Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Apa arti mahar / sinamot(batak) bagi para wanita dan Pria JK?

ForumGaya hidup Kristen

451 – 475 dari 511    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 18  19  20  21  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • 21 Agustus 2018

    Sudahlah ito. Mungkin bagi mereka sinamot itu berhala ya sudahlah biar saja.

    Ada juga bentuk berhala lain seperti penggunaan uang, aset (bergerak, tidak bergerak), pekerjaan, jabatan, kuasa, mobil, motor bahkan mungkin pacar/kekasih, smartphone, internet atau instruments lainnya yang kalau tidak dikendalikan dengan baik itu juga bentuk penyembahan berhala. Berhala sekarang bukan dalam bentuk patung, jampi2, dan sejenisnya saja.

    Peace, love and gaul..🙏😊😉😇

    LISTON872 tulis:

    Itu kan kata tante ito, bukan kata Tuhan, lagian bentuk berhalanya itu dimana?? Kenapa semudah itu men judge kalo tradisi itu bentuk dari penyembahan berhala??

    Mungkin ibadahku tidak sehebat orang orang lainnya, tapi imanku selalu mengatakan kalo aku kelak akan diselamatkan. Orang farisi juga menganggap mereka lebih hebat dalam beribadah dan lebih dekat dengan Tuhan dibandingkan orang israel lainnya, tapi Tuhan tidak berkenan dengan mereka dan lebih memilih pemungut cukai yang merasa dirinya hina di hadapan Tuhan, karna manusia melihat dari luarnya, tapi Tuhan melihat hati.

  • FRISKA968

    21 Agustus 2018

    Nah jawaban seperti kk sauria ini cerdas bangett

    Secara logika beney inii

    Bener juga khan...

    Segala sesuatu berlebihan bs berhala...

    Nah kadang kl sampe ada yg gag merit karena sinamot kan berhallaa tueh.

    Masak lebih penting sinamot drpd hub yg sudah lama terjalin gagal... Karena gag sepakatt

    Itu ada kejadia hampir sepupu aku medan...

    Sisi positifnya sieh iyaa adat itu jika jadi

    Penghalang yg kebaikan bs jadi berhala x yaa

    Pdhl dl tante merit semua pake adat

    Sekarang menentang abis2an...

    Hehehee

    ]

    SAURIA580 tulis:

    Sudahlah ito. Mungkin bagi mereka sinamot itu berhala ya sudahlah biar saja.

    Ada juga bentuk berhala lain seperti penggunaan uang, aset (bergerak, tidak bergerak), pekerjaan, jabatan, kuasa, mobil, motor bahkan mungkin pacar/kekasih, smartphone, internet atau instruments lainnya yang kalau tidak dikendalikan dengan baik itu juga bentuk penyembahan berhala. Berhala sekarang bukan dalam bentuk patung, jampi2, dan sejenisnya saja.

    Peace, love and gaul..🙏😊😉😇

  • JANGAN506

    21 Agustus 2018

    FRISKA968 tulis:

    Nah jawaban seperti kk sauria ini cerdas bangett

    Secara logika beney inii

    Bener juga khan...

    Segala sesuatu berlebihan bs berhala...

    Nah kadang kl sampe ada yg gag merit karena sinamot kan berhallaa tueh.

    Masak lebih penting sinamot drpd hub yg sudah lama terjalin gagal... Karena gag sepakatt

    Itu ada kejadia hampir sepupu aku medan...

    Sisi positifnya sieh iyaa adat itu jika jadi

    Penghalang yg kebaikan bs jadi berhala x yaa

    Pdhl dl tante merit semua pake adat

    Sekarang menentang abis2an...

    Hehehee

    iyain ajalah biar cepet😞😞

  • 21 Agustus 2018

    Hahaha

    Nanya dong, berhala itu apaan sih, sama dengan berlebihan ya? #mikir keras

    Hahaha

    JANGAN506 tulis:

    iyain ajalah biar cepet😞😞

    21 Agustus 2018 diubah oleh CHARLY384

  • 21 Agustus 2018

    😂😂😂😂

    Ngakak boleh kah

    😂😂😂😂

    Sabar ya bang 😂😂😂😂

    JANGAN506 tulis:

    iyain ajalah biar cepet😞😞

  • 21 Agustus 2018

    LISBETH921 tulis:

    😂😂😂😂

    Ngakak boleh kah

    😂😂😂😂

    Sabar ya bang 😂😂😂😂

    Untung Komennya bukan nyimak sambil makan, kalo tadi komen gitu, kayaknya aku harus kirim payung cantik kerumahnya

  • SAREE580

    21 Agustus 2018

    JANGAN506 tulis:

    iyain ajalah biar cepet😞😞

    😂😂😂😂

  • EKO789

    22 Agustus 2018

    Pinginnya hihi

    EKO789 tulis:

    :-) $inamot

  • TEREHALOHO803

    22 Agustus 2018

    Klo hubngan g brlanjut krna sinamot itu namanya g jodoh bkn berhala.

    Tapi g ada hubgan putus krna "sinamot" ya. Sinamot itu hnya simbol dan org atau kluargalah yg dpat memutuskan sinamot itu sndri mau gmana n sprti apa. Jadi klo hubgan gagal ya brti krna pihak keluarganya aja yg tdak mngusahakan ada titik terang. Jadi pihak keluarga ini bisa dktakan berhala gtu ya?? Mnghalang2i dua insan yg saling cinta 🤣🤣

    Mau pake sinamot atau g sih pilihan masing2 tp kata2 berhala itu dipahami dlu apa mksdnya.

    FRISKA968 tulis:

    Nah jawaban seperti kk sauria ini cerdas bangett

    Secara logika beney inii

    Bener juga khan...

    Segala sesuatu berlebihan bs berhala...

    Nah kadang kl sampe ada yg gag merit karena sinamot kan berhallaa tueh.

    Masak lebih penting sinamot drpd hub yg sudah lama terjalin gagal... Karena gag sepakatt

    Itu ada kejadia hampir sepupu aku medan...

    Sisi positifnya sieh iyaa adat itu jika jadi

    Penghalang yg kebaikan bs jadi berhala x yaa

    Pdhl dl tante merit semua pake adat

    Sekarang menentang abis2an...

    Hehehee

    ]

    22 Agustus 2018 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • APRILIN663

    22 Agustus 2018

    Heheh..si Adam waktu melamar si Hawa ga pake cinamot :))))

    22 Agustus 2018 diubah oleh APRILIN663

  • 22 Agustus 2018

    APRILIN663 tulis:

    Heheh..si Adam waktu melamar si Hawa ga pake cinamot :))))

    Karena mereka bukan orang batak

  • EKO789

    23 Agustus 2018

    Memang kl mau pdkt dengan cewek Batak ini mikir dua kali saya:-).pertama horor dengan $inamot walaupun bisa nego tapi tetap pertimbangan kitalah.yang keduanya kl bukan orang Batak ada beli marga dan itu ya namanya beli gitukan :-).ada kawan2 di sini yg Nias kl boleh tau pake sinamotkah?

  • JANGAN506

    23 Agustus 2018

    APRILIN663 tulis:

    Heheh..si Adam waktu melamar si Hawa ga pake cinamot :))))

    jelas tidak pake cinamot,kan yang lagi dibahas sinamot

    *🙈🙈

  • 23 Agustus 2018

    Asek asek spti nya ada yg sudah prepare neh 😊

    Cok di tanya dulu sama calon nya atuh 😊

    EKO789 tulis:

    Memang kl mau pdkt dengan cewek Batak ini mikir dua kali saya:-).pertama horor dengan $inamot walaupun bisa nego tapi tetap pertimbangan kitalah.yang keduanya kl bukan orang Batak ada beli marga dan itu ya namanya beli gitukan :-).ada kawan2 di sini yg Nias kl boleh tau pake sinamotkah?

  • 23 Agustus 2018

    APRILIN663 tulis:

    Heheh..si Adam waktu melamar si Hawa ga pake cinamot :))))

    Karna mereka gak punya mertua jadi gak pakai cinamot cinamotan

  • APRILIN663

    24 Agustus 2018

    Mertuanya Penciptanya :))

    RUSTON812 tulis:

    Karna mereka gak punya mertua jadi gak pakai cinamot cinamotan

  • JODOHKRISTEN

    24 Agustus 2018

    Shalom,

    Pada Ketentuan dan Penjelasan tentang Forum (www.jodohkristen.com/topic/1/) tertera bahwa:

    Bukan chat: Forum tidak dimaksudkan untuk berbagi pesan singkat dengan 1 orang secara bolak-balik dalam waktu singkat, sehingga terlihat seperti chatting. Hal ini membuat topik terlalu panjang, dan biasanya isinya tidak relevan bagi orang lain.

    Meskipun sudah ada ketentuan tersebut, kami juga melihat adanya kebutuhan anggota untuk mengobrol, sehingga kami bersikap fleksible dalam hal ini dengan memberikan ruang khusus, seperti yang kami jelaskan sebelumnya:

    Kami juga menyadari bahwa anggota memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi secara santai sehingga memberikan kebijakan atau kelonggaran dengan membuat topik Kedai Kopi dan Teh: www.jodohkristen.com/topic/599/ serta memperbolehkan 'slowchat' pada topik yang tidak mengangkat tema tertentu yaitu topik grup berdasarkan lokasi atau etnis yang tidak mengangkat topik tertentu.

    Akan tetapi, tetap ada anggota-anggota yang menggunakan topik manapun untuk mengobrol/slowchat yang tidak sesuai dengan topik, meskipun sudah mengetahui bahwa hal tersebut tidak diperbolehkan. Bahkan ada yang menyalahkan atau melarang admin menghapus postingnya - meskipun posting tersebut berupa obrolan dan/atau tidak sesuai topik.

    Hal ini sangat mengganggu dan membuat anggota lainnya merasa tidak nyaman - hingga sebagian memutuskan untuk tidak lagi bergabung di Forum.

    Setelah sekian lama memberikan kelonggaran, mulai saat ini kami akan bertindak tegas untuk kepentingan bersama: anggota-anggota yang melakukan slowchat perlu menyadari bahwa akunnya bisa dihentikan sementara atau permanen tanpa pemberitahuan sebelumnya.

    Harap kerjasamanya: Harap utamakan kepentingan bersama.

    Terima kasih. Tuhan memberkati.

  • APRILIN663

    24 Agustus 2018

    Admin sang detektif :) kadang kalimat /pernyataan seseorang ga perlu ditanggapi panjang2, tp dgn menjawabny sebagai respon kita terhadap message tsb.anyway tx

  • 24 Agustus 2018

    wahhh...

    bahasannya seru yaa.

    tapi baru denger neh, kalo cinamot itu berhala.

    gagal faham juga neh maksudnya. kenapa cinamot jdi berhala yaa?

  • JAMES126

    24 Agustus 2018

    TEREHALOHO803 tulis:

    Klo hubngan g brlanjut krna sinamot itu namanya g jodoh bkn berhala.

    Tapi g ada hubgan putus krna "sinamot" ya. Sinamot itu hnya simbol dan org atau kluargalah yg dpat memutuskan sinamot itu sndri mau gmana n sprti apa. Jadi klo hubgan gagal ya brti krna pihak keluarganya aja yg tdak mngusahakan ada titik terang. Jadi pihak keluarga ini bisa dktakan berhala gtu ya?? Mnghalang2i dua insan yg saling cinta 🤣🤣

    Mau pake sinamot atau g sih pilihan masing2 tp kata2 berhala itu dipahami dlu apa mksdnya.

    mantapp....

  • RIO398

    13 Maret 2019

    Abs nyimak...

  • 13 Maret 2019

    Baca dari komen atas Ampe bawah nga namu jawaban pasti,

  • RIO398

    13 Maret 2019

    Namanya juga pemikiran Filosofi & iman kepercayaan...

    Jawaban pasti kalo pemikiranya scr Matematik

    Sy Baca dr awal sd akhir bgtulah arti

    #Sinamot

    #adatistiadat

    #Firman-Tuhan-u/ nikahan

    #Fakta"-cerita-ttg-nikah-adat

    #berbagai-pendapat"-Orang"

    #nikah-Gereja

    #nikah-adat

    13 Maret 2019 diubah oleh RIO398

  • 13 Maret 2019

    Ikutan nyimak aj dech..

  • CYNTIA756

    13 Maret 2019

    HENRIKO283 tulis:

    Saya Batak nih.Tinggal di Medan dan da sering liat pesta dan bahkan ikut terlibat ngadain pesta buat adik perempuan saya sendiri.Sekedar info.

    Gini bro/sis.

    Sinamot ga bisa juga dianggap "biaya" besarin anak perempuan dari kecil sampe besar.

    Itu biaya buat pesta.Pesta Batak mahal atau tidaknya itu sih relativ aja.Tergantung kemampuan pihak pria juga.Siapa bilang klo cewe yang PNS sinamotnya gede?Ga jugalah.Tapi ga juga berarti kecil.

    Sinamot buat biaya pesta.Ga menunjukkan "kualitas" si penerima mahar/sinamot.

    Pesta memang cukup mahal.Gedung/wisma,catering,bunga hias,musik/gondang,pakaian,rental mobil bahkan bis dan "sisa" nya buat beli kain/kebaya dan perhiasan si wanitaaa dan perabotan rumah tangga..So,memang sih "makan" biaya.

    Naaah..kan jauh sebelum hari H ada "marhata sinamot".Kayak "rapat" keluarga getuuu....Di situ tuh ada "bargaining" alias tawar menawar.Pihak pria mampu berapa,wanita maunya berapa.

    Singkatnya.(Tinggi/mahal/"murah"nya) sinamot ga melulu menunjukkan "kualitas" si calon pengantin wanita.Itu lebih kepada "gimana" nanti pesta itu dibuat.Besar,kecil atau standar aja.

    Salam semua.

    :-)

    Setuju bangetttt

451 – 475 dari 511    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 18  19  20  21  Selanjutnya Kirim tanggapan