Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

SUMO (Suplemen Motivasi)

ForumInspirasi

76 – 100 dari 154    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 3  4  5 ... 7  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • 19 mei

    TUHAN MENJADIKAN KITA BERHARGA

    ••• ••• ••• ••• •••

    Ada seorang pria yg baru saja membeli rumah kuno.

    Di dalam rumah itu terdapat debu &juga pecahan kaca.

    Pria itu membersihkan rumahnya & mengumpulkan barang² yg tidak berharga.

    Ketika hendak membuangnya,

    pria itu memutuskan untuk kembali ke rumahnya & mulai berpikir.

    Keesokan harinya pria itu meletakkan beberapa karya seni yg sangat indah di salah satu sudut rumahnya.

    Banyak tamu yg memujinya.

    Tamu² itu tak mengetahui bahwa karya yg mereka puji berasal dari debu & juga pecahan kaca yg hendak di buang.

    Begitu juga dgn TUHAN;

    DIA menciptakan kita bukan dari batu pertama, emas atau benda² yg begitu mahal & berharga,

    t a p i DIA menciptakan kita hanya dari tanah liat.

    Tanah yg setiap hari kita injak & juga tidak kita hargai sama sekali.

    TUHAN ingin menunjukkan bahwa DIA sanggup menjadikan yg tak berharga menjadi sangat berharga.

    Jika TUHAN yg mencurahkan berkat,

    tak ada satupun yg mampu menutupnya.

    Jika TUHAN berkenan untuk menjadikan kita berharga,

    tak akan ada seorgpun yg mampu untuk mencela kita.

    TUHAN akan menjadikan kita bersinar di antara orang² yg berada di sekitar kita,

    k a r e n a DIA begitu mengasihi kita.

    “Dan sesungguhnya, seperti nyawamu pada hari ini berharga di mataku, demikianlah hendaknya nyawaku berharga di mata Tuhan, dan hendaknya Ia melepaskan aku dari segala kesusahan.”

    (1Samuel 26:24)

    Goϑ ϐlešš Yoυ Bro n Sis n Family

  • 19 mei

    Seorang anak yg merawat orang tua, terutama yg sakit, perlu mendapat penghargaan berkali2 lipat.

    Kalau dibuat perbandingan, anak2 yg tidak menjaga perhatiannya kpd ortu diberi nilai 1, maka yg merawat diberi nilai 10.

    Jangan sampai yg tidak menunggu , saat datang ke rumah , seperti melakukan inspeksi , lalu mengkritik , kenapa ini begini, kenapa itu begitu. Apalagi dg marah2.

    Bahkan seandainya anak yg di luar rumah memberi dukungan uang yg besar, yg merawat orang tua tetap berkali2 lipat nilainya.

    Ada tantangan tersendiri dlm merawat orang tua. Fisik , psikis, dan juga rohani. Maka pasti akan ada banyak kekurangan yg dilakukan anak yg merawat.

    Dibutuhkan kerja sama.

    Selain dana, maka saudara2 yg di luar rumah bisa menyediakan diri untuk menjaga ortu dan memberi kesempatan untuk anak yg istirahat.

    Juga menyediakan diri untuk menampung perasaan2nya.

    Saat ada hal2 yg tdk pd tempatnya, usahakan tdk marah, apalagi mengecam. Bicarakan dg baik, dg memahami bahwa anak yg merawat perlu ditemani dlm menanggung orang tuanya.

    Jika keadaan ini tdk dipahami, maka akan menimbulkan dampak luka yg sangat besar.

    Sayangnya , bertahun2 kemudian semua anak baru menyadari betapa besar pengorbanan yg diberikan anak yg merawat orang tua itu. Namun kesadaran itu bisa jadi sudah terlambat. Luka sudah dibuat, karena yg di luar rumah merasa berjasa dan merasa berhak mengatur2 , mengkritik, bahkan marah2.

  • 19 mei

    Ada seorang tentara Amerika yang melayani Tuhan berdiri di pinggir jalan untuk mencari tumpangan ke kota Chicago di Illinois. Sebenarnya perbuatan “hitchhiking” ini melanggar hukum dan sangat berbahaya, tetapi tidak ada alternatif lain bagi tentara ini kecuali melakukan hal itu.

    Tiba-tiba sebuah limousine warna hitam menghampiri tentara itu dan memberikan tumpangan.

    Tentara dan pemilik limousine tersebut saling berkenalan (siapa namanya, asalnya dari mana, kerja di mana, dsb) dan tiba-tiba Roh Kudus membisikkan dalam hati tentara ini untuk membagikan berita mengenai keselamatan di dalam Kristus kepada pemilik limousine ini. Tentara itu menolak bisikan Roh Kudus tersebut, karena pikirnya, masakan saya habis melanggar hukum tiba-tiba memberitakan Kristus, dan terlebih lagi karena tentara ini TAKUT dipukuli pemilik limousine ini dan diturunkan di tengah jalan.

    Tapi bisikan Roh Kudus tersebut sedemikian kuat sehingga tentara ini tidak tahan lagi dan berkata kepada pemilik limousine ini, “Pak… boleh tidak saya menanyakan masalah pribadi ?”

    "Oh, boleh saja,” jawab pemilik limousine. “Pertanyaan apa ?”

    “Kalau misalnya Bapak meninggal dunia besok pagi, Bapak kira-kira akan masuk surga atau masuk neraka ?” tanya tentara ini.

    “Kamu tahu tidak ? Sesaat sebelum saya memberimu tumpangan, saya juga tiba-tiba memikirkan hal itu, dan saya pikir kalau saya mati besok, saya akan masuk neraka.”

    "Bapak mau tidak saya beritahu caranya masuk surga ?” tanya tentara ini.

    "Oh, tentu saja mau, ” jawab pemilik limousine.

    Tentara itu lalu mulai membagikan berita keselamatan mengenai Yesus Kristus dan menantang pemilik limousine ini untuk menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya. Pemilik limousine itu bersedia menerima Yesus, dan ia menghentikan mobilnya di pinggir jalan dan mengajak tentara itu membimbing dia berdoa untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.Air mata meleleh di pipi dari si pemberi tumpangan ini. Ia mengatakan, "Kamu tahu tidak ? Malam ini kamu sudah melakukan hal yang sangat besar bagi hidup saya, saya tidak akan pernah melupakan apa yang kamu sudah lakukan bagi hidup saya."

    Ketika tentara ini mohon diri (turun dari mobil), si pemberi tumpangan memberikan satu kartu nama sambil berkata, “Ketahuilah… hari ini kamu sudah melakukan hal yang sangat penting dalam hidup saya. Kapan-kapan kalau main ke Chicago hubungilah saya di alamat ini.” 

    Dan tak lama kemudian mereka berpisah.

    Waktu lima tahun sudah berlalu dan tentara ini kemudian kembali berkunjung ke kota Chicago, dan ia ingat akan kartu nama yang diberikan oleh pemilik limousine ini kepadanya. Tentara ini ingin tahu kabarnya, dan ia datang ke alamat yang tertera di kartu nama tersebut, dan ia sampai ke sebuah gedung pencakar langit kantor pusat sebuah perusahaan raksasa di Amerika Serikat. Ia memberikan kartu tersebut kepada satpam, dan satpam itu sangat terkejut dan bertanya, “Dari mana kamu dapatkan kartu ini ?” Tentara itu menjawab, “Yang empunya kartu itu sendiri yang memberikannya kepada saya, ", sehingga satpam itu menjawab, “Kamu naik ke lantai paling atas, sampai sana belok kiri dan kamu tanya pada sekretaris yang ada di sana.”

    Tentara itu naik ke lantai paling atas dan memberikan kartu nama itu kepada sekretaris yang ada di sana yang juga sangat terkejut, “Dari mana anda dapatkan kartu ini?” Jawab tentara itu, “Wah… panjang ceritanya… tapi beliau sendiri yang memberikannya kepada saya.” “Bapak ini sekarang tidak ada di sini…apakah anda ingin bertemu dengan istrinya ?” “Boleh”, jawab tentara itu, dan ia dipertemukan dengan istri pemilik limousine itu yang adalah Presiden Direktur dari perusahaan raksasa tersebut. “Dari mana kamu peroleh kartu ini ?” tanya ibu (istri) tersebut.

    Tentara itu menceriterakan ihwal pertemuannya dengan pemilik limousine itu dan bagaimana ia menerima Yesus sebagai penyelamatnya. Mendengar itu semua meledaklah tangis Ibu tersebut. Ia menceriterakan bahwa tak lama sesudah menurunkan tentara itu, suaminya mengalami kecelakaan yang sangat fatal yang membuat suaminya tewas.

    Ibu itu mengatakan bahwa bertahun-tahun ia berdoa supaya suaminya diselamatkan, dan ia mengira bahwa suaminya meninggal tanpa diselamatkan, sehingga ia begitu marah kepada Tuhan dan meninggalkan gereja dan pelayanannya.

    Apa yang dilakukan oleh tentara itu adalah hal yang paling penting yang pernah terjadi dalam hidup pemilik limousine itu, tetapi hal yang tidak kalah penting lagi ialah CARA Allah mengabulkan doa ibu itu.

    Ibu itu sadar bahwa Allah BEKERJA di dalam doa-doa yang disampaikannya TANPA memberitahu Ibu tersebut bahwa doanya TELAH DIKABULKAN TUHAN.

    Dari kisah ini kita bisa belajar:

    HARUSKAH Tuhan itu memberitahu kita apabila Ia bekerja dalam rangka mengabulkan doa-doa kita ?

    TIDAKKAH mata iman kita itu bisa melihat bahwa di balik doa yang SEPERTINYA tidak dikabulkan oleh Tuhan itu TERNYATA Tuhan bekerja untuk mengabulkan doa-doa kita ? 

    Sedemikian cepatnyakah kita MENUDUH bahwa Tuhan itu tidak setia, Tuhan itu berbohong, Tuhan itu tidak menjawab doa-doa kita, dan Tuhan itu tidak berkenan atas doa-doa kita ?

    _HARUSKAH Allah mengabulkan doa kita dengan cara yang SESUAI dengan cara yang kita sodorkan kepada Tuhan ?_

    JBU

  • 21 mei

    .

    քɛռʝʊǟʟ ȶօքɨ

    Ada seorang penjual topi melintasi sebuah hutan saat pulang dari pasar. Cuaca begitu panas hingga dia memutuskan untuk beristirahat di bawah sebuah pohon dan meletakkan keranjang topinya di sebelahnya.

    Beberapa jam kemudian dia bangun karena mendengar suara dan sadar bahwa semua topinya telah hilang. Ia mendengar suara beberapa kera dan melihat ke atas. Di atas pohon penuh dengan kera yang semuanya memakai topinya. Dia berpikir keras bagaimana cara untuk memperoleh topi-topinya kembali. Dia berpikir sambil menggaruk-garuk kepalanya dan melihat bahwa semua kera itu mengikuti setiap gerakkannya. Saat dia melepaskan topinya, semua kera itu mengikutinya. Kemudian ia mendapatkan ide dan melemparkan topinya ke tanah dan kera-kera itu juga mengikutinya sehingga diapun mendapatkan semua topinya.

    𝙆𝙞𝙨𝙖𝙝𝙣𝙮𝙖 𝙗𝙚𝙡𝙪𝙢 𝙨𝙚𝙡𝙚𝙨𝙖𝙞.....!

    Lima puluh tahun kemudian Jack, cucu pria itu juga menjadi seorang penjual topi dan telah mendengar cerita tentang kera dari kakeknya.

    Suatu hari dia melewati hutan yang sama dan cuacanya pun begitu panas hingga dia memutuskan untuk beristirahat di bawah pohon yang sama dan meletakkan topi-topinya di sebelahnya.

    Ketika bangun dia menyadari jika topi-topinya telah hilang. Ia melihat ke atas pohon dan ternyata kera- kera itu mengambil semua topinya. Dia teringat cerita kakeknya, lalu menggaruk kepalanya, dan semua kera melakukan hal yang sama. Dia melepaskan topinya dan mengipas- ngipaskannya, semua kera kembali menirukannya. Dengan keyakinan penuh atas cerita kakeknya, dia lalu meletakkan topinya di tanah.... tapi kali ini Jack terkejut karena semua kera tetap memakai topinya. Salah satu dari kera itu mengambil topi yang diletakkan Jack dan segera memanjat pohon sambil berkata,

    "Memangnya hanya kamu yang mempunyai kakek?"

    Jangan menganggap diri sendiri lebih cerdik, berhikmat, bijaksana daripada orang lain. Karena hikmat pengetahuan adalah milik Allah.

    Ia menggagalkan rancangan orang cerdik, sehingga usaha tangan mereka tidak berhasil; 

    Ia menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya sendiri, sehingga rancangan orang yang belat-belit digagalkan.

  • 23 mei

    MERASA PALING MENARIK PADAHAL NOL%

    Janganlah memuji dirimu sendiri karena esok hari, karena mengundang tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu. Biarlah orang lain menerima kamu dan bukan mulutmu, orang yang tidak kamu kenal dan bukan bibirmu sendiri. "(Amsal 27: 1-2)

    Ada pepatah yang mengatakan "Sepandai-pandai tupai melompat, sekali waktu akan jatuh juga" yang membuktikan tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini. Siapa yang tak kenal kehebatan Chris Jhon (petinju) yang akhirnya memenangkan sarung tinju. Maradona pemain bola yang andal akhirnya jatuh juga. Orang yang cantik dan tampan pun belum tentu sempurna dalam hal kesuksesan, kepandaian, kesopanan, sikap, kebaikan atau hal lain. Setiap manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

    Di muka bumi ini ada orang yang pintar, ada juga yang bodoh. Ada yang kaya dan ada yang miskin. Akan tetapi masing-masing saling beres kekurangannya masing-masing. Adakalanya si kaya butuh si miskin dan sebaliknya si miskin sangat butuh uluran tangan si kaya.

    Jika ada orang yang mengunjungi kita yang suka membantunya, pintar dan punya teman banyak, pastilah orang ini punya kekurangan. Kenapa Karena seseorang yang rajin memberikan dirinya sendiri berarti ia tidak percaya diri dan kurang yakin dengan apa yang ada pada dirinya sendiri. Ada yang cantik tapi tak pernah memenangkan dirinya sendiri yang cantik, tapi ada orang yang memuji yang cantik dan cantik tapi selalu percaya diri yang cantik.

     Bagaimana dengan kita? Apakah kita 'terlalu' sering memuji diri sendiri di hadapan orang lain? Jika ya, berarti itu pertanda Anda akan jatuh dalam waktu dekat. Karena, saat Anda memuji diri sendiri, itu hebat saat Anda muncul kesombongan dan keangkuhan Anda. Saat dimana kita sombong, maka kita akan melupakan diri sendiri dan meminta orang lain lebih rendah dari kita. Diambilkan orang lain membaca kelemahan kita dan mengambil kesempatan untuk menjatuhkan kita.

    Di dalam kehidupan kita sehari-hari, kita bisa menilai orang dari kulit luarnya saja. Kita tidak akan pernah menghargai seseorang sampai sifatnya yang terdalam dan apa kelebihannya. Pernah suatu kompilasi, seorang teman yang biasa-biasa saja di sekolah dan teman-teman lain sering menganggap rendah terhadapnya. Akan tetapi kompilasi ia ikut bertarung dan ujian masuk perguruan tinggi negeri, membalikkan orang yang menganggap rendah teman-menerima sebelumnya menerima salah satu PTN ternama di Indonesia. Sementara orang yang menerima menganggapnya rendah. 

    Datang dengan Sendirinya

    Alkitab dalam Amsal 29:23 menerjemahkan, “Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian.” Itulah yang harus diterima oleh orang-orang yang harus menerima orang lain yang rendah. Kita terlalu sering membiarkan diri kita hebat dan sanggup untuk kesulitan segala perkara. Baru perkara kecil saja sudah banyak dari antara kita yang menjerit dan berkata 'ampun Tuhan'. Setelah Tuhan menolong kita keluar dari suatu masalah, kita langsung lupa segalanya. Seperti kata pepatah "lupa kacang pada kulitnya."

    Ada beberapa alasan Mengapa seseorang sering bertindak sebagai salah satu yang memuji diri sendiri. Pertama, ada orang yang membuatnya paling hebat. Orang-orang suka ini mempertimbangkan pekerjaan apa pun mudah dan bisa dilakukan. Orang seperti ini juga bisa melakukan apa yang bisa dilakukan orang lain tidak bisa melakukan apa pun. Orang-orang seperti ini memandangnya mampu melakukan lebih dari orang lain. 

    Kita harus berhati-hati kompilasi kita bahagia, karena kesombongan membuat orang tidak bisa menghargai segala sesuatu yang obyektif, termasuk kompilasi menilai diri sendiri lebih mudah untuk meningkatkan penilaian subyektif. Bukan berdasarkan kenyataan yang sebenarnya tetapi berdasarkan situasi dan perasaan diri sendiri. Kita harus berfikir tentang Tuhan kita tidak mampu melakukan segala sesuatu dan apa yang bisa kita lakukan adalah milik Tuhan. Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk kita menjadi sombong dan menganggap dirimu lebih hebat.

    Kedua, orang sering mengakui diri sendiri karena ingin mendapat pengakuan dari orang lain. Oleh karena itu, mereka menghargai diri sendiri dan menceritakan kelebihan-kelebihannya. Terima kasih tidak datang melalui usaha memuji diri dan menceritakan kebanggaan kita kepada orang lain. Pengakuan akan datang dengan sendirinya membuat kita melakukan segala sesuatu dengan baik, tulus, dan penuh kerja keras. 

    Sebagai anak Tuhan yang taat dan memercayai pertolongan Tuhan, kita harus meminta apa yang akan kita lakukan, tetapi bagaimana kita bisa memberikan teladan yang baik untuk semua orang. Berbuatlah manfaat dengan tulus, berilah pertolongan kepada orang yang membutuhkan dan tidak perlu ketidakseimbangan saat memberikan bantuan kepada orang lain. 

    Dalam Alkitab Yakobus 4: 16, dituliskan “Sekarang kamu memegahkan dirimu dalam congkakmu, dan semua kemegahan yang demikian adalah salah.”

    Ketiga, memuji diri sendiri menyetujui kita merendahkan orang lain. Ketika seseorang memuji diri sendiri, mereka menentang mereka untuk membuat orang lain. Sadar atau tidak, kompilasi mereka dihargai sendiri, mereka menganggap remeh orang lain. Merasa orang lain tidak mampu melakukan segala sesuatu yang dilakukan.

    Setelah membaca beberapa hal tentang memuji diri sendiri, saat kita merenung dan menyadari bahwa kita selama ini salah dan terlalu menganggap diri kita paling hebat. Apapun kemampuan, talenta, karunia yang sudah Tuhan berikan, kita harus tetap jalani dengan hati rendah dan penuh tanggung jawab. Bukan untuk bermegah atau disetujui, melainkan untuk dipakai dan memuliakan Tuhan. Kita harus mampu menjadi garam dan terang untuk semua orang.

    Kita harus lebih bersungguh-sungguh dalam Tuhan, rajin beribadah dan berdoa. Membaca firman dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdoa dengan sungguh-sungguh membuat kita semakin yakin pada diri sendiri. Krena, doa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan kehidupan kita sebagai orang Kristen. Jangan bicara tentang hubungan kita dengan Allah, sebuah sarana komunikasi bagi kita untuk berbicara dengan-Nya. Pada saat kita berdoa, Allah memperhatikan hati kita, bukan kata-kata kita. Amin

  • 23 mei

    SUDAHKAH MENGALAMI PENGAMPUNAN DOSA?

    Semua orang berbuat dosa. Tidak ada satupun yang lepas dari dosa. Ada orang yang telah merasakan akibat dari dosa , berupa persoalan-persoalan dalam kehidupan, baik kesulitan ekonomi, tekanan psikologis ( stress hingga depresi ), penyakit fisik, maaupun persoalan relasi antar sesama. Lebih jauh lagi, ada yang merasakan akibat dosa berupa rasa bersalah, perasaan tidak layak, dan juga ketakutan akan hukuman kekal.

    Namun ada juga yang tidak merasa akibat dari perbuatan dosa. Hidup biasa saja. Bahkan perbuatan dosa juga dilakukan dan tetap biasa saja. Ada yang berbuat dosa kecil sudah merasa akibatnya, ada yang berbuat dosa besar, namun tidak merasa sebagai sesuatu yang serius, dan belum merasakan akibat dari dosa itu.

    Namun, apakah saat ini sudah merasakan akibatnya atau tidak, dosa pasti mendatangkan akibat. Akibat dosa bisa secara fisik, psikis, sosial, dan rohani. Jika saat ini belum merasakan akibat dosa, maka akibat itu akan dirasakan satu waktu nanti. Dan yang pasti, akibat saat ini yang mendasar adalah tidak adanya hubungan dengan Allah, dan akibat pasti di waktu yang akan datang, adalah hukuman kekal.

    Karena itu, Daud berkata

    Roma 4 7 "Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa-dosanya;8 berbahagialah manusia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan kepadanya."

    Orang yang diampuni dosanya akan berbahagia. Mengapa?

    Akibat dari pengampunan dosa adalah :

    Hubungan dengan Allah dipulihkan. Yes 44:22

    Tidak dihukum dalam neraka.

    Berkat-berkat dipulihkan.

    Bagaimana mengalami pengampunan dosa ?

    Pengampunan dosa tidak bisa dilakukan dengan memperbaiki diri.

    Ada orang berpikir, jika hidp diperbaiki, maka akan diampuni oleh Tuhan. Allah adil, dosa di masa lalu akan tetap dihukum, sekalipun hidup diperbaiki.

    Pengampunan tidak bisa didapat dengan berbuat baik.

    Perbuatan baik tidak akan mengurangi dosa. Berbuat baik adalah bukti kasih kepada orang, tidak akan mengurangi dosa. Dosa harus dihukum secara adil.

    Pengampunan tidak bisa didapat dengan beragama ( Kristen )

    Agama tidak membuat seseorang diampuni. Agama menunjukkan cara hidup baik, tetapi tidak membuat orang diampuni.

    Pengampunan didapat karena iman kepada Tuhan Yesus Kristus secara pribadi.

    Kis 10:43 Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."

    Tuhan yesus sudah mati untuk menggantikan hukuman yang harusnya kita terima.

    Yes 53 : 5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

    Dalam Tuhan yesus ada pengampunan dosa. Dan karena setiap orang berdosa, merasakan akibatnya ada atau tidak, setiap orang perlu percaya kepada Tuhan yesus.

    Percaya kepada Tuhan yesus adalah mengakui diri sebagai orang berdosa kepada Tuhan Yesus, memutuskan untuk meninggalkan dosa, dan mengakui karya Tuhan Yesus berlaku untuk dia.

    Setiap orang yang mau mengalami pengampunan dosa, bisa berdoa demikian , Tuhan Yesus, saya orang berdosa. Saya tidak bisa melepaskan drii saya dari dosa. Saya memutuskan untuk meninggalkan dosa saya. Saya percaya kematianMu di atas kayu Salib untuk pengampunan dosa saya dan membebaskan saya dari hukuman neraka. Saya mengundang Tuhan Yesus masuk ke dalam hati saya sebagai juruselamat dan Tuhan saya. Amin

    Begitu anda berdoa dengan segenap hati demikian, maka saat itu juga dosa anda diampuni, dan anda memiliki kepastian bebas dari hukuman neraka, hubungan anda dengan Allah dipulihkan, dan berkat-berkat akan dilimphkan.

    Sudahkan dosa anda diampuni ? Jika belum, ambilah keputusan sekarang untuk datang kepada Tuhan Yesus untuk mendapat pengampunan itu.

  • 24 mei

    Adalah aneh jika mengatakan seseorang itu murid Kristus, tetapi kemudian berkata : murid Kristus kalau mau diselamatkan harus percaya kepada Tuhan Yesus.

    Dasar pertama seseorang murid adalah diselamatkan dan untuk itu perlu menerima Tuhan Yesus secara pribadi sebagai juruselamatNya.

    Setelah diselamatkan, maka seseorang mulai menjadi murid Kristus.

    Hal utama bagi seorang murid adalah bersekutu dg Tuhan Yesus.

    Seorang murid itu menempel. Melekat. Seperti ranting pada carangnya. Ia ditopang oleh pokok dan disuplai kebutuhan hidupnya oleh pokoknya.

    Bagamana langkah praktis melekat itu ;

    1. Menggantungkan setiap kebutuhan kita kpd Tuhan Yesus.

    2. Membangun ibadah pribadi :

    - teratur melakukan doa dan membaca Alkitab setiap pagi. Sering disebut Saat Teduh.

    - teratur doa setiap sore atau malam : pujian, pengucapan syukur, pengakuan dosa, dan bersyafaat.

    Setidaknya melakukan ke dua hal tsb sbg ibadah harian.

    Jika langkah itu dilakukan dg teratur, seseorang akan menampakkan daya tahan, Krn ditopang oleh Tuhan dan menampakkan perubahan karakter yg berarti. Dan itulah murid Kristus.

    #muridKristus #pemuridan #discipleship.

  • 25 mei

    PERSOALAN DI ATAS 50 TAHUN

    Saat usia menjalani 50 tahunan, ada persoalan-persoalan yang dihadapi. Persoalan persoalan itu bisa menjadi rumit dan membuat stress, hingga depresi.

    Apa saja yang mungkin terjadi?

    RELASI

    Pesoalan paling rumit adalah jika ada persoalan relasi antara suami isteri. Relasi suami isterri adalah relasi terdekat. Pasutri sudah menyatukan tubuhnya. Maka jika kesatuan ini terjadi masalah akan membuat kesusahan yang amat. Kesatuan ini mestinya memberi sukacita, namun seringkali hanya ada kesatuan status, tidak ada kesatuan jiwa.

    Beberapa hal bisa terjadi.

    *Konflik*

    Konflik suami isteri bisa karena perbedaan temperamen, perbedaan budaya, perbedaan pendapatan , bahkan juga perbedaan keyakinan-keyakinan tentang kehidupan. Ketidakmampuan menata perbedaan ini menyebabkan terjadinya konflik .

    *Adanya pihak ketiga*

    Konflik terjadi karena salah satu pihak membangun relasi dengan orang lain. Relasi dengan orang lain bisa terjadi karena relasi seksual. Misal seorang suami tergoda secara seksual dengan sekretarisnya, teman kantor, teman komunitas, dstnya. Demikian juga isteri juga bisa mengalami hal tersebut. Dalam hal seksual isteri cenderung lebih sulit tergoda.

    Bisa juga karena ketemu dengan orang yang cocok untuk berpikir, glenikan, atau menikmati sesuatu bersama. Dalam hal seperti ini, pihak isteri lebih mudah tergoda.

    Relasi dengan pihak ketiga lebih rumit kalau bertemu dengan teman SD, SMP, SMA, atau kuliah. Jika dulu ada unfinished love, lalu saat ini ketemu lewat reuni atau medsos, maka relasi bisa terjadi. Relasi akan lebih lengket, jika pihak yang ditemui itu punya masalah. Akan ada rasa bersalah, kenapa dulu saya tidak sungguh2 berani untuk menjalin relasi.kenapa dulu saya tinggalkan. Kenapa dulu saya tidak berjuang untuk mempertahankan. Ada banyak kenapa, dan banyak kenapa ini membuat merasa perlu bertanggung jawab, sehingga jalinan relasi yang terjadi akan sangat dalam.

    Maka reunian di darat dan medsos, pada usia 50 an, bila tidak hati-hati bisa berbahaya , khususnya jika ada unfinished love.

    Relasi dengan orang ke tiga ini akan sangat menikam pasangannya, karena terjadi di usia 50 an. Usia dimana relasi keintiman jiwa sangat diperlukan lebih dari relasi seksual, namun malah kehilangan relasi itu. Sekalipun mungkin ada yang mencoba untuk tetap menjaga relasi dengan pasangan, namun jika ada pihak ketiga, keintiman dengna pasangan tetap tergores.

    *Lalu bagaimana ?*

    Jika ada persoalan, baik untuk punya teman untuk berbagi. Lebih baik lagi kalau bisa bertemu dengan koselor. Persoalan ini jika tidak diatasi bisa membuat duka, dan juga membuat kesehatan memburuk. Jangan pernah memendam sendiri persoalan itu. Jangan menganggap itu persoalan rumah tangga sehingga tabu dibawa ke luar. Adalah kewajaran kita punya teman untuk berbagi. Asal teman yang dapat dipercaya. Dan sangat wajar datang kepada konselor.

    Kiranya Tuhan menolong kita dalam segala keadaan kita.

  • RIKZ240

    25 mei

    cdr , redoxon, apa lagi ya hmm @_@

  • 25 mei

    RIKZ240 tulis:

    cdr , redoxon, apa lagi ya hmm @_@

    vit c , xon-ce, YOU•C1000

    Bila sakit berlanjut hub dokter terdekat di kota anda

  • 25 mei

    Dikutip dari : majalah Standard, vol.XIII Edisi 3, th 2017

        Suatu ketika, Harvey Mackay sedang menunggu antrian taksi di sebuah bandara. Kemudian, sebuah taksi yang mengkilap muncul dan mendekatinya. Sang supir taksi lantas keluar dari mobil dengan berpakaian rapi, dan segera membukakan pintu bagi penumpangnya. Ia juga menyerahkan sebuah kartu kepada Harvey dan berkata, "Nama saya Wally. Sementara saya memasukkan barang bawaan ke bagasi, silakan Anda membaca pernyataan misi saya."

        Harvey kemudian membaca kartu tersebut, yang tertulis "Misi Wally : Mengantar pelanggan ke tempat tujuan dengan cara tercepat, teraman, dan termurah dalam lingkungan yang bersahabat."

        Harvey sangatlah terkejut dengan gaya seorang supir yang tidak biasanya, terutama setelah ia melihat bagian dalam taksi yang sangat bersih.

        Dari belakang kemudi, Wally berkata,"Apakah Anda ingin kopi? Saya punya kopi yang biasa dan tanpa kafein."

        Harvey pun berkata,"Tidak, saya ingin minuman ringan saja." Ternyata, diluar dugaan, Wally menjawab,"Tidak masalah, saya punya pendingin dengan Coke biasa dan Diet Coke, air, serta jus jeruk."

        Dengan terkagum-kagum, Harvey berkata,"Saya mau Diet Coke saja."

        Setelah memberikan Diet Coke, Wally pun kembali menawarkan,"Jika Anda ingin membaca, saya punya The Wall Street Journal, Time, Sports Illustrated dan USA Today."

        Ketika taksi mulai berjalan, Wally kembali menawarkan radio mana yang ingin didengar oleh Harvey. Masih ada lagi; Wally menanyakan apakah AC nya sudah pas dengan pelanggannya tersebut. Selama perjalanan, Harvey pun penasaran.

        "Apakah Anda selalu melayani pelanggan seperti ini, Wally?" Tanya Harvey.

        Wally kelihatan tersenyum dari kaca taksinya. "Tidak selalu, malah baru di 2 tahun terakhir. Ditahun pertama, saya banyak mengeluh seperti kebanyakan supir taksi. Kemudian saya mendengar Wayne Dyer di radio yang mengatakan bahwa ia baru saja menulis buku berjudul You'll See It When You Believe It. Ia mengatakan bahwa jika Anda bangun dan mengharapkan hal buruk terjadi, maka itu hampir pasti terjadi. Ia berkata,'Berhenti mengeluh! Berbedalah dari pesaing Anda. Jangan menjadi bebek. Jadilah elang. Bebek meleter dan mengeluh. Elang membumbung tinggi di angkasa.' Hal ini menohok saya. Ia sedang membicarakan saya, jadi saya mengubah sikap dan memilih untuk menjadi elang. Saya melihat supir taksi lain, dan saya melihat bahwa mobil mereka kotor, mereka tidak ramah, dan pelanggan mereka tidak senang. Jadi saya memutuskan untuk membuat perubahan sedikit demi sedikit. Ketika pelanggan suka, saya meningkatkannya."

        "Pasti Anda sudah merasakan manfaatnya", kata Harvey.

        "Tentu saja," jawab Wally. "Ditahun pertama saya sebagai elang, penghasilan saya naik dua kali lipat. Tahun ini mungkin menjadi empat kali lipat. Anda beruntung bisa mendapatkan saya hari ini. Saya tidak menunggu di pangkalan lagi. Pelanggan saya menelepon saya atau meninggalkan pesan di mesin penjawab. Jika saya tidak bisa menjemput mereka sendiri, saya meminta bantuan teman saya."

        Cerita Wally memang sangat inspiratif. Ia memberi layanan sebuah limo dari sebuah taksi, melipatgandakan penghasilan, karena ia memilih untuk menjadi elang dan bukannya bebek yang mengeluh.

  • 25 mei

    Dikutip dari : majalah Standard vol XII, edisi 6, th 2017

        Baca dengan cermat lalu nilailah sendiri. Termasuk tipe dan karakter yang manakah diri anda.

        Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh para profesor di Amerika, monyet A dan B dimasukkan dalam ruangan yang terdapat sebuah tiang dan diatas tiang tersebut nampak beberapa pisang.

        Monyet A mula-mula mencoba naik, sang profesor menyemprotkan air kepadanya, sehingga monyet A terjatuh. Berkali-kali mencoba, disemprot dan jatuh lagi. Sampai akhirnya monyet A menyerah.

        Giliran monyet B mencoba, mengalami kejadian serupa, dan akhirnya menyerah pula.

        Berikutnya ke dalam ruangan dimasukkan monyet C. Hal yang menarik adalah, para profesor tidak akan lagi menyemprot para monyet jika mereka naik.

        Begitu monyet C mulai menyentuh tiang, ia langsung ditarik monyet A dan B yang berusaha mencegah monyet C tidak mengalami kesialan yang sama. Akhirnya monyet C menjadi takut juga dan tidak pernah memanjat lagi.

        Langkah selanjutnya yang dilakukan para profesor adalah mengeluarkan monyet A dan B, serta memasukkan monyet D dan E. Sama seperti monyet sebelumnya, monyet C langsung mencegah keduanya agar tidak naik. "Hai, mengapa kami tidak boleh naik?"protes keduanya.

        "Ada teman-teman yang memberitahu saya, bahwa naik keatas itu berbahaya. Saya juga tidak tahu, ada apa diatas, tapi lebih baik cari aman saja, jangan keatas deh." Monyet D percaya dan tidak berani naik, tapi tidak demikian dengan monyet E yang memang bandel.

        "Saya ingin tahu, bahaya seperti apa yang ada diatas dan masa iya saya tidak bisa menghindarinya?" Tegas monyet E.

        Walaupun sudah dicegah, monyet E nekat naik. Dan karena memang sudah tidak disemprot lagi, monyet E bisa meraih pisang yang diinginkannya.

        Renungan : karakter A dan B adalah orang yang pernah melakukan sesuatu dan gagal. Mereka kapok dan mengajarkan ke orang lain tentang kegagalan tersebut. Mereka tidak ingin orang lain juga gagal seperti mereka.

        Karakter C dan D adalah orang yang menerima petunjuk dari orang lain, hal-hal apa yang tidak boleh dilakukan, dan mereka mematuhinya tanpa berani mencobanya sendiri.

        Karakter E adalah tipe orang yang akan selalu berpikir optimis dalam menjalankan sesuatu."Kalaupun orang lain gagal melakukan sesuatu, belum tentu saya juga akan gagal," adalah kekuatan yang selalu memompa motivasinya. Dan kegagalan orang lain dapat dipelajari dan dijadikan batu loncatan untuk melangkah lebih baik, bukannya dijadikan suatu ketakutan.

        Pisang menggambarkan impian kita. Setiap orang dalam hidup ini mempunyai impian yang tinggi tentang masa depannya. Namun sayangnya, banyak sekali hal-hal yang terjadi disekitar kita, yang menyebabkan impian kita terkubur.

        Nah, saya akan memberikan 1 ilustrasi lagi. Saya akan membawa anda ke tahun 70-an. Apa yang akan anda lakukan, bila suatu hari ada seorang mahasiswa bercelana jeans, kacamata tebal, bertampang culun, bajunya lusuh, datang menemui anda dan berkata "Saya punya suatu produk yang bagus, tapi saya tidak punya modal. Mau tidak pinjamkan saya modal 100 dolar? Kalau produk ini sukses, kita berdua bakal jadi orang paling kaya di dunia."

        Hampir semua akan menghina dan menertawakan mahasiswa tersebut bahkan mungkin menganggapnya gila. Berapa orang yang akan menjawab "Wow, bagus sekali, coba jelaskan apa rencana anda, agar kita bisa sama-sama kaya?"

        Bagaimana kalau saya katakan bahwa mahasiswa tersebut adalah Bill Gates, yang kini sudah menjadi orang kaya.

        Bukankah itu dulu yang dilakukan Bill Gates pada awal kariernya. Dikelilingi orang tipe ABCD, ditolak.

    Untungnya, Bill Gates termasuk orang dengan karakter E. Dan dengan pengorbanan dan kerja keras, dia berhasil meraih impiannya.

        Jangan biarkan orang lain membunuh impian anda. Maju terus, hadapi semua rintangan dan raih impian anda.

  • 27 mei

    Seorang pria datang ke seorang gadis yg sangat diharapkan jadi istrinya. Namun gadis itu juga dicintai banyak pria.

    "Aku mencintaimu..."

    "O,ya?. Lalu?"

    " Aku ingin melamarmu jadi istriku. Saya berharap kamu mau. Sebab aku pria baik. Aku yg bisa membahagiakanmu"

    "Kalau saya tidak mau?"

    "Kalau kamu tidak mau, berarti kamu gadis jahat.Gadis mata duitan"

    " Waduh, koq bisa begitu?"

    "Iya, Krn kamu nolak saya. Sebab saya pria sempurna. Hanya gadis jahat yg nolak pria sempurna. Kamu gadis baik, kalo kamu menerima saya"

    Maka bingung lah gadis tsb....

    Untung dia segera sadar, bahwa pria tsb mengintimidasi dirinya, semata2 untuk mendapatkannya. Jadi dia memastikan untuk menolak pria tsb.

    Namun kisah seperti itu bukan hanya dalam urusan pernikahan, juga dalam urusan2 lain.

  • 27 mei

    + Guru, hidup saya hancur. Saya kehilangan apapun dalam hidup saya. Kuliah saya gagal. Usaha mandeg. Pacar saya memutuskan saya.

    - oooo...ya, saya ikut sedih dengan semua itu anakku..

    +Apa yg harus saya lakukan guru? Saya merasa tidak ada artinya sama sekali.

    - Anakku, apakah Allah masih dalam hidupmu?

    + Iya Guru. Allah ada dalam hidupku. Saya sudah menerima Tuhan Yesus dalam hidup saya. Dan Allah diam dalam hidup saya.

    - Kalau begitu hidupmu aman anakku

    + Mengapa bisa demikian , Guru?

    - Pertama, Allah tidak akan membiarkanmu. Dia akan menolongmu. Dia punya rencana bagimu. Hidupmu seharusnya hanya menjalani rencanaNya. Dan Dia sanggup menolongmu untuk menggenapkan rencana itu. Kegagalan dalam hidup kita, jika kita sudah taat, adalah caraNya untuk membuatmu kembali dalam rencanaNya.

    Jadi langkahmu hanyalah merendahkan diri di hadapanNya dan menyerahkan diri kepadaNya dan mau mentaatiNya. Maka Dia akan menata hidupmu kembali.

    Kedua, seandainya itu karena dosamu, maka rendahkanlah dirimu dan akuilah dosa itu. Dan dg sepenuh hati serahkan dirimu untuk mentaatiNya. Allah memberi pengampunan dan Dia akan memulihkanmu.

    Kalau Allah dalam hidupmu , hidupmu aman, sekalipun rasanya hidupmu sedang berantakan.

    27 mei diubah oleh ANGGORO118

  • RIKZ240

    27 mei

    gila ngetik pada panjang2.

  • 28 mei

    RIKZ240 tulis:

    gila ngetik pada panjang2.

    bisa jg copas

  • 28 mei

    Dikutip dari : majalah Standard vol III no.9, th 2008

    BERJUANG HINGGA BERHASIL

        Alkisah ada seorang dukun Indian yang terkenal sangat sukses menjalankan profesinya sebagai pemanggil hujan. Setiap kali ia menari untuk memanggil hujan, maka hujan pasti turun. Jadi tingkat keberhasilannya mencapai 100%. Sementara dukun yang lain hanya berhasil menurunkan hujan rata-rata 50%.

        Suatu hari, ada seorang dukun muda yang datang untuk berguru pada dukun hebat tersebut. Semua cara diajarkan oleh sang guru kepada murid barunya itu, mulai dari gerakan, langkah, dan mantra-mantra.

        Setelah tamat menimba ilmu, dukun itu pulang ke sukunya. Akan tetapi ternyata dukun muda itu belum berhasil mencapai kesaktian hingga 100%. Oleh karena itu, ia kembali pada gurunya untuk mendiskusikan persoalannya. Semula ia curiga ada jurus ampuh yang sengaja disembunyikan oleh sang guru. Setelah si murid mendemonstrasikan tariannya, sang guru memastikan bahwa ritual yang dilakukannya itu sudah 100% betul. Mendapatkan konfirmasi itu si murid semakin bingung. Mengapa tingkat kesuksesannya tidak sampai 100%?

        Sesaat sebelum dukun muda itu pulang, sambil mengisap pipa, sang guru bertanya,"Apakah aku sudah beri tahu, kalau setiap kali menari aku tidak pernah berhenti sebelum hujan turun?"

        Ternyata itulah kunci kesaktian sang dukun sakti. Dan itu pula perbedaan antara sang dukun itu dengan yang lain.

        Keputusan untuk berhenti, atau berjalan terus, akan membedakan antara keberhasilan dan kegagalan. Ketika anda mengalami kegagalan ada 2 kemungkinan yang dapat anda lakukan : angkat bendera putih, menyerah. Atau mempelajari kegagalan, menyusun strategi baru, dan mencoba lagi. Dan jika gagal lagi, berusaha lagi dengan lebih bijak dan tekun hingga akhirnya hujan betul-betul turun.

  • 29 mei

    Hubungan fisik dlm berpacaran itu merusak ke dua belah pihak secara rohani.

    Namun secara fisik dan sosial wanita akan lebih menderita, sebab ada tanda kegadisan.

    Kalo pacaran itu putus, pihak wanita akan tenggelam dlm kesedihan yg dalam.

    Marah, kecewa, sedih, putus harapan, dan macam2.

    Pingin si pria kembali. Celakanya, kadang2 si pria mudah mendapatkan penggantinya. Dan ini lebih menyakitkan lagi.

    Sang wanita makin meratap. Makin marah

    Pinginnya si pria bertanggung jawab. Padahal dulu suka sama suka.

    Ingin si pria menikahinya.

    Lupa merenung, apakah pria demikian itu aman untuk jadi suami yg akan dijalani seumur hidup?

    Dalam kondisi demikian yg paling penting dilakukan adalah merendahkan diri kpd Allah, bertobat, dan mulai menata hidup yg benar.

    Sayang, justru urusan yg paling penting ini dilupakan, karena fokus kpd urusan relasi. Padahal relasi itu sudah rusak saat mereka mulai berelasi fisik itu.

    Pertobatan adalah satu2nya harapan.

    Jika satu relasi berpacaran itu dibangun dg hubungan fisik, tinggal menunggu kerusakannya.

    Sekalipun dilakukan dg alasan sayang atau semacamnya.

    Kerusakan itu bisa terjadi dalam pacaran itu atau pun dlm pernikahan nanti

    Kecuali keduanya merendahkan diri dg pertobatan.

  • 29 mei

    Suatu hari, Zacky mengalami kecelakaan mobil. Untungnya, kecelakaan itu tidak parah, dia hanya mengalami luka terkilir. Ketika membawa mobilnya yang rusak ke bengkel, tiba-tiba dia sadar bahwa rumah orangtuanya tidak jauh dari bengkel tersebut, dan karena sudah cukup lama tidak menjenguk mereka, dia pun mampir ke rumah orangtuanya.

    Zacky mampir ke rumah orangtuanya dan menginap semalam. Keesokan harinya, saat akan pulang, dia melihat pakaian robeknya kemarin telah dijahit oleh ibunya. Zacky sedikit tersentuh dan kemudian bergumam — uangku banyak, nanti dibuang saja sesampainya di rumah.

    Namun, karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya, Zacky pun lupa sesampainya di rumah. Dia mengenakan pakaian yang ditambal ibunya itu dan pergi ke berbagai jamuan. Bahkan berhasil mencapai kesepakatan bisnis besar yang sudah lama ditunggu-tunggu.

    Setelah sibuk sampai malam, tiba-tiba dia baru menyadari masih mengenakan pakaian yang ditambal ibunya, kemudian dia melepas pakaian itu dan dibuang ke tong sampah.

    Keesokan paginya, bisnis yang dibicarakan kemarin secara resmi ditandatangani. Klien bertanya kepadanya, “Mengapa pakaian tambal yang Anda kenakan kemarin itu tidak dipakai lagi hari ini ?”

    “O..pakaian itu mau dicuci,” sahutnya tersenyum malu.

    Klien besarnya itu menepuk pundaknya dan berkata, “Anda mungkin tidak tahu, kami menandatangani kontrak dengan Anda karena melihat tambalan kecil pada pakaian yang Anda kenakan. Dari pakaian itu, kami dapat menilai bahwa Anda adalah orang yang sederhana dan pekerja keras. Bagi kami, sosok orang yang sederhana dan pekerja keras itu jelas merupakan mitra terbaik!”

    Saat pulang ke rumah, Zacky mencari pakaian tambal itu dari tong sampah. Dia mencucinya dan digantung di sudut lemari yang tidak mencolok, siapa tahu nanti berguna, gumamnya.

    Satu minggu berlalu, suatu pagi saat akan berangkat kerja, Zacky didatangi dua petugas polisi. Ternyata pada malam minggu lalu, salah satu kliennya diculik dan dihabisi. Kawanan penculik ditangkap malam itu juga. Selama interogasi, mereka mengaku bahwa mereka awalnya ingin menculik Zacky, jadi pagi ini, polisi menemui Zacky untuk mengingatkannya.

    Sontak saja, Zacky tercengang mendengarnya dan bertanya kepada polisi : “Lalu mengapa mereka akhirnya tidak menculikku ?”

    “Karena mereka melihat Anda mengenakan pakaian yang ditambal, lalu menduga Anda tidak sekaya yang dibayangkan, mereka berpikir tidak mungkin seorang pengusasha kaya memakai pakaian yang ditambal,” kata polisi.

    Perasaan Zacky bergejolak tak menentu setelah mendengar keterangan polisi, tak disangka tambalan yang tak terduga itu telah menyelamatkan nyawanya. Setelah petugas polisi pergi, Zacky segera mengambil pakaianitu, dia mengelus jahitan di pakaiannya sambil membayangkan wajah ibunya, dan tanpa bisa ditahan dia pun menangis seperti anak kecil.

    Kasih ibu itu bagaikan tetesan air mata, meski tak bersuara, tetapi bisa meresap sampai ke relung hati yang kering; dia biasa-biasa saja, tetapi mengandung sebuah keagungan yang luar biasa !

    Terkadang, ibu adalah setetes obat yang mujarab. Dapat menyelamatkan jiwa orang yang kritis ;

    Terkadang, kasih ibu bagaikan seberkas cahaya penuntun di lautan kehidupan.

    Menuntun kita keluar dari kegelapan, mengikuti cahaya terang.

    Siapa yang bisa mengukur dan benar-benar bisa membalas jasa dari kasih ibu yang mulia ini ?

    Jadilah anak yang berbakti, sering-seringlah pulang menjenguk kedua orangtuamu !(jhn/yant)

  • 30 mei

    BEREAKSI POSITIF & BERTINDAK BIJAK

    ”Takut akan Allah mendatangkan hidup,

    maka orang bermalam dengan puas, tanpa ditimpa malapetaka.”

    (Amsal 19:23)

    Jika kita Berpikir, Berpikirlah yg besar.

    Jika kita Bermimpi, Bermimpilah yg indah.

    Jika kita Melakukan sesuatu, Lakukanlah yg Terbaik.

    Taburlah PIKIRAN,

    maka kita akan menuai TINDAKAN.

    Taburlah TINDAKAN,

    maka kita akan menuai KEBIASAAN.

    Taburkan KEBIASAAN,

    maka kita akan menuai KARAKTER.

    Taburlah KARAKTER,

    maka kita akan menuai BUAH DARI KARAKTER.

    Kita harus Belajar untuk Bereaksi Positif & Bertindak dgn Bijak ketika sesuatu menimpa hidup kita.

    Bereaksi Positif artinya kita tidak panik & menyikapi masalah yg datang dgn Bijak.

    Seorang bijak berkata,

    “KITA TAK DAPAT MENCEGAH SESUATU PERISTIWA DATANG DALAM HIDUP KITA,

    TETAPI KITA BISA MENENTUKAN SIKAP KETIKA ADA MASALAH MENIMPA HIDUP KITA.”

    Apapun yg kita lakukan,

    tidak berarti tak akan ada masalah dalam perjalanan hidup kita.

    Masalah boleh datang dalam hidup kita,

    tapi ketika kita Bereaksi Positif & Bertindak dgn Bijak,

    maka pastilah kita akan bisa melaluinya dgn Baik.

    Jangan pernah berkata,

    Terlalu tua untuk memulai sesuatu yg baru,

    Karena untuk segala sesuatu ada saatnya.

    Jangan pernah berkata,

    Terlalu terlambat untuk memulai sesuatu yg baik,

    Karena kebaikan tidak pernah mengenal kata terlambat.

    Jangan mengandalkan kekuatan & pikiran kita sendiri,

    Karena kekuatan & pikiran kita ada batasnya.

    Andalkan segala sesuatunya pada TUHAN,

    & percayalah dgn sepenuh hati kepadaNYA,

    karena bagi DIA tak ada sesuatupun yg mustahil.

    Karena TUHAN MAHA TAU rancangan apa yg mendatangkan KEBAIKAN untuk KEHIDUPAN kita.

    Karena kita begitu berharga di mataNYA,

    TUHAN tlah merancangkan yg TERBAIK buat kita smua.

    “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

    (Roma 8:28)

    Goϑ ϐlešš Yoυ

  • 6 juni

    PENDETA DAN PELACUR

    Adalah seorang Pendeta tampan,tinggi,berbadan tegap dan atletis.Bila mengenakan Jas atau Kemeja beliau mirip bule Eropa,Amerika atau Australia.Tak heran kalau banyak wanita terpesona..

    Suatu hari beliau ada undangan mengisi ibadah sebagai pengkhotbah disebuah Acara Syukuran tempat yang jarang dikunjungi..

    Ketika di perjalanan mobil yang beliau naiki berhenti di sebuah lampu merah.Saat itu beliau duduk di samping sopir dengan melepas jas dan dasi yang harus dipakainya saat sudah tiba di tempat Acara.Tiba-tibaseorang wanita muda, menor dan seksi(wanita penghibur)menghampirinya..

    Wanita penghibur itu mengira bila lelaki gagah dalam mobil adalah turis banyak duit yang sedang mencari kesenangan di Indonesia.

    Dengan nada lembut : "malam, Om.."

    "Malam.."

    "Ikut dong,Om..! Boleh, ya?"

    "Oh..!? boleh..boleh..! Silakan masuk.."

    Wanita muda itu bergegas masuk mobil.Pintu ditutup dengan cepat dan mobil mulai jalan.

    Tanpa banyak waktu..

    "Mau ke mana,Om? Butuh aku, gak? Aku temenin sampai pagi ya, Om?"

    Sambil pakai jas dan dasi terus pegang alkitab dengan santai Pendeta menjawab,

    "..Oo, ini lho mau berkhotbah di sebuah acara..Ndak apa-apa, silakan ikut aja.."

    Wanita itu kaget dan salah tingkah,

    "Oh,,jadi Bapak Pendeta ya?!"

    Tadi panggil om sekarang panggil pak Pendeta..

    hihi Lucu, ya?

    Pak Pendeta tersenyum geli..

    "Maaf,Pak Pendeta,saya benar-benar tidak tahu.

    Sekali lagi maaf.."

    Wanita itu kian tegang dan raut wajahnya pucat ketakutan..

    Tapi Pak Pendeta santai saja berkata, 

    "Oo,,ndak apa-apa..Santai saja,Sekali-kali ikut acara ibadah bagus itu.."

    "Ndak usah Pak..Pendeta,sa..saya turun di sini aja."

    "Enggak bisa..pokoknya harus ikut,,Tadi kan adik bilang mau ikut dan mau nemanii,, ya harus ikut"

    "Tapi saya kan gak pakai baju ibadah,,Pak?"

    "Gampang,nanti tak pinjem punya jemaat disana"

    "Tapi saya malu Pak Pendeta?"

    "Lho,,adik jadi pel#cur ndak malu, kok ikut ibadah malah malu..Piye to?"

    "Bagaimana ini,Pendeta?"

    Wanita itu makin salah tingkah,..

    "Saya takut Pak Pendeta?"

    Tadi bilang malu sekarang katanya takut. Hehe

    Dengan bijak Pak Pendeta menenangkan,

    "Sudahlah, santai aja.."

    Mobil pun terus berjalan hingga akhirnya sampai ke tempat tujuan.Suasana tempat diselenggarakannya acara ibadah Sykuran sudah ramai. Para undangan laki-laki dan perempuan memadati area tempat acara.

    Gegap gempita para panitia menanti kedatangan Pendeta.

    Begitu turun dari mobil Bpk Pendeta langsung menghampiri Undangan ibu-ibu,.

    "Maaf Bu,bisa pinjam rok panjang..Ini lho,ibu Pendeta tadi buru-buru lupa bawa.."

    Masa iya istri Pendeta lupa pake rok..Hehe..

    Dengan sedikit bingung ibu itu menjawab tergesa-gesa, "Oh, bisa Pak Pendeta... Sebentar saya ambilkan."

    Ibu itu bergeas pergi dan tak lama sudah kembali.Rok yang dibawanya itu di sodorkan ke dalam mobil dan langsung dipakai oleh sang wanita.Setelah rapi wanita itu turun dari mobil dan..Langsung diserbu rombongan ibu-ibu untuk mencium tangannya..sebagai tanda penghormatan..

    Mendapati sambutan kehormatan seperti itu,wanita yang kini disulap jadi Ibu Pendeta langsung berwajah pucat. Ia dipersilakan masuk, dijamu, dan dilayani bagaikan seorang ratu.Ada haru campur malu menyelinap di hatinya..

    Acara ibadah pun dimulai dengan seksama,Pak Pendeta menjadi pembicara yang luar biasa,penyampaiannya ringan tapi dalam makna kandungannya..

    Usai acara Bu Pendeta Dadakan dipersilakan menikmati jamuan rupa-rupa makanan. Lalu makan berat..

    Tapi sebelum makan rombongan jemaat ibu-ibu mohon didoakan keberkatan dari Bu Pendeta Dadakan, sontak saja ia kaget setengah mati.Sudah lama tak berdoa,,

    Pun demikian sebelum pulang, jemaat ibu-ibu bergantian cium tangan dan diantar dengan hormat sampai masuk mobil..

    Selama perjalanan di mobil wanita penghibur itu menangis sedu sedan, sesenggukan dengan air mata bercucuran.

    Pak Pendeta dan sopir membiarkannya hingga reda..

    Setelah suasana agak tenang,Bpk Pendeta menasihati, "Apakah adik tidak melihat dan berpikir tentang bagaimana orang-orang tadi memperlakukanmu, menghormatimu, mengerumunimu, mengantarkanmu, dan rela juga mereka antri hanya untuk dapat menyalam tanganmu satu demi satu, bahkan minta berkat doa darimu, padahal tahu sendiri kamu siapa?"

    Kembali sang wanita menangis, merasa hina, miris, dan sedih mengingat perbuatan dosa yang selama ini dilakukannya. Tapi Tuhan menutup aibnya, Tuhan sangat menyayanginya..

    "Hari ini," lanjut Pak Pendeta "adik dapat nasihat yang mungkin nasihat berharga selama hidupmu, maka segeralah bertobat dan mohon ampun sama Tuhan.. Jangan sampai nyawa merenggut sebelum tobat.."

    Tangisnya kian deras..Pak Pendeta membiarkannya.

    Sambil terisak wanita itu berkata,

    "Terimakasih Pak atas nasihatnya, dan berkat dari kejadian ini..Mulai hari ini saya bertobat dan berhenti dari pekerjaan bejat ini.

    Sekali lagi terimakasih Pak Pendeta.."

    Dengan kisah ini berarti kita belajar bijaksana dengan baik dan bijak,mengajak tanpa menginjak, menasihati tanpa menyakiti, dan menunjukkan kebenaran tanpa merendahkan derajat kemanusiaan.

    Inilah salah satu telaga yang indah dan menyejukkan yang menjadikan banyak orang tertarik dengan ibadah yang sesungguhnya..

    Semoga jadi pelajaran bagi kita untuk menyampaikan kebenaran dengan baik..

    #●Tuhan Memberkati●☆

  • 9 juni

    Agustin Tjendrawati

    Seorang sahabat yg tinggal di Australia bercerita ttg pengalamannya, “Suatu sore, sesudah menikmati secangkir capucino di Gloria Jeans Café yg capucino-nya paling enak (menurut saya), kami mampir ke toko roti. Membeli sebatang roti kismis dan minta kepada si mbak penjaga toko roti, utk dipotongkan, shg nanti di rumah gampang, tinggal comot dan makan.

    Selesai dipotong dan dibungkus rapi, lalu diserahkan kpd saya. Langsung saya berikan uang lembaran 10 dollar. Tapi ditolak dgn senyum manis, sambil berucap, “It’s free nothing to pay.” “Are you sure?” kata saya.

    Gadis remaja yg tugas jualan disana, menjelaskan, bhw kalau sdh ditutup, roti tdk boleh lagi dijual. Boleh diberikan kpd siapa yg mau atau diantarkan ke Second Hand shop utk org yg membutuhkan.

    Agak tercengang juga saya dengar penjelasannya. Terbayang, kalau di Indonesia, wah bisa bangkrut bisnis ini, karena org bakalan menunggu toko tutup supaya dapat yang gratis.

    Belum selesai ngobrol dengan si mbak, tiba-tiba ada suami istri, yang juga mau belanja roti. Rupanya mereka tanpa saya sadari sudah mendengar percakapan kami. Kelihatan si pria adalah orang Australia, sedangkan istrinya adalah tipe orang Asia. Si wanita juga minta roti di mbak, tapi dicegah oleh suaminya, sambil berkata,

    “No darling, please. We have enough money to buy. Why do we have to pick up a free one? Let’s another people who need it more than us take it“

    Wah… wah, merasa tersindir wajah saya panas… Egoisme saya melonjak ke permukaan, merasa tersindir dgn perkataannya. Dalam hati saya bergumam, “Hmm saya ini dulu pengusaha tau”.

    Tapi, syukur cepat sadar diri, gak sampai terucapkan. Karena orang yang bicara suami ke istrinya, masa iya saya tiba-tiba nyelak ditengah tengah?

    Hampir saja saya berbuat kesalahan. Karena toh mereka tidak omongin saya, Kalau saya merasa tersindir, itu salah saya sendiri.

    Hingga menjelang tidur, kata-kata si Suami kepada istrinya msh terngiang-ngiang rasanya,

    “We have enough money to buy … why do we have to pick up a free one.”

    Setelah saya renungkan, saya merasakan bahwa kata2 ini benar. Kalau semua orang yang punya duit, ikut antri dan dapatkan roti gratis, yang biasanya diantarkan ke Second Hand Shop utk di-bagi-bagi kan secara gratis, berarti orang yang sungguh2 membutuhkan tidak bakalan kebagian lagi roti gratis.

    Walaupun saya sesungguhnya mau membayar, namun si mbak yang nggak mau terima uang saya. Pelajaran hidup ini tidak mungkin akan saya lupakan.

    Kalau kita sanggup beli, jangan ambil yang gratis. Biarlah org lain yang lebih membutuhkan mendapatkannya.

    Sungguh sebuah kepedulian akan sesama yang diterapkan dgn kesungguhan hati.

    Kini saya baru tahu, kenapa kalau di club ada kopi gratis, tapi jarang ada yg ambil, mereka lbh suka membeli. Bukan karena gengsi2an, tetapi terlebih karena rasa peduli mrk pada orang lain, yang mungkin lebih membutuhkan.

    Pelajaran yang sungguh2 memberikan inspirasi bagi diri saya.

    Allah sudah memberikan berkah yang cukup untuk kita, tidak perlu lagi kita mengambil bagian berkah yang diperuntukkan bagi orang lain.

    Ketika kita mendengar ada program pemerintah utk membantu org miskin, apa yang ada dalam benak kita?

    Apa kita akan ikut bersiasat agar mendapat bagian? Ataukah kita merekayasa data agar kerabat dan saudara kitat dapat bagian juga?

    Atau kita sok jadi pahlawan denan mengajukan diri sebagai pendamping program, tapi dalam pikiran kita tersimpan niat busuk untuk memperkaya diri sendiri?

    Sahabat, kemiskinan bukan untuk dipolitisir dan dieksploitasi. Orang miskin dan kemiskinan adalah ladang amal. Keberadaan orang miskin adalah cara Tuhan untuk menguji sejauh mana kepedulian dan keimanan kita. “Jangan mengaku beriman jika tetangga kanan kirinya msaih ada yg kelaparan”.

    Sementara kemiskinan adalah mental yg mesti dirubah dan diberantas. Mental minta2, mental gratisan, mental pemalas, mental potong kompas, termasuk mental jualan data orang miskin, semua itu adalah Mental Pengemis yg membuat bangsa ini rendah dan terhina, itulah kemiskinan kultural.

    “Sudah saatnya kita bangkit dan sadar, tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah. Menjaga harga diri lebih baik dari pada menjatuhkan kehormatan hanya demi sesuap nasi.”...KESERAHKAHAN akan MEMBUNUH ANDA...

  • 12 juni

    ӄɛɮǟɨӄǟռ ɖǟռ ɮɛʟǟֆ ӄǟֆɨɦǟռ

    Dahulu kala seorang petani di China bertetangga dengan seorang pria yang kerjanya berburu dan memiliki seekor anjing ganas yang tidak terlatih. Anjing tersebut sering kali melompati pagar dan mengejar domba-domba milik si petani. Petani itu berulangkali meminta agar si pemburu menjaga anjingnya namun tidak pernah digubris.

    Suatu hari anjing itu kembali melompati pagar dan menyerang beberapa ekor domba sehingga terluka parah. Si petani sudah tidak sabar akan kelalaian si pemburu. Dia pergi ke kota dan berkonsultasi dengan hakim yang mendengarkan ceritanya dengan seksama. Hakim lalu berkata,

    "Aku bisa menghukum pemburu itu dan memerintahkan agar menjaga anjingnya dengan mengunci atau memasang rantai, tapi engkau akan kehilangan teman dan mendapat musuh.

    Manakah yang kau pilih, teman atau musuh sebagai tetanggamu?"

    Si petani menjawab bahwa dia lebih memilih teman.

    "Baiklah, aku akan memberi solusi agar dombamu aman dan tetap menjadikan tetanggamu teman."

    Setelah mendengar solusi dari hakim petani itupun menyetujui dan segera pulang ke rumahnya. Diapun melakukan apa yang dikatakan oleh hakim itu, mengambil tiga ekor dombanya yang terbaik serta memberikannya kepada tiga orang anak tetangganya itu yang begitu kegirangan mendapat binatang peliharaan dan segera bermain dengan mereka.

    Untuk melindungi piaraan ketiga orang anaknya, pemburu membuat kandang anjing yang kuat dan sejak saat itu si anjing tidak pernah lagi mengganggu domba milik si petani.

    Sebagai rasa terima kasih atas kebaikan si petani yang memberi tiga ekor domba bagi anak-anaknya si pemburu sering berbagi hasil buruannya dengan si petani. Petani pun membalas dengan mengirimi daging domba dan keju yang dia buat. Tidak lama kemudian mereka menjadi sahabat baik.

    Seseorang dapat memenangkan orang lain dengan perbuatan baik dan belas kasihan.

    Kebaikan dan belas kasihan adalah tanda iman. Mari kita jadikan hal itu bagian diri kita dan jangan lewatkan kesempatan untuk melakukannya.

    Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;

  • 12 juni

    ℝ𝔸𝕁𝔸 𝔻𝔸ℕ 𝕂ℝ𝕀𝕄𝕀ℕ𝔸𝕃

    Ada seorang kriminal yang ditahan dan dikirim ke hadapan raja untuk dihukum. Raja memberikan pilihan baginya. Dia boleh memilih antara dihukum gantung atau dimasukkan ke ruangan besar, gelap, berpintu besi dan tampak menakutkan. Dan segera kriminal itu memilih untuk dihukum gantung.

    Ketika tali gantungan akan ditarik, si kriminal itu berpaling kepada raja dan bertanya,

    "Sebenarnya apa yang ada di balik pintu itu?"

    Sang raja tertawa dan menjawab,

    "Tahukah engkau, bahwa hal ini amat lucu. Aku sering kali memberi pilihan yang sama kepada setiap orang dan hampir semua memilih tali gantungan."

    "Jadi, katakan padaku apa yang ada di balik pintu itu? Aku tentu tidak akan memberitahukannya kepada siapapun karena sebentar lagi akan mati." Kata si kriminal tersebut.

    Sang raja diam sejenak dan berbisik

    "KEBEBASAN, tapi sebagian besar orang tampaknya begitu takut akan apa yang tidak mereka ketahui jadi mereka segera memilih digantung."

    Begitu banyak dari kita percaya begitu saja akan sesuatu tanpa mengevaluasi opsi yang lain dalam kehidupan. Banyak dari kita memilih "gantungan" seperti penderitaan, pergumulan atau pola-pola lain yang umum. Terkadang memilih alternatif lain yang belum kita ketahui akan membawa kita kepada kebebasan dan kebahagiaan sejati. Itulah yang dinamakan keberanian!

    Jika anda memiliki impian beranilah bergerak dan jangan hanya berdiam di tempat. Percayalah bahwa anda dapat berhasil.

    Dalam dunia yang dipenuhi kebencian beranilah berharap.

    Dalam dunia yang dipenuhi angkara murka beranilah tetap terhibur. Dalam dunia yang dipenuhi keputusasaan beranilah tetap bermimpi.

    Saat anda memasuki hari ini ingat selalu untuk tidak mengijinkan rasa takut menguasaimu. Tinggalkanlah rasa takut di belakang pintu dan berjalan penuh dengan keyakinan menuju masa depan yang cerah.

    Yeremia 29:11

    Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

  • 12 juni

    _*JADILAH ORANG BERGUNA*_

    _“Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, fikirkanlah semuanya itu”, demikian firman Tuhan menyatakan._

    _(Filipi 4:8)_

    _*Sebuah tulisan menyatakan:*_ _Seorang berkata bahawa hidup ini diawali dengan kelahiran dan diakhiri oleh kematian._

    _Namun diantara kelahiran dan kematian itu ada pilihan-pilihan yang mau atau tidak kita harus memilih setiap kita bangun dari tidur kita._

    _-Tersenyum atau marah.._

    _-Memaafkan atau membalas.._

    _-Mencintai atau membenci.._

    _-Bersyukur atau mengeluh.._

    _-Berharap atau putus asa.._

    _-Membiarkan atau ambil peduli... dan sebagainya._

    _Semua yang kita pilih tidak ada yang tidak berakibat dan berkonsekuensi._

    _*Namun dari semua itu rencana Tuhan buat kita adalah memiliki rencana yang terbaik buat kita.*_

    _RENCANA kita boleh INDAH,_ _*tapi rencana TUHAN-lah yang TERINDAH...*_

    _HIDUP kita mungkin baik-baik saja,_ _*tapi hidup BERSAMA-NYA lebih SEMPURNA...*_

    _PEKERJAAN kita mungkin MENJANJIKAN,_ _*tapi BERKAT-NYA-lah yang menjadikan KAYA...*_

    _KEKUATAN tangan kita mungkin sanggup membawa kita menjadi orang HEBAT_, _*tapi hanya BERSAMA TUHAN, kita menjadi LUAR BIASA...*_

    _Sebab Tuhan bukan hanya mencukupi apa yang kita perlukan, tapi Ia memberi dengan berkelimpahan. Jika kita di tambah dengan Tuhan maka kita akan menjadi orang yang luar biasa._

    _Amin_

    _Selamat malam_

    _*TUHAN YESUS MEMBERKATI*_

76 – 100 dari 154    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 3  4  5 ... 7  Selanjutnya Kirim tanggapan