Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Bolehkah seorang kristen minum alkohol sedikit saja

ForumGaya hidup Kristen

151 – 175 dari 322    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 6  7  8 ... 13  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • EVITA546

    2 Juni 2017

    1 Timotius 5 : 23

    Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.

    ya memang tidak ditulis 1 sloki, tapi sedikit dan malah anggur yang harus di campur air...

    ADI973 tulis:

    rasul-rasul minum wine hanya saat Paskah untuk memperingati hari itu...
    Paulus menyuruh Timotius minum Anggur untuk kesehatan, 1 sloki saja 1 hari....tidak berbotol-botol (yang penting tidak mabuk)...Alcohol tidak bisa menyehatkan badan tapi bisa membunuh kuman dan menjadi obat bius...

    Rsul2 Minum Anggur perasan buah,bukan fermentasi atau di campur alkohol,saya baru tahu Paulus suruh Timotius munum Anggur, ayat nya mana ? dan itu Anggur jenis apa ya ? thanks sista

    2 Juni 2017 diubah oleh EVITA546

  • ADI973

    2 Juni 2017

    Anggur jaman Rasul2 MURNI ANGGUR BUAH,tidak di berkan ALKOHOL dan FERMENTASI...ayat yg sista Evita berikan itu Anggur apa jenisnya ? thanks

    EVITA546 tulis:

    1 Timotius 5 : 23

    Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.

    ya memang tidak ditulis 1 sloki, tapi sedikit dan malah anggur yang harus di campur air...

  • VIRUSKASIH805

    8 Juni 2017

    YESUS KRISTUS MINUM WINE (ANGGUR)

    Yesus Kristus sebagaimana tercatat dalam Injil, menunjukkan kesediaan-Nya untuk makan dan minum bersama pemungut cukai dan orang-orang berdosa, yang menimbulkan dakwaan:

    Matius 9:9-13 LAI-TB Matius pemungut cukai mengikut Yesus
    (9) Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.
    (10) Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.
    (11) Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?"
    (12) Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.
    (13) Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

    Matius 11:19
    LAI TB, Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."

    KJV, The Son of man came eating and drinking, and they say, Behold a man gluttonous, and a winebibber, a friend of publicans and sinners. But wisdom is justified of her children.

    Translit Interlinear, êlthen {datang} ho huios {anak} tou anthrôpou {manusia} esthiôn {makan} kai {dan} pinôn {minum} kai {lalu} legousin {mereka berkata} idou {disini ada} anthrôpos {seorang} phagos {pelahap} kai {dan} oinopotês {peminum wine} telônôn {penagih-penagih pajak/cukai} philos {sahabat} kai {dan} hamartôlôn {(orang-orang) yang berdosa} kai {tetapi} edikaiôthê {dibenarkan} hê sophia {hikmat} apo {oleh} tôn teknôn {anak-anak} autês {nya}

    Catatan :
    οινοποτης - OINOPOTÊS, peminum wine, a winebibber. dari kata οινος – OINOS, wine, dan πινω - PINÔ, minum.

    Jika ayat diatas dikaji, maka οινος – OINOS yang dimaksud tentu saja wine yang beralkohol, jika tidak, untuk apa orang-orang Farisi mencemoohnya.

    Bahkan wine (anggur) yang diubahkan dari air oleh Yesus Kristus di Kana pun bisa menyebabkan μεθυω - METHUÔ (mabuk).

    Catatan:
    Tidak ada larangan untuk menikmati secara sederhana atau seimbang mengenai wine ini. Namun sangatlah jelas, bahwa di Alkitab telah tertulis tentang berbagai nasehat baik dan buruknya tentang wine ini. Wine dan minuman keras berguna bagi perbagai perjamuan atau perayaan di hadapan Tuhan pada hari-hari raya tertentu, juga kegunaannya untuk kesehatan pada kadar tertentu. Termaktub jelas di Alkitab pernyataan-pernyataan tentang kegunaan Wine maupun keburukannya karena sifatnya yang bisa memabukkan.

    Jadi, ada faedah dari Wine namun ada juga akibat buruk yang timbul karena mengkonsumsi Wine yang berlebihan. Apakah 2 hal ini bertentangan? Sekali-kali Tidak!.

    8 Juni 2017 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • VIRUSKASIH805

    8 Juni 2017

    EVITA546 tulis:

    1 Timotius 5 : 23

    Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.

    ya memang tidak ditulis 1 sloki, tapi sedikit dan malah anggur yang harus di campur air...

    Yes. Kata anggur dalam ayat tersebut diterjemahkan dari kata Yunani Oinos (G3631).


    STUDI KATA OINOS (WINE ATAU ANGGUR)

    Kata yang lazim dalam PB adalah kata Yunani οινος – OINOS 'wine/ anggur' (bandingkan dengan kata Ibrani יין - YAYIN). Minuman yang merupakan fermentasi dari perasan buah anggur.

    Yohanes 2:9-10
    2:9 LAI TB, Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu -- dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya -- ia memanggil mempelai laki-laki,
    KJV, When the ruler of the feast had tasted the water that was made wine, and knew not whence it was: (but the servants which drew the water knew;) the governor of the feast called the bridegroom,
    Translit, hôs de egeusato ho arkhitriklinos to hudôr oinon gegenêmenon kai ouk êdei pothen estin oi de diakonoi êdeisan hoi êntlêkotes to hudôr phônei ton numphion ho arkhitriklinos

    2:10 LAI TB, dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang."
    KJV, And saith unto him, Every man at the beginning doth set forth good wine; and when men have well drunk, then that which is worse: but thou hast kept the good wine until now.
    Translit, kai legei autô pas anthrôpos prôton ton kalon oinon tithêsin kai hotan methusthôsin tote ton elassô su tetêrêkas ton kalon oinon heôs arti

    Kata οινος – OINOS dipakai untuk wine maupun wine-baru :

    Matius 9:17
    LAI TB, Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itu pun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya."

    KJV, Neither do men put new wine into old bottles: else the bottles break, and the wine runneth out, and the bottles perish: but they put new wine into new bottles, and both are preserved.

    Translit Interlinear, oude {juga tidak} ballousin {mereka menaruh} oinon {wine} neon {baru} eis {kedalam} askous {kantong-kantong kulit (KIRBAT)} palaious {yang tua} ei de mêge {karena jika tidak demikian} rêgnuntai {dikoyakkan} hoi askoi {kantong-kantong kulit} kai {dan} ho {itu} oinos {wine} ekkheitai {tertumpah} kai {dan} hoi {itu} askoi {kantong-kantong kulit} apolountai {dihancurkan} alla {tetapi} ballousin {mereka menaruh} oinon {wine} neon {baru} eis {kedalam} askous {kantong-kantong kulit} kainous {baru} kai {dan} amphotera {kedua-duanya} suntêrountai {terpelihara}

    8 Juni 2017 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • BETHNAIBAH738

    8 Juni 2017

    "Berlagak" memang kata yg paling pantas... saya sgt setuju dgn pendapat anda... krn sy udh pernah nyoba bbrp merk disebabkan rasa penasaran,dr bbrp merk yg prnh saya coba yg harganya lumayan itu... gk ada nikmatnya sama sekali.

    Jd kalo ada pribumi yg suka menikmati minuman beralkohol cm berawal dr "Berlagak" alias gaya2an kemudian berlanjut menjadi kecanduan.

    YUDI139 tulis:

    Boleh saja jika memang suka minum alkohol, kebanyakan kan tidak mengerti apa fungsi minuman alkohol, alkohol kalau di luar negeri kan memang cara instan menghangatkan tubuh, relaksasi tapi tanpa efek buruk terhadap tubuh jika tidak berlebihan.

    ....

    Bicara alkohol jadi ingat teman sok tahu dulu, minum baccardi, lalu beli sebotol absinth. Lalu diminum dan bergaya di depan cewek. Hehehe, dia tidak tahu kalau itu jenis spirit, kalau di dapur untuk buat masakan kita butuh merica, garam, dll. Nah ini orang makan garamnya saja sambil berlagak sok tahu soal minuman alkohol. Hehehej.

    8 Juni 2017 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • ALIANA233

    8 Juni 2017

    ADI973 tulis:

    Anggur jaman Rasul2 MURNI ANGGUR BUAH,tidak di berkan ALKOHOL dan FERMENTASI...ayat yg sista Evita berikan itu Anggur apa jenisnya ? thanks

    Jenis Anggur???ehhmm..

    Di yohanes 2:1-11 ttng pernikahan di kana.. anggurnya jenis apa ya??

    Di Kejadian 9:21 "Setelah ia minum anggur, mabuklah ia dan ia telanjang dalam kemahnya" yg ini anggur jenis apa?

    Di Amsal 23:31-35

    Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat, 23:32 tetapi kemudian memagut seperti ular , dan menyemburkan bisa seperti beludak. 23:33 Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh, dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau. 23:34 Engkau seperti orang di tengah ombak laut, seperti orang di atas tiang kapal. 23:35 Engkau akan berkata: "Orang memukul aku, tetapi aku tidak merasa sakit. Orang memalu aku, tetapi tidak kurasa. Bilakah aku siuman? Aku akan mencari anggur lagi.

    Nah loch,, anggur ni jenis apa pulak??

    Klo menurut aku minuman anggur yg dimaksud di alkitab,smua sama jenisnya. Yang berbeda apa akan mamabukkan atau tidak dari jumlahnya. So,, gak pa2 lah minum sikit toh di prjamuan kudus dan pernikahan di Kana aja,, minum anggur koq... malahan Tuhan yg menyediakan :-)

    #sikit ya,jgn minta tambah ntar teler lg :-p

    #gak tau juga sih rasanya teler,,cuma minum anggur pas lg perjamuan kudus aja :-)

  • 9 Juni 2017

    emang jaman dlu sdh ada blender ya trus yg di minum jus/sirup anggur,, heheehhe...

    anggur jaman dl sdh pasti anggur fermentasi, soalnya untuk di simpan, gak mungkinlah anggur yg tidak fermentasi bisa tahan buat di simpan

    ADI973 tulis:

    Anggur jaman Rasul2 MURNI ANGGUR BUAH,tidak di berkan ALKOHOL dan FERMENTASI...ayat yg sista Evita berikan itu Anggur apa jenisnya ? thanks

  • RMS482

    9 Juni 2017

    Baca story di bawah, aku salut banget dgn Christian man yang teguh berprinsip !

    “I am a Christian and I am ALWAYS on duty in order to protect my FAITH and if I Drink Alcohol I will crash my whole life here and hereafter. I AM 100% ON DUTY!"

    Tp pendapatku pribadi, jawaban atas pertanyaan: Bolehkah seorang kristen minum alkohol sedikit saja? Boleh :-):-)

    TJAHJADIA118 tulis:

    Can a Christian drink alcohol?

    .....
    I AM 100% ON DUTY!
    Be careful of their packages ,the Lord shall see you through. Do have a fruitful day.
    It is not only about alcohol, but those little foxes that could destroy the vine.

    10 Juni 2017 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • YOANA567

    11 Juni 2017

    Selama tujuannya baik, menurut saya boleh saja. Misalkan hanya untuk menghangatkan tubuh. Tdk sampai mabok.

  • VIRUSKASIH805

    11 Juni 2017

    YOANA567 tulis:

    Selama tujuannya baik, menurut saya boleh saja. Misalkan hanya untuk menghangatkan tubuh. Tdk sampai mabok.

    Sepakat.

    Ini pula yang menurut saya, menjadi concern Rasul Paulus ketika menasihati Timotius,

    (23) Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.


    Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit...
    Sebagai seorang guru dan bapa rohani bagi Timotius, asumsi saya, Rasul Paulus tahu betul ketaatan Timotius untuk menghindari anggur karena ajaran-ajaran yang tertulis. Oleh karena itu, Rasul Paulus menasihatkan untuk tidak meminum langsung melainkan menambahkan sedikit saja ke dalam air, baru diminum.


    ...berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.
    Saya sendiri tidak bisa menyimpulkan dari mana Rasul Paulus mendapat pengetahuan tentang manfaat anggur untuk mengatasi gangguan percernaan dan lemah tubuh. Tapi besar kemungkinan Rasul Paulus mendapat dukungan dari Lukas (penulis Injil Lukas dan Kisah Para Rasul), yang notabene adalah seorang dokter.

    12 Juni 2017 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • ADI973

    12 Juni 2017

    emang gak bisa di peras...pakai tangan an di saring ? masa siih FERMENTASI ? mabuk doong Rasul Paulus....

    VIC671 tulis:

    emang jaman dlu sdh ada blender ya trus yg di minum jus/sirup anggur,, heheehhe...

    anggur jaman dl sdh pasti anggur fermentasi, soalnya untuk di simpan, gak mungkinlah anggur yg tidak fermentasi bisa tahan buat di simpan

  • VIRUSKASIH805

    13 Juni 2017

    ADI973 tulis:

    emang gak bisa di peras...pakai tangan an di saring ?

    Bisa.
    Tapi apakah setiap akan minum, Timotius harus memetik dulu buah anggurnya, kemudian diperas, disaring dan diambil airnya?

    Bisa saja Timotius membelinya.
    Betul. Tapi apakah buah anggur bisa tumbuh setiap saat?


    masa siih FERMENTASI ? mabuk doong Rasul Paulus....

    Sila pelajari tentang pembuatan wine dari buah anggur.

    Karena itu Rasul Paulus menasihatkan Timotius untuk menambahkan SEDIKIT saja ke dalam air, baru kemudian diminum. Karena air akan mengurangi kadar alkohol yang terkandung dalam wine. Seperti minum obat.

    Asumsi saya, wine yang dimaksud Rasul Paulus adalah wine yang disimpan untuk perjamuan dan perayaan. Dan karena ini wine dan bukan jus anggur maka dapat dipastikan sudah mengalami fermentasi.

    13 Juni 2017 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • 13 Juni 2017

    emang kl minum cmn dikit langsung mabok ya...

    alay ah,,, apa jgn2 situ makan tape langsng mabok jg...hehehe

    ADI973 tulis:

    emang gak bisa di peras...pakai tangan an di saring ? masa siih FERMENTASI ? mabuk doong Rasul Paulus....

  • ANILRAM385

    13 Juni 2017

    Menurut saya, yang dosa itu bukan minun alkohol tapi balik lagi ke tujuan hati kita, apa untuk kesehatan atau hanya untuk memuaskan daging? Bisa jadi alkohol itu tenpat pelarian manusia ketika manusia itu stres atau berada si posisi yang kurang baik. Dan itu salah, karena ketika jatuh sebaiknya Kita lari ke Tuhan bukan ke alkohol. Trims

    TJAHJADIA118 tulis:

    Can a Christian drink alcohol?

    When an European Airline was initially launched, an educated Christian gentleman was Traveling in the first class section.

    An air hostess approached him with a complimentary drink, this was an alcoholic drink so that man politely refused.

    The air hostess returned but this time bought the drink on a platter, designed to appeal and impress. However the Christian man again politely refused, explaining he doesn't drink alcohol.

    The air hostess was concerned and informed the manager.

    The manager approached the man with another platter, now designed with flowers, he questioned, “is there something wrong with our service? please enjoy the drink, it is a complimentary offer.”

    The man replied, “I am a Christian and I do not drink alcohol.” The manager still insisted that the man take the drink.

    Then, the Christian proposed that the manager should give the drink to the pilot first. The manager stated, “how can the pilot drink alcohol, he’s on duty!

    And if he drinks there are all chances for the plane to crash”.

    The passenger with tears in his eye????, replied, “I am a Christian and I am ALWAYS on duty in order to protect my FAITH and if I Drink Alcohol I will crash my whole life here and hereafter.

    I AM 100% ON DUTY!

    Be careful of their packages ,the Lord shall see you through. Do have a fruitful day.

    It is not only about alcohol, but those little foxes that could destroy the vine.

  • SYNC903

    13 Juni 2017

    Gak boleh kalo kebanyakan

  • JEAN427

    13 Juni 2017

    Kl pendpat sy maahh--> monggoo silahkan kl bisa minum beer-vodka-apa pun jenis nya Itu.itu hak setiap individuals masing2.. Bagi Yg tdk bisa minum coup mnum air putih-syrup-soda-or sejenisnya.. Up to u   :)

    Cmn kl di nilai Dr segi kesehataan kebykan minum beralkohol kurang bagus.

    13 Juni 2017 diubah oleh JEAN427

  • SWARRY836

    13 Juni 2017

    Bole minum tapi dilarang mabuk

    Bisa???

  • DONY531

    14 Juni 2017

    ya klo ga mau minum, coba makan buah duren aja, itu buah lumayan tinggi lho alkoholnya.. dan di alkitab ga ada tertulis larangan makan buah duren kan?

    #justkidding

    #jangankebanyakanalkohol

    #makandurenenaknyaramerame

    14 Juni 2017 diubah oleh DONY531

  • EVA631

    14 Juni 2017

    Waahhh jadi tambah wawasan nih, tengkiyu mas bro....

    FAJAR882 tulis:

    Shallom,

    Ijin nimbrung dikit ya...

    TS.: "Bolehkah seorang kristen minum alkohol sedikit saja?"

    Saya: "Why not?" ... (*Lhoh, lha iya, 'why' kok 'not? -- 'Kenapa tidak?' -- Iya, kenapa kok tidak? Lha ya itu pertanyaannya... Hahaha.. #malahbinunsendiri..)

    Maaf, sekedar intermezo. Nah, skarang serius.. Emmh, boleh kok. Sebenernya gak ada larangan di Alkitab, tentang minum anggur (dalam konteks ini, 'alkohol'). Bahkan Rasul Paulus juga malah pernah 'menganjurkan' pada Timotius, murid sekaligus anak rohaninya.

    I Timotius 5:23 (TB. - silakan cek seluruh pasal atau perikop untuk memeriksa konteks, atau latar belakangnya.) - "Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah."

    Timotius waktu itu masih muda. Sedangkan tugas-tugas dan tanggung jawabnya berat, sebagai pengurus jemaat 'baru' yang dirintis oleh Rasul Paulus. Jadi nampaknya ada hal-hal yang justru bisa jadi lebih 'terbantu' jika dia minum sedikit anggur. (Dalam teks tersebut dikatakan "berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.")

    Memang ada beberapa tafsir mengenai ayat ini, namun jika diuraikan di sini bisa jadi akan terlalu panjang di samping kemungkinan juga out of context (topic).

    Naah, yang tidak boleh adalah MABUK oleh alkohol. Atau dalam koteks Alkitab "mabuk oleh anggur."

    Efesus 5:18 (TB. - sama, silakan periksa juga seluruh pasal atau perikop, untuk mengetahui latar belakang atau konteksnya.) - "Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,"

    Demikian sekedar sharing singkat. Semoga bermanfaat, dan bisa menjadi berkat.

    Terima kasih. Tuhan memberkati. :-)

  • EVA631

    14 Juni 2017

    Hahahhahahhaahahhaahhaha, jangan diminum lah nanti badanmu kuning semua

    DONY531 tulis:

    Ijin komen masbro,, kalo saya pernah jg konsumsi alkohol, tp dlm bentuk rivanol buat cuci luka. Ada jg alkohol yg 70% buat cuci luka luar, bbrp kali saya pakai.

    Klo minum alkohol, ya paling minum anggur pas perjamuan kudus. Sbnrnya ga apa2 minum (asal ga mabok), tp karna katanya mahal dan saya jg ga pny pergaulan sm org2 yg hobi minum, jd ya ga sempet coba2.. rivanol jg blom sempet keminum, msh setengah botol, ada yg mau?

  • ARFIAN017

    14 Juni 2017

    TJAHJADIA118 tulis:

    Can a Christian drink alcohol?


    When an European Airline was initially launched, an educated Christian gentleman was Traveling in the first class section.
    An air hostess approached him with a complimentary drink, this was an alcoholic drink so that man politely refused.
    The air hostess returned but this time bought the drink on a platter, designed to appeal and impress. However the Christian man again politely refused, explaining he doesn't drink alcohol.
    The air hostess was concerned and informed the manager.
    The manager approached the man with another platter, now designed with flowers, he questioned, “is there something wrong with our service? please enjoy the drink, it is a complimentary offer.”
    The man replied, “I am a Christian and I do not drink alcohol.” The manager still insisted that the man take the drink.
    Then, the Christian proposed that the manager should give the drink to the pilot first. The manager stated, “how can the pilot drink alcohol, he’s on duty!
    And if he drinks there are all chances for the plane to crash”.
    The passenger with tears in his eye????, replied, “I am a Christian and I am ALWAYS on duty in order to protect my FAITH and if I Drink Alcohol I will crash my whole life here and hereafter.
    I AM 100% ON DUTY!
    Be careful of their packages ,the Lord shall see you through. Do have a fruitful day.
    It is not only about alcohol, but those little foxes that could destroy the vine.

    boLeh, mau mabuk atau apa bebas asaL besok kerja cari duit, tanggung jawab sama hidup Lo berbakti sama ortu, baik terhadap sesama rajin kegereja, takut akan TUHAN, dan perpuLuhan jangan Lupa, mmm trus apa Lagi yaaaa? oh iyaa, jadi diri kamu sendiri. itu yg terpenting.

  • SWARRY836

    14 Juni 2017

    Bolehh, intinya boleh. Asal tidak mabuk, tidak kecanduan dan tidak akan merusak tubuh yang adalah milik Allah. Bisa??? Kalo bisa silahkan.

  • LYNN948

    14 Juni 2017

    Lah, perjamuan kudus emang ga pake anggur.

    Yg ga boleh itu segala apapun yg berlebihan. Obat aja klw diminum tdk sesuai takar bs menyebabkan keracunan.

  • PRASANTI065

    14 Juni 2017

    Minum mah minum aja.. Asal berhenti sblm mabuk n nyusahin org lain.. Make it simple aja...

  • ARFIAN017

    14 Juni 2017

    PRASANTI065 tulis:

    Minum mah minum aja.. Asal berhenti sblm mabuk n nyusahin org lain.. Make it simple aja...

    good, this one a LitLe understand

151 – 175 dari 322    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 6  7  8 ... 13  Selanjutnya Kirim tanggapan