Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Bohong putih..( berbohong demi kebaikan)

ForumGaya hidup Kristen

1 – 25 dari 130    Ke halaman:  1  2  3 ... 6  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • 24 juni 2015

    kadang manusia berbohong demi kebaaikan..
    walaupun.. jelas alkitab menulis..
    berkatalah ya di atas ya.. dan tidak di atas tidak..

    Siapa kah yang tak Pernah berbohong dalam Hidupnya???

    adakah yang mau membagikan pengalamanya  dalam hidup?.
    Tetang bohong putih.. dan bagaimana kita keluar dr dosa ini..

    Jesus Love u..

  • THEA147

    25 juni 2015

    Gak ada bohong untuk baik kak... bohong ya bohong aja... apapun tujuan berbohong, tetap ja salah....

    sebelum ke pengalaman pribadi, kita lihat contoh2 dalam alkitab.

    Ribka berbohong agar Yakub diberkati. Hasilnya Esau dan Yakub bermusuhan sekian lama... ada akar pahit di hati Esau.

    Yakub berbohong untuk mendapatkan ternak dri Laban n berakhir dg Laban mengejar2 Yakub, ini jg balasan ketika Laban membohongi Yakub soal anak2nya.

    Disini akan ada libgkaran yang tdk ada ujungnya.... situ bohong, sy balas, situ marah balas bohong lagi... gitu aja terus....

    Skrg ke cth dari pengalaman:

    sy guru n ngajar di pedalaman. Demi "kebaikannya" anak2, sy sering memanipulasi nilai agar mereka diterima di sekolah lanjutan. Disini sy berbohong untuk maksud baik. Anak2 sy rata2 berkemampuan rendah, ditambah lagi tidak ada dukungan ortu. Jadinya mengajar dg strategi sebaik apapun tetap saja susah diterima. Trs kalau kita jujur dg prestasi mereka, tdk ada sekolah dikota yang mau menerima mereka belajar makanya sy harus sesikit "berbohong".

    efek buruk dari bohong tersebut adalah mereka kesulitan bersaing dg anak2 di kota. Banyak yang justru berhenti sekolah.

    siapa yg harus disalahkan???

    Jadi untuk apapun alasannya "bohong" itu salah....

    itu menurut sy kak... makasih....

  • 25 juni 2015

    siapa yg harus disalahkan???

    DILEMA..O:)...:-D

  • KEY382

    3 juli 2015

    Tidaka da yang namanya bohong putih ..
    kalau mau tidak berbohong, lebih baik tidak usah dikatakan
    ada yang bisa kita katakan ke orang
    dan ada yang tidak perlu kita katakan ke orang

  • ODY970

    3 juli 2015

    Yg namanya bohong adalah tetap dosa apapun tujuannya..

  • NIA387

    3 juli 2015

    Bohong jenis apapun  ama diam itu 11 12..

    Keduanya punya efek negatif buat pribadi seseorang...

    Antara lain sih otak kita punya beban ekstra, menyebabkan stress dan efek buruk lainnya (susah tidur, masalah pencernaan, obesitas dll)

    Hmm... Jujur mgkn menyakitkan tapi sakitnya sebentar.. Kalo bohong.. Mo merah mo hijau mo putih.. Tetep aja bohong... Sakitnya pasti lebih lama... Kebohongan putih itu kan cuma menunda waktu... Kebenaran pasti akan terungkap... Kayaknya sih gitu :D

  • DKBALI312

    4 juli 2015

    Bentar kyknya ada di alkitab, cek dl..

    Bgmn dg Rahab perempuan sundal yg bohong menyembunyikan pengintai di Yosua 2 : 1-4; 6:17; 6:25. Meski jasanya besar dan menyelamatkan dia n klgnya, tetap aja bohong salah ya?

  • RARA477

    4 juli 2015

    hehehe apapun alasannya,, KAGAK Setuju :D

  • CICILIA418

    4 juli 2015

    Mnrt sy berbohong demi kebaikan itu sama saja menyimpan bom waktu...sekali meledak bisa membumihanguskan semuanya...dan bohong demi kebaikan itu sifatnya ga abadi

    God bless

  • DKBALI312

    4 juli 2015

    Klo ada org sakit keras gbs sembuh, tunggu wkt kt dokter, trs pasien tanya ke kita: "apa aku akan mati ya?" Jwb: yah begitulah kt dokter

    Dimasakin sama tuan rumah repot2, dimakan kurang enak/hambar, trs ditanya enak gak?. Jwb: kyknya kurang bumbu

    Bos pake baju baru ngejreng, lg seneng, trs nanya ke kita bagus gak?. Jwb: emmm keliatan msh nyolok/norak bos...

    Apa lg ya? jujur apa sadis kok gak beda?......:-D

  • YANPIETER911

    5 juli 2015

    DKBALI312 tulis:

    Klo ada org sakit keras gbs sembuh, tunggu wkt kt dokter, trs pasien tanya ke kita: "apa aku akan mati ya?" Jwb: yah begitulah kt dokter

    Dimasakin sama tuan rumah repot2, dimakan kurang enak/hambar, trs ditanya enak gak?. Jwb: kyknya kurang bumbu

    Bos pake baju baru ngejreng, lg seneng, trs nanya ke kita bagus gak?. Jwb: emmm keliatan msh nyolok/norak bos...

    Apa lg ya? jujur apa sadis kok gak beda?......:-D

    Wkkkkkk..... asli ngakak dibuat komennya si bro

    Tapi saya setuju, jujur apa sadis kok gak beda...:-D

    Kalau berkata jujur bisa mengakibatkan teman/org yg saya sayangi celaka/tersakiti, maka saya lebih baik berbohong, resikonya biar saya tanggung....

  • HENRIKO283

    5 juli 2015

    Klo bohong ya bohong ajeee...Ga usah pake istilah putih atau item?

    Kan ini bukan kucing,kan? (Becanda).

    Klo bohong,ya bohong.Dusta,tipu,"ular",dan sebutan lainnya.

    Salam semua.

    :up::-D

  • RARA477

    5 juli 2015

    SHALLOM DK BALI : Katakan saja sejujurnya dan TUHAN menguatkan smua orang sesuai kekuatan dari dalam hatinya & jiwanya,,,, kayak Ngak punya TUHAN aja masing2 pribadi jika smeua pencobaan & ujian hidup tidak mau dihadapai atau cenderung tidak mau menghadapi realita hidup :)

    Hanya cara mengatakan nya saja harus lemah lembut,,,,berdoa dlu & fokus sama TUHAN bukan manusia.

  • DKBALI312

    5 juli 2015

    Shalom jg Sara..iya sbg org kristen harus jujur, integritas hrs dijaga benar2.

    Kadang2 di kehidupan yg berhubungan dg etika, sopan santun terpaksa berkata lain, yg penting tidak mengganggu integritas kita.

    Misal, Sy org rantau, org tua telp nany kbr gmn? baik2? Jwb: baik2, padahal lg susah, soalnya kasihan ortu. Ditanyain org, udah makan? Jwb: udah, padahal lapar, klo jawab jujur: belum, gitu wah repot...efeknya bs macem2, kdg org jg basa basi nanyaknya, ya kan?.

  • RARA477

    5 juli 2015

    SHALLOM DK BALI : iyaa yaa,,,saya pun mengalami nya kok,,,,klo kasus nya spt itu kan Bicara IMAN & Pengharapan kita ke TUHAN bahwa sgala sesuatu yg kita alami baik adanya untuk kita berproses & berjalan dgn iman bersama TUHAN,,, jadi bilang sama ortu katakan : tetap dukung doa yaa mama/papa shg ortu tetap tenang & mensupport anak gantengnya :D

    bukan tentang basa-basi siyh tapi Persaudaraan yg rukun itu kejujuran & kekuatan saling mendoakan,,, kita ngak perlu cerita detail masalah ke ortu,,,cukup dukung doa yaa mam ^0^

  • DKBALI312

    5 juli 2015

    Wah klo ortuku dibilangin dukung doa, curiga, ada apa ini?, ada masalah berat ya? hahahah..wes pokokne gitulah kurang lebihnya...prakteknya gampang2 sulit

  • RARA477

    6 juli 2015

    @Shallom Met Pagi DK Bali : hmmzzzz..yasudah jadilah spt yang Kau imani, sobat :) ^0^ GBU

  • YANPIETER911

    6 juli 2015

    Sadis banget sampai dibilang kayak nggak punya Tuhan… wkkkkkk
    Contoh dari bro DKBALI312 pas tuh… tentang Rahab
    Dapat ngutip dari org:
    1. “bahwa kebohongan yang dilakukan Rahab itu dosa, tidak ada bohong putih. Tapi mengapa Ia disebut pahlawan iman dan diselamatkan, itu karena imannya yang hidup kepada Allah yang hidup.”
    2. “Tentang Rahab itu dijelaskan memang dia berbohong dan untuk itu salah, tapi Rahab punya iman bahwa Allah akan membuat Bangsa Israel menduduki negeri itu.Jadi Rahab itu dibenarkan karena imannya bukan karena dia berbohong demi kebaikan para pengintai itu. Mudah-mudahan penjelasannya bisa memberi pengertian dalam kasus Rahab itu ya”


    No Offense, apakah Rahab bisa dibilang nggak punya Tuhan karena melakukan "bohong putih"? Hayooo…

  • RARA477

    6 juli 2015

    hmmzzz.....itu bukan bohong mas brow,,, coba baca komen2 saya : bahwa Saat kita dilanda permasalahan & pencobaan maka Iman, Pengharapan & Kasih adalah dasar2 Iman Kristiani maka saya akan sepakat Bahwa Kebohongan sangat berbeda dgn MENGIMANI, sobat :) :)

    Sadis iyaa untuk Sebuah kebenaran Firman : pendusta tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan ALLAH,,, jadi lah sperti apa yg kau yakini,,, jangan kuatir saja klo kuatir dosa :P kayak ngak punya TUHAN,, angka iman & pengharapa & kasih itu Stabil : 100 %,,, jika sedang masuk level2 pencobaan tetaplah kuat kerana slalu ada ROH KUDUS sbg penolong & penghibur di masa2 sesulit apapun.

    YANPIETER911 tulis:

    Sadis banget sampai dibilang kayak nggak punya Tuhan… wkkkkkk
    Contoh dari bro DKBALI312 pas tuh… tentang Rahab
    Dapat ngutip dari org:
    1. “bahwa kebohongan yang dilakukan Rahab itu dosa, tidak ada bohong putih. Tapi mengapa Ia disebut pahlawan iman dan diselamatkan, itu karena imannya yang hidup kepada Allah yang hidup.”
    2. “Tentang Rahab itu dijelaskan memang dia berbohong dan untuk itu salah, tapi Rahab punya iman bahwa Allah akan membuat Bangsa Israel menduduki negeri itu.Jadi Rahab itu dibenarkan karena imannya bukan karena dia berbohong demi kebaikan para pengintai itu. Mudah-mudahan penjelasannya bisa memberi pengertian dalam kasus Rahab itu ya”


    No Offense, apakah Rahab bisa dibilang nggak punya Tuhan karena melakukan "bohong putih"? Hayooo…

    6 juli 2015 diubah oleh RARA477

  • BINSAR143

    7 juli 2015

    bohong = menipu :-)

  • 7 juli 2015

    YANPIETER911 tulis:

    Sadis banget sampai dibilang kayak nggak punya Tuhan… wkkkkkk
    Contoh dari bro DKBALI312 pas tuh… tentang Rahab
    Dapat ngutip dari org:
    1. “bahwa kebohongan yang dilakukan Rahab itu dosa, tidak ada bohong putih. Tapi mengapa Ia disebut pahlawan iman dan diselamatkan, itu karena imannya yang hidup kepada Allah yang hidup.”
    2. “Tentang Rahab itu dijelaskan memang dia berbohong dan untuk itu salah, tapi Rahab punya iman bahwa Allah akan membuat Bangsa Israel menduduki negeri itu.Jadi Rahab itu dibenarkan karena imannya bukan karena dia berbohong demi kebaikan para pengintai itu. Mudah-mudahan penjelasannya bisa memberi pengertian dalam kasus Rahab itu ya”


    No Offense, apakah Rahab bisa dibilang nggak punya Tuhan karena melakukan "bohong putih"? Hayooo…

    Kalo di hukum Yudaisme, bohong untuk menyelamatkan nyawa itu boleh kok, bahkan wajib.

    There is no question that Jewish law obligates one to prevaricate in order to save one’s own life or the life of another person. Rahab the harlot prevaricated in order to save the life of the two Jewish spies sent by Joshua to Jericho (see Joshua 2). The Midrash (Pirka D’Rabeinu Hakodosh 15) notes that Rahab told a lie yet inherited life in this world and in the world to come. In fact, eight prophets descended from her (Babylonian Talmud, Megilla 14b).

    Sumber: www.jlaw.com/Articles/hf_LyingPermissible.html

  • RARA477

    7 juli 2015

    @ZORO:eh,,,ada wong jogja juga di sini ... hmmzzz...masak gitu,,, ajaran mana tuh :D

    jadilah sesuai dgn apa yang kau imani dek brow Jogja :D

    #Salam Jogja Istimewa ^0^

  • 7 juli 2015

    RARA477 tulis:

    @ZORO:eh,,,ada wong jogja juga di sini ... hmmzzz...masak gitu,,, ajaran mana tuh :D

    jadilah sesuai dgn apa yang kau imani dek brow Jogja :D

    #Salam Jogja Istimewa ^0^

    Yaay Jogja Istimewa :-D

    Itu tadi ajaran Yahudi. Yang dilakukan Rahab adalah menyelamatkan 2 orang pengintai. Hasilnya, ada 8 orang nabi yang berasal dari garis keturunan Rahab.

  • YANPIETER911

    7 juli 2015

    RARA477 tulis:

    hmmzzz.....itu bukan bohong mas brow,,, coba baca komen2 saya : bahwa Saat kita dilanda permasalahan & pencobaan maka Iman, Pengharapan & Kasih adalah dasar2 Iman Kristiani maka saya akan sepakat Bahwa Kebohongan sangat berbeda dgn MENGIMANI, sobat :) :)

    Sadis iyaa untuk Sebuah kebenaran Firman : pendusta tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan ALLAH,,, jadi lah sperti apa yg kau yakini,,, jangan kuatir saja klo kuatir dosa :P kayak ngak punya TUHAN,, angka iman & pengharapa & kasih itu Stabil : 100 %,,, jika sedang masuk level2 pencobaan tetaplah kuat kerana slalu ada ROH KUDUS sbg penolong & penghibur di masa2 sesulit apapun.

    Hmmm…mana yang bukan bohong sis ?


    Saya gk bilang kalau bohong/dusta itu dibenarkan, dibaca dong…:-)
    Wong cuma ngasih contoh kasus kok malah dikhotbahin sis, nasiib nasiib…


    Maksud saya disitu, tidak semua orang yg melakukan “bohong putih” bisa kita anggap tidak beriman/nggak punya Tuhan, tidak semua orang yg melakukan “bohong putih” imannya lebih kecil dari iman kita. Kita jangan memandang terlalu rendah, gitu loh ….

  • YANPIETER911

    7 juli 2015

    ZORO133 tulis:

    Kalo di hukum Yudaisme, bohong untuk menyelamatkan nyawa itu boleh kok, bahkan wajib.

    Sumber: www.jlaw.com/Articles/hf_LyingPermissible.html

    Thanks Zoro, begitu toh, baru tau …

1 – 25 dari 130    Ke halaman:  1  2  3 ... 6  Selanjutnya Kirim tanggapan