Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Ladies, Calon Suamimu Harus Sdh Punya Rumah?

ForumPersahabatan dan hubungan

1126 – 1150 dari 1169    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 45  46  47  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • 28 April 2021

    JUNITA694 tulis:

    kelanjutan kasusnya gmn sih mereka?

    emang bnr ga dikasih sedikitpun ya?

    gilsss 😬

    astajim kan jadi gibah 🙈

    #timhotmanparis 😂

    Kita ikuti dan tunggu ending nya junita...

    Pelajaran buat kita,cew2 sekaya apapun suami kita..punya harta berlimpah atas bawaan atau nama pribadinya jangan bahagia dulu...kalo karakternya seperti HS itu menyedihkan sekali..event, kita gak tau permasalahan mereka sesungguhnya..tp kalo ada perjanjian pranikah dimana harta setelah bercerai tidak jd hak milik istri..istri jd dapat penderitaan..saya bukan orang  yg paham ttg hukum perjanjian pranikah..bagi yg paham silahkan utk menjelaskan..

  • 28 April 2021

    Oh yaa? Kukira harta bersama yg diperoleh setelah pernikahan maka menjadi hak suami istri klo bercerai ya dibagi 2.

    Tunggu ada yg jelasin lebih lanjut.. mungkin kak Echy? 😁

    ECHA124 tulis:

    Kita ikuti dan tunggu ending nya junita...

    Pelajaran buat kita,cew2 sekaya apapun suami kita..punya harta berlimpah atas bawaan atau nama pribadinya jangan bahagia dulu...kalo karakternya seperti HS itu menyedihkan sekali..event, kita gak tau permasalahan mereka sesungguhnya..tp kalo ada perjanjian pranikah dimana harta setelah bercerai tidak jd hak milik istri..istri jd dapat penderitaan..saya bukan orang  yg paham ttg hukum perjanjian pranikah..bagi yg paham silahkan utk menjelaskan..

  • 28 April 2021

    iyah akupun liat isunya istrinya ga dpt apa2.

    pdhl prenup itu tujuannya ga itu aja sih. nyelamatin dari kepailitan eh bnr ga ya. kita cuba tanya pakarnya

    ehehe

    ECHA124 tulis:

    Kita ikuti dan tunggu ending nya junita...

    Pelajaran buat kita,cew2 sekaya apapun suami kita..punya harta berlimpah atas bawaan atau nama pribadinya jangan bahagia dulu...kalo karakternya seperti HS itu menyedihkan sekali..event, kita gak tau permasalahan mereka sesungguhnya..tp kalo ada perjanjian pranikah dimana harta setelah bercerai tidak jd hak milik istri..istri jd dapat penderitaan..saya bukan orang  yg paham ttg hukum perjanjian pranikah..bagi yg paham silahkan utk menjelaskan..

  • 28 April 2021

    HER166 tulis:

    Oh yaa? Kukira harta bersama yg diperoleh setelah pernikahan maka menjadi hak suami istri klo bercerai ya dibagi 2.

    Tunggu ada yg jelasin lebih lanjut.. mungkin kak Echy? 😁

    Kita tanya yg paham ttg UU perjanjian pranikah..apa maksud dan tujuan UU ini? Apakah pasangan suami dan istri wajib Atau tidak memakai UU pranikah ini? Saya,mau tau dan belajar juga ttg hukum peranjian pranikah ini😬utk menambah ilmu

    28 April 2021 diubah oleh ECHA124

  • 28 April 2021

    JUNITA694 tulis:

    iyah akupun liat isunya istrinya ga dpt apa2.

    pdhl prenup itu tujuannya ga itu aja sih. nyelamatin dari kepailitan eh bnr ga ya. kita cuba tanya pakarnya

    ehehe

    Dapat atau gak dapat harta gono gini? Si HS bilang harta yg diperoleh selama masa,pernikahan itu milik bersama..bukan semua harta,itu milik istri..

  • DIANPANDIE622

    28 April 2021

    Setelah di baca cerita kka  ECHA, menurut saya   Karena masih pacaran kita udah bilang beliin ini dan itu sangat berbahaya bagi kita sbg wanita  ( walaupun kita bercanda tapi ada yang serius loh beli).  

    Jadi selama masih pacaran  jgnlah meminta di beliin ini dan itu kecuali udah nikah  sah  secara agama di depan Tuhan  dan  hukum. Agar harga diri kita sebagai  wanita jgn  di anggap rendah oleh pria apalagi  klrgax.

    ECHA124 tulis:

    Sewaktu saya jalan dengan mantan pacar saya yg dulu, iseng2 saya bilang dgn nya ..kamu belikan saya mobil atau rumah dl donk..dan dia jawab gini, iya aku belikan kamu mobil..nanti kamu yg pakai mobil ya ..utk kamu saja..lah ternyata ada yg sampaikan pembicaraan kami ini ke bapak saya..saya ditegur deh sama bapak saya..bapak saya bilang begini..jangan kamu langsung minta ini dan itu ..minta dibelikan rumah lah, mobil lah..sepertinya bapak saya tidak suka kalo saya terlalu menuntut dgn pasangan saya selama masih pacaran. Saya bilang kan hanya bercanda bapak ..saya gak serius minta nya ..sejak saat ini saya ingat terus pesan nya bapak..

  • 28 April 2021

    tp kata2 dia ke istrinya ga da hak apa2, makanya diusir istrinya.

    🙈😬

    ECHA124 tulis:

    Dapat atau gak dapat harta gono gini? Si HS bilang harta yg diperoleh selama masa,pernikahan itu milik bersama..bukan semua harta,itu milik istri..

  • 28 April 2021

    JUNITA694 tulis:

    tp kata2 dia ke istrinya ga da hak apa2, makanya diusir istrinya.

    🙈😬

    Bah..amang tahe..kok kejam nya..betulnya junita?

  • 28 April 2021

    iyha kak, dari akun gibah 🤭

    ECHA124 tulis:

    Bah..amang tahe..kok kejam nya..betulnya junita?

  • 28 April 2021

    DIANPANDIE622 tulis:

    Setelah di baca cerita kka  ECHA, menurut saya   Karena masih pacaran kita udah bilang beliin ini dan itu sangat berbahaya bagi kita sbg wanita  ( walaupun kita bercanda tapi ada yang serius loh beli).  

    Jadi selama masih pacaran  jgnlah meminta di beliin ini dan itu kecuali udah nikah  sah  secara agama di depan Tuhan  dan  hukum. Agar harga diri kita sebagai  wanita jgn  di anggap rendah oleh pria apalagi  klrgax.

    Iya sist Dian..teguran bapak itu sebenarnya bagus..bapak saya kalo bertanya ttg pria yg mau serius dgn saya , hal yg utama dia tanya pekerjaan nya apa..dia tidak pernah tanya sdh punya,rumah blm, sdh punya mobil blm, sdh punya tanah blm, dll..bagi bapak saya, dl dia menikah dgn mamak saya..dimulai dari nol..dari gak punya apa2.. Tapi dgn adanya anak rejeki itu datang terus..sampai pada akhirnya bapak bisa punya rumah, mobil, dan tanah..semua diperoleh setelah dia menikah dgn mamak saya..jadi bapak selalu nasehati saya utk tidak menuntut ini itu sama pria..lebih bagus lah sama2 berjuang utk mendapatkan semua itu..dan Perjanjian pranikah dulu gak dibuat mereka..kaRena mereka mulai dari nol..sama2 berjuang mendapatkan nya..

    28 April 2021 diubah oleh ECHA124

  • AVE856

    28 April 2021

    Berarti dlu sist tau dia itu beda agama sbelum mengikrarkan jd pacar y ?

    Itu coba2 atau gmn sih sist ?

    Kepoo 🤭

    ECHA124 tulis:

    Saya jujur sebenarnya mau juga dibelikan mobil atau rumah oleh dia..malahan dia bilang kita sama ke sorum mobil kamu ikut ya..saya jadi nya shock gt dengarnya..ahh yang bener nih..ntar kalo saya jadi dibeilkan nya mobil dia ada udang dibalik bakwan..alias karena dia mau mendapatkan saya..saya orang yang berpikir panjang ..seandainya dia mau ikut agama saya..dia pindah ke kristen..apa betul dia setelah menikah dgn saya tetap setia mengikut Yesus atau gak..Jangan keimanan thd Yesus Kristus setelah menikah dgn saya jd berubah..saya gak bisa menjamin juga kan..dan masukan2 dr bapak , keluarga dan teman2 saya beranekaragam..antara yg pro dgn yg kontra itu seimbang..saya makin bimbang..hanya saya pernah bertanya di Fb nya Pdt. Niko Notojohardjo perihal beda agama ini..beliau katakan sesuai firman Tuhan antara hitam dan putih tidak dapat bersatu..carilah pasangan yg seiman..dan mintalah hikmad dari Tuhan..supaya keputusan yg saya pilih tidak salah.

  • 28 April 2021

    AVE856 tulis:

    Berarti dlu sist tau dia itu beda agama sbelum mengikrarkan jd pacar y ?

    Itu coba2 atau gmn sih sist ?

    Kepoo 🤭

    Iya,saya mengetahui dia agama islam..dia yg cerita jujur sama saya awal kenalan..saya blm tanya dia ttg agamanya..tp dia sdh jujur bahwa agama,dia islam..tapi dia juga langsung bilang mau utk pindah ke kristen. Kalo dia menikah dia mau nikah secara kristen..dan dibabtis..

    28 April 2021 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • AVE856

    28 April 2021

    Owhh jd sist udh tau beda n brani melangkah jd pacar ya tanpa pikir pjg kedepannya beda agama akn jd mslh walau dia mau ngikut agama sist,, walau pd akhirnya alasan itu yg  dipakai u/ mengakhiri hub kalian,,

    Sayang sih menurutku,, pny cwo cinta mati sm kita, mau berkorban materi bahkan imannya ditinggalkan demi kita, knp dilepas ? 😁

    ECHA124 tulis:

    Iya,saya mengetahui dia agama islam..dia yg cerita jujur sama saya awal kenalan..saya blm tanya dia ttg agamanya..tp dia sdh jujur bahwa agama,dia islam..tapi dia juga langsung bilang mau utk pindah ke kristen. Kalo dia menikah dia mau nikah secara kristen..dan dibabtis..

  • 28 April 2021

    AVE856 tulis:

    Owhh jd sist udh tau beda n brani melangkah jd pacar ya tanpa pikir pjg kedepannya beda agama akn jd mslh walau dia mau ngikut agama sist,, walau pd akhirnya alasan itu yg  dipakai u/ mengakhiri hub kalian,,

    Sayang sih menurutku,, pny cwo cinta mati sm kita, mau berkorban materi bahkan imannya ditinggalkan demi kita, knp dilepas ? 😁

    Saya berpikir panjang sis, kurang dr setahun saya jalan dgn nya jawaban saya selalu nanti lah bang..padahal dia ngebet utk melamar saya..mau bertemu ortu saya..saya selalu bilang janganlah buru2 bang..alasan nya saya  ragu dia betul2 gak setia sampai mati jd anak Kristus..takut saya,dia berubah lagi setelah nikah..pindah agama lg ke islam

    Iya, dia cinta mati ke saya, rela berkorban materi, agama demi saya..jujur dia pria yg sangat baik ..sabar banget dia..saya merasa bersalah dgn nya..saya berulang2 kali meminta maaf dgn nya..bahkan saya kalo berdoa minta ampun sama Tuhan kalo sdh menyakiti hati nya..

    28 April 2021 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • AVE856

    28 April 2021

    Nah itu dia sist, knp dr awal tau beda tp tetep dijalanin walau ga sampe staun jg pasti mkin dalem rasa sygnya,, jd nya kn merasa bersalah,,

    Apa waktu itu sist cuma iseng sm dia dijadiin pacar ?

    ECHA124 tulis:

    Saya berpikir panjang sis, kurang dr setahun saya jalan dgn nya jawaban saya selalu nanti lah bang..padahal dia ngebet utk melamar saya..mau bertemu ortu saya..saya selalu bilang janganlah buru2 bang..alasan nya saya  ragu dia betul2 gak setia sampai mati jd anak Kristus..takut saya,dia berubah lagi setelah nikah..pindah agama lg ke islam

    Iya, dia cinta mati ke saya, rela berkorban materi, agama demi saya..jujur dia pria yg sangat baik ..sabar banget dia..saya merasa bersalah dgn nya..saya berulang2 kali meminta maaf dgn nya..bahkan saya kalo berdoa minta ampun sama Tuhan kalo sdh menyakiti hati nya..

    28 April 2021 diubah oleh AVE856

  • 28 April 2021

    AVE856 tulis:

    Nah itu dia sist, knp dr awal tau beda tp tetep dijalanin walau ga sampe staun jg pasti mkin dalem rasa sygnya,, jd nya kn merasa bersalah,,

    Apa waktu itu sist cuma iseng sm dia dijadiin pacar ?

    Gak iseng ...saya memang mau menjalani hub dgn nya..baik banget dia..tapi setelah mendengarkan saran2 dan pendapat teman2 , ortu dan keluarga saya jd berpikir2 ulang.

    28 April 2021 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • AVE856

    28 April 2021

    Klo blh tau,, dlu sist mau menjalin hub dgn dia yg beda tujuannya apa y ?

    Krn sang mantan mapan kah ?

    Hehee biar ga OOT nyangkut rumah jg di thread ini

    Wwwkepobenerancom 🤭

    ECHA124 tulis:

    Gak iseng ...saya memang mau menjalani hub dgn nya..baik banget dia..tapi setelah mendengarkan saran2 dan pendapat teman2 , ortu dan keluarga saya jd berpikir2 ulang.

  • ANGGORO118

    28 April 2021

    AVE856 tulis:

    Klo blh tau,, dlu sist mau menjalin hub dgn dia yg beda tujuannya apa y ?

    Krn sang mantan mapan kah ?

    Hehee biar ga OOT nyangkut rumah jg di thread ini

    Wwwkepobenerancom 🤭

    tiati say ga boleh OOT 🤭😅

  • AVE856

    28 April 2021

    Sbenernya ga OOT sih,, kan soal pny rumah/kemapanan,, cuma tny jwbnya separo2 ga skaligus gitu,,jd tampak byk koment yg OOT 😁😁,,

    Bisa aq ulang comentnya jd 1 :

    Sang mantan cinta mati, mau berkorban materi n iman, knp dilepas ? Kan sayang

    Sist Echa sbelumnya tau ga dia beda ?

    Trs tau beda kok msh mau dilanjutin ? Apa krn mapan n mampu bli rumah atau iseng aja ?

    Dn msh byk lg pertanyaannya

    Emang sist Echa wkt itu umur brp ?

    Kok baru tau klo hub beda agama itu ga akan berjalan mulus,, upppss lha kan udh ga beda kan cwonya udh mau ngikut,,

    Trs mslhnya dimana ya ?

    😁😁✌️✌️✌️✌️

    28 April 2021 diubah oleh AVE856

  • 28 April 2021

    Wkwkwk...

    Memangkas birokrasi bah... 👍😆😂😂

    JUNITA694 tulis:

    NAH akhirnya ada yang paham

    logical fallacy atau kesesatan berpikir

    sayang bgt orgnya udah abu2 sih. harusnya dilurusin cara berpikirnya.

    tapi aku ga tau ini jenis fallacy yg mana. yg aku ingat bgt itu ad hominem, org yg berargumen tp nyerang personal yg ga berkaitan sama topik.

    cmiiw.

    anw, aku stuju bg klo member jk join karna circle pertemanannya makin sedikit. mau kenalan irl pun ga smua punya wkt. praktis ya pake dating app. intinya memangkas birokrasi dalam perkenalan offline (ehh bnr ga ini)

    wkwkw

    🤭

  • 28 April 2021

    Sist Ave, bertanyalah tanpa kesan menyudutkan. Seseorang bersedia berbagi pengalaman hidup, petiklah manfaat yang bisa didapatkan dari pengalaman hidup orang lain. Bila tak ada yang bisa didapatkan dari sana, ya..setidaknya menghargai seseorang bersedia berbagi pengalaman hidup. Sekedar saran saja.

    AVE856 tulis:

    Sbenernya ga OOT sih,, kan soal pny rumah/kemapanan,, cuma tny jwbnya separo2 ga skaligus gitu,,jd tampak byk koment yg OOT 😁😁,,

    Bisa aq ulang comentnya jd 1 :

    Sang mantan cinta mati, mau berkorban materi n iman, knp dilepas ? Kan sayang

    Sist Echa sbelumnya tau ga dia beda ?

    Trs tau beda kok msh mau dilanjutin ? Apa krn mapan n mampu bli rumah ?

    Dn msh byk lg pertanyaannya

    Emang sist Echa wkt itu umur brp ?

    Kok baru tau klo hub beda agama itu ga akan berjalan mulus,, upppss lha kan udh ga beda kan cwonya udh mau ngikut,,

    Trs mslhnya dimana ya ?

    😁😁✌️✌️✌️✌️

    28 April 2021 diubah oleh KATHARINA781

  • AVE856

    28 April 2021

    Upsss maaf cuma tny doang,, 🙏🏻

    Dr awal sist Echa jwb kok,,

    Klo dr td ga jwb jg aq ga akn lanjut kepo,,

    ✌️✌️😁

    KATHARINA781 tulis:

    Sist Ave, bertanyalah tanpa kesan menyudutkan. Seseorang bersedia berbagi pengalaman hidup, petiklah manfaat yang bisa didapatkan dari pengalaman hidup orang lain. Bila tak ada yang bisa didapatkan dari sana, ya..setidaknya menghargai seseorang bersedia berbagi pengalaman hidup. Sekedar saran saja.

    28 April 2021 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 28 April 2021

    ISMU915 tulis:

    Ladies, Calon Suamimu Harus Sdh Punya Rumah?

    Menurut sy rmh tdk jaminan hidup bakal bahagia, kmd nmnya calon mau punya rmh, mobil dengan segala perabotanya emang menguntungkan buat wanita blum tentu jg, krn itu bukan harta bersama  yg diperoleh setelah menikah bila terjadi perceraian si wanita akan ngacir krn semua fasilitas,  pemberian pasti akan diminta lg krn dg mengingat asalnya barang² tsb bs macam² alasan misal dr pemberian ortu dr sdr dsb...dan msh banyak lg alasanya jd jgn senang dulu krn cerita dg fakta lapangan bs berbeda jauh

    Gmn maksud panjenengan? Jika si pria membeli rumah dll sblm nikah atas nama si pria doang, setelah nikah si wanita dng mudahnya akan menggugat cerai? Trus siapa yg akan meminta rumah tsb dan mintanya kepada siapa? Setauku kan kalo si laki2 membelikan rumah dll SEBELUM menikah, jika terjadi perceraian jsutru si laki2 yg beruntung krn si laki2 ga perlu membagi rumah tsb dng si wanita krn rumah tsb merupakan harta bawaan si pria. sorry aku bingung dng penjelasanmu. Bisa tolong dijelaskan?

    28 April 2021 diubah oleh ANITA089

  • 28 April 2021

    AVE856 tulis:

    Sbenernya ga OOT sih,, kan soal pny rumah/kemapanan,, cuma tny jwbnya separo2 ga skaligus gitu,,jd tampak byk koment yg OOT 😁😁,,

    Bisa aq ulang comentnya jd 1 :

    Sang mantan cinta mati, mau berkorban materi n iman, knp dilepas ? Kan sayang

    Sist Echa sbelumnya tau ga dia beda ?

    Trs tau beda kok msh mau dilanjutin ? Apa krn mapan n mampu bli rumah atau iseng aja ?

    Dn msh byk lg pertanyaannya

    Emang sist Echa wkt itu umur brp ?

    Kok baru tau klo hub beda agama itu ga akan berjalan mulus,, upppss lha kan udh ga beda kan cwonya udh mau ngikut,,

    Trs mslhnya dimana ya ?

    😁😁✌️✌️✌️✌️

    Saya jelaskan tapi ini utk terakhir nya sist Ave..kalo diteruskan OOT pula kan..saya jawab dl ttg hub beda agama itu ga akan berjalan mulus, lah kan uda ga beda cowoknya karena bersedia ngikut agama aku..kan saya sdh katakan dikomentar sebelumnya saya tidak bisa menjamin dia setelah menikah dgn saya, dia akan tetap mengimani Kristen sbg agamanya...bisa saja dia berubah lagi..pindah lagi ke agama islam..saya berdoa ttg hubungan kami ini..dan saya bertanya ke teman, keluarga dan ortu saya..bapak saya menjelaskan resiko nya kalo dia nanti gak sungguh2 menjalankan ke kristen nya, dia akan balik lagi ke islam..dan kamu nanti juga akan disuruh nya pindah ikut dia ke islam..sdh diberikan resiko kedepan nya dan pandangan2 oleh bapak saya..saya jadi berpikir lagi ..saya pikir kalo saya perlu mendengarkan nasehat bapak saya..walaupun bapak mengembalikan semua keputusan ke saya..saya putuskan lah utk berpisah dgn nya..

    Saya juga akui saya salah ..dlm hal ini saya sdh mengecewakannnya..saya pun sdh minta maaf kepadanya..inilah penjelasan saya..kalo dibahas terus kan jadi OOT..😁

    28 April 2021 diubah oleh ECHA124

  • ECHY268

    28 April 2021

    Begini sistahh..

    UU No.1 tahun 1974 ttg Perkawinan Pasal 35 ayat :

    (1) Harta benda yang diperoleh selama perkawinan menjadi harta bersama

    (2) Harta bawaan dari masing-masing suami dan isteri dan harta benda yang diperoleh masing-masing sebagai hadiah atau warisan, adalah dibawah penguasaan masing-masing sepanjang para pihak tidak menentukan lain.

    Note; Ini berlaku jika tidak ada membuat Prenup/akta perjanjian nikah ya..
    Tentang perjanjian nikah sudah ada treadnya jd monggo di cari aja treadnya biar ga kejauhan OOTnya

    Nah, buat kita2 yg mau menikah ini dihapalkan ya, biar tau hak-haknya kelak terkait harta saat sudah menikah, mana tau ada berantem2 trus ribut ttg gono gini...:-D

    Tadi ada yg bilang jadi HS dan Desiree ada Prenup kah? JIka ada, baca dulu isi prenup mereka itu apa? Isi Prenup khan macam-macam. JIka di prenup sdh diatur terjadi pisah harta sama sekali, ya ia. Maka saat terjadi perceraian, maka masing-masing memperoleh harta yang diatas namakan dia saja. Tapi, agak janggal jg ya, jika ada prenup pisah harta kok tidak ada rumah/aset atas nama isteri? Jangan salah lho, bisa juga gini. Si istri dikasih uang  ama suami agar membeli aset/rumah atas nama si isteri (biar adalah aset istri khan)..., tapi istri belikan yg lain (yg konsumtif) atau dibelikan tapi di atas namakan keluarganya, anaknya dll. Who Knows....

    Saat terjadi perceraian dia ngarang bilang tidak pernah dikasih uang atau tidak pernah dibelikan aset dll. Belajar dari case tersebut. Bisa jg ya, saat memberikan sejumlah uang yg nilainya besar kpd istri diberita transfernya ditulis untuk beli rumah. Lalu, simpan bukti2 tsb. Kelak jika terjadi hal-hal yg tidak diinginkan, maka ada bukti2 bahwa si suami pernah kasih uang utk beli rumah atau aset dgn jumlah besar.

    Aku tidak begitu mengikuti kasus HS dan Desiree Tarigan tsb karena itu ranah mereka yg sdh sgt-sgt tahu hukum. Jadi kita nonton ajalah gimana endingnya.
    Kita sebagai orang awan jgn langsung berasumsi si A salah, kasian si B. belum tentu. Ingat dunia ini panggung sandiwara. Yang tau hanyalah mereka yg sedang 'memainkan perannya masing-masing'.

    Si Bapak pengacara yg satu, suka bilang kl asetnya kebanyakan atas nama istri, jadi kalau cerai maka dia akan jadi gembel...
    Trus masyarakat awam langsung percaya...oh ia ya... dia itu baik bgt ama istrinya even dia nakal...

    Pdhl mah, kalau harta bersama ntar dibagi 2 boss...:-D

    Hmmmm......

    HER166 tulis:

    Oh yaa? Kukira harta bersama yg diperoleh setelah pernikahan maka menjadi hak suami istri klo bercerai ya dibagi 2.

    Tunggu ada yg jelasin lebih lanjut.. mungkin kak Echy? 😁

    28 April 2021 diubah oleh ECHY268

1126 – 1150 dari 1169    Ke halaman:  Sebelumnya  1 ... 45  46  47  Selanjutnya Kirim tanggapan