Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Makan Darah (sudah dalam masakan) haram atau Tidak?

ForumCampur-campur

151 – 175 dari 200    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 6  7  8  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • 29 Januari 2018

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Anda sangat bijak sekali menyikapi hal ini. Salut buat Anda.

    Ini pun tak sejauh ku memahami segalanya ada pun yang saya tahu masih banyak hal yang belum kumengerti

    Ulangan 17:19

    Salam sukacita

    Salam berbagi kasih

    Kiranya kaka pun dapat membagikan kebenaran bagi saya tukku dapat memahaminya lebih lagi

    Salam damai sejahtera bagi kita

    God bless Us

  • 29 Januari 2018

    Bro VK...Nanti Bro pasti akan capek sendiri nanggapin mereka yang lebih berpatokan pada PL (Taurat). Di mulut mengagung agungkan Yesus yang datang menjelaskan sekaligus menggenapi, tetapi secara tanpa sadar kelakuannya masih berkiblat pada mereka2 yang sudah salah menafsirkan isi PL. Kalau menurut saya sih, itu  sebelas dua belaslah sama sepupu sebelah kita yang hanya mau mengandalkan pengertiannya sendiri dan menghiraukan tuntunan Roh Kudus ( Dari Tuhan Yesus ).

    Salam Damai Bro VK

    Tuhan memberkati...

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Suatu pemaparan yang sangat bijak dan mencakup beberapa referensi yang mungkin sering terlewatkan. Terutama sekali yang menyangkut masa perang dan kemiskinan.  

    ....

    Jika dirunut-runut berdasarkan Hukum Taurat, entah hukuman apa yang paling pantas untuk 2 perempuan tersebut.

    26 Maret 2018 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • ANTON850

    26 Maret 2018

    Yang enggak boleh itu makan darah terus kabur -> hutang darah.

  • MAYA509

    26 Maret 2018

    Darah apaan dulu niii?

  • NUGRA917

    26 Maret 2018

    Menurut Imamat; salah satu rujukan utama umat Israel sebelum kedatangan Tuhan Yesus, darah makhluk apapun haram, bahkan siapapun diantara umat Israil yg memakannya harus dilenyapkan.

    Imamat 17:14

    Karena darah itulah nyawa segala makhluk. Sebab itu Aku telah berfirman kepada orang Israel: Darah makhluk apa pun janganlah kamu makan, karena darah itulah nyawa segala makhluk: setiap orang yang memakannya haruslah dilenyapkan.

    Sedangkan rujukan dari surat penggembalasn Rasul Paulus:

    1 Korintus 6:12

    Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.

    Menurutku, kita dlm merujuk alkitab, terlebih perjanjian lama musti melihat juga latar belakang munculnya ayat tersebut. Jadi sebelum ada pembaharuan dengan kedatangan Tuhan Yesus tentu wajib dilakukan.

    Misalnya juga soal memakan darah ini, juga korban bakaran yg merupakan upaya yg bisa dilakukan manusia utk menebus kesalahan/dosa nya bahkan harus diulang2, tetapi yg dgn kematian Yesus di kayu salib sdh menggantikan dengan sempurna kurban tersebut.

    Nah setelah kematian Tuhan Yesus di kayu salib, ada rujukan yg dituliskan Rasul Paulus. Bahwa segala sesuatu halal. Tetapi bukan semua berguna. Jadi saya menangkap bahwa makan darah juga halal. Tetapi blom tentu berguna.

    Bisa jdi dgn kita makan darah itu jdi batu sandungan dan jdi bahan perbantahan dgn saudara2 baik seiman maupun tidak. Jadi bijak saja menyikapinya.

    Pun, saya pernah baca tapi lupa link nya. Bahwa didalam darah tersebut sebetulnya terkandung banyak resiko sumber penyakit, bukan hanya kolesterol dsb, tetapi mengingat fungsi darah itu yg mengaliri seluruh tubuh utk mengirimkan bhn makan je setiap sel tetapi dia juga mengambil semua sampah dari sel bahkan kuman penyakit utk dibersihkan.

    Jadi, mengingat resikonya sih mending cari aman hindari memakannya. Meskipun bila dimasak dgn benar mungkin semua kuman dan sumber penyakit sdh mati, yakinkah kita darah utu sdh aman???....

  • 26 Maret 2018

    Darah itu kan bukan makanan, alkitab jelas menyatakan klo darah itu nyawa. Jadi jgn dimakan dong..

  • SARAH972

    26 Maret 2018

    Harammmm

  • ZEGA376

    26 Maret 2018

    ANTON850 tulis:

    Yang enggak boleh itu makan darah terus kabur -> hutang darah.

    Jangankan makan ndarah, makan apapun kl (di warteg) langsung kabur (tanpa mbayar) itu haram.

  • VIRUSKASIH805

    26 Maret 2018

    LEONARD577 tulis:

    Darah itu kan bukan makanan, alkitab jelas menyatakan klo darah itu nyawa. Jadi jgn dimakan dong..

    Menurut Anda, transfusi darah itu boleh atau tidak boleh?

    Karena ada sekelompok orang (mengaku sebagai "Kristen"), dengan tafsiran yang sama seperti di atas, mengharamkan yang namanya "transfusi darah".

  • 11 April 2018

    Kata sapa menurut pb halal?

    LISNARINAA355 tulis:

    Makan darah:

    Menurut PL haram

    Menurut PB halal

    Menurut ajaran gereja

    Pentakosta,advent,bhetel haram

    Protestan Halal

    Tapi sebenarnya apapun itu makanan sekalipun darah

    Yang menurut PB itu Halal

    Karena diberitakan Apapun yang masuk melalui mulut itu Halal yang keluar dari mulut itu Haram

    (By telusuri haram halal makanan melalui injil alkitab PL&PB dan ajaran gereja masing masing)

  • 11 April 2018

    Makan darah haram dan tdk boleh ( kisahparaeasul 15 : 28-29)

  • DAVID295

    11 April 2018

    Silahkan berkunjung ke sarapanpagi.org disana semua pertanyaan soal alkitab, ya semuanya dibahas tuntas dengan ulasan yang sangat baik.. Salam

  • RUDI873

    12 April 2018

    RETNO283 tulis:

    Mengapa saya menanyakan ini? karena sebagian agama kristen ada yang boleh (halal), ada yang gak boleh (haram)..Boleh atau tidaknya  tolong dijelaskan tertulis di ayat mana?  bagi teman2 yang tau aja :-)

    Izin kasi komen yah..

    Makan darah scara mutlak ada trtulis di alkitab dan sdah d jabarkan tmn2 sekalian. Tapi ada temen kita yg tdak makan darah. Scara nyata semua manusia sdah makan darah (kecuali udh vegetarian) tanpa disadarin. Daging hewan yang sudah di sembelih dan darah nya sdah ditampung, tdak sepenuh nya murni habis scara total. Masih ada darah2 yg melekat pada sela2 daging, walau kecil tp itu ttap darah. Jadi kalau ga makan darah brti vegetarian.

    12 April 2018 diubah oleh RUDI873

  • VIRUSKASIH805

    12 April 2018

    RUSTON812 tulis:

    Kata sapa menurut pb halal?

    Menurut Yesus Kristus, Sang Firman :

    (18) Maka jawab-Nya: "Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya,

    (19) karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?" Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal.

    Saya selalu menggunakan 2 ayat ini sebagai dasar argumen ketika berdebat soal makanan halal dan atau haram. Saya sangat yakin Anda pun pernah membaca 2 ayat di atas, oleh karena itu jika berkenan, saya ingin mengetahui opini Anda atas 2 ayat tersebut sehubungan dengan halal atau haramnya darah sebagai makanan.


    Makan darah haram dan tdk boleh (kisah para rasul 15:28-29)

    Apakah Anda beragama Yahudi atau keturunan dari salah satu 12 suku Israel?

    Jika iya, saya tidak akan berkomentar lebih jauh lagi karena memang sudah seperti itulah adat-istiadat Yahudi jika menyangkut darah. Karena sampai saat ini, ada orang Yahudi yang percaya kepada Yesus Kristus (Yahudi-Kristen) tetapi tetap menjalankan adat-istiadat Yahudi sebagaimana yang tertera dalam Hukum Taurat.

    Tetapi jika tidak, silahkan Anda mundur 1 perikop ke Kis 15:1-21 yang menjelaskan mengapa pada akhirnya para rasul mengambil keputusan seperti yang tertulis di Kis 15:20 dan Kis 15:29.

    Orang-orang Yahudi Kristen di Antokhia pada waktu itu, membutuhkan suatu proses untuk bisa mengerti dan menerima bahwa aturan Taurat itu sudah dihapuskan. Sebelum hal ini bisa terjadi, mereka tetap akan jijik terhadap orang-orang yang makan hal-hal tersebut. Supaya ada hubungan yang baik antara Yahudi dan non Yahudi, maka orang non Yahudi sebaiknya tidak makan apa yang menjijikkan bagi orang Yahudi.


    Sekarang, coba simak komentar Rasul Paulus berikut,

    1 Korintus 9:19-23 LAI-TB :
    (19) Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang.
    (20) Demikianlah bagi orang Yahudi aku menjadi seperti orang Yahudi, supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku sendiri tidak hidup di bawah hukum Taurat, supaya aku dapat memenangkan mereka yang hidup di bawah hukum Taurat.
    (21) Bagi orang-orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku tidak hidup di luar hukum Allah, karena aku hidup di bawah hukum Kristus, supaya aku dapat memenangkan mereka yang tidak hidup di bawah hukum Taurat.
    (22) Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya, supaya aku sedapat mungkin memenangkan beberapa orang dari antara mereka.
    (23) Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian dalamnya.

    Seperti yang Anda ketahui juga bahwa Rasul Paulus, dipilih dan dipanggil oleh Yesus Kristus "utamanya" untuk menjadi rasul bagi orang non-Yahudi.

    Kis 9:15 BIS :
    Tetapi Tuhan berkata kepada Ananias, "Pergilah saja! Sebab Aku sudah memilih dia (Rasul Paulus) untuk melayani Aku, supaya ia memberitakan tentang Aku kepada bangsa-bangsa lain yang tidak beragama Yahudi dan kepada raja-raja serta kepada umat Israel juga.

    Jadi bagaimana mungkin Rasul Paulus bisa memenangkan sebanyak mungkin orang non-Yahudi jika cuma gara-gara makanan saja, beliau bisa selalu menjadi sandungan. Kenapa? Ya karena bagi orang non-Yahudi, pada waktu itu, makan darah adalah hal yang lumrah.

    12 April 2018 diubah oleh VIRUSKASIH805

  • VIRUSKASIH805

    12 April 2018

    RUDI873 tulis:

    Izin kasi komen yah..

    Makan darah scara mutlak ada trtulis di alkitab dan sdah d jabarkan tmn2 sekalian. Tapi ada temen kita yg tdak makan darah. Scara nyata semua manusia sdah makan darah (kecuali udh vegetarian) tanpa disadarin. Daging hewan yang sudah di sembelih dan darah nya sdah ditampung, tdak sepenuh nya murni habis scara total. Masih ada darah2 yg melekat pada sela2 daging, walau kecil tp itu ttap darah. Jadi kalau ga makan darah brti vegetarian.

    Komentar yang sangat mencerahkan.

  • 17 April 2018

    Roh kudus itu sapa menurut kamu? dalam ayat kisah para rasul tertulis keputusan Roh Kudus

    darah itu bukan makanan, tapi nyawa dari segala mahluk, Yesus saat itu berbicara dalam konteks soal makan

    VIRUSKASIH805 tulis:

    Menurut Yesus Kristus, Sang Firman :

    (18) Maka jawab-Nya: "Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya,
    .........

    Jadi bagaimana mungkin Rasul Paulus bisa memenangkan sebanyak mungkin orang non-Yahudi jika cuma gara-gara makanan saja, beliau bisa selalu menjadi sandungan. Kenapa? Ya karena bagi orang non-Yahudi, pada waktu itu, makan darah adalah hal yang lumrah.

    17 April 2018 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 17 April 2018

    Yang sudah pasti haram itu kalau makan darah langsung dari leher seseorang...

    ^^

  • ZEGA376

    28 Mei 2018

    RUSTON812 tulis:

    Makan darah haram dan tdk boleh ( kisahparaeasul 15 : 28-29)

    << Kisah Para Rasul 10 >>

    10:9 Keesokan harinya ketika ketiga orang itu berada dalam perjalanan dan sudah dekat kota Yope, kira-kira pukul dua belas tengah hari, naiklah Petrus ke atas rumah untuk berdoa 2 . 10:10 Ia merasa lapar dan ingin makan, tetapi sementara makanan disediakan, tiba-tiba rohnya diliputi kuasa ilahi. 10:11 Tampak olehnya langit terbuka dan turunlah suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah. 10:12 Di dalamnya terdapat pelbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung. 10:13 Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata: "Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!" 10:14 Tetapi Petrus menjawab: "Tidak, Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir.  " 10:15 Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: "Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram. " 10:16 Hal ini terjadi sampai tiga kali dan segera sesudah itu terangkatlah benda itu ke langit.

  • ZEGA376

    28 Mei 2018

    RUSTON812 tulis:

    Kata sapa menurut pb halal?

    << Kisah Para Rasul 10 >>
    10:9 Keesokan harinya ketika ketiga orang itu berada dalam perjalanan dan sudah dekat kota Yope, kira-kira pukul dua belas tengah hari, naiklah Petrus ke atas rumah untuk berdoa.
    10:10 Ia merasa lapar dan ingin makan, tetapi sementara makanan disediakan, tiba-tiba rohnya diliputi kuasa ilahi.
    10:11 Tampak olehnya langit terbuka dan turunlah suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah.
    10:12 Di dalamnya terdapat pelbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung.
    10:13 Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata: "Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!"
    10:14 Tetapi Petrus menjawab: "Tidak, Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir."
    10:15 Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: "Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram."
    10:16 Hal ini terjadi sampai tiga kali dan segera sesudah itu terangkatlah benda itu ke langit.

  • HENNY421

    28 Mei 2018

    Sepakat dg bro David. Maaf tanpa bermaksud merendahkan kapasitas para JKers, tp sesungguhnya saya meragukan pengetahuan mayoritas JKers berkenan dg dogma alkitab. Daripada debat kusir, bak orang buta menuntun org buta, paling bagus bertanya lah pada orang yg mumpuni. Salah satunya link yg disarankan bro David295 di atas.

    Salam

    DAVID295 tulis:

    Silahkan berkunjung ke sarapanpagi.org disana semua pertanyaan soal alkitab, ya semuanya dibahas tuntas dengan ulasan yang sangat baik.. Salam

    28 Mei 2018 diubah oleh HENNY421

  • 30 Mei 2018

    Ini yg dibahas darah bro bukan makan berbagai binatang, sy juga suka makan babi panggang eunak :D, tapi tdk dengan darah atau saksang...

    ZEGA376 tulis:

    << Kisah Para Rasul 10 >>

    10:9 Keesokan harinya ketika ketiga orang itu berada dalam perjalanan dan sudah dekat kota Yope, kira-kira pukul dua belas tengah hari, naiklah Petrus ke atas rumah untuk berdoa.

    10:10 Ia merasa lapar dan ingin makan, tetapi sementara makanan disediakan, tiba-tiba rohnya diliputi kuasa ilahi.

    10:11 Tampak olehnya langit terbuka dan turunlah suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah.

    10:12 Di dalamnya terdapat pelbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung.

    10:13 Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata: "Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!"

    10:14 Tetapi Petrus menjawab: "Tidak, Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir."

    10:15 Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: "Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram."

    10:16 Hal ini terjadi sampai tiga kali dan segera sesudah itu terangkatlah benda itu ke langit.

  • ESTERTIPA590

    29 Juni 2018

    Kisah 15:28,29 menjauhkan diri dri darah

  • 29 Juni 2018

    terlepas dari haram atau tidak, saya tidak makan darah ^^

  • 29 Juni 2018

    Seperti juga makanan lain yang haram.
    Saya pikir makan darah nggak masalah.
    PL sudah di singkap dan digenapi dalam PB

    Saya pikir “darah” itu dalam KS sama maknanya dengan “hidup” , “roh” dll.
    Seperti juga binatang binatang haram, binatang binatang itu gambaran binatang yang mempunyai karakter buruk seperti kanibalis, rakus dll.

    Maka kita bisa lihat bahwa “darah binatang” tidak bpleh dimakan tapi “Darah Yesus” boleh diminum.
    Karena itu menggambarkan roh/hidup yang berbeda.

  • ELISA859

    29 Juni 2018

    Makan darah,kok kayak nyamuk aja.

151 – 175 dari 200    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 6  7  8  Selanjutnya Kirim tanggapan