Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Apa makna penyaliban Yesus bagi anda ?.

ForumAlkitab

26 – 50 dari 67    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • 16 November

    Salib dan penyaliban Tuhan Yesus itu bukan hanya sekedar ajaran teladan. Penyaliban Tuhan Yesus untuk menggenapi apa yg sudah dijanjikan atau dinubuatkan-Nya di Perjanjian Lama.

    Kalau makna Salib itu sendiri bagi saya sebagai kemenangan, menyangkal diri dan keseimbangan.

    Hubungan cinta kasih manusia ke Sang Pencipta, ke sesamanya dan ke bumi atau alam sekitar.

  • 16 November

    Salib bagi aku adalah sebuah pernyataan bahwa pengampunan adalah bagian terbesar dari cinta.

  • 16 November

    Bagi saya? Pendapat pribadi banget berarti ya?

    Penyaliban Yesus adalah bukti Tuhan bener2 sayang, bener2 pengen bisa ngumpul bareng manusia. Dan bukti, Beliau tidak terkalahkan oleh apapun.

  • 16 November

    Pengorbanan yg sangat extra mahal... kalo kita lupa, g menyadari nya... durhaka betul...belajar menghargai darahNya yg tertumpah yg tujuannya spy kita selamat... bukan sedikit yg dikorbankanNya... banyak dan sangat mahal... kita g bisa ganti...jd berhati2lah senantiasa, agar tdk menyakiti hati Tuhan...

  • 16 November

    Penafsiran Yesus hanya ajaran teladan adalah ajaran sesat liberal yang diprakarsai oleh Peter Abelard (1079-1142M).
    id.wikipedia.org/wiki/Teori_pe ... enai_pendamaian

    Kalau cuma dicomot 1 Pet 2:21, tentu saja itu bisa diplesetkan menjadi pemikiran liberal tersebut. Namun kalau dibaca seutuhnya dari 1 Pet 2:21-25, semua yang diterangi oleh Roh Kudus akan mempercayai Yesus mati disalib untuk Penebusan dosa penal substitution.
    1 Pet 2
    21 Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita UNTUK KAMU dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.
    22 Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya.
    23 Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.
    24 Ia SENDIRI TELAH MEMIKUL dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.
    25 Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.

    Petrus menulis perikop tersebut mereferensi dari Yesaya 53, dimana kalau dibaca semuanya, tidak mungkin tidak bahwa kematian Yesus adalah untuk menggantikan dosa umatNya.
    Yesaya 53
    3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
    4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
    5 Tetapi dia tertikam OLEH KARENA PEMBERONTAKAN KITA, dia diremukkan OLEH KARENA KEJAHATAN KITA; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
    6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah MENIMPAKAN KEPADANYA kejahatan KITA sekalian.
    7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
    ...
    10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai KORBAN PENEBUS SALAH, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
    11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan MEMBENARKAN BANYAK ORANG oleh hikmatnya, dan KEJAHATAN MEREKA DIA PIKUL.
    12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena IA TERHITUNG di antara PEMBERONTAK-PEMBERONTAK, sekalipun ia MENANGGUNG DOSA BANYAK ORANG dan berdoa untuk pemberontak-pemberon

  • 16 November

    Masukkan peran Allah ke dalam situ.. jangan cuma disinggung Kristus dan dosa saja. Ada Allah, Kristus, dan manusia2 sebagai pemberontak.

    Kalau dilihat secara utuh bagaimana Allah memperlakukan AnakNya yang tunggal dan hubungannya dengan dosa manusia, maka akan terlihat jelas gambaran kematian Kristus sebagai Korban Penebus Salah.
    1. Kejadian kematian Kristus 2000 tahun yang lalu, Allah sendiri membunuh AnakNya yang tunggal. AnakNya sendiri "dia kena tulah, dipukul dan DITINDAS ALLAH" (Yes 53:4).

    2. dimana sebenarnya "hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar" (Yes 53:11), namun Allah "meremukkan dia dengan kesakitan" (Yes 53:10), memperhitungkan Dia "di antara PEMBERONTAK-PEMBERONTAK" (Yes 53:12).. supaya "mendatangkan keselamatan bagi kita.., dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh" (Yes 53:5), "MEMBENARKAN BANYAK ORANG" (Yes 53:11).

    Itulah doktrin penebusan pendamaian pengganti yang alkitabiah. Itulah jantung makna Injil tentang Kristus yang mati disalibkan, yang diinginkan Paulus untuk dimengerti dan diyakini oleh gereja.
    1 Kor 2
    2 Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan.
    3 Aku juga telah datang kepadamu dalam kelemahan dan dengan sangat takut dan gentar.
    4 Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh,
    5 supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah.
    6 Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan.
    7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

  • 17 November

    Saya pikir saya tidak comot hanya satu ayat tapi banyak ayat yang mendukung salib adalah ajaran teladan , seperti 1 Pet 4:1, Rm 6:2-11 dll. Sementara ajaran korban pengganti nggak ada sama sekali.

    Saya menilai keliru kalau menjadikan acuan ajaran korban pengganti adalah 1 Pet 2:24
    Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

    Arti memikul dosa kita itu bukan sebagai pengganti tapi sebagai teladan.
    Dan kata “supaya “ itu menunjukan tujuan Yesus memikul dosa kita, seperti yang saya garisbawahi pada ayat diatas.

    Oke saya menjelaskan tentang Yesus memikul dosa.
    Alkitab menggambar dosa itu sebagai kuasa( bukan perbuatan).
    Yang berbuat dosa adalah hamba dosa (Yoh 8:34).
    Jadi di salib itu Yesus memikul / menahan kuasa atau dorongan untuk berbuat dosa.
    Hal yang sama dalam Ibr 12:3-4 digambarkan sebagai Yesus melawan dosa.
    Gambaran Yesus melawan dosa itu juga di gambarkan pada 1 Pet 2:23.

    Tujuan Yesus memikul dosa seperti yang dijelaskan pada 1 Pet 2:24 sama persis dengan Rm 6:11.

    Jadi Yesus tidak “menebus dosa” tapi “menebus manusia” dari perhambaan oleh dosa.
    Yang ditebus adalah hamba atau yang diperbudak dalam hal ini manusia.
    Yang memperbudak adalah dosa.

    Kalau Paulus menggambarkan , kalau kita mengikuti teladan penyaliban Yesus maka DOSA MATI (=mengahapus dosa) sehingga kita tidak menjadi hamba dosa (Rm 6:5-6).
    Tapi kalau mau baca lebih lagi (Rm 6:17-18) , bukan saja salib tapi seluruh firman Tuhan MENEBUS KITA dari perhambaan oleh dosa.

    MICHAEL503 tulis:

    Kalau cuma dicomot 1 Pet 2:21, tentu saja itu bisa diplesetkan menjadi pemikiran liberal tersebut. Namun kalau dibaca seutuhnya dari 1 Pet 2:21-25, semua yang diterangi oleh Roh Kudus akan mempercayai Yesus mati disalib untuk Penebusan dosa penal substitution.
    1 Pet 2
    21 Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita UNTUK KAMU dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.
    22 Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya.
    23 Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.
    24 Ia SENDIRI TELAH MEMIKUL dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.
    25 Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.

  • 17 November

    Trimah kasih atas peringatannya bu.
    Saya meyakini kita mempunyai harapan yang sama akan kasih kristus.
    Namun ijinkan saya untuk berbeda pendapat.
    Iman kita mengajarkan untuk totalitas dalam berpikir, juga dalam mencari Tuhan atau kebenaran(Mat 22:37 ).
    Iman kita juga mengajarkan bahwa melakukan sesuatu tidak sesuai iman adalah dosa(Rm 14:23).
    Jadi penggunaan rasio dalam memahami kehendak Tuhan adalah keharusan.

    Dan saya pikir Yesus adalah jalan(cara)keselamatan bukan Cuma salib. Segalah FirmanNya yang membimbing kita untuk menujuh hidup kekal(Mat 19:17).

    GRACE721 tulis:

    Hati2 ya pak…

    Jangan terlalu mengedepankan pikiran logis.

    Karya Keselamatan yang sudah YESUS buat di atas Kayu Salib itu , Tidak Akan Pernah Bisa Diterima Dengan Pikiran Logis.

    Kita masing2 bisa PERCAYA DAN MENGIMANI KARYA KESELAMATAN YESUS itu , adalah karena Roh Kudus yang bekerja di dalam hati kita masing2.

    Saran saya :  Bapak buka hati , supaya Roh Kudus berkarya dalam hati bapak dan memberikan peneguhan iman.

  • 17 November


    Menggenapi bukan saja memenuhi nubuat tapi juga membuat jadi sempurna seluruh ajaran atau pernyataan kehendak Allah bagi manusia.
    Memang salib adalah ajaran penyangkalan diri untuk menang terhadap dosa.
    Salib adalah pondasi karakter yang kuat supaya moral kasih bisa berdiri kokoh.

    MEN624 tulis:

    Salib dan penyaliban Tuhan Yesus itu bukan hanya sekedar ajaran teladan. Penyaliban Tuhan Yesus untuk menggenapi apa yg sudah dijanjikan atau dinubuatkan-Nya di Perjanjian Lama.

    Kalau makna Salib itu sendiri bagi saya sebagai kemenangan, menyangkal diri dan keseimbangan.

    Hubungan cinta kasih manusia ke Sang Pencipta, ke sesamanya dan ke bumi atau alam sekitar.

  • 17 November


    Saya melihat pengampunan dalam Alkitab mempunyai dua makna yaitu memulikan atau menyembuhkan (Luk 7:47, 1Pet 4:8). Dan menjauhkan dari dosa (tentang salib).

    Memang kasih/ cinta dibangun dengan pengorbanan (salib) untuk memulihkan atau menyehatkan jiwa dan raga serta hubungan dengan Allah dan sesama.

    WINNIE059 tulis:

    Salib bagi aku adalah sebuah pernyataan bahwa pengampunan adalah bagian terbesar dari cinta.

  • 18 November

    @Pak Roy371

    Shalom, saya suka pemikiran logis kritis Bapak.

    Bapak pasti bukan sekedar pengikut Kristus KTP karena serius sekali memikirkan apa yg tertulis dalam Alkitab.

    Ijinkan saya bertanya,

    Seandainya Tuhan Yesus tidak disalib, apakah masih ada pengampunan dosa untuk manusia?

    Dan ajaran keteladanan apa yg paling pas dianut umat Kristen jika seandainya Beliau tidak  disalib?

    Terimakasih sebelumnya Pak Roy371 Gbu :)

  • 18 November

    Menurut saya orang yang punya Tuhan Yesus Kristus dalam hidupnya dia akan pasti mengerti apa arti serta makna penyaliban / kematian Yesus dan bukankah sudah banyak banget sumber sumbernya kalau didalamin untuk dicari tahu seperti halnya link dibawah 👇

    rubrikkristen.com/7-makna-kema ... -orang-percaya/

    18 November diubah oleh SOZANLIWU435

  • 18 November

    "Dari pada Yesus menebus dosa lebih baik Yesus menebus kendaraan atau barang berharga yang digadaikan".

    mau ketawak takut nambah dosa.

  • 18 November

    BANGBING530 tulis:

    "Dari pada Yesus menebus dosa lebih baik Yesus menebus kendaraan atau barang berharga yang digadaikan".

    mau ketawak takut nambah dosa.

    Kerja Yesus bukan menebus kendaraan bro 😁

  • 18 November

    itu kalimat dari bang JAGO yg bikin thread ini

    😂😂😂

    SOZANLIWU435 tulis:

    Kerja Yesus bukan menebus kendaraan bro 😁

  • 18 November

    SOZANLIWU435 tulis:

    Kerja Yesus bukan menebus kendaraan bro 😁

    mungkin klo itu yesus yang laen bro😁

  • 18 November

    Salib adalah bukti kasih Tuhan bagi semua manusia.

  • 19 November

    Ijin jawab. Klau mau berandai2, masih ada jika merujuk di perjanjian lama dengan pengorbanan darah hewan yg tercurah.

    ADIT849 tulis:

    @Pak Roy371

    Shalom, saya suka pemikiran logis kritis Bapak.

    Bapak pasti bukan sekedar pengikut Kristus KTP karena serius sekali memikirkan apa yg tertulis dalam Alkitab.

    Ijinkan saya bertanya,

    Seandainya Tuhan Yesus tidak disalib, apakah masih ada pengampunan dosa untuk manusia?

    Dan ajaran keteladanan apa yg paling pas dianut umat Kristen jika seandainya Beliau tidak  disalib?

    Terimakasih sebelumnya Pak Roy371 Gbu :)

  • 19 November

    @men624

    Shalom bro, kita dipihak yg sama.

    Jadi saya mohon ijin Pak Roy371 saja yg menjawab. Terimakasih Gbu :)

  • 19 November

    ROY371 tulis:

    Kalau bagi saya, penyaliban Yesus hanya ajaran teladan (1 Pet 2:21, 1 Pet 4:1), tidak lebih.

    Kalau soal "penebusan dosa" dan penal subtitution, saya tidak menemukan dasar yang kuat dalam Alkitab.

    .......

    Istilah "penebusan dosa" juga bagi saya agak aneh, gak logis.

    Berarti ini masalahnya ada 2 yah pak Roy, tentang penyaliban Yesus yg hanya sebagai teladan dan istilah penebusan dosa.

    Kalau referensi ayat dalam 1 Petrus seperti diatas, memang benar ayatnya berbicara tentang konteks teladan. Tapi apakah ayatnya menggunakan kata "hanya"? Atau mungkin ada ayat-ayat lain yg benar-benar secara jelas mengoreksi pandangan umum bahwa penyaliban Yesus bukan sebagai penebusan, hanya teladan?

    Kalau ayatnya tidak menggunakan kata "hanya" lalu bagaimana bisa ditafsirkan dengan menambahkan kata "hanya"?

    Ada banyak ayat bible yg secara jelas ataupun konteks berbicara tentang penyaliban Yesus sebagai penebusan. Sebagian sudah disebutkan di komentar teman2 sebelum saya. Salah satu ayat yg saya anggap jelas adalah,

    Efesus 1:7-8 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.

    Apa ayat diatas bukan dasar yg kuat tentang penebusan walaupun sudah jelas memakai kata penebusan?

    Jadi sudah jelas ya pak, masalahnya ada di kata "hanya" yg bapak tambahkan (padahal tidak ada kata itu di ayatnya). Kenapa ditambahkan? Karna bapak belum menemukan dasar ayat yg kuat. (kalau diperhatikan teman2 sudah memberikan ayat2 yg dasarnya kuat baik dalam konteks maupun secara jelas).

    Untuk masalah kedua, sebenarnya sudah pernah ada thread yg serupa mempermasalahkan istilah penebusan dosa. Sebenarnya istilah itu maksudnya sama antara menebus dosa, menebus dosa(nya) manusia atau menebus manusia dari dosa. Saudara yg nick nya Viruskasih805 sudah menjelaskan dengan rinci di halaman depan.

    Kecuali mungkin patut dikoreksi kalau ada yg berbicara menebus dosa lalu dia berpikir bisa menebus dosa tumbuhan, hewan, dll selain manusia. Tapi apakah ada yg berpikir seperti itu?

    Jadi tidak perlu diperdebatkan penggunaan istilah kalau toh maksudnya sama di tiap orang.

    Saran saya, kalau bapak ingin mengoreksi pendapat mainstream maka perhatikan setiap kata dalam ayat yg bapak jadikan referensi. Jangan ditambah atau dikurangi lalu menjadikan sebagai tafsiran pribadi. Sedikit meniru kalimat bapak, "tafsiran pribadi tidak bisa dijadikan dasar yg kuat..."

    ^^

  • 19 November


    “Pengampunan dosa” dalam konteks penebusan lebih bermakna menceraikan atau menjauhkan.

    Dan semua ajaran Yesus itu untuk penebusan atau pengampunan dosa jadi bukan hanya salib.
    Contoh : Kol 1:14, Yoh 8:31-32
    Dalam Dia, kita memiliki penebusan, yaitu pengampunan atas dosa-dosa kita.
    Dalam Dia bermakna melakukan segalah ajaranNya (1 Yoh 2:4-6). Dan kedua ayat samasekali tidak berbicara tentang salib.

    Saya tidakmau menyebut keteladanan misalnya melayani , dengan pembasuhan kaki, bisa beragam dan banyak tafsiran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari.
    Tapi saya ingin mengatakan hukum atau ajaran dari Yesus utamanya yang mengatur akal(Rm 7:25).
    Karena manusia adalah pkirannya (Fil 3:15, Kol 1:21).
    Lihat saja Yoh 8:32 diatas, melalui pengetahuan kita ditebus atau dimerdekakan.

    ADIT849 tulis:

    @Pak Roy371

    Shalom, saya suka pemikiran logis kritis Bapak.

    Bapak pasti bukan sekedar pengikut Kristus KTP karena serius sekali memikirkan apa yg tertulis dalam Alkitab.

    Ijinkan saya bertanya,

    Seandainya Tuhan Yesus tidak disalib, apakah masih ada pengampunan dosa untuk manusia?

    Dan ajaran keteladanan apa yg paling pas dianut umat Kristen jika seandainya Beliau tidak  disalib?

    Terimakasih sebelumnya Pak Roy371 Gbu :)

  • 19 November

    Mengenai darah (Yesus).
    1 Pet 1:19 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
    melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

    Tolong perhatikan kalimat yang dipertebal
    Karana kita “telah ditebus”, apakah kita telah bebas dari cara hidup sia sia ??
    Faktanya tidak demikian karena kita sering menjalani cara hidup sia sia.


    Jadi saya pikir darah adalah hidup atau semangat/spirit  (Im 17:14, Ul 12:23 dll).
    Dengan semangat kristus kita bebas dari cara hidup sia sia (silakan bandingkan dengan tujuan penyaliban pada 1 Pet 2:24,Rm 6:11 dan Rm 6:5-6, harus bersekutu dengan penderitaan kristus.

    Jadi dengan mengikuti semangat pengorbanan kristus kita bebas dari cara hidup sia sia

    Kalau saya pikir darah binatang adalah semangat kebinatangan yang tidak boleh menghidupi kita, maka dalam PL darah binatang harus dibakar dan tidak boleh dibawah kedalam bait Allah.
    Sementara darah Yesus harus diminum.

    MEN624 tulis:

    Ijin jawab. Klau mau berandai2, masih ada jika merujuk di perjanjian lama dengan pengorbanan darah hewan yg tercurah.

  • 19 November


    Yesus datang untuk menebus atau membebaskan manusia dari perhambaan oleh dosa.
    Dari semua ajaran Yesus itu untuk menebus manusia (Rm 6:17-18, Yoh 8:31-32, Kol 1:14 dll).

    Dan Memang salib itu dari beberapa ayat hanya bicara tentang teladan dan tidak menyinggung samasekali sebagai korban pengganti. dan keteladanan itu bergunan untuk membebaskan manusia dari perhambaan oleh dosa


    Mengenai penebusan pernah kita bahas disini :
    www.jodohkristen.com/topic/3485/3/
    tolong baca tulisan saya di halaman 3

    FANDY756 tulis:

    Berarti ini masalahnya ada 2 yah pak Roy, tentang penyaliban Yesus yg hanya sebagai teladan dan istilah penebusan dosa.

    Kalau referensi ayat dalam 1 Petrus seperti diatas, memang benar ayatnya berbicara tentang konteks teladan. Tapi apakah ayatnya menggunakan kata "hanya"? Atau mungkin ada ayat-ayat lain yg benar-benar secara jelas mengoreksi pandangan umum bahwa penyaliban Yesus bukan sebagai penebusan, hanya teladan?

    Kalau ayatnya tidak menggunakan kata "hanya" lalu bagaimana bisa ditafsirkan dengan menambahkan kata "hanya"?

    ........

  • 19 November

    Yesus itu jalan.
    Jadi harus dilalui, jalannya /caranya adalah mengikuti ajaranNya.
    Dosa adalah dosa.
    Jangan sampai menilai, karena Yesus telah disalib, kita berbuat dosa dianggap orang benar itu sangat keliru.
    Dan tidak ada samasekalih ajaran korban pengganti, itu tidak ada dasar.

    SOZANLIWU435 tulis:

    Menurut saya orang yang punya Tuhan Yesus Kristus dalam hidupnya dia akan pasti mengerti apa arti serta makna penyaliban / kematian Yesus dan bukankah sudah banyak banget sumber sumbernya kalau didalamin untuk dicari tahu seperti halnya link dibawah 👇

    rubrikkristen.com/7-makna-kema ... -orang-percaya/

  • 20 November

    ROY371 tulis:

    Yesus itu jalan.

    Jadi harus dilalui, jalannya /caranya adalah mengikuti ajaranNya.

    Dosa adalah dosa.

    Jangan sampai menilai, karena Yesus telah disalib, kita berbuat dosa dianggap orang benar itu sangat keliru.

    Dan tidak ada samasekalih ajaran korban pengganti, itu tidak ada dasar.

    Saudara @ROY371. Untuk apa Tuhan Yesus kalau bukan untuk dikorbankan ?

    Kalau hanya jalan tidak perlu lagi ada penyaliban.

26 – 50 dari 67    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3  Selanjutnya Kirim tanggapan