Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Tradisi sunat Yahudi msh relevankah ? Perempuan jg bole komentar

ForumCampur-campur

1 – 25 dari 58    Ke halaman:  1  2  3  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • PUTRA782

    3 Maret 2017

    Sdh cukup jelas dri judulny cmn kurang afdol jika tak ada sdkt kata2 pembukany

    Bwt lelaki yg bersinggungan lgsng dg tradisi kuno ini tentu tau.. Cmn pengen lbh tau saja pndapat kalian dg kewajiban jaman baheula ini jika d terapkan skrg ?

    Bagi perempuan mungkin saja ada yg sempat / pernah terpikir sunat adlh slh1 syarat bagi laki2 u/ menikahi kalian ?

    Tinggalin jejak dunk

    Bwt mimin maaf lagi klo dopost

    #salamPersahabatan&Persaudaraan

  • 3 Maret 2017

    Sy ko ga mudeng iki.tradisi sunat Yahudi itu yg bgmn ya?

    mksdnya ttg laki2 bersunat n laki2 tdk bersunat gitu kah?

  • 3 Maret 2017

    Saya kurang paham jg,,  

    Setau saya sunat itu dilihat dr segi tradisi bangsa yahudi artiny seseorang akan menjadi lelaki dewasa.

    dan juga dari segi medis itu baik untk kesehatan.

    3 Maret 2017 diubah oleh SETYA612

  • RATNA100

    3 Maret 2017

    #sunat# :-D

  • 3 Maret 2017

    Tp mending ini thread ga usah diterusin aja lah.membacanya sj sy malu.kebayang kan

  • 3 Maret 2017

    CHRISTIAN983 tulis:

    Sy ko ga mudeng iki.tradisi sunat Yahudi itu yg bgmn ya?

    mksdnya ttg laki2 bersunat n laki2 tdk bersunat gitu kah?

    SETYA612 tulis:

    Saya kurang paham jg,,  

    Setau saya sunat itu dilihat dr segi tradisi agama dan juga dari segi kesehatan/medis

    Di yahudi sunat itu merupakan tradisi yg wajib dilakukan (*aku pun baru tahu 3 mggu yg lalu dr pendeta di gereja) jdi sunat bkn tradisi agama, kristen pun jg bisa sunat kok.

    CHRISTIAN983 tulis:

    Tp mending ini thread ga usah diterusin aja lah.membacanya sj sy malu.kebayang kan

    Kok malu sih?

    Ini bisa dijadi pengetahuan yg tdk disangka-sangka :-D jgn di bayangkan, klw di byangkan jd berabe :$)

    3 Maret 2017 diubah oleh CAPRI600

  • 3 Maret 2017

    Iya juga sih bs jd pengetahuan..pengetahuan ttg sp yg bersunat n ga bersunat dr comment nya hehe

    Wis lah..min tutup min.ngilu nih sy min

  • 3 Maret 2017

    Sudah saya ralat sebelumny..

    Sunat itu tradisi adat orng yahudi..

    Dalam tradisi yahudi dan islam sunat wajib hukumny,  sdngkan untuk agama kristen sendiri bukan suatu kewajiban.

    CAPRI600 tulis:

    Di yahudi sunat itu merupakan tradisi yg wajib dilakukan (*aku pun baru tahu 3 mggu yg lalu dr pendeta di gereja) jdi sunat bkn tradisi agama, kristen pun jg bisa sunat kok.

    Kok malu sih?

    Ini bisa dijadi pengetahuan yg tdk disangka-sangka :-D jgn di bayangkan, klw di byangkan jd berabe :$)

  • PUTRA782

    3 Maret 2017

    Kalo Tradisi yg bner2 dri jaman musa tanpa modifikasi setiap anak lelaki yg lahir dri bangsa Yahudi wajib hukumny d sunat pd hari ke7, jadi bayi laki usia 7 hari yg msh agak kemerah2an itu hrs d sunat.. Kalo dterapin skrg gmn ? Apa ini cmn yah.. Sekedar cerita Alkitab yg u/diambil hikmatny saja atau msh bole d lakuin di era digital ini.. Atau bhkn itu sdh kuno skli ngga ngikuti perkembangan jmn.. Kalo lgi pengen mah sunat2 aja, umur brp aja boleh toh simbolis, ngga usah pas hari ke7 msh dlm rupa seorg bayi.

    CHRISTIAN983 tulis:

    Sy ko ga mudeng iki.tradisi sunat Yahudi itu yg bgmn ya?

    mksdnya ttg laki2 bersunat n laki2 tdk bersunat gitu kah?

  • PUTRA782

    3 Maret 2017

    Sipp.. Dimengerti.. Berarti ngga wajib kita2 sbg lelaki kristen.

    SETYA612 tulis:

    Sudah saya ralat sebelumny..

    Sunat itu tradisi adat orng yahudi..

    Dalam tradisi yahudi dan islam sunat wajib hukumny,  sdngkan untuk agama kristen sendiri bukan suatu kewajiban.

  • 3 Maret 2017

    Nah, trs TS uda sunat blom? Klw blom mau disunatkah?

    Utk ku pribadi sunat bkn lh slh 1 persyaratan bwd menikah, slh 1 persyratan mnikah itu "sinamot" :-D (*lari lagi ke sinamotkan, efek boru batak nih) klw dpt laki" yg sudah sunat yah bgus donk.

    3 Maret 2017 diubah oleh CAPRI600

  • PUTRA782

    3 Maret 2017

    Keputusan final tetep ada di mimin.. Ak cmn ikut apa kata mimin.. Dan mksud awal bikin thread ini bkn u/ melecehkan lho ya.. Apalgi menghakimi bhw yg blon sunat itu najis.. Ngga perna kepikir sampe situ terlebih lgi pengen ngomong yg mnjurus ke arah porno sama skli ngga ada maksud bgtu koq.

    [Dari admin: Shalom... Pembahasan sesuai topik diperbolehkan namun harap tidak membahas mengenai agama lain, sesuai Ketentuan dan Penjelasan tentang Forum: Janganlah membuat topik yang melibatkan agama lain. Tidak diperkenankan membahas hal-hal yang berhubungan dengan agama lain. Meskipun bukan dimaksudkan untuk menyinggung atau menghina, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kesalahpahaman.]

    CHRISTIAN983 tulis:

    Tp mending ini thread ga usah diterusin aja lah.membacanya sj sy malu.kebayang kan

    5 Maret 2017 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • PUTRA782

    3 Maret 2017

    Sdh ..

    Malah ngga pas usia akil balig dimana yg sdh d terapkan kebnykn lelaki d negeri ini oleh ortu mereka yg mayoritas muslim.

    Berbekal itu ak pengen tau pndapat para member dsini bgmn gtu.

    CAPRI600 tulis:

    Nah, trs TS uda sunat blom? Klw blom mau disunatkah?

    Utk ku pribadi sunat bkn lh slh 1 persyaratan bwd menikah, slh 1 persyratan mnikah itu "sinamot" :-D (*lari lagi ke sinamotkan, efek boru batak nih) klw dpt laki" yg sudah sunat yah bgus donk.

  • ABISHAI012

    3 Maret 2017

    Padahal setahuku lae sunat itu sangat merugikan, identik dengan korupsi. Aku sering dengar lae kalo anggaran ini itu di sunat.

  • PUTRA782

    3 Maret 2017

    Ow.. Itu mungkin lae sdng terjebak dg istilah "sunat massal" dmna ada bbrp org yg nyunat anggaran scr ber jamaah, demikian kirany bisa sdkt mncerahkan hihihi..

    Bkn yg d maksud dsini hub.ny dg istilah alkitab perjanjian lama : di "kerat kulit khatanny" .. Ahh.. Kalo make istilah laen ntar malah ada yg muntah2 atau ngilu bgtu nge bacany

    Sementara itu dulu. He3

    ABISHAI012 tulis:

    Padahal setahuku lae sunat itu sangat merugikan, identik dengan korupsi. Aku sering dengar lae kalo anggaran ini itu di sunat.

  • CHRISTIAN701

    3 Maret 2017

    wah saya tidak tahu.. kalau menurut Putra 782 masih relevan tidak bila diterapkan di zaman sekarang tahun 2017 ini .. :-D

    kalau menurut saya yang utama sunat hati/ batiniah bukan sunat lahiriah sebagai syarat untuk menikahi seorang perempuan.

  • 3 Maret 2017

    Aku.pernah ditanyai oleh teman muslim ttg hal ini (karena anak saya seorg laki2).

    Di alkitab juga disebutkan bbrapa dalam perjanjian lama mengenai hal ini, dan yg perlu digarisbawahi Tuhan Yesus (masa perjanjian baru) tdk menarik ttg tradisi ini (setau saya).

    Kemudian bbrapa masa kemudian rasul Pauluslah yg berkata "Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Krislus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman bekerja oleh kasih. " (Gal 5:6).

    Make it simple ; ada hal yg lbh penting dari sekedar menghakimi kenajisan seseorang (org yg tdk bersunat dianggap najis) yaitu iman dan kasih.

    Tapi yeaaa... Jika sdh waktunya nanti saya akan menyunatkan anak saya. Xixixixixi

  • 3 Maret 2017

    Tdk harus, kesadaran masing", urusannya menyangkut kesehatan... Sunat baik utk kesehatan, sunat wajib buat laki" yahudi (d sunat umur 8hari itu bayi klo ga salah)  babi d larang d makan versi taurat, dll.. Itu d buat jauh sebelum manusia mengenal ilmu kedokteran modern...

    Babi mengandung bnyk toxic dan cacing" apalah, survei membuktikan angka kanker rahim wanita di daerah yg laki" bersunat cenderung rendah sekali, umur 8hri bayi d sunat d saat proses penyembuhan berbagai macam luka dlm fase terbaiknya.. Dan masih bnyak lagi begitu larangan di taurat mulai tersingkap oleh dunia medis modern, intinya Tuhan kita luar biasa bro n sis #ngutipdaribukudokterapagtu#lupapersisnya

  • ABISHAI012

    3 Maret 2017

    Sunat membawa petaka.

    Aku pernah lihat org di sunat malah sakit...

    Karna takutnya mau di sunat, dia jadi gelisah, akhirnya karna rasa gelish dan takutnya dia jadi gemetar dan goyang2. Akhirnya karna lasaknya, kesunat semua tuh yang mau di sunat, dan itu menjadi penyesalan terbesar dalam hidupnya.

  • ZEGA376

    3 Maret 2017

    Bukan sunatnya yg membawa petaka,, tapi lasaknya, gelisah, kuatir yg berlebihan dan tidak bisa tenang... itu yg membawa petaka

    ABISHAI012 tulis:

    Sunat membawa petaka.

    Aku pernah lihat org di sunat malah sakit...

    Karna takutnya mau di sunat, dia jadi gelisah, akhirnya karna rasa gelish dan takutnya dia jadi gemetar dan goyang2. Akhirnya karna lasaknya, kesunat semua tuh yang mau di sunat, dan itu menjadi penyesalan terbesar dalam hidupnya.

  • ZEGA376

    3 Maret 2017

    media.sabda.org/alkitab_audio/ ... es/04_yoh07.mp3


    Yohanes 7

    1. Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk membunuh-Nya.

    2. Ketika itu sudah dekat hari raya orang Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun.

    3. Maka kata saudara-saudara Yesus kepada-Nya: "Berangkatlah dari sini dan pergi ke Yudea, supaya murid-murid-Mu juga melihat perbuatan-perbuatan yang Engkau lakukan.

    4. Sebab tidak seorangpun berbuat sesuatu di tempat tersembunyi, jika ia mau diakui di muka umum. Jikalau Engkau berbuat hal-hal yang demikian, tampakkanlah diri-Mu kepada dunia."

    5. Sebab saudara-saudara-Nya sendiripun tidak percaya kepada-Nya.

    6. Maka jawab Yesus kepada mereka: "Waktu-Ku belum tiba, tetapi bagi kamu selalu ada waktu.

    7. Dunia tidak dapat membenci kamu, tetapi ia membenci Aku, sebab Aku bersaksi tentang dia, bahwa pekerjaan-pekerjaannya jahat.

    8. Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum pergi ke situ, karena waktu-Ku belum genap."

    9. Demikianlah kata-Nya kepada mereka, dan Iapun tinggal di Galilea.

    10. Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Iapun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi diam-diam.

    11. Orang-orang Yahudi mencari Dia di pesta itu dan berkata: "Di manakah Ia?"

    12. Dan banyak terdengar bisikan di antara orang banyak tentang Dia. Ada yang berkata: "Ia orang baik." Ada pula yang berkata: "Tidak, Ia menyesatkan rakyat."

    13. Tetapi tidak seorangpun yang berani berkata terang-terangan tentang Dia karena takut terhadap orang-orang Yahudi.

    14. Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah lalu mengajar di situ.

    15. Maka heranlah orang-orang Yahudi dan berkata: "Bagaimanakah orang ini mempunyai pengetahuan demikian tanpa belajar!"

    16. Jawab Yesus kepada mereka: "Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.

    17. Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri.

    18. Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya.

    19. Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorangpun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu berusaha membunuh Aku?"

    20. Orang banyak itu menjawab: "Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau?"

    21. Jawab Yesus kepada mereka: "Hanya satu perbuatan yang Kulakukan dan kamu semua telah heran.

    22. Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat--sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita--dan kamu menyunat orang pada hari Sabat!

    23. Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia pada hari Sabat.

    24. Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil."

    25. Beberapa orang Yerusalem berkata: "Bukankah Dia ini yang mereka mau bunuh?

    26. Dan lihatlah, Ia berbicara dengan leluasa dan mereka tidak mengatakan apa-apa kepada-Nya. Mungkinkah pemimpin kita benar-benar sudah tahu, bahwa Ia adalah Kristus?

    27. Tetapi tentang orang ini kita tahu dari mana asal-Nya, tetapi bilamana Kristus datang, tidak ada seorangpun yang tahu dari mana asal-Nya."

    28. Waktu Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berseru: "Memang Aku kamu kenal dan kamu tahu dari mana asal-Ku; namun Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, tetapi Aku diutus oleh Dia yang benar yang tidak kamu kenal.

    29. Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia dan Dialah yang mengutus Aku."

    30. Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya belum tiba.

    31. Tetapi di antara orang banyak itu ada banyak yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata: "Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan lebih banyak mujizat dari pada yang telah diadakan oleh Dia ini?"

    32. Orang-orang Farisi mendengar orang banyak membisikkan hal-hal itu mengenai Dia, dan karena itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi menyuruh penjaga-penjaga Bait Allah untuk menangkap-Nya.

    33. Maka kata Yesus: "Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku.

    34. Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada."

    35. Orang-orang Yahudi itu berkata seorang kepada yang lain: "Ke manakah Ia akan pergi, sehingga kita tidak dapat bertemu dengan Dia? Adakah maksud-Nya untuk pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan, di antara orang Yunani, untuk mengajar orang Yunani?

    36. Apakah maksud perkataan yang diucapkan-Nya ini: Kamu akan mencari Aku, tetapi kamu tidak akan bertemu dengan Aku, dan: Kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada?"

    37. Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!

    38. Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."

    39. Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

    40. Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkataan itu, berkata: "Dia ini benar-benar nabi yang akan datang."

    41. Yang lain berkata: "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata: "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea!

    42. Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal."

    43. Maka timbullah pertentangan di antara orang banyak karena Dia.

    44. Beberapa orang di antara mereka mau menangkap Dia, tetapi tidak ada seorangpun yang berani menyentuh-Nya.

    45. Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak membawa-Nya?"

    46. Jawab penjaga-penjaga itu: "Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!"

    47. Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka: "Adakah kamu juga disesatkan?

    48. Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, atau seorang di antara orang-orang Farisi?

    49. Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!"

    50. Nikodemus, seorang dari mereka, yang dahulu telah datang kepada-Nya, berkata kepada mereka:

    51. "Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuat-Nya?"

    52. Jawab mereka: "Apakah engkau juga orang Galilea? Selidikilah Kitab Suci dan engkau akan tahu bahwa tidak ada nabi yang datang dari Galilea."

    53. Lalu mereka pulang, masing-masing ke rumahnya,

    3 Maret 2017 diubah oleh ZEGA376

  • ZEGA376

    3 Maret 2017

    media.sabda.org/alkitab_audio/ ... ma/06_rom02.mp3

    << Roma 2 >>

    Hukuman Allah atas semua orang

    1 Karena itu, hai manusia, siapapun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama.

    2 Tetapi kita tahu, bahwa hukuman Allah berlangsung secara jujur atas mereka yang berbuat demikian.

    3 Dan engkau, hai manusia, engkau yang menghakimi mereka yang berbuat demikian, sedangkan engkau sendiri melakukannya juga, adakah engkau sangka, bahwa engkau akan luput dari hukuman Allah?

    4 Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?

    5 Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan.

    6 Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya,

    7 yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan,

    8 tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman.

    9 Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani,

    10 tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani.

    11 Sebab Allah tidak memandang bulu.

    12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat.

    13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.

    14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.

    15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.

    16 Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.

    Hukum Taurat dan sunat tidak menyelamatkan orang Yahudi

    17 Tetapi, jika kamu menyebut dirimu orang Yahudi dan bersandar kepada hukum Taurat, bermegah dalam Allah,

    18 dan tahu akan kehendak-Nya, dan oleh karena diajar dalam hukum Taurat, dapat tahu mana yang baik dan mana yang tidak,

    19 dan yakin, bahwa engkau adalah penuntun orang buta dan terang bagi mereka yang di dalam kegelapan,

    20 pendidik orang bodoh, dan pengajar orang yang belum dewasa, karena dalam hukum Taurat engkau memiliki kegenapan segala kepandaian dan kebenaran.

    21 Jadi, bagaimanakah engkau yang mengajar orang lain, tidakkah engkau mengajar dirimu sendiri? Engkau yang mengajar: "Jangan mencuri," mengapa engkau sendiri mencuri?

    22 Engkau yang berkata: "Jangan berzinah," mengapa engkau sendiri berzinah? Engkau yang jijik akan segala berhala, mengapa engkau sendiri merampok rumah berhala?

    23 Engkau bermegah atas hukum Taurat, mengapa engkau sendiri menghina Allah dengan melanggar hukum Taurat itu?

    24 Seperti ada tertulis: "Sebab oleh karena kamulah nama Allah dihujat di antara bangsa-bangsa lain."

    25 Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat; tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat, maka sunatmu tidak ada lagi gunanya.

    26 Jadi jika orang yang tak bersunat memperhatikan tuntutan-tuntutan hukum Taurat, tidakkah ia dianggap sama dengan orang yang telah disunat?

    27 Jika demikian, maka orang yang tak bersunat, tetapi yang melakukan hukum Taurat, akan menghakimi kamu yang mempunyai hukum tertulis dan sunat, tetapi yang melanggar hukum Taurat.

    28 Sebab yang disebut Yahudi bukanlah orang yang lahiriah Yahudi, dan yang disebut sunat, bukanlah sunat yang dilangsungkan secara lahiriah.

    29 Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

  • PUTRA782

    3 Maret 2017

    Waw.. Makasih @ vroh Pandu uda d koreksi pd hari ke8 ternyata kalo yg resmi adat kuno yahudi

  • PRISKA446

    4 Maret 2017

    Sebelum ditutup/di skip mimin (misalnya), berbagi sedikit aja...

    Sekarang kita sudah hidup dalam masa 'zaman akhir' alias perjanjian baru karna semua yg ada dalam taurat/perjanjian lama sudah digenapi dengan kedatangan Yesus pd thn masehi...

    Bagi saudara sepupu kita (muslim) mereka mewajibkan bersunat karna memang mereka berpatokan/mengambil (banyak) ayat2 dr perjanjian lama (taurat)....

    Sya pribadi pernah mempelajari saat kuliah & pendapat sbagai wanita, sunat bgi orng Kristen itu buat kesehatan (karna 3kakak saya laki2 & semua disunat)... ada juga etnis tertentu yg tidak mewajibkan, itu terserah pribadi masing2...jawaban sya itu, sunat untuk KESEHATAN (dari segi medis pun disarankan)....

    #heehehe CMIIW

    4 Maret 2017 diubah oleh PRISKA446

  • PUTRA782

    4 Maret 2017

    Yah.. Kalo ak yg bwt thread hrs d tutup gtu ya ? #baperAnModeON Pedahal pengenny nutup masa lajang dg ikutan JK ini.. Tsahhh.. Tsahh #ngiklanOdolLagee

    Oiya.. Kmbli ke TOPIK

    Sblon lupa cmn sekedar share aja ya..

    Emng sunat bwt para Adam perlu etapi ngga bth2 amat sich, jdi gini sodara/i terkasih, ak pny sodara jauh ceritany uda puluhan tahun silam sich.. Emng dlm ke kristen an ngga wajib tradisi yahudi tsb, cmn hal yg mndasari ak selaku yg mulai topik u/ sunat sbnerny krn denger cerita dri sodara jauh ini.. Stlh hidup berumahtangga akhirny mulai ada sdkt kejanggalan pd hub.suami istri mereka, stlh periksa k dokter yg berkompeten d bidangny, diketahui pnyebabny adlh si pria yg blon sunat, tiap org lelaki pny kasus yg berbeda emng masing2 individuny, kebetulan sodara jauh ini adlh yg "kurang beruntung", berkaca dri kej.tsb seandainy bisa d hindari / d lakukan tindakan preventif knp tidak.. Itu aja sich dri ak, jika ada yg berkenan menambahkn silahkan.

    4 Maret 2017 diubah oleh PUTRA782

1 – 25 dari 58    Ke halaman:  1  2  3  Selanjutnya Kirim tanggapan