Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Apa arti mahar / sinamot(batak) bagi para wanita dan Pria JK?

ForumGaya hidup Kristen

476 – 500 dari 511    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 19  20  21  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • 13 Maret 2019

    sebenarnya sinamot itu adalah uang yg di berikan pihak lelaki kepada pihak perempuan untuk digunakan sebagai dana adat dari pihak perempuan, karena nantinya nanti pihak perempuan juga akan menggunakan uang itu utk beli ulos dohot mandar hela, yg akan diberikan kepada kedua  pengantin, beli ihan/dekke utk di bawa ke pesta adat, beli ulos, untuk transportasi rombongan pihak par boru, olop olop saat di pesta, untuk isi amplop ulak ni ulos, upah tulang, biaya makan selama perjalanan, terkadang pihak par boru malah rugi dan harus nombok karena sinamot yg diberikan pihak par anak tdk cukup.

    Biasanya pada saat manukkun utang /marhusip dipapungu do raja untuk membahas dan mengetahui gambaran biaya parboru, sehingga pihak parboru mengajukan dan meminta besarnya sinamot, dan biasanya pihak lelaki akan menawar apabila pihak parboru meminta sinamot lebih tinggi dari gambaran biaya yg sudah di hitung.

    jadi semakin jauh jarak yg di tempuh utk pesta adat, Biasanya semakin besar biaya transportasi, dan ini jg bisa menimbulkan permintaan sinamot jadi lebih mahal.

    makanya sering ada lelucon, kalo dapat jodoh dari tetangga sebelah bisa ngirit sinamot, karena tak perlu sewa mobil atau kapal.. 😃

    biasanya kalo sudah raja ketemu raja ( Raja adat pihak perempuan & Raja adat pihak lelaki) sudah ketemu dan marhata sinamot, selalu bisa nego dan tdk ada sampai batal nikah dan acara adat gegara sinamot koq, mereka bisa saling memahami.

    kalo ada yg gagal menikah hanya krn sinamot mahal, itu sebenarnya msh sesama keluarga yg ngobrol, misalnya baru ortu si cewe dan si cowo yg ngobrol dab saling tawar menawar utk sinamot, kalo pihak wanita ngotot harus sesuai yg diminta, maka kemungkinan besar pihak kaki 2 akan memilih utk batal saja dan anaknya disuruh wanita lain.. 😃

    Adat itu bukan berhala..

    Sinamot itu bukan berhala..

    Yesus saja menghargai adat dan tradisi orang yahudi..

  • CYNTIA756

    13 Maret 2019

    ANDIKA031 tulis:

    mungkin mainya kurang jauh bilang gk pernah liat atw dengar atw dll ada kasus gagal menikah karena sinamot....

    ....

    YANG PERCAYA KATAKAN...

    AMINN !!!

    Sprtinya pengalaman pribadi ya bang? 😄

    Ngetiknya sambil berapi2 kayaknya. Hahaha

    14 Maret 2019 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • RIAKRISTIA497

    13 Maret 2019

    kalau menurut saya.mengenai Sinamot itu pasti sebelumnya pasangan/perempuan sudah memberitahu kepada laki-laki/pasanganya , orangtua dari wanita tsb minta mahar berapa? kalau keluarga dari perempuan ingin pesta pernikahanya megah, pastilah mereka minta Sinamotnya gedek. but jaman sekarang dari yang saya lihat keluarga laki-laki tidak semuanya menanggung biaya dari a-z. alasanya kenapa tidak?, ya kalau dia membayar mahal tapi, wanita yang dia beli itu tidak sesuai dengan keinginan mertua/ibu laki-laki. contoh tidak bisa masak, nyuci piring.  apalagi anak jaman now yg tahunya main handpone aja, dan banyaknya perceraian sepertinya mempertahankan hubungan itu sangat sulit.

    jadi untuk kita semua harus bijaklah dalam membuat keputusan.

    shalom 😇

    13 Maret 2019 diubah oleh RIAKRISTIA497

  • TORANG523

    10 April 2019

    Ingat aja kawan

    Dasar pernikahan adalah cinta/salib/kasih

    Bukan mahar ato sinamot.

    Itu seh menurutku sesuai Alkitab

  • PARDOMUAN756

    10 April 2019

    Halet ada,,sinamot ga ada

    Sinamot ada,,halet ga ada

    Halet ga ada,,sinamot ga ada ,,mimisan lah ini 😂😂

  • HOPE617

    10 April 2019

    Wkkwkkw...ngeri2 sedap lah ya...

    PARDOMUAN756 tulis:

    Halet ada,,sinamot ga ada

    Sinamot ada,,halet ga ada

    Halet ga ada,,sinamot ga ada ,,mimisan lah ini 😂😂

  • PARDOMUAN756

    10 April 2019

    Pake micin sasa ito,,biar mantap sedap nya😂

    HOPE617 tulis:

    Wkkwkkw...ngeri2 sedap lah ya...

  • 10 April 2019

    Brp byk micin ny yg di pake ?? 😄

    PARDOMUAN756 tulis:

    Pake micin sasa ito,,biar mantap sedap nya😂

    HOPE617 tulis:

    Wkkwkkw...ngeri2 sedap lah ya...

  • PARDOMUAN756

    10 April 2019

    Yg harga Rp50 aja 5 biji,,jadi ingat masa2 mama nyuruh aku beli mecin sasa serenceng 😆😆

    ROSAOCHA736 tulis:

    Brp byk micin ny yg di pake ?? 😄

    PARDOMUAN756 tulis:

    Pake micin sasa ito,,biar mantap sedap nya😂

    HOPE617 tulis:

    Wkkwkkw...ngeri2 sedap lah ya...

  • RIO398

    10 April 2019

    Sinamot penghargaan terhadap wanita yg di ukur berdasarkan nilai pd umumnya saat ini.., buat sy pribadi terlalu kecil kalo hanya di ukur dalam sebuah penilaian.., krn buat sy pribadi justru tak ternilai...#Tuhan Yesus sudah menebus dgn darahNya yg tak ternilai..

    #Firman Tuhan diatas adat, bukan sebaliknya

    Yg terpenting Berkat di Gereja di hadapan Tuhan bersaksi untuk sehidup semati dlm suka & duka sd maut memisahkan...

  • 10 April 2019

    bener sekali..cakep lahh..👍

    ROSE184 tulis:

    sebenarnya sinamot itu adalah uang yg di berikan pihak lelaki kepada pihak perempuan untuk digunakan sebagai dana adat dari pihak perempuan, karena nantinya nanti pihak perempuan juga akan menggunakan uang itu utk beli ulos dohot mandar hela, yg akan diberikan kepada kedua  pengantin, beli ihan/dekke utk di bawa ke pesta adat, beli ulos, untuk transportasi rombongan pihak par boru, olop olop saat di pesta, untuk isi amplop ulak ni ulos, upah tulang, biaya makan selama perjalanan, terkadang pihak par boru malah rugi dan harus nombok karena sinamot yg diberikan pihak par anak tdk cukup.

    ...

    Sinamot itu bukan berhala..

    Yesus saja menghargai adat dan tradisi orang yahudi..

    20 April 2019 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • LEANDRO077

    11 April 2019

    sinamot sesuai kualitas borunya (khusus utk yg msang harga tinggi utk sinamot borunya)

    sinamot itu dos ni roha sibaen nasaut.

    unang sundat muli boruna alani sinamot..

  • 11 April 2019

    Mau katanya ini,itu,Preetttt...arti Sinamot itu inti garis besarnya pokoknya pria batak harus kerja ngumpulin duit yg banyak banting tulang,karna kalo mau nikahin boru batak itu nga bisa modal Cinta aja tapi MAHALLL.. itu aja,sisanya berdoa aja perempuan yg dinikahin karakternya memang aslinya sama seperti waktu pacaran,secara bukan rahasia lagi pasangan itu carakter aslinya baru ketauan pas sudah nikah. hahaa.. ya nasib ku lah yg harus nikahin boru batak.

  • HERI642

    11 April 2019

    Oh gitu ya, Di JK jadi banyak member cewe,karena alasan mahar kah hmmmm

  • HOPE617

    11 April 2019

    ❤️❤️❤️

    ROSE184 tulis:

    Adat itu bukan berhala..

    Sinamot itu bukan berhala..

    Yesus saja menghargai adat dan tradisi orang yahudi..

  • RIO398

    12 April 2019

    Cr Orang Sunda/Jawa aja yg gk ada Sinamotnya... ehehhee :-D

  • MONIK761

    20 April 2019

    Tulisan pertama dan terakhir. Sekalian curcol nih. Aku bulan maret baru marhata sinamot. Doakan lancar ya teman-teman.

    Pesanku untuk abang2 batak, jangan takut sinamot. Menikah sama perempuan mana pun pasti minta ada resepsi, masa cuma pemberkatan dan KUA? Sahera halak ion😅

    Bocoran nih, aku rencana pesta adat batak akhir tahun ini di bekasi dengan undangan 800 jiwa atau 400KK (adat+nasional) target sekitar 130 juta udah sama 3M. Yang gak tahu 3M coba tanya ortu. Sinamot cuma formalitas aja disebutkan 25 juta, padahal ortu aku gak dapat sepeserpun dan mereka gak masalah. Kalau adat kecil, denger cerita kawan2 bisa 70 juta saja, atau buat pesta di kampung. Resepsi pakai tenda di depan rumah habis segitu juga kok. FYI menurut pengalaman kawan2 juga, pesta di jabodetabek dengan undangan 400KK bisa kembali modal minimal 40 juta dari amplop.

    Puji Tuhan kami menikah tanpa subsidi ortu, dan banyak jalan dibukakan. Misalnya, setelah negosiasi dan jurus pendekatan, biaya katering (paling berat) ternyata bisa dilunasin setelah pesta. Sejauh ini perhitungan keuangan puji Tuhan cukup. Gak perlu berhutang, anggaran honeymoon sudah dipisah, untuk isi rumah kami nanti dari warisan kosan aku dan cami. Puji Tuhan juga aku dan cami sebelum kenalan, masing2 sudah punya KPR. Kerja cerdas dan menabung.

    Lama kami menabung dua tahun, dihitung sampai akhir tahun ini.

    Pengorbanannya? BANYAK! Paling ekstrim sih akhirnya memutuskan tidak beli kebaya, jas, atau songket baru. Dananya dialokasi untuk yang lain. FYI jahit kebaya nikah minimal 3 juta, padahal cuma sekali pakai. Martumpol pakai kebaya dan jas wisuda😁 Songket punya pribadi. Salon murah meriah aja pakai jasa teman dekat yang kebetulan MUA pemula. Kalo udah syantik mah diapain juga tetap syantik khaaan.. Kami gak ada bagikan seragam, mobil pribadi aja pakai Xenia dipasang bunga sendiri yang bawa sepupu😁 Total hemat 15 juta.

    Dan masih banyak lagi penghematan lainnya. Se-ekstrim itu guys. Naholitan ya? Gembel kali? Peduli amat😅

    Yang penting acara adat jalan, supaya keluargaku dan cami sama2 sangap goarna, dan tetap bisa honeymoon ke SG💃🏻

    Btw kami kenalan di JK juga kok. Hehehe makasih JK.

    Jadi intinya, niat baik itu pasti dikasih jalan sama Tuhan. Kalau dari awal sudah bersungut2, Tuhan pun gak suka. Adat atau tidak itu pilihan, tetapi pesta pernikahan sejatinya adalah bentuk penghormatan kepada mertua dan ortu. Kalau abang2 sekalian (sista2 juga!) mau rajin bekerja, hidupnya benar, berusaha dan rajin menabung, camer atau ortu gak akan mempersulit kok. Semangat!💪🏻

  • 20 April 2019

    👍👍 Mauliate sharingnya sis.

    MONIK761 tulis:

    Tulisan pertama dan terakhir. Sekalian curcol nih. Aku bulan maret baru marhata sinamot. Doakan lancar ya teman-teman.

    ...

    Jadi intinya, niat baik itu pasti dikasih jalan sama Tuhan. Kalau dari awal sudah bersungut2, Tuhan pun gak suka. Adat atau tidak itu pilihan, tetapi pesta pernikahan sejatinya adalah bentuk penghormatan kepada mertua dan ortu. Kalau abang2 sekalian (sista2 juga!) mau rajin bekerja, hidupnya benar, berusaha dan rajin menabung, camer atau ortu gak akan mempersulit kok. Semangat!💪🏻

    20 April 2019 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • RENDY070

    20 April 2019

    Di batak sinamot, di jawa/sunda biasanya seserahan, di timur ada istilah belis, yah namanya laki2 klo ngelamar memang harus modal. Cuma yah nego2 lah. Makanya cowo jg sering2 ke pasar, kalian kalah nego itu ya jelas, gak lihat mamak2, ibu2, bundo2 calon mertua kalian itu kayak apa di pasar hahaha. Shock jiwa klo tau wkwkwk

  • HOPE617

    20 April 2019

    Uhukkkkk...

    RENDY070 tulis:

    Di batak sinamot, di jawa/sunda biasanya seserahan, di timur ada istilah belis, yah namanya laki2 klo ngelamar memang harus modal. Cuma yah nego2 lah. Makanya cowo jg sering2 ke pasar, kalian kalah nego itu ya jelas, gak lihat mamak2, ibu2, bundo2 calon mertua kalian itu kayak apa di pasar hahaha. Shock jiwa klo tau wkwkwk

  • MELLY459

    20 April 2019

    Biaya ditanggung bersama 👍🏻👍🏻

    Jd penasaran dpt marga apa, cm mo nanya sudah abu2.. 😀

    MONIK761 tulis:

    Tulisan pertama dan terakhir. Sekalian curcol nih. Aku bulan maret baru marhata sinamot. Doakan lancar ya teman-teman.

    ....

    Jadi intinya, niat baik itu pasti dikasih jalan sama Tuhan. Kalau dari awal sudah bersungut2, Tuhan pun gak suka. Adat atau tidak itu pilihan, tetapi pesta pernikahan sejatinya adalah bentuk penghormatan kepada mertua dan ortu. Kalau abang2 sekalian (sista2 juga!) mau rajin bekerja, hidupnya benar, berusaha dan rajin menabung, camer atau ortu gak akan mempersulit kok. Semangat!💪🏻

    25 April 2019 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • RENDY070

    20 April 2019

    Rere sakit?? Minum obat yah 😁

    HOPE617 tulis:

    Uhukkkkk...

  • RIO398

    20 April 2019

    RENDY070 tulis:

    Di batak sinamot, di jawa/sunda biasanya seserahan, di timur ada istilah belis, yah namanya laki2 klo ngelamar memang harus modal. Cuma yah nego2 lah. Makanya cowo jg sering2 ke pasar, kalian kalah nego itu ya jelas, gak lihat mamak2, ibu2, bundo2 calon mertua kalian itu kayak apa di pasar hahaha. Shock jiwa klo tau wkwkwk

    Di Batak sinamot saat ini rata" berdasarkan pendidikan SD..SMP..SMA..D3..S1..S2 dst

    5 Jt...10 Jt...20 Jt..30 jt..40 jt  50 jt..dst

    Di Sunda/Jawa seserahan brupa brng" sprti mas, kebaya., Makanan khas dll yg nilainya trgantung ini & itunya

    Di Timur Belis  ukuranya sama value rupiah...

    Bentuk penghargaan trhdp Orang tua sprti ini lah adanya..., Sungguh di sayangkan tdk jadi terkadang,  jikalau tdk Ada titik sepakat...

    Semoga tdk Ada yg tdk jd oleh krn Hal ini...

    Tuhan Yesus sudah menebus dgn DarahNya.., tidak setara dgn ukuranya yg dipakai untuk sebuah Sinamot, seserahan, Belis..., Jauh lbh Dr ini sangat berharga sd tdk dpt di ukur., Oleh sebab itu nafkah, tanggung Jawab, kasih sayang, pemimpim & pengayom keluarga terhadap istri kelak jauh lbh penting untuk di perhatikan.

    #salamdamai

    #salamkasih

    #Tuhan Yesus Memberkati

    20 April 2019 diubah oleh RIO398

  • 21 April 2019

    Congrats sista...

    Nanti setelah nikah share lah photo kalian, biar bisa memotivasi kita" yg blm nemu soulmate di JK ini.

    Aku sangat setuju dg pendapatmu.

    even dah resign dari jk semoga sis baca forum ini ya...

    Gbu & Semoga acara pernikahan kalian lancar dari martumpol, pemberkatan di gereja sampe acara mangadati nanti.

    MONIK761 tulis:

    Tulisan pertama dan terakhir. Sekalian curcol nih. Aku bulan maret baru marhata sinamot. Doakan lancar ya teman-teman.

    ....

    Jadi intinya, niat baik itu pasti dikasih jalan sama Tuhan. Kalau dari awal sudah bersungut2, Tuhan pun gak suka. Adat atau tidak itu pilihan, tetapi pesta pernikahan sejatinya adalah bentuk penghormatan kepada mertua dan ortu. Kalau abang2 sekalian (sista2 juga!) mau rajin bekerja, hidupnya benar, berusaha dan rajin menabung, camer atau ortu gak akan mempersulit kok. Semangat!💪🏻

    25 April 2019 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 21 April 2019

    Btw, buat sist monik761..

    Baru ngeh, marhata sinamot bln maret kmren,  kok acara pesta adatnya akhir tahun ini, kira-kira Desember donk ya. Kok lama ya..

    Biasanya yg kulihat setelah marhata sinamot lanjut lgsg dech... plg jarak 3  bln dah pesta adat.

476 – 500 dari 511    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 19  20  21  Selanjutnya Kirim tanggapan