa lihat semua hanya kaum pria saja yg berperan pada waktu itu. Sampai dijaman salomo. Dan pada dijaman Tuhan Yesus pun hal itu masih sering terjadi, Ito pasti pernah dengar kisah nya tentang maria magdalena, ketika dia kepergok & semua orang farisi serta ahli2 taurat bertanya sama Tuhan Yesus, "hukuman apa yg harus kita buat utk wanita itu?" Dan Tuhan Yesus menjawab sambil menuliskan ditanah, " Barang siapa yg tidak berdosa, dia yg pertama kali melemparkan batu ini."

    Jadi kita sdh mengerti maksud itu, jaman dulu laki2 bisa mempunyai beberapa istri & gundik. Mereka seolah olah lebih berharga daripada perempuan. Memeng benar seh, tp setelah

    Tuhan Yesus magang kedunia ini, Dia tegakan emansipasi wanita. Namun setelah dijaman Tuhan Yesus, hal itu tidak diperbolehkan lg. Baca dikitab injil matius pasal yg ke 5 antara ayat 31 dan seterus nya. Laki laki & perempuan sama sama berharga dimata Tuhan.

    SAURIA580 tulis:

    Menurut teman2 JK apakah Adam dan Hawa yang telah diciptakan oleh Allah adalah dua sosok individu yang berbeda atau Adam dan Hawa hanya sebagai penamaan saja bahwa adam adalah pria dan Hawa adalah wanita? Dengan kata lain sebenarnya pria yang diciptakan itu lebih dari satu dan dinamakan Adam dan wanita diciptakan lebih dari satu dan dinamakan Hawa.

    Karena setelah Kain membunuh Habel, lalu Kain pergi ke Tanah Nod, ia memiliki keturunan dan bertambah banyak. Lalu perempuan yg menjadi istrinya siapa?

    Bukannya kalau Kain membunuh Habel, manusia awal hanya 3 saja? Yaitu Adam(ayahnya), Hawa(Ibu) dan Kain sendiri.

    Salam. (Note: tujuannya adalah bukan untuk meragukan isi Alkitab)

  • 28 November 2019

    VEKA741 tulis:

    Saudara @RUSTON812

    Setahuku tetap ada 13 suku Israel( berdasar penamaannya, coba lihat urutan ke 11 ada a & b khusus di ketik dalam HURUF BESAR ), cuma yang dapat jatah tanah kanaan adalah 12 suku saja , yang mana nama suku nya sesuai nama anak Israel d/h Yakub :

    1. Ruben

    2. Simeon

    3. Lewi 👉 ini yang tidak dapat jatah tanah

    4. Yehuda

    5. Isakhar

    6. Zebulon

    7. Dan

    8. Naftali

    9. Gad

    10. Asyer

    11. a) MANASYE & b) EFRAIM ( tidak ada namanya suku YUSUF )

    12. Benyamin

    Yang perlu jadi catatan adalah bahwa Manasye dan Efraim bukanlah anak-anak dari Yakub tetapi cucu-cucu Yakub dari Yusuf.

    48:5 LAI TB, Maka sekarang kedua anakmu yang lahir bagimu di tanah Mesir, sebelum aku datang kepadamu ke Mesir, akulah yang empunya mereka; akulah yang akan empunya Efraim dan Manasye sama seperti Ruben dan Simeon.

    Suku Yusuf serinkali disebutkan sebagai representasi suku Manasye dan Efraim.

    (Bil 13:11) dari suku Yusuf, yakni dari suku Manasye: Gadi bin Susi;

    (Ul 33:13) Tentang (suku) Yusuf ia (Musa) berkata: "Kiranya negerinya diberkati oleh TUHAN dengan yang terbaik dari langit, dengan air embun, dan dengan air samudera raya yang ada di bawah;

    Suku Efraim dan Manasye, yaitu keturunan dari kedua anak Yusuf, kadang-kadang disebut '(suku) Yusuf (Bilangan 13:11); 'keturunan Yusuf' adalah sebutan biasa (Bil; Yos). Memang Yusuf diberkati sebagai leluhur dari kedua suku yg akan datang itu bagi Yakub (Kejadian 49:22-26, bnd Kejadian 48), dan Musa juga memberkati 'Yusuf, artinya Efraim dan Manasye (Ulangan 33:13, 16). Bnd juga Bilangan 13:11; Ul 27:12; Hakim 1:22-23, 35; Mazmur 80:1 (syair); dan Yehezkiel 47:13.


    Bahkan rasul Yohanes menuliskannya dalam kitab Wahyu :

    Wah 7:8 LAI-TB
    dari suku Zebulon dua belas ribu, dari suku Yusuf dua belas ribu, dari suku Benyamin dua belas ribu.


    Jika di lihat seksama Istri dari bapak Nuh pun tidak disebutkan lho di Alkitab seingatku, padahal beliau tokoh besar Alkitab juga cikal bakal umat Israel, yang pilihan Allah Bapa semula.

    Oleh karena itu asumsi bahwa nama perempuan tidak ditulis kecuali perempuan tersebut memiliki andil penting dalam pohon silsilah Yesus Kristus atau juga nama perempuan yang berkerabat dekat dengan tokoh besar sejarah Bangsa Israel belum tentu 100% tepat.

    Atau mungkn saja dapat ditemukan pada sumber-sumber lain, misalnya istri dari Nuh :
    - Menurut menurut Kitab Yobel (termasuk dalam kanon Gereja Ortodoks Ethiopia) namanya adalah Emzara.
    - Tradisi Yahudi menulis nama istri Nuh adalah Naama (atau Naamah), putri Lamekh dan saudara perempuan Tubal-Kain.
    - Sebuah Midrash dari abad pertengahan, yang dikenal sebagai "Kitab Yasar" (Book of Jasher 5:15), juga menuliskan nama istri Nuh adalah Naamah, putri Henokh.

    28 November 2019 diubah oleh VIRUSKASIH805

1 – 24 dari 24Kirim tanggapan