Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Apa arti mahar / sinamot(batak) bagi para wanita dan Pria JK?

ForumGaya hidup Kristen

351 – 375 dari 513    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 14  15  16 ... 21  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • MELLY459

    8 Agustus 2018

    Tq ya ka sdh berusaha memberikan penjelasan dg mencari komentar temen2 yg lain sampe mundur bbrp halaman k belakang..

    Dan dr penjelasan ini ada yg sm dg penjelasan sy.. 😊

    Kiranya kita semua segera mendapatkan pasangan hidup yg sepadan dg kita.. 😇😊

    ANITA089 tulis:

    Buat Melly, ini penjelasan Debora (org Batak jg) ttg sinamot. Berdasarkan penjelasan inilah, aku berani berbicara di forum.

    8 Agustus 2018 diubah oleh MELLY459

  • JANGAN506

    8 Agustus 2018

    Sinamot-->harga beli(jangan diartikan dalam hal negative)yg diberikan keluarga mempelai pria kepada keluarga mempelai wanita sebagai mas kawin jika ingin melaksanakan pesta pernikahan(menggunakan acara adat khusunya batak)

    °ini sudah menjadi alur dari tradisi adat batak(wajib)

    Dalam pelaksanaan pernikahan adat batak pembahasan sinamot(marhata sinamot) menjadi tahap penentu untuk pelaksanaan pernikahan adat batak.Marhata sinamot dilakukan didalam acara marhusip(lamaran).

    Disinilah pihak laki-laki dan pihak perempuan menjalin kesepakatan tentang tata cara pernikahan yg ingin dilaksanakan(hak dan kewajiban masing-masing pihak).Dalam menjalin kesepakatan ini dibutuhkan suatu hakikat yg tidak kalah pentingnya dengan pesta pernikahan itu sendiri.

    Ditahap inilah yg sering terjadi perselisihan dan mementingkan kepentingan pihak sendiri(bukan mementingkan kepentingan yg ingin menikah)yg dikarenakan 'EGO' yang tinggi seperti ingin terpandang,pengen dihormati("GINJANG ROHA") yg mengakibatkan acara yg ingin dilaksanakan BATAL.

    Terus bagaimana caranya supaya kesepakatan itu bisa berjalan dengan baik????

    Biasanya mereka pihak perunding(kedua belah pihak)terutama parhata(juru bicara)mencairkan suasana yg sedang panas itu dengan pepatah batak.

    °Aek godang do aek laut

    Dos ni roha sibaen na saut

    °jika sehati(sepemikiran/tidak memikirkan kepentingan sendiri)pasti rencana baik(pernikahan)itu akan terlaksana

    *karena jika tidak ada Dos ni roha pernikahan itu tidak terlaksana.

    -apa bila pesta dilakukan ditempat mempelai wanita maka jumlah sinamot(mas kawin) akan lebih "besar",jika dibandingkan dengan bila pestanya ditempat mempelai laki-laki.

    -menurut adatnya sinamot itu digunakan untuk pelaksanaan dipesta pernikahan itu(khususnya untuk pihak mempelai perempuan)untuk menjalankan kewajibannya dalam pesta pernikahan itu(banyak kewajibannya😀)

    jadi sinamot itu:

    -bukti kesungguhan pria😀

    -ditentukan kedua belah pihak

    -tidak selalu mahal

    -tembok pertahanan terakhir agar tidak terjadi perceraian.😂😂😂

    *begitulah cara pandang saya tentang sinamot

    *kalau tidak sesuai ya abaikan saja

  • HOPE617

    8 Agustus 2018

    Akhirnya yang udah pernah bayar sinamot angkat bicara... 👍👌

  • 8 Agustus 2018

    Hahahaha.. ketauan kali ito ini Bataknya. Ganti tuh "Lainnya" jd "Batak" di profile ito.

    JANGAN506 tulis:

    Sinamot-->harga beli(jangan diartikan dalam hal negative)yg diberikan keluarga mempelai pria kepada keluarga mempelai wanita sebagai mas kawin jika ingin melaksanakan pesta pernikahan(menggunakan acara adat khusunya batak)

    ....

    *begitulah cara pandang saya tentang sinamot

    *kalau tidak sesuai ya abaikan saja

    9 Agustus 2018 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • JANGAN506

    8 Agustus 2018

    HOPE617 tulis:

    Akhirnya yang udah pernah bayar sinamot angkat bicara... 👍👌

    yaitukan belajar dari simatuaku yang kebetulan parhata dihuta

    *kalau tidak salah satu kecamatan dengan kampung halaman kamu.😀

    *tidak usah ditanggapin ntar aku dapet surat lagi dari mimin.

  • JANGAN506

    8 Agustus 2018

    SAURIA580 tulis:

    Hahahaha.. ketauan kali ito ini Bataknya. Ganti tuh "Lainnya" jd "Batak" di profile ito.

    baiklah,tapi aku lebih senang itu dari pada melihat orang  batak tapi sebetulnya tidak

  • HOPE617

    8 Agustus 2018

    Dan ga perlu juga lah kusebutkan Simatua Bang Jangan itu marga apa ya kan? 😂🤣🤔🙈

    Ternyata sungguh jeli pengamatanku selama ini... hhahahak

    Tapi mantap penjelasan sinamotnya Bang,,, setidaknya langsung dari yang berpengalaman, jadi bukan hanya menduga-duga... 👍👌

    JANGAN506 tulis:

    yaitukan belajar dari simatuaku yang kebetulan parhata dihuta

    *kalau tidak salah satu kecamatan dengan kampung halaman kamu.😀

    *tidak usah ditanggapin ntar aku dapet surat lagi dari mimin.

    8 Agustus 2018 diubah oleh HOPE617

  • 8 Agustus 2018

    Saya banget nih...

    [bJANGAN506 tulis:

    baiklah,tapi aku lebih senang itu dari pada melihat orang  batak tapi sebetulnya tidak

  • JANGAN506

    8 Agustus 2018

    VERONIKA622 tulis:

    bah emang bang Jangan suku batak ya dek ? kalau iya, Marga apa beliau?

    aku simatupang,sarupa hita ito pomparan ni op.lontung

  • JANGAN506

    8 Agustus 2018

    HOPE617 tulis:

    Dan ga perlu juga lah kusebutkan Simatua Bang Jangan itu marga apa ya kan? 😂🤣🤔🙈

    Ternyata sungguh jeli pengamatanku selama ini... hhahahak

    Tapi mantap penjelasan sinamotnya Bang,,, setidaknya langsung dari yang berpengalaman, jadi bukan hanya menduga-duga... 👍👌

    tidak perlulah karena borunya  teman sekolahmu,mungkin satu angkatan.

  • 8 Agustus 2018

    Horas ito..

    Satu opung kita

    JANGAN506 tulis:

    aku simatupang,sarupa hita ito pomparan ni op.lontung

  • JANGAN506

    8 Agustus 2018

    VERONIKA622 tulis:

    Horas ito..

    Satu opung kita

    JANGAN506 tulis:

    aku simatupang,sarupa hita ito pomparan ni op.lontung

    horas juga ito

  • HOPE617

    8 Agustus 2018

    Sinamot membawa berkah 😅🤣 Ada Pengakuan dari Bang Jangan yang sudah lama aku tau siapa... 😅

  • 8 Agustus 2018

    Buat kamu yang disana... Ini udah lengkap penjelasan tentang sinamot :-)

    JANGAN506 tulis:

    Sinamot-->harga beli(jangan diartikan dalam hal negative)yg diberikan keluarga mempelai pria kepada keluarga mempelai wanita sebagai mas kawin jika ingin melaksanakan pesta pernikahan(menggunakan acara adat khusunya batak)

    ....

    *begitulah cara pandang saya tentang sinamot

    *kalau tidak sesuai ya abaikan saja

    9 Agustus 2018 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 8 Agustus 2018

    Sssssttttt dah malam jgn ketawa2 ngakak ntar pada bangun 🙊🙈

    HOPE617 tulis:

    Sinamot membawa berkah 😅🤣 Ada Pengakuan dari Bang Jangan yang sudah lama aku tau siapa... 😅

  • LISTON872

    8 Agustus 2018

    JANGAN506 tulis:

    baiklah,tapi aku lebih senang itu dari pada melihat orang  batak tapi sebetulnya tidak

    Maksudnya ini seperti apa lae??

  • JANGAN506

    8 Agustus 2018

    LISTON872 tulis:

    Maksudnya ini seperti apa lae??

    lae pahamlah maksudku,tidak perlu aku jelaskan.

    *sebab aku sedikit tau bagaimana caranya untuk tau lawan bicara batak atau bukan.

    *tinggal lihat thread jk batakers(pernah mampir tidak dia ke thread itu)

  • MARDI377

    9 Agustus 2018

    Mantap kk kiting...

    *baca ini calon bang kami 😄*

    VERONIKA622 tulis:

    Buat kamu yang disana... Ini udah lengkap penjelasan tentang sinamot :-)

    9 Agustus 2018 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • SAREE580

    9 Agustus 2018

    JANGAN506 tulis:

    Sinamot-->harga beli(jangan diartikan dalam hal negative)yg diberikan keluarga mempelai pria kepada keluarga mempelai wanita sebagai mas kawin jika ingin melaksanakan pesta pernikahan(menggunakan acara adat khusunya batak)

    ....

    *kalau tidak sesuai ya abaikan saja

    👍👍

    9 Agustus 2018 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • JANGAN506

    9 Agustus 2018

    SAREE580 tulis:

    👍👍

    😀😀

  • DINA121

    9 Agustus 2018

    te ka es kepada TS krn suda membuat trit ini sedemikan hingga menunjukkan sedikit demi sedikit bahwasanya kategori suku yg tertulis LAINNYA ternyata eh ternyata belom tentu yang sesunggunya hhe hhe hhe

    .

    ehgimana gimana🤧🤧

  • DINA121

    9 Agustus 2018

    baebae lu Din dipriwitin miminceu✌✌

    DINA121 tulis:

    te ka es kepada TS krn suda membuat trit ini sedemikan hingga menunjukkan sedikit demi sedikit bahwasanya kategori suku yg tertulis LAINNYA ternyata eh ternyata belom tentu yang sesunggunya hhe hhe hhe

    .

    ehgimana gimana🤧🤧

  • DINA121

    9 Agustus 2018

    bahwasanya sinamot pun utk jaman skrg hanyala sebatas formality utk menyatukan dua keluarga menjadi satu.

    .

    ujung ujungnya pun patungan juwa hhe hhe walopun nda seimbang patungannya~

    .

    ehgimana gimanadeh🤧🤧

  • 9 Agustus 2018

    betul betul betul ...  

    DINA121 tulis:

    bahwasanya sinamot pun utk jaman skrg hanyala sebatas formality utk menyatukan dua keluarga menjadi satu.

    .

    ujung ujungnya pun patungan juwa hhe hhe walopun nda seimbang patungannya~

    .

    ehgimana gimanadeh🤧🤧

  • HENNY421

    9 Agustus 2018

    Sangat sedikit pria batak sekalipun berpandangan positif ttg sinamot. Umumnya komentar nya bernada negatif, krn hanya besaran Rupiah nya saja yg dilihat.

    Bro jangan ini satu perkecualian, krn bisa positive thingking.

    JANGAN506 tulis:

    Sinamot-->harga beli(jangan diartikan dalam hal negative)yg diberikan keluarga mempelai pria kepada keluarga mempelai wanita sebagai mas kawin jika ingin melaksanakan pesta pernikahan(menggunakan acara adat khusunya batak)

    ....

    *begitulah cara pandang saya tentang sinamot

    *kalau tidak sesuai ya abaikan saja

    9 Agustus 2018 diubah oleh JODOHKRISTEN

351 – 375 dari 513    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 14  15  16 ... 21  Selanjutnya Kirim tanggapan