Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

JK Batakers

ForumCampur-campur

12701 – 12725 dari 12737    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 508  509  510  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • 2 desember

    SISKA408 tulis:

    Hy...salam kenal

    Saya boru Pakpahan 😊

    Bah baru do pe mandokkon salam kenal itoanon, hape langsung marara profilna

  • 2 desember

    Yang saya tau :

    1. Cicak bisa hidup dimana saja artinya dapat bertahan hidup dimana saja. Nah sama seperti orang Batak dapat hidup bertahan dimana saja, makanya banyak orang Batak yang hidup merantau.

    2. Artinya keturunannya harus lebih sukses, maju daripada orang tua, generasi sebelumnya.

    Ada lagi nih pertanyaan lainnya : Kenapa pintu rumah di rumah adat Batak kecil bentuknya?

    LISNARINAA355 tulis:

    No dua ga pernah perhatikan dan ga pernah kepikiran sepertinya perlu belajar ni ama sahala guru

    Nomor satu cicak artinya... boraspati dimana maknanya kekayaan & kebajikan

    Ada  lagunya jugaaa tuuh hamoraon Hagabeon  dll daan lupa lagi...

    Biasanya dirumah adat batak didepan cicak ada juga 4{ adop-adop bahasa batak halus<=>bahasa  kitanya tarus=>bahasa indonesianya payudara)yang mana itu maknanya adalah kesucian kesetiaan kesejahtraan kesuburan

    Yang Nomor dua apa yaa😐

  • 2 desember

    Horass

    Slmt malm

  • 2 desember

    Alani Hurang hatop ho bang maka na gabe marara pf na 😄😄

    LISTON872 tulis:

    Bah baru do pe mandokkon salam kenal itoanon, hape langsung marara profilna

  • 2 desember

    ROSAOCHA736 tulis:

    Alani Hurang hatop ho bang maka na gabe marara pf na 😄😄

    LISTON872 tulis:

    Bah baru do pe mandokkon salam kenal itoanon, hape langsung marara profilna

    Ido ate, ima dah, dang adong boa boa dek

  • 2 desember

    saya Boru sinaga ... salam kenal kk

  • 2 desember

    SAURIA580 tulis:

    Yang saya tau :

    1. Cicak bisa hidup dimana saja artinya dapat bertahan hidup dimana saja. Nah sama seperti orang Batak dapat hidup bertahan dimana saja, makanya banyak orang Batak yang hidup merantau.

    2. Artinya keturunannya harus lebih sukses, maju daripada orang tua, generasi sebelumnya.

    Ada lagi nih pertanyaan lainnya : Kenapa pintu rumah di rumah adat Batak kecil bentuknya?

    Iya sist respon sis nomor satu dan dua itu tidak jauh dengan BORASPATI  sama persis SEPERTI YANG sist maksudkan  cuma sis maksud itu penjabaran yang lebih luas

    Dimana BORASPATI ITU

    SINGKAT PADAT &DALAM=>

    KEKAYAAN KEBAJIKAN ,MENYESUAIKAN DIRI DAN MUDAH BERADAPTASI

    2 desember diubah oleh LISNARINAA355

  • 2 desember

    👍 Terima kasih sis Lisnarinaa355.

    LISNARINAA355 tulis:

    Iya sist respon sis nomor satu dan dua itu tidak jauh dengan BORASPATI  sama persis SEPERTI YANG sist maksudkan  cuma sis maksud itu penjabaran yang lebih luas

    Dimana BORASPATI ITU

    SINGKAT PADAT &DALAM=>

    KEKAYAAN KEBAJIKAN ,MENYESUAIKAN DIRI DAN MUDAH BERADAPTASI

  • 3 desember

    SAURIA580 tulis:

    👍 Terima kasih sis Lisnarinaa355.

    Baiklah sis kita belajar menggali lagi sejarah kita bangso batak tentunya yeah

    Nah untuk makna pintu itu apa ya sis

    Ga pernah liat ,ga pernah tau dan ga pernah dengar juga sis

    Yeah sejauh pemahaman saya pintunya di para para masuk dari bawah dasar rumah

    Dimana yang dimaksud dunia banua gijjang(atap rumah bentuk segitiga)

    Banua tonga (ruang rumah) dan banua toru(tobbara) dan pintu masuknya berada di antara "tobbara" yang maknanya adalah

     Kehidupan dunia manusia terkadang dikuasai oleh perbanua toru akan tetapi banua gijjang lebih berkuasaa atas banua gijjang dan banua toru

    Sejauh yang kutahu begitulah sis

    Entah lah aku masi tempe

    Dan tentunya ada juga GORGA atau ulu ni horbo KEPALA KERBAU YANG SUDAH BEETANDUK

    KONON KATANYA kerbau yang belum bertanduk dan...

    Ada laginih kerbau yang satu tanduknya keatas dan satunya tanduknya kebawah

         Dan kerbau yang kedua tanduknya kebawah

    Ketiga versi posisi tanduk

    Itu beda juga artinya

    3 desember diubah oleh LISNARINAA355

  • 4 desember

    Pagiiiiii menjelang Siang 😊

  • 4 desember

    Shalom selamat malam, simalungun bersatu

  • 4 desember

    Syalom slmt mlm saudara

  • 4 desember

    Kok sepi aja ya🤭🤭

  • 4 desember

    JULI606 tulis:

    Kok sepi aja ya🤭🤭

    Mungkin orang orang pada sibuk to

  • 4 desember

    Mungkin ya

  • 5 desember

    SISKA408 tulis:

    Hy...salam kenal

    Saya boru Pakpahan 😊

    salam kenal

  • 5 desember

    Horasssss

    Salam.dari boru Butar Butar

    Bagaimana kabar di siang hari ini ?

    Uda pada makan siang belum ?

  • 5 desember

    Shalom...sy Mery Susanty Saragih Sumbayak ..salam.kenal semuanya...Tuhan Yesus Memberkati. Amin

  • 5 desember

    Sapatau Jodohku boru....

    Entahlah 😀

  • 6 desember

    HERMINTO953 tulis:

    Sapatau Jodohku boru....

    Entahlah 😀

    Boru boru lah lae pastinya.

  • 6 desember

    Siapa tau dapat rokkap disini?

  • 6 desember

    Emng ada ya ito boru entah lah?🤭🤭

    HERMINTO953 tulis:

    Sapatau Jodohku boru....

    Entahlah 😀

  • 6 desember

    Terkadang ada kalanya

    Kita harus menyendiri

    Bersandar ditembok

    Dan..menceritakan

    Segalanya pada kipas

    .

    .

    .

    .

    .

    .

    .

    .

    .

    .

    .

    .

    .

    Cerita begini: gerah kali hari inilah kemringat mulu

  • Hari Kamis pukul 19:46

    👍👍👍

    MERY678 tulis:

    Shalom selamat malam, simalungun bersatu

  • Hari Kamis pukul 20:03

    😀

    LISTON872 tulis:

    Boru boru lah lae pastinya.

12701 – 12725 dari 12737    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 508  509  510  Selanjutnya Kirim tanggapan