Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

just say it ... what you feel, what you think

ForumCampur-campur

301 – 325 dari 20567    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 12  13  14 ... 823  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • JUWITAFR164

    4 Desember 2016

    Ngantuk banget mau tidur tp blm bisa.. Harus ngerjain deadline liturgi dan drama SM.. Beginilah tiap tahunnya kalo GSM merangkap jadi sie acara Natal but #semuanyahanyauntukkemuliaanTuhan

  • FAJAR882

    4 Februari 2017

    Just say it.. (bagian I)

    "Mempe' penamisimo," ujarnya. "Dan kalau ada orang mengatakannya kepadamu, kamu akan menjawab: Mempe'."

    "Oh, jadi gitu ya, untuk mengatakan 'bagaimana kabarnya' dalam bahasa Buton?" tanyaku memperjelas.

    "Iya," jawabnya. "Tapi sebenarnya tidak tepat seperti bagaimana kabar. Ini lebih tepat bila diterjemahkan sebagai 'bagaimana perasaan'. Begitu."

    "Baiklah." Aku mengangguk-angguk saja mendengar penjelasan temanku yang orang asli Buton, Sulawesi Tenggara. Meski sempat terbersit sesuatu yang tidak lazim ditanyakan orang di budaya daerahku sendiri, budaya Jawa, diam-diam menaruh hormat juga pada budaya Buton, yang rupanya lebih peduli untuk menanyakan 'yang tidak nampak', yakni perasaan, alih-alih 'yang nampak' seperti kabar atau keadaan.

    Zaman memang sudah berubah. Waktu berlalu, sampai sekian tahun sejak percakapanku dengan teman kuliah yang asli Buton tadi. Namun beberapa hal nampaknya akan tetap sama. Terutama, jika itu dikaitkan dengan yang memang sengaja dilestarikan orang menggunakan instrument-instrument tradisi. Budaya Jawa memang sarat dengan etika, tata krama dan sopan santun. Jawa Tengah dan Jogja khususnya. Tidaklah sopan bagi mereka jika diminta untuk mengutarakan secara langsung dan apa adanya, perihal apa yang ada di dalam benak maupun perasaan. Juga besarannya bisa cukup bervariasi dari orang ke orang. Tidak ada batasan khusus, atau mutlak. Hanya berdasarkan entitas yang mereka sebut "rasa".

    Seseorang mungkin merasa perlu untuk secara jujur mengungkapkan sesuatu di hatinya. Lalu, tak peduli seberapapun dia berusaha sopan dan dengan teliti menjaga pilihan kata, selalu ada kemungkinan jadi tertegur bahwa dia telah bersikap kurang sopan, atau karena orang lain yang beranggapan bahwa ucapannya telah melintasi batasan "rasa".

    Yang demikian ini memang sering menempatkan seseorang pada posisi serba salah. Pilihan antara berkata jujur dan menjaga perkataan (baca: "menutupi perasaan") demi kesopaan, bisa sangat paradoxical. Lebih-lebih, karena ketiadaan formula tertentu untuk besaran yang bisa terukur seperti yang dijumpai di dalam ilmu pasti. Sekali lagi, ini masalah "rasa", yang nisbi besarnya di dalam diri setiap orang.

    Untunglah Tuhan menciptakan manusia dan membekali tidak hanya dengan perlengkapan karsa (kemampuan berkehendak) dan cipta (akal, kemampuan berpikir), namun juga dengan rasa (emosi, perasaan, kemampuan berolah rasa). Justru karena itulah menjadi kodrat manusia selain sebagai makhluk individu, juga makhluk sosial, dimana perlengkapan-perlengkapan yang telah dibekalkan kepada kita, bisa terpakai dan terolah dengan baik.

    (bersambung)

  • 4 Februari 2017

    Boleh tanya, sambungannya kapan, Mas Fajar?

  • FAJAR882

    5 Februari 2017

    KATHARINA781 tulis:

    Boleh tanya, sambungannya kapan, Mas Fajar?

    Sedang disusun Mbak. Tapi entar pasti ada deh, sambungannya.

    Ya.. cuma kalo baca tulisan terlalu panjang, biasanya bikin ngantuk juga. Mana nulisnya juga lumayan perjuangan juga.

    Jadi, maunya dibikin 2 bagian aja deh. Biar tidak terlalu menjemukan, dan cukup ringan untuk dibaca.

    Begitu. :-)

    Silakan.. lanjut dulu, yang lain. Monggo. :up:

  • ABANG257

    5 Februari 2017

    EVA321 tulis:

    stujuhh mba.. btw ngomongin ttg what i feel, entah knapa akhir2 ini feel so bored huft #sorrycurcol

    and what i think..

    it seems like i've got everything in my head huaaaaaa :'(

    Bahasa di sesuaikanlah, masa manggil mba?? Kwkw

  • PRISKA446

    5 Februari 2017

    Bangun - SATE - mandi....

  • LIZ681

    5 Februari 2017

    Bangun pagi.. Baru selesai SATE.. Lanjut siap2 mo ibadah gereja minggu pagi.. Selamat hari minggu manteman.. Jangan lupa datang kerumah TUHAN ya?!

  • 5 Februari 2017

    Pagi ini bangun tdr masak dlu buat miko my dog, sarapan n ngopi lalu cus olahraga pagi dg miko keluar.plgnya mandiin miko dan siap2 mau ke greja misa jam 9.30 di st paulus depok. Deg2an krn plg greja mau ke tkg jait fitting kebaya.duh...mdh2an pas dan bagus hasilnya.

  • 5 Februari 2017

    Lapie ku...tolong jangan ngadat dong, pleaseeee :-(

  • JERRY042

    5 Februari 2017

    tired, break timem let's play.

  • OCY496

    5 Februari 2017

    Bored....

  • LIN914

    5 Februari 2017

    Im still confused..

  • LALA741

    5 Februari 2017

    Upset,  bored n very tired #completly

  • MELVA956

    5 Februari 2017

    So lonely????????

  • 5 Februari 2017

    Masih sama seperti kemarin.

  • JERRY042

    5 Februari 2017

    i feel lonely, and i'm thingking nothing at all.

  • 5 Februari 2017

    Bete gara2 tetangga yg barusan dtg.

  • COOLFACE528

    5 Februari 2017

    What I feel now? I cannot explain it. It's too.....flat...

  • 6 Februari 2017

    #Efek kangen ngoding

    int main(void)

    {

     printf("Hola Teman-teman");

    }

  • FAJAR882

    6 Februari 2017

    "What you feeeelll.. What you thiiiinkk.."

    Udaah.. :-DI've just said it..

    8-) Next..

  • 7 Februari 2017

    entahlah dia setan atau malaikat, menawarkan jabat erat dan mengajak berserikat. karena semakin lama semakin saru, ini cita-cita itu atau hanya buang-buang waktu.

  • TEREHALOHO803

    7 Februari 2017

    Asam lambung naik...jadi sesak n g bisa tdur :(

  • 7 Februari 2017

    TEREHALOHO803 tulis:

    Asam lambung naik...jadi sesak n g bisa tdur :(

    Asam lambung saya juga tinggi, biasanya sih saya langsung minum air hangat kalo asam lambung saya naik,

  • 7 Februari 2017

    TEREHALOHO803 tulis:

    Asam lambung naik...jadi sesak n g bisa tdur :(

    Makan yg on time

    Jauhi makanan asam pedas berminyak

    Minum air putih kalo naik

    Kalo ga mempan minum obat yg sudah diresepkan dokter

    Jangan stress

  • TEREHALOHO803

    7 Februari 2017

    Thanx bro damean n sis meimei..sdh lama g kambuh nih...sprtinya krna stres :)

301 – 325 dari 20567    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 12  13  14 ... 823  Selanjutnya Kirim tanggapan