Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Menyinggung dan Tersinggung

ForumTentang Jodoh Kristen

1 – 25 dari 88    Ke halaman:  1  2  3  4  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • JODOHKRISTEN

    15 Juli 2018

    Rekan-rekan yang dikasihi Tuhan,

    Kami menerima keluhan baik secara langsung maupun tidak langsung dari anggota merasa tidak nyaman dengan suasana di Forum, mereka yang sedih dan prihatin melihat bagaimana kita sebagai orang Kristen memperlakukan satu sama lain.

    Kami juga memperhatikan bahwa terdapat ketidakjelasan tentang kategori "menyinggung" atau “menyindir” dan bagaimana kami sebagai moderator menilai hal tersebut; kapan kami akan menghapus topik atau posting dan kapan kami memberikan komentar atau membiarkannya. Karena itulah kami membuat topik ini.

    Kita hidup pada era yang hipersensitif. Saat ini, perhatian lebih banyak ditujukan ke "menyinggung" sehingga kita menjadi semakin cepat dan sering "sakit hati".

    Marilah kita lihat pada berberapa polemik yang terjadi di Indonesia sekarang ini hingga kadang muncul demonstrasi-demonstrasi. Atau tidak perlu jauh-jauh dan kembali ke Forum. Kami menerima laporan dari anggota yang merasa tersinggung atau sakit hati dengan posting anggota lainnya.

    Adalah sangat baik dan memang seharusnya jika kita bersikap baik, ramah satu sama lain, saling mempertimbangkan perasaan satu sama lain. Akan tetapi tetap akan timbul masalah di balik prinsip tersebut di atas.

    Namun Alkitab memberikan pendekatan yang berbeda dan lebih baik bagi kita.

    Perbedaannya ada pada titik awal. Beberapa laporan yang kami terima berdasarkan pada "tersinggung". Demonstrasi dilakukan untuk mencoba mengubah masyarakat: "Anda tidak boleh mengatakan hal itu, karena hal itu menyinggung saya".

    Dan karena semua orang tersinggung oleh suatu hal, kehidupan bermasyarakat saat ini seperti "berjalan di atas telur", yang menyensor diri sendiri. Dialog dan diskusi menjadi padam atau mati.

    Alkitab membalik hal tersebut. Bukanlah tingkat "tersinggung" yang menjadi standar untuk apa yang boleh kita katakan atau tidak, tetapi sejauh mana kita sendiri memperhitungkan "saudara kita yang lemah imannya" (Roma 14).

    Alkitab mengajak kita untuk berpikir sebelum kita mengatakan (atau menuliskan) sesuatu:
    - Apakah aku mengedepankan kesatuan dan kasih Kristus? (Filipi 2:1,2).
    - Apakah itu benar, terhormat, adil, suci? (Filipi 4:8)

    Bahkan, Yakobus membahas secara mendalam tentang lidah dalam suratnya, betapa buruknya dan betapa jahatnya lidah itu. Bagaimana mungkin, desahnya, bahwa lidah yang sama memuliakan Tuhan dan mengutuk orang (Yakobus 3:9,10). Mereka yang tidak bisa menahan lidahnya berada di jalan yang sesat (Yakobus 1:26).

    Apa yang dituliskan oleh Yakobus adalah tegas, lugas, dan jelas. Jadi, Allah memanggil kita untuk melihat sikap dan motivasi kita sendiri, dan bukan pada orang lain yang mungkin menyinggung kita (Matius 7:2-5).

    Ini adalah forum. Di Forum, terjadi diskusi. Di sini orang lain menyatakan pendapat yang mungkin berbeda dengan pendapat atau pandangan kita. Di sini orang lain mendorong (atau "memaksa") kita untuk berpikir dengan cara yang tidak selalu menyenangkan (tetapi kadang-kadang edukatif).

    Tetapi di luar Forum juga berlaku hal yang sama: seorang pendeta, seorang teman, anggota keluarga, sesama anggota gereja harus dapat/boleh menegur kita (dengan kasih) atas perilaku kita (Matius 18:15).

    Jadi jangan terburu-buru masuk dalam kondisi "tersinggung", tetapi terbukalah untuk belajar dan bersedia dikoreksi. Apakah apa yang dikatakan (atau dituliskan) oleh orang lain benar adanya atau benar-benar tidak boleh/tidak seharusnya dikatakan?

    Bertindaklah dari roh bukan dari bukan dari daging saat berdiskusi. Apakah anda tidak berhasil melakukan hal tersebut? Berhentilah, dan biarkan hal tersebut berlalu dari anda. Atau, seperti yang Yesus katakan: Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.( Matius 10:14).

    Apa artinya hal ini bagi forum, hal-hal apakah yang diizinkan dan yang tidak?

    Kami ingin sesedikit mungkin melakukan "sensor", dan sebisa mungkin tidak memberikan perasaan kepada anggota (tertentu) bahwa dia tidak diterima karena memiliki 'pendapat yang keliru' atau mengungkapkan pendapatnya dengan cara yang tidak bijaksana. Kami ingin agar para anggota merasa bebas untuk dengan jujur membagikan perasaan dan pengalaman mereka, terutama di forum yang memang merupakan tempat untuk berdiskusi.

    Apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan? selalu merupakan pertimbangan.

    Apakah kami senang dengan komentar seperti "Para wanita di Jodoh Kristen sombong" atau "Pria di sini tidak serius"? Tidak, tentu saja tidak. Topik seperti itu tidaklah bijaksana. Penulis tidak memperhitungkan perasaan orang lain. Dan hal itu juga tidaklah benar, karena semua orang disamaratakan. Terkadang kami memberikan komentar pada topik atau posting seperti itu. Tapi apakah kami menghapusnya? Tidak, karena kami ingin memberi ruang bagi pendapat dan perasaan semacam itu, dalam batasan tertentu. Anda kemudian bisa merasa tersindir dan tersinggung oleh pendapat penulis, dan bereaksi sangat marah dari kedagingan anda. Atau Anda dapat bereaksi dari roh, mengingat bahwa pernyataan semacam itu mungkin berasal dari kekecewaan yang mendalam dan - kembali lagi pada - sakit hati.

    Tetapi jika terdapat serangan pribadi, misalnya "Budi adalah pria yang menyebalkan", atau "Irma adalah wanita yang sombong", kami akan menghapusnya. Hal tersebut bukanlah pernyataan umum lagi, tetapi menyerang seseorang. Ini adalah garis merah bagi kami.

    Kami tidak mengatakan bahwa kami memiliki semua jawaban, atau bahwa kami selalu melakukannya dengan sempurna. Tapi kami berharap bahwa anda bisa mengambil sesuatu dari penjelasan di atas.

    Tuhan memberkati.

    Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

    (1 Yohanes 2:6)

    15 Juli 2018 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • JODOHKRISTEN

    15 Juli 2018

    i.pinimg.com/564x/80/4b/4c/804b4c32b3e98631f118f7ee2cd08920.jpg

  • JOHANNES459

    15 Juli 2018

    Terimakasih admin..😇

  • 15 Juli 2018

    Terimakasih, mimin sudah diingatkan. 😊

  • 15 Juli 2018

    Aku cuma ingin ngomentarin kutipan yg ditulis admin sendiri ttg "para wanita di JK sombong" atau "pria JK ga ada yg serius". Mnrt ku sih penulis forum sebaiknya merancang kalimat2 yg lbh halus dlm bentuk pertanyaan dan alasannya sehingga wanita atau pria JK ga merasa dibilang sombong atau ga serius. Misalnya, drpd mengatakan "para wanita di JK sombong" sebaiknya penulis berkata:  "Apa yg membuat para wanita JK sepertinya kurang berminat berkenalan dng pria JK? Aku buth masukan dari cewek2 nih, agar aku bs memperbaiki foto/esay/chat ku di wa dan mungkin gaya komunikasiku saat bertemu lgs jika aku berkenalan lg dng wanita2 lain. Mohon masukannya. Thanks." Kayaknya ini sdh memenuhi konsep THINK tadi deh.

  • TONY490

    15 Juli 2018

    Mauliate amang dohot inang, admin jk.  Jaya diudara terus

  • 15 Juli 2018

    Thanks.. kak admin 😉👍

  • 15 Juli 2018

    Syukurlah saya tidak punya bakat menyinggung dan tersinggung. #assek

    Anyway, maaf, saya terlahir menjadi pribadi positif dan fleksibel, baik dalam perkataan pun perbuatan. #eaaa

    Sila dibaca MAZMUR 34 : 10 -15.

    Batu loncatan  YES,

    Batu sandungan NO.

    #blessed

    Jangan lupa bahagia.

    Salam

  • 15 Juli 2018

    Terima kasih kakak mimin manis😇

  • 15 Juli 2018

    Agreed. Thank you for gentle reminder. 🙏

    JODOHKRISTEN tulis: i.pinimg.com/564x/80/4b/4c/804 ... 7ee2cd08920.jpg

  • 15 Juli 2018

    Bravo Admin JK, sungguh bijaksana.

    Thanks masukannya...

    Setuju admin, tak ada gading yg tdk retak. Jd ketika terjadi kesalahan sdh seharusnya diingatkan dg cara bijaksana seperti yg admin sampaikan di atas.

    Sayapun terkadang terbawa emosi ketika memberikan komentar di forum. Untuk itu saya minta maaf. Cuma terkadang yg mengganggu ada jg org yg sdh berkomentar menyinggung perasaan orang lain tp tdk mau mengakuinya bahkan balik memberikan komentar yg intinya ingin memancing emosi kita utk melanjutkan perdebatan yg tidak penting dan bermakna.

    Untung masih ingat utk tetap positif thinking, bahwa jgn biarkan ketenanganmu/kedamaianmu diganggu oleh komentar/perilaku orang lain, karena kamu tdk bisa menyenangkan hati semua orang, jd biarkan sajalah.

    GBU

  • GLORIA115

    15 Juli 2018

    Thanks mimin😊...yuk teman2 JK buatlah thread yang berisi informasi, motivasi dan juga inspirasi karena inilah yang kita butuhkan.

    Joke memang diperlukan untuk meramaikan suasana tapi pastikan kalau itu tidak menyinggung orang lain dan keluar dari topik yang diangkat oleh TS.

  • 15 Juli 2018

    Menanggapi pendapat orang lain (terutama) di sosmed, ada baiknya jangan terlalu serius, klw bisa dijawab dengan candaan aja...klw ga ya diamin (cuekin), apalagi ga kenal.

    Nanggepin serius orang yg suka nyinggung2 a.k.a nyinyir2 itu, ga bagus buat kulit apalagi hati 😆😋.

    SO,, banyakin becanda sedikit serius klw di sosmed, klw face to face baru banyakin serius, karna klw becanda mulu ga jadi2.

  • ELISA859

    15 Juli 2018

    Seringkali kita salah paham,saat membaca kalimat,karna saat nulisnya sambil bercanda,bacanya serius,apalagi saat membaca pas suasana hati g happy,

  • 15 Juli 2018

    Saya minta maaf Min...jikalau terkadang saya salah sasaran...maksud hati cuma mau sekedar becanda, eh yang dituju lagi sensi...padahal saya cuma mau mencairkan suasana yang serius terus...

    Semoga Damai sukacita selalu menyertai kita semua...

    Met Hari Minggu...

    GBU ALL...

  • 15 Juli 2018

    saya copykan masukan saya dari thread lain..

    note:

    # harus paham membaca pihak lawan bicara, antara bercanda atau serius, orang serius ditanggapi canda, dan sebaliknya orang canda ditanggapi serius...  krn kurang cukup membaca situasi , menjadi salah paham, berakibat kesempatan hilang..  ini yg sering terjadi.. 😂

    # icon Moji

    tanda kecil, mengekspresikan karakter dirinya saat itu, hal kecil punya makna dalam, manfaatkan.. ☺️

    # Lalu bagaimana kita mengenal karakter seseorang, apakah tipe serius atau suka humor..... setidaknya kita bisa menangkap interaksi selama ini di forum... 

  • BAGAS321

    15 Juli 2018

    Saya dong itu, 😂

    NOVA809 tulis:

    Menanggapi pendapat orang lain (terutama) di sosmed, ada baiknya jangan terlalu serius, klw bisa dijawab dengan candaan aja...klw ga ya diamin (cuekin), apalagi ga kenal.

    Nanggepin serius orang yg suka nyinggung2 a.k.a nyinyir2 itu, ga bagus buat kulit apalagi hati 😆😋.

    SO,, banyakin becanda sedikit serius klw di sosmed, klw face to face baru banyakin serius, karna klw becanda mulu ga jadi2.

  • 15 Juli 2018

    saya donk itu, maksudnya orang yg suka nyinggung2 atau yg sering tersinggung ?? 🙄🤔harus jelas nehhh...😊

    BAGAS321 tulis:

    Saya dong itu, 😂

  • 15 Juli 2018

    Thanks admin.

  • 15 Juli 2018

    Sy pikir ngga semua sindiran itu ngga baik ya.kadang sindiran itu perlu,selama tdk ditujukan scr personal,tujuannya adl utk mengkritik sesuatu.hny sj yg tjd kadang sindiran tdk diterima scr dewasa/bijak

    sindiran yg tdk baik adl sindiran yg mengarah pd menyinggung scr personal dg mengutip komen seseorg.sy jg ga setuju dg yg model begini.meski sy pun pernah mengalami menrima ini,tp sy diemin aja,wong ngga kenal ini.krn kl sy komen balik,akhirnya bs melebar kemana2,dan akan sngt mgkn membuat emosi jd tdk terkontrol.

    Sy rasa kita sdh dewasa ya (baca:tua).hrs lbh bs menerima sindiran yg bersifat kritikan.tdk perlu cengeng dg lapor melapor.sy rasa admin cukup netral n dewasa dlm menerima stiap laporan.pasti ada investigasi dr tim admin

    salam..Gusti berkahi

  • BAGAS321

    15 Juli 2018

    Oh iya, kirain sudah ke bold tadi. Banyakan bercanda, sedikit serius. Namnya jaringan, kalo didunia realita, baru rock&roll, beibe😎😂😂🤣😅

    NOVA809 tulis:

    saya donk itu, maksudnya orang yg suka nyinggung2 atau yg sering tersinggung ?? 🙄🤔harus jelas nehhh...😊

    15 Juli 2018 diubah oleh BAGAS321

  • MAYA509

    15 Juli 2018

    ADMIN Tulis:

    Jadi jangan terburu-buru masuk dalam kondisi "tersinggung", tetapi terbukalah untuk belajar dan bersedia dikoreksi. Apakah apa yang dikatakan (atau dituliskan) oleh orang lain benar adanya atau benar-benar tidak boleh/tidak seharusnya dikatakan?

    Bertindaklah dari roh bukan dari bukan dari daging saat berdiskusi. Apakah anda tidak berhasil melakukan hal tersebut? Berhentilah, dan biarkan hal tersebut berlalu dari anda.

    BENER bingiiiitttssss miiiin!!! 👍👍👍👍

  • 15 Juli 2018

    Terima min udah diingatkan untuk kita semua..

  • 16 Juli 2018

    terima kasih , dear admin. sudah mengingatkan kita ^^

  • ELISA859

    16 Juli 2018

    Jadi kelihatan siapa yg aktif di forum.😄😄😄😄

1 – 25 dari 88    Ke halaman:  1  2  3  4  Selanjutnya Kirim tanggapan