Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Bohong putih..( berbohong demi kebaikan)

ForumGaya hidup Kristen

101 – 125 dari 130    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 4  5  6  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • 20 november

    Menjawab sebuah pertanyaan perlu dg hikmat itu benar tp tidak boleh bohong sist.. Klo sist bil jawaban sy itu bohong putih, u sy pribadi tdk setuju krn kita menjawab sesuai dg usia anak. Papa mama menikah itu benar, berdoa meminta anak itu benar, dedek bayi Tuhan yg beri itu benar. Jd tidak ada kebohongan d sana. Nahhhh beda lg klo yg bertanya usianya remaja sy pikir sy akn memberitahukan tentang sistim reproduksi bla.. bla n bla..

    Lalu contoh sist yg pny temen mamanya meninggal Trus g kasih tau secara gamblang krn takut satu dan lain hal, menurut sy kasusnya beda sist, pertama dia sdh dewasa tentunya bkn anak2 so klo sis lalu tdk memberitahukan yg sebenarnya menurut sy itu tetap bohong, bkn bohong putih.. Bohong itu dosa jd ketika kita berbohong kita tau konsekuensinya. Klo sy pny temen yg mamanya meninggal Trus harus kasih tau dia, sy akn perhatikan dl ttg dia, apakah dia seorang yg tabah klo iya sy akan menyampaikan dg jujur tp klo engga sy akn berbohong dan sy tau itu dosa tp mau gmn lg toh u kebaikan dia, tp dlm hati sy berdoa minta ampun dg sangat kpd Tuhan krn sdh berbohong(Bapa ampun beneran ampun mesti bohong, Abis dia tuh orangnya mudah panikan Bapa, ntar klo ada apa2 dg dia mel pst merasa bersalah banget, pleaseee ampuni mel, kan Bapa bil klo kita mengaku dosa maka Bapa akn ampuni, sy todong dah Bapa sy.. 🤦🏻‍♀️😬) n tentunya kpd teman sy jg ketika nanti dia sdh tiba d rumah ortunya..

    Sy katakan bgt krn pernah mengalaminya, dan berdoa jgn sampe ngalamin lg yg begini.. 😅😅😅😑

    Sy prnh berfikir, sebenarnya orang2 bil bohong putih itu u ap sih..? Apakah hny agr spy apa yg kita katakan tidak melukai orang lain ato biar tidak berdosa ..?

    Sis bs bantu jawab ato ada temen JK yg bs bantu jawab..? Yuk diskusi ttg ini tp g pk urat yaa hehhee..

    ECHY268 tulis:

    Intinya sista ga ngomong secara terus terang khan bagaimana cara dan proses lahirnya seorang bayi ke dunia?? Apkh stlh org menikah tanpa ngapa-ngapin, terus doa saja minta anak lgsg lahir seorang anak? tentu tdk.

    ...

    Apakah sista akn lgsg ksh tahu org tsb klw ibunya sdh meninggal? Tentu tdk, sista pasti akn puter otak gimana cara ksh tau sehingga dia bisa menerima kbr tsb dg baik tanpa membuat dia tiba" kena serangan jantung malah ikut meninggal jg.

    27 november diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 25 november

    bohong tetaplah bohong ( ini bener,,, O:) )

    bohong adalah dosa ( ini juga bener sih,,,,, O:))

    .

    .

    terimakasih mas Donny, bisa membaca makna tersirat yang saya tulis. kurang lebih seperti itu.

    permasalahan sebenarnya:

    Berapa lamakah kebohongan putih itu harus di simpan?

    1 tahun..........2 tahun.............5 tahun..............10 tahun........... atau tidak akan di buka. atau membiarkan mereka mencari sendiri kebenaran itu. (yeah............. yang lalu biarkan lah berlalu O:))

    DONNYSAM914 tulis:

    Bohong akan selalu dosa karna itu kata firman Tuhan tentang bohong

    Tapi memyembunyikan sebagian atau menunda sesuatu informasi bukanlah kebohongan

    tapi berkata hikmat atau bijaksana.

    Bohong mengatakan sesuatu yg bertentangan dgn informasi yg sebenarnya.

    Jadi jangan lagi kita bohong "putih" itu tetap dosa...tapi berkata bijak atau kata hikmat.

    .

    menurut saya "bohong putih" hanyalah bahasa kiasan dari makna "rahasia" (koreksi jika saya salah :-))

    sama halnya bagi mereka yang "mendendam" akan di sebut "akar kepahitan" ( gak tau yah tetangga sebelah sebut ini apa ;-) )

    dan mereka yang terlalu cuek, dingin, trouma, putus asa akan seseorang akan di sebut  "tawar hati"  

    (terimakasih lho............. buat babang JK yang pernah bilang saia tawar hati O:))
    aslinya saya suka mengoda lho...........

    mengoda hati

    # Eeaaaaaaa :-D:-)

    MELLY459 tulis:

    Sy prnh berfikir, sebenarnya orang2 bil bohong putih itu u ap sih..? Apakah hny agr spy apa yg kita katakan tidak melukai orang lain ato biar tidak berdosa ..?
  • 25 november

    Contoh kasus:

    Misalkan, kita sebagai pengikut Kristus sedang berada diteras rumah atau pintu depan rumah, ada seseorang mendekati tergopoh-gopoh dengan ketakutan karena akan dimassa orang meminta perlindungan untuk bersembunyi dan meminta tolong jangan memberitahukan, apa tindakan kita sebagai orang Kristen, karena keputusan harus diambil cepat kalau tidak orang tersebut akan mati dimassa sebab tidak lama lagi massa akan melintas dan bertanya keberadaannya kepada kita.

    a). Apakah kita perlu berbohong dan tindakannya dianggap dosa atau tidak dosa? Kita bandingkan dengan kisah dua pengintai utusan Yosua dimana Rahab dengan sengaja memberikan informasi yang tidak benar (berbohong) atas keberadaan mereka berdua. Apakah Rahab dikategorikan berdosa?

    b). Memberitahukan keberadaannya dan menerima akibatnya dari massa yang beringas? Seseorang bisa saja mati atas tindakan massa ini.

    25 november diubah oleh TORO617

  • 25 november

    berhubung sudah pernah mengalami kejadian yang sama saya pilih jawaban A

    kisah nyata:

    dua orang  anak STM yang di kejar karena tauran sekolah. tiba tiba lari ke rumah kost. spontan saya suruh mereka menunduk biar gak kelihatan. saat mereka mau keluar saya larang khawatir masih ada rekan mereka yang lain di belakang.

    10 menit berlalu saya mengizinkan mereka keluar, mereka (2 siswa STM) berjalan ke arah yang sama dengan yang mengejar mereka. saya menyarankan siswa STM tersebut memilih jalan yang berbeda.

    soal dosa biar Tuhan saja yang menilai :-)

  • 25 november

    Tinggal baca:

    answersingenesis.org/morality/a-righteous-lie/

    Cerita tentang Rahab, Nazi, etc, etc.

    25 november diubah oleh MADZAZULU557

  • 26 november

    Kalau brbohong sadarilah  mau apapun alasannya , mau alasannya menurut kita itu baik ato gak ya bohong tetap  bohong, ga ada istilah bohong putih. Itu jelas. Saya pribadi klo trpaksa hrs berkata agak mutar2 dikit utk tdk menjawab sepenuhya sya sadari diri saya udah bohong n gak perlu membela diri klo ini bohong putih ato hitam, hati nurani itu ga bs dibohongi kecuali klo uda kebiasaan n anggap itu biasa ya sutralah maka akan ada istilah bohong putih n hitam

  • 26 november

    Kadang2 berbohong itu baik, kalo kita termasuk MINORITAS. Misalnya nih di acara natal keluarga besar yg datang rata2 sodara2 kita yg kurang mampu. Cuma kita sendiri yg ga punya tanggungan dan baru dpt THR jadi kita datang ke pesta tsb dengan gaun keren, mahal (kisaran Rp 800.000,-). Sepupu kita tanya,"Bajumu keren amat. Berapa tuh harganya?" Kita tahu duit Rp 800.000,- itu baginya diirit2 buat makan dia dan keluarganya 1 minggu. AKu sih ga bakal tega bilang bhw gaunku Rp 800.000,-. Terpaksa aku akan berbohong dng bilang bhw harganya sekitar Rp 400.000,-, utk menjaga perasaannya.

  • 26 november

    Sky790, bohong putih tdk alkitabiah...itu istilah buatan manusia. Jk bohong putih dianggap kiasan dari rahasia tidak cocok karena sesuatu yg dirahasiakan tdk selalu dosa. Jk orang merahasiakan perbuatan jahat temannya itu jelas dosa.
    Bohong itu akan selalu dosa apapun ALASANNYA termasuk untuk melindungi orang.

    Kasus rahab tdk cocok karena rahab bukan orang benar pada waktu kejadian itu.

    Sky790 melindungi 2 anak STM tentu malah bagus tindakan terpuji apalagi tanpa berbohong.
    Seandainya Sky790 ditanyai oleh anak2 STM yang mengejar tsb tentang 2 anak tsb lalu SKy terpaksa berbohong tetap Sky berdosa dlm hal berbohong tp terpuji dlm hal melindungi 2 anak tsb.
    Tentu akan lebih cerdik jk ketika anak2 STM itu datang ke rumahmu dan SKy juga sembunyi dr pandangan mereka. Sehingga mereka tdk perlu bertanya kepadamu. Seandainya mereka mendesak masuk ke area kost, Sebaiknya jgn dibuka pagar bilang kamu akan telpon polisi. Jk mereka bertanya ada 2 anak STM di rumah tsb tak usah dijawab...bilang saja kamu lagi menelpon polisi karna ada bbrp anak tawuran ramai di area kost. Sehingga kamu tdk perlu berdosa karna berbohong.
    Seandai entah bagaimana kamu dalam posisi terjepit, mereka menangkapmu dan bertanya apa melihat 2 anak tsb disinilah hal tersulit bagaimana agar tidak berbohong....minta hikmat dari Tuhan.
    Seandainya kamu panik sehingga terlontar kata2 bohong...itu tetap dosa. Tapi motivasimu melindungi 2 anak tsb...pengampunan Tuhan sudah tersedia bagimu jk mengaku dosa.


    Yang perlu kita hindari adalah jgn bohong untuk "melindungi" itu menjadi suatu kebiasaan. Doa kepadanya minta hikmat sehingga kita tidak perlu berbohong ketika kejadian tsb terjadi lagi.
    Jka saya dlm posisimu saya akan masukkan 2 orang tsb ke kamar saya dan jika saya ditanyain oleh mereka saya akan galak dan mengusir karena mereka tawuran, saya tidak akan jawab pertanyaan mereka. Dan saya akan mengancam menelpon polisi Jika mereka coba masuk area kost.
    Seandainya jumlah mereka sangat banyak dan bawa senjata tajam2, saya akan ikut sembunyi dalam kamar dan menelpon polisi. Jadi saya tdk perlu masuk kondisi terjepit yg mengarah utk berbohong.

  • 26 november

    Itu artinya lbh mementingkan PERASAAN ORANG daripada FIRMAN TUHAN

    Lagipula saudaramu yg mulai bertanya soal harga dan Anita juga yg masuk dgn pakaian mahal seharusnya jika anita memang sdh tahu banyak yg kurang mampu dan merasa sungkan, pakai saja pakaian yang sederhana drpada pakai baju mahal lalu berdosa karna berbohong. benar ngak Anita  hehe :)

    atau bisa saja jujur mengatakan harganya lagipula disisi lain dia pasti sudah tahu Anita memang punya uang lebih. Jika dia menjadi iri hati itu adalah dosa dia sendiri. yg penting Anita bersikap dermawan kepada saudara2 yg berkurang2 itu.

    YG BURUK jika seandainya sudah pakaian mahal, pelit dan jutek lagi...haha

    jika anita ramah dan dermawan dia mungkin malah pengen foto2 dgn baju mahal ANita haha

    ANITA089 tulis:

    Kadang2 berbohong itu baik, kalo kita termasuk MINORITAS. Misalnya nih di acara natal keluarga besar yg datang rata2 sodara2 kita yg kurang mampu. Cuma kita sendiri yg ga punya tanggungan dan baru dpt THR jadi kita datang ke pesta tsb dengan gaun keren, mahal (kisaran Rp 800.000,-). Sepupu kita tanya,"Bajumu keren amat. Berapa tuh harganya?" Kita tahu duit Rp 800.000,- itu baginya diirit2 buat makan dia dan keluarganya 1 minggu. AKu sih ga bakal tega bilang bhw gaunku Rp 800.000,-. Terpaksa aku akan berbohong dng bilang bhw harganya sekitar Rp 400.000,-, utk menjaga perasaannya.

    26 november diubah oleh DONNYSAM914

  • 26 november

    Contohnya menarik, cb jawab ya..

    Klo d tny apakah rahab berdosa..? Mk ssi dg firman yg sy tau, rahab berdosa. Tp prlu jg diketahui bhw rahab itu bkn orang Israel yg tau ttg kebenaran firman Tuhan mengenai dosa jk berbohong, so bs sj dia pikir dia tdk berbohong(dosa). Tp latar belakang rahab bohong itu ap sih..? Dia bohong u menyelamatkan dirinya n keluarganya, dia tau siap 2 pengintai itu, dan dia tau klo Yerikho akn diserang n dia tau siapa yg bakal menyerang, yaitu Bangsa Israel, bangsa yg diurapi n dikasihi Tuhan. Bangsa yg sll menang dlm berperang ketika Tuhan menyertai, jd rahab berbohong bkn u keselamatan 2 orang Israel itu menurut sy tp u keselamatan dirinya n keluarganya, dan itu dia lakukan dg meminta 2 orang Israel tsb bersumpah u tidak membunuh dia n segenap keluargny yg berada d rumahnya saat bangsa Israel menyerang. Tp sy yakin tnp rahab pun 2 orang pengintai ini akan selamat krn emang Tuhan sdh menyerahkan yerikho kpd bangsa Israel. Dan klo pun rahab tertulis d Alkitab krn kemudian dia mempercayai n menerima Tuhan bangsa Israel sbgi Tuhannya. Ini pikiran sy stlh membaca kitab Yosua 1-6.. 😊

    Tp sy sulit menjawab point B, krn sy blm dan berdoa tidak mengalaminya. Lagian kita tdk tau yg minta tlng orang baik ato penjahat, apalagi klo lg sendirian..

    Soooo sy persilahkan yg lain sj yg menjawab.. 😀

    TORO617 tulis:

    Contoh kasus:

    Misalkan, kita sebagai pengikut Kristus sedang berada diteras rumah atau pintu depan rumah, ada seseorang mendekati tergopoh-gopoh dengan ketakutan karena akan dimassa orang meminta perlindungan untuk bersembunyi dan meminta tolong jangan memberitahukan, apa tindakan kita sebagai orang Kristen, karena keputusan harus diambil cepat kalau tidak orang tersebut akan mati dimassa sebab tidak lama lagi massa akan melintas dan bertanya keberadaannya kepada kita.

    a). Apakah kita perlu berbohong dan tindakannya dianggap dosa atau tidak dosa? Kita bandingkan dengan kisah dua pengintai utusan Yosua dimana Rahab dengan sengaja memberikan informasi yang tidak benar (berbohong) atas keberadaan mereka berdua. Apakah Rahab dikategorikan berdosa?

    b). Memberitahukan keberadaannya dan menerima akibatnya dari massa yang beringas? Seseorang bisa saja mati atas tindakan massa ini.

  • 26 november

    Jiaaahhh bahasa engressss bro..

    Agk2 gmn bacanya Coz bahasa Inggris sy bahasa Inggris prokem.. 😅😅😅

    Krn bro sy jd tertarik cari bohong putih versi endonesahhh..

    Ehhh dpt linknya nih.. 👇🏻

    www.sarapanpagi.org/white-lies ... utih-vt854.html

    MADZAZULU557 tulis:

    Tinggal baca:

    answersingenesis.org/morality/a-righteous-lie/

    Cerita tentang Rahab, Nazi, etc, etc.

  • 26 november

    Setujah sm bro ini.. 👍🏻👍🏻

    DONNYSAM914 tulis:

    Sky790, bohong putih tdk alkitabiah...itu istilah buatan manusia. Jk bohong putih dianggap kiasan dari rahasia tidak cocok karena sesuatu yg dirahasiakan tdk selalu dosa. Jk orang merahasiakan perbuatan jahat temannya itu jelas dosa.

    ...

    Seandainya jumlah mereka sangat banyak dan bawa senjata tajam2, saya akan ikut sembunyi dalam kamar dan menelpon polisi. Jadi saya tdk perlu masuk kondisi terjepit yg mengarah utk berbohong.

    27 november diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 26 november

    Setujui lg nih.. 😀

    DONNYSAM914 tulis:

    Itu artinya lbh mementingkan PERASAAN ORANG daripada FIRMAN TUHAN

    Lagipula saudaramu yg mulai bertanya soal harga dan Anita juga yg masuk dgn pakaian mahal seharusnya jika anita memang sdh tahu banyak yg kurang mampu dan merasa sungkan, pakai saja pakaian yang sederhana drpada pakai baju mahal lalu berdosa karna berbohong. benar ngak Anita  hehe :)

    atau bisa saja jujur mengatakan harganya lagipula disisi lain dia pasti sudah tahu Anita memang punya uang lebih. Jika dia menjadi iri hati itu adalah dosa dia sendiri. yg penting Anita bersikap dermawan kepada saudara2 yg berkurang2 itu.

    YG BURUK jika seandainya sudah pakaian mahal, pelit dan jutek lagi...haha

    jika anita ramah dan dermawan dia mungkin malah pengen foto2 dgn baju mahal ANita haha

  • 27 november

    SKY790 tulis:

    berhubung sudah pernah mengalami kejadian yang sama saya pilih jawaban A

    kisah nyata:

    dua orang  anak STM yang di kejar karena tauran sekolah. tiba tiba lari ke rumah kost. spontan saya suruh mereka menunduk biar gak kelihatan. saat mereka mau keluar saya larang khawatir masih ada rekan mereka yang lain di belakang.

    10 menit berlalu saya mengizinkan mereka keluar, mereka (2 siswa STM) berjalan ke arah yang sama dengan yang mengejar mereka. saya menyarankan siswa STM tersebut memilih jalan yang berbeda.

    soal dosa biar Tuhan saja yang menilai :-)

    Meskipun jawabannya tidak sesuai dengan contoh kasus, namun demikian memiliki subtansi yang mirip, tindakan yang diambil pun tidak dikategorikan berbohong karena tidak memberikan keterangan kepada siapapun hanya melindungi semata agar tidak terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

    27 november diubah oleh TORO617

  • 27 november

    MELLY459 tulis:

    Contohnya menarik, cb jawab ya..

    Klo d tny apakah rahab berdosa..? Mk ssi dg firman yg sy tau, rahab berdosa. Tp prlu jg diketahui bhw rahab itu bkn orang Israel yg tau ttg kebenaran firman Tuhan mengenai dosa jk berbohong, so bs sj dia pikir dia tdk berbohong(dosa). Tp latar belakang rahab bohong itu ap sih..?

    ....

    Soooo sy persilahkan yg lain sj yg menjawab.. 😀

    Tindakan Rahab bukanlah dosa meskipun dia bukan bagian bangsa Israel namun tindakannya sebagai perbuatan yang berpihak pada Allah Israel sebagai dasar takut akan Tuhan.

    Yang bagian b tidak usah dijawab jika sudah menjawab bagian a.

    Terima kasih atas jawabannya.

    27 november diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 2 desember

    DONNYSAM914 tulis:

    Sky790, bohong putih tdk alkitabiah...itu istilah buatan manusia.

    Haaadeuh….. :-( Pak Donny, saya kan tidak menyebut itu istilah dari alkitab. Saya tulis menurut saya, saya kan juga manusia. Koreksi jika saya salah artinya hanya pengertian saya sendiri secara individual.

    Jk bohong putih dianggap kiasan dari rahasia tidak cocok karena sesuatu yg dirahasiakan tdk selalu dosa. Jk orang merahasiakan perbuatan jahat temannya itu jelas dosa.

    Yang ini saya setuju tidak semua rahasia itu di pandang baik tapi ini lah yang di sebut "perjalanan hidup". Jika rahasia tersebut tindak kejahatan akan lebih baik memberi sugesti agar berubah atau mengakui kejahatannya.

    Kasus rahab tdk cocok karena rahab bukan orang benar pada waktu kejadian itu.

    rahab bukan orang benar?? %-/ Mungkin karena rahab minta imbalan dari kebohongan yang dilakukan. (di luar dari pekerjaanya yah,,,)

    Jka saya dlm posisimu saya akan masukkan 2 orang tsb ke kamar saya dan jika saya ditanyain oleh mereka saya akan galak dan mengusir karena mereka tawuran, saya tidak akan jawab pertanyaan mereka. Dan saya akan mengancam menelpon polisi Jika mereka coba masuk area kost.

    Yakin Pak bisa berfikir selancar ini dalam 10 detik??%-/
    Klo saya setelah mengalaminya gak bisa. Saat kejadian kebetulan saya sedang duduk di teras kost ini bukan kebiasaan saya sebenarnya. Dan mereka tiba tiba masuk ke teras padahal pintu rumah saat itu terbuka. spontan berdiri dan dalam hitungan detik pengejar datang.

    Seandainya jumlah mereka sangat banyak dan bawa senjata tajam2, saya akan ikut sembunyi dalam kamar dan menelpon polisi. Jadi saya tdk perlu masuk kondisi terjepit yg mengarah utk berbohong.

    pikiran saya pada waktu itu sederhana saja, jika saya saja (orang berdosa), berharga di mata-Nya, masa saya tidak bisa melihat orang lain juga berharga di mata-Nya. Berarti saya buta dong pak !! :-(

    nah klo di lihat hukum kasih (Perjanjian Baru) dan Hukum Taurat (Perjanjian Lama) ada sedikit pertentangan bener gak yah??

    .

    .

    TORO617 tulis:

    Meskipun jawabannya tidak sesuai dengan contoh kasus, namun demikian memiliki subtansi yang mirip, tindakan yang diambil pun tidak dikategorikan berbohong karena tidak memberikan keterangan kepada siapapun hanya melindungi semata agar tidak terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

    Benar mas toro, ini hanya kemiripan situasi saja. Tidak ada dialog antara saya dan pengejar. Tapi bukan berarti tidak ada kebohongan di sana. Hanya karena saya menoleh dari kiri (arah datang pengejar) lalu saya menoleh ke arah kanan jalanan yang sepi tanpa saya sadari sudah melakukan kebohongan.

    Bukan lidah saya yang berbohong, tapi mata saya yang melakukannya. Karena yang saya pahami panca indra juga bisa melakukan kebohongan.

    .

    .

    MELLY459 tulis:

    Klo d tny apakah rahab berdosa..? Mk ssi dg firman yg sy tau, rahab berdosa. Tp prlu jg diketahui bhw rahab itu bkn orang Israel yg tau ttg kebenaran firman Tuhan mengenai dosa jk berbohong, so bs sj dia pikir dia tdk berbohong(dosa). Tp latar belakang rahab bohong itu ap sih..? Dia bohong u menyelamatkan dirinya n keluarganya, dia tau siap 2 pengintai itu, dan dia tau klo Yerikho akn diserang n dia tau siapa yg bakal menyerang, yaitu Bangsa Israel, bangsa yg diurapi n dikasihi Tuhan. Bangsa yg sll menang dlm berperang ketika Tuhan menyertai, jd rahab berbohong bkn u keselamatan 2 orang Israel itu menurut sy tp u keselamatan dirinya n keluarganya, dan itu dia lakukan dg meminta 2 orang Israel tsb bersumpah u tidak membunuh dia n segenap keluargny yg berada d rumahnya saat bangsa Israel menyerang. Tp sy yakin tnp rahab pun 2 orang pengintai ini akan selamat krn emang Tuhan sdh menyerahkan yerikho kpd bangsa Israel. Dan klo pun rahab tertulis d Alkitab krn kemudian dia mempercayai n menerima Tuhan bangsa Israel sbgi Tuhannya. Ini pikiran sy stlh membaca kitab Yosua 1-6.. 😊

    Jadi…….. sist melly :-)

    Sudah melewati 2 kali belok kanan, 2 kali jalan menanjak , 3 kali jalan menurun, 1 kali puter balik, 1 kali menyeberangi sungai akhirnya jawaban kita sama yah ….
    hmmmm...............Oke lah klo begitu:$)

    #cek_peta  :-D
    #joke  :-D

  • 2 desember

    Selain Firman "jangan berdusta!" diperkuat dengan ayat firman :

    Mat 5:37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

    Firman Tuhan ya dan amin, dusta apapun alasannya itu dosa.

    Tapi pergaulan kita dari kecil sampai besar kita dikelilingi oleh sedikit banyak orang yang sering berdusta sehingga munculnya istilah bohong putih tsb. Semua dilabelkan dusta untuk kebaikan, rasa aman, dsbnya. Pengaruh pergaulan ini yang melunturkan nilai2 orang kristen terhadap perintah jangan berdusta dengan menganggap dusta utk kebaikan dan rasa nyaman orang lain itu diperbolehkan. Padahal seharusnya tidak lah demikian.

    Kisah Rahab tdk bisa dipakai untuk membenarkan "bohong putih", karna rahab bukan orang benar waktu dia berdusta. Dia tdk kenal Firman Tuhan makanya dia berdusta.

    Jika kemudian Rahab dan keluarganya dibela/ tdk dibunuh oleh bangsa Israel, dia dibenarkan karna perbuatannya menyembunyikan dan membantu kabur pengintai2 dari Israel. (Yak 2:25)

    Untuk Sky, saya  hanya memberikan alternatif yang mungkin bisa dilakukan ketika terjadi kejadian murid SMK yang bersembunyi, semua itu kembali ke karakter dan kebiasaan seorang dan pengenalannya akan Firman Tuhan.

    Pilihan terbaik tentu bagaimana menghindari agar tidak berbohong DAN murid SMK tetap bisa aman dan selamat termasuk diri kita.

    2 desember diubah oleh DONNYSAM914

  • 2 desember

    Semoga insan JK termasuk saya sendiri dapat menerapkan kejujuran, kebenaran tidak ada alasan bohong putih, apalagi bohong sebenarnya dalam setiap detik kehidupan kita masing-masing dan ke siapapun itu. Artinya tidak ada bolos sedikitpun untuk menerapkannya.

    2 desember diubah oleh SAURIA580

  • 2 desember

    apa petrus termasuk bohong, ketika petrus bilang kepada Yesus sebelum disalib  Petrus akan membela Yesus dengan nyawa nya, tapi yang terjadi petrus menyangkal Yesus sampai 3x, apa itu termasuk bohong? sedangkan kalian bilang bohong dosa, berarti Petrus termasuk dosa juga, kesimpulannya kita di dunia semua berdosa, bukti kita berdosa adalah upah dosa adalah mati

  • 2 desember

    menyangkalnya Petrus itu termasuk berbohong jelas dosa. Petrus menyangkal Yesus khan artinya dia pura-pura tidak kenal Yesus dengan membantahnya...itu sama saja bohong. Jelas Petrus berdosa.

    Tapi nanti khan Petrus bertobat dan mengatakan Dia mengasihi Yesus 3kali dan akhir nya benar2 Petrus setia menjadi pengembala bagi domba2 Tuhan yaitu gerejaNya.

    ERWIN923 tulis:

    apa petrus termasuk bohong, ketika petrus bilang kepada Yesus sebelum disalib  Petrus akan membela Yesus dengan nyawa nya, tapi yang terjadi petrus menyangkal Yesus sampai 3x, apa itu termasuk bohong? sedangkan kalian bilang bohong dosa, berarti Petrus termasuk dosa juga, kesimpulannya kita di dunia semua berdosa, bukti kita berdosa adalah upah dosa adalah mati

    2 desember diubah oleh DONNYSAM914

  • 2 desember

    ERWIN923 tulis:

    apa petrus termasuk bohong, ketika petrus bilang kepada Yesus sebelum disalib  Petrus akan membela Yesus dengan nyawa nya, tapi yang terjadi petrus menyangkal Yesus sampai 3x, apa itu termasuk bohong?

    Kurang lebihnya, menurut saya, iya. Tapi kalo disebut "bohong putih", ini masih debatable.

    sedangkan kalian bilang bohong dosa, berarti Petrus termasuk dosa juga, kesimpulannya kita di dunia semua berdosa, bukti kita berdosa adalah upah dosa adalah mati

    Coba Alkitabnya diselidiki dulu sebelum bikin sebuah statement yang "dianggap" absolut.

    Ada dosa yang mendatangkan maut dan yang tidak mendatangkan maut :

    (16) Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.

    (17) Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut.

    Nah, sehubungan dengan judul trit MENURUT SAYA, sekali lagi, MENURUT SAYA, bohong putih adalah dosa yang tidak mendatangkan maut.

    2 desember diubah oleh VIRUSKASIH805

  • 2 desember

    SAURIA580 tulis:

    Semoga insan JK termasuk saya sendiri dapat menerapkan kejujuran, kebenaran tidak ada alasan bohong putih, apalagi bohong sebenarnya dalam setiap detik kehidupan kita masing-masing dan ke siapapun itu. Artinya tidak ada bolos sedikitpun untuk menerapkannya.

    amen... ikotan dong kak sauria... sya juga mau utk menerapkannya.... ajak ajak ngapah, ndere ndere bae,,,

  • 2 desember

    TORO617 tulis:

    Contoh kasus:

    Misalkan, kita sebagai pengikut Kristus sedang berada diteras rumah atau pintu depan rumah, ada seseorang mendekati tergopoh-gopoh dengan ketakutan karena akan dimassa orang meminta perlindungan untuk bersembunyi dan meminta tolong jangan memberitahukan, apa tindakan kita sebagai orang Kristen, karena keputusan harus diambil cepat kalau tidak orang tersebut akan mati dimassa sebab tidak lama lagi massa akan melintas dan bertanya keberadaannya kepada kita.

    a). Apakah kita perlu berbohong dan tindakannya dianggap dosa atau tidak dosa? Kita bandingkan dengan kisah dua pengintai utusan Yosua dimana Rahab dengan sengaja memberikan informasi yang tidak benar (berbohong) atas keberadaan mereka berdua. Apakah Rahab dikategorikan berdosa?

    b). Memberitahukan keberadaannya dan menerima akibatnya dari massa yang beringas? Seseorang bisa saja mati atas tindakan massa ini.

    saya memilih opsi C = mempersilahkan bersembunyi diluar kediaman sya. (karena sya tdk tau alesan mereka diamuk masa karena apa). saat ditanya masa pun sya hanya akan sibuk asik ngupil dan menatap tajam mata masa yang bertanya kepada sya, (semoga masa yang bertanya menemukan kesimpulan jawaban dari tatapan mata tsb) karena sya akan diam mengunci mulut, sya tdk akan berbicara sepatah kata apapun.

  • 2 desember

    TORO617 tulis:

    Contoh kasus:

    Misalkan, kita sebagai pengikut Kristus sedang berada diteras rumah atau pintu depan rumah, ada seseorang mendekati tergopoh-gopoh dengan ketakutan karena akan dimassa orang meminta perlindungan untuk bersembunyi dan meminta tolong jangan memberitahukan, apa tindakan kita sebagai orang Kristen, karena keputusan harus diambil cepat kalau tidak orang tersebut akan mati dimassa sebab tidak lama lagi massa akan melintas dan bertanya keberadaannya kepada kita.

    a). Apakah kita perlu berbohong dan tindakannya dianggap dosa atau tidak dosa? Kita bandingkan dengan kisah dua pengintai utusan Yosua dimana Rahab dengan sengaja memberikan informasi yang tidak benar (berbohong) atas keberadaan mereka berdua. Apakah Rahab dikategorikan berdosa?

    b). Memberitahukan keberadaannya dan menerima akibatnya dari massa yang beringas? Seseorang bisa saja mati atas tindakan massa ini.

    jika contoh kasusnya sedikit mengembang, bahwa yang dikejar masa adalah seorang yang sya kenal, dan sepengetahuan sya dia orang baik (misal dia seorang pemuka agama gt), dan kenyataannya pun sya ketahui dengan pasti jika dia tidak melakukan kesalahan. sya memilih opsi D = mempersilahkan bersembunyi di dalam kediaman sya. saat ditanya masa: sya akan jawab kebenarannya bahwa dia bersembunyi di rumah sya. dan sya tdk akan mengijinkan masa masuk 1 langkah pun ke dalam kediaman sya. dan sya akan menghubungi pak RT dan pihak kepolisian. setelah pihak yang berwenang datang baru sya ijinkan org yang bersembunyi utk keluar dan sya serahkan kepada pihak yang berwenang saja.

    dah ahhh.... jangan kebanyakan menghayal contoh kasus.... mending dihari minggu ini ke gereja enyok.... selamat hari minggu teman teman jekers semuaaaaa.... dan selamat beribadah untuk yang jadwal ibadah keloter terakhir sore ini..... tossssss

  • 2 desember

    @donnysam 914

    benar pak, manusia hanya bisa berencana tapi Tuhan lah yang menentukan jalannya. keberadaan saya tidak tepat saat itu (bagi saya), tapi tepat bagi siswa tersebut.

    terimakasih kutipan ayatnya :-),

    Kisah Rahab tdk bisa dipakai untuk membenarkan "bohong putih", karna rahab bukan orang benar waktu dia berdusta. Dia tdk kenal Firman Tuhan makanya dia berdusta.

    rahab belum mengenal Firman Tuhan tapi dia sudah percaya. karenanya dia dibenarkan karena perbuatanya.

101 – 125 dari 130    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 4  5  6  Selanjutnya Kirim tanggapan