Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

NIKOLAUS , SANTA CLAUS, BENARKAH NATAL

ForumGaya hidup Kristen

1 – 14 dari 14Kirim tanggapan

  • 13 Oktober

    ada yang mengatakan bahwa christmast adalah paganism dan juga tradisi

    kalo bisa dipisah kata dari christ dan mast

    christ , kristus

    mast , tiang kapal  (bentuknya seperti salib, cek di google)

    jadi christmast bisa juga salib kristus.

    kita sudah terprogram merayakan natal dari kecil, pada masa kanak-kanak diiming-imingkan apakah natal itu kelahiran Tuhan di tanggal yang selalu kita kado, siapa yang mau kado hayoooo itulah kata-kata dari koko2 /cici gereja. kenapa di natal itu selalu santaclaus topic utamanya? santaclaus itu adalah st.nikolaus dan siapakah dia nikolaus itu. kenapa dielu elu pada hari yang disebut natal. banyak nyanyian tentang santaclaus. didapati pada alkitab bahwa Tuhan membenci ajarannya nikolaus (wahyu 2:6 & 15). pada kis 6:5 dia merupakan salah satu orang yang dipilih untuk melayani.

    apakah kelahiran Tuhan Yesus benar tanggal 25 Desember? memang di alkitab tidak secara detail dan tidak ada tertulis tanggal bulan tahun kelahirannya. namun bisa kita baca di kitab lukas yang menuliskan bahwa saat Maria istri Yusuf mengandung itu di jaman pemerintahan kaisar Agustus, dan saat pertama kali diadakannya sensus. sedangkan bulan desember adalah waktunya musim dingin. namun hal ini masih banyak yang memperdebatkan.

    sedangkan st nikolaus itu lahir di tanggal 6 desember. dan dia dari kecil sering menolong orang dan membantu orang yang kesulitan, memberikan kado. kenapa bisa dia terkenal di seluruh dunia sebagai santa claus. dan dia juga pernah melakukan mujizat yang buat orang kagum dan berdoa kepadanya. jadi seperti tuhan. kalian bisa nonton di youtube film kartunnya. namun bagi agama tertentu mungkin akan pro kontra mungkin juga cuek.

    be aware karena setan juga bisa membuat mujizat. mat 7:22

    keselamatan hanya di dalam Kristus Yesus, di dalam ibrani ;Yeshua

    orang israel adalah umat pilihanNya

    sedangkan bangsa lain adalah goyim

    kita diselamatkan karena kasih anugrahNya bagi yang percaya dengan teguh yang datang ke pesta menggunakan pakaian pesta

    Tuhan yang benar adalah Tuhannya orang israel yang adalah Tuhan Abraham, Tuhan Ishak, dan Tuhannya Yakub.untuk kata Tuhan bagi orang israel itu 'EL bukan AL.

    karena dunia ini banyak tuhan dan ilah ilah. dan kebenaran pasti akan disingkapkan yes 56:1

    maranatha

    ~

  • 13 Oktober

    Bolehkah dijelaskan sedikit maksud atau tujuan tulisan ini mau ke arah mana? Biar lebih bisa memahaminya setelah membaca. Terimakasih

  • 13 Oktober

    YOONA537 tulis:

    apakah kelahiran Tuhan Yesus benar tanggal 25 Desember? memang di alkitab tidak secara detail dan tidak ada tertulis tanggal bulan tahun kelahirannya. namun bisa kita baca di kitab lukas yang menuliskan bahwa saat Maria istri Yusuf mengandung itu di jaman pemerintahan kaisar Agustus, dan saat pertama kali diadakannya sensus. sedangkan bulan desember adalah waktunya musim dingin. namun hal ini masih banyak yang memperdebatkan.

    ~

    Kl soal ini,IMO, sejarah mencatat bahwa penggenapan atau peresmian tanggal 25 Desember sbg hari lahir Tuhan Yesus dilakukan oleh gereja pada awal abad ke 4 Masehi ( bbrp ratus tahun setelah kelahiran Tuhan Yesus)CMIIW

    Dan tanggal 25 Desember adalah perayaan hari dewa matahari bagi bangsa Romawi pada saat itu

    CMIIW

    en.m.wikipedia.org/wiki/Christmas

    13 Oktober diubah oleh VINCENT012

  • 14 Oktober

    Iya tgl 25 desember adalah kelahiran dewa matahari.... Klo menurut pakar Yesus lahir lahir pada pertengahan tahun pada musim panas.... Natal d peringati pada desember sebenarnya hanya tradisi saja.... ada beberapa gereja yg melarang utk mengadakan natal pd bulan desember....  itu aja sih yg gw tau n dapat dr bebrrapa pendeta....

  • 14 Oktober

    Kala NIKOLAUS  bertemu SANTA CLAUS jadilah Martina 😁

    jika natal demikian bagaimana hal nya dengan paskah yang dominan dirayakan bulan 3 . 4

    Yehezkiel 45:21

    "Pada bulan pertama, pada tanggal empat belas bulan itu haruslah kamu merayakan hari raya Paskah, dan selama tujuh hari kamu harus makan roti yang tidak beragi."

    bukankah bulan pertama januari

    #sama2belajar

  • 14 Oktober

    Buat saya YES!

    Natal = Kelahiran.

    Positif mindset Nicolaue, Santa Claus adalah Kelahiran Berbagi pada sesama pada saat malam Natal.

    Sisanya mau pakai teologi apapun, itu adalah pikiran kedagingan manusia.

  • 14 Oktober

    Topik menarik, nih :-D

    Saya bantuin jawab satu-satu yaa

    1. Apa kepanjangan Christmast?

    Yang benar Christmas, tanpa t di belakang.

    Christmas ="Christ's mass" yang berarti misa Kristus.

    "Christmas" is a shortened form of "Christ's mass". The word is recorded as Crīstesmæsse in 1038 and Cristes-messe in 1131.[3] Crīst (genitive Crīstes) is from Greek Khrīstos (Χριστός), a translation of Hebrew Māšîaḥ (מָשִׁיחַ), "Messiah", meaning "anointed";[29][30] and mæsse is from Latin missa, the celebration of the Eucharist.

    Referensi: en.wikipedia.org/wiki/Christmas#Etymology

    2. Siapa Santa Claus? Santo Nikolas?

    Santo Nikolas ialah tokoh sejarah yang benar-benar ada. Sebagai seorang uskup yang berasal dari Myra, Santo Nikolas terlibat dalam membela iman kristen yang benar, melawan bidat Arius dan para pengikutnya. Sebagai catatan, Santo Nikolas ini beda dengan yang dicatat di kitab Wahyu, ada jarak sekian tahun antara rentang hidup mereka berdua. Kebetulan saja namanya sama.

    Salah satu hal menarik yang dilakukan Santo Nikolas ialah memberi emas kepada orang miskin secara rahasia.

    The saint, learning of the man’s poverty and of his wicked intention, secretly visited him one night and threw a sack of gold through the window

    Kisah selengkapnya ada di sini, seru nih  ;-): www.oca.org/saints/lives/2019/ ... f-myra-in-lycia

    Sedangkan Santa Klaus yang kita kenal sekarang adalah produk tradisi liburan dan kapitalisme, yang kemudian karakter tersebut dipopulerkan oleh Coca-Cola pada tahun 1930-an.

    3. Apakah kelahiran Tuhan Yesus benar tanggal 25 Desember?

    Benar. Ini tercatat dalam salah satu dokumen gereja, Didascalia. Bunyinya "“Saudara-saudaraku, peliharalah perayaan untuk kelahiranNya (Natal) pada tanggal 25 bulan ke-9 Ibrani, yaitu tanggal 29 bulan ke-4 Mesir”"

    Referensi: www.angelfire.com/journal2/iscs/Milad.htm

    4. Apakah Natal Dirayakan 25 Desember karena Meniru Perayaan Pagan Sol Invictus?

    Ga. Justru kebalik, siapa yang niru siapa. Orang Kristen udah ngerayain Natal duluan, jauh sebelum kaisar Julianus (yang ngadain Sol Invictus 25 Desember) lahir.

    Fakta sejarah membuktikan bahwa perayaan natal sudah dilakukan sejak generasi awal gereja, bahkan jauh sebelum penetapan kelahiran dewa matahari.

    Referensi: imakris.ukm.um.ac.id/sejarah-n ... -dewa-matahari/

    5. Bisakah Kita Memahami Sejarah Perayaan Natal secara Keseluruhan dari Alkitab Saja?

    Sayangnya ga bisa, karena gerejalah yang melahirkan Alkitab (baca: kanonisasi PL dan PB), bukan sebaliknya. Selama proses kanonisasi Alkitab belum selesai, tentu yang dipegang oleh gereja bukan (hanya) Alkitab lengkap seperti yang kita pegang sekarang ini.

    Sayangnya (lagi), inilah yang sering buat orang Kristen berantem, termasuk pendeta-pendeta, yang ngotot semua ajaran Kristen sudah ada semua di dalam Alkitab. Ajaran sesat macam Saksi Yehuwa aja bisa debat modal Alkitab doang kok, malah seringkali mereka lebih jago daripada kebanyakan orang Kristen.

    Trus gimana harusnya? Ya kembali ke akarnya: gereja mula-mula, yang diterusin lewat suksesi rasuliah (apostolik). Di situ ada buaaanyak sekali dokumen para rasul dan bapa-bapa gereja. Kita tinggal baca, nurutin aja, ga perlu repot-repot nafsir lagi.

    Sekilas info tentang Alkitab: romodaniel.net/news/view/4/alkitab

    GBU

  • 15 Oktober

    Terimakasih untuk penjelasannya. Saya tidak bingung lagi (setelah sebelumnya agak bingung membaca uraian TS tentang santaclaus)🙏

    ANTO562 tulis:

    Topik menarik, nih :-D

    Saya bantuin jawab satu-satu yaa

    1. Apa kepanjangan Christmast?

    Yang benar Christmas, tanpa t di belakang.

    ...

    Trus gimana harusnya? Ya kembali ke akarnya: gereja mula-mula, yang diterusin lewat suksesi rasuliah (apostolik). Di situ ada buaaanyak sekali dokumen para rasul dan bapa-bapa gereja. Kita tinggal baca, nurutin aja, ga perlu repot-repot nafsir lagi.

    Sekilas info tentang Alkitab: romodaniel.net/news/view/4/alkitab

    GBU

    15 Oktober diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 15 Oktober

    inti nya natal yang peran utama st claus itu tradisi sis. untuk keyakinan depend on the person. because some people have faith about it. free will ya. no judge. tq

    KATHARINA781 tulis:

    Bolehkah dijelaskan sedikit maksud atau tujuan tulisan ini mau ke arah mana? Biar lebih bisa memahaminya setelah membaca. Terimakasih

  • 15 Oktober

    maybe harusnya santo claus.  ada yang mengutip bahwa bulan pertama bukan januari tapi maret.

    wonderopolis.org/wonder/how-di ... get-their-names

    www.kompas.com/skola/read/2020 ... n-pada-kalender

    LISNARINAA355 tulis:

    Kala NIKOLAUS  bertemu SANTA CLAUS jadilah Martina 😁

    jika natal demikian bagaimana hal nya dengan paskah yang dominan dirayakan bulan 3 . 4

    Yehezkiel 45:21

    "Pada bulan pertama, pada tanggal empat belas bulan itu haruslah kamu merayakan hari raya Paskah, dan selama tujuh hari kamu harus makan roti yang tidak beragi."

    bukankah bulan pertama januari

    #sama2belajar

  • 15 Oktober

    tq for your opinion bro. actually correct christmas no more s

    sedikit orang menulis juga christmas, ada juga mast christmas, x-mast, x-mas.

    jika dipisah christ dan mas , kata mas ini tidak ada arti , tetap mas.

    santa claus  or sinterklas

    santa claus terkenal di us , ada orang yang memutar alphabet santa jadi kata ...

    sinterklas terkenal di belanda

    id.wikipedia.org/wiki/Sinterklas

    id.wikipedia.org/wiki/Nikolaus

    mengenai apakah natal benar tgl 25 desember. belum ada bukti konkrit, namun kebenaran nanti akan disingkapkan. seperti tertulis dalam kitab markus 4:22

    orang-orang luar banyak yang melakukan penelitian sejak lama dan selalu mempelajari dari penemuan mereka. dan banyak yang diciptakan lagi dari apa yg sudah ada                            seperti  dalam kitab pengkhotbah 1:9

    sejak lama memang pro kontra antara protestan dan ktlk. karena ada perbedaan yang diajarkan sejak awal. dari cara ibadah, khotbahnya, pujiannya ..

    ini bukan untuk ajak ribut ya. take it easy. thank you for all. God Bless and take care us.

    ANTO562 tulis:

    Topik menarik, nih :-D

    Saya bantuin jawab satu-satu yaa

    1. Apa kepanjangan Christmast?

    Yang benar Christmas, tanpa t di belakang.

    ....

    Sekilas info tentang Alkitab: romodaniel.net/news/view/4/alkitab

    GBU

    16 Oktober diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 16 Oktober

    Hai Zoro eh Anto... sori dulu ada org JK namanya Zoro yg mirip sm Anto, OK, thanks penjelasannya. Aku sih ngga pernah menganalisa sedalam itu ttg natal. Yg kupikirkan adalah mau makan apa di malam natal dan di hari natal. hehehe....

    ANTO562 tulis:

    Topik menarik, nih :-D

    Saya bantuin jawab satu-satu yaa

    ....

    Trus gimana harusnya? Ya kembali ke akarnya: gereja mula-mula, yang diterusin lewat suksesi rasuliah (apostolik). Di situ ada buaaanyak sekali dokumen para rasul dan bapa-bapa gereja. Kita tinggal baca, nurutin aja, ga perlu repot-repot nafsir lagi.

    Sekilas info tentang Alkitab: romodaniel.net/news/view/4/alkitab

    GBU

    16 Oktober diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 16 Oktober

    YOONA537 tulis:

    tq for your opinion bro. actually correct christmas no more s

    sedikit orang menulis juga christmas, ada juga mast christmas, x-mast, x-mas.

    jika dipisah christ dan mas , kata mas ini tidak ada arti , tetap mas.

    Iya, benar. Christmas itu kependekan dari Christ's Mass.

    Maaf, tadi saya cantumin sumbernya tapi lupa ngutip :-D:

    "Christmas" is a shortened form of "Christ's mass". The word is recorded as Crīstesmæsse in 1038 and Cristes-messe in 113

    Sedangkan X dalam XMas sebenernya bukan huruf X dalam abjad kita, melainkan dalam alfabet Yunani Chi. Jadi X ini mewakili huruf pertama dari Christós (Χριστός).

    en.wikipedia.org/wiki/Xmas

    Xmas (also X-mas) is a common abbreviation of the word Christmas. It is sometimes pronounced /ˈɛksməs/, but Xmas, and variants such as Xtemass, originated as handwriting abbreviations for the typical pronunciation /ˈkrɪsməs/. The "X" comes from the Greek letter Chi, which is the first letter of the Greek word Christós (Greek: Χριστός), which became Christ in English.[1] The suffix -mas is from the Latin-derived Old English word for Mass.[2]

    YOONA537 tulis:

    mengenai apakah natal benar tgl 25 desember. belum ada bukti konkrit, namun kebenaran nanti akan disingkapkan. seperti tertulis dalam kitab markus 4:22

    Ada kok. Buktinya dokumen dari para rasul dan para bapa gereja. Namanya Didascalia.

    Kalo dokumen sejarah aja ga diakui konkret, trus yang konkret apaan dong?  Rekaman video natalan abad pertama? Hmmm...

    YOONA537 tulis:

    sejak lama memang pro kontra antara protestan dan ktlk. karena ada perbedaan yang diajarkan sejak awal. dari cara ibadah, khotbahnya, pujiannya ..
    ini bukan untuk ajak ribut ya. take it easy. thank you for all. God Bless and take care us.

    Setudju. Bagus sekali kalo kak Yoona bisa kritis begini. Soalnya kebanyakan jemaat kan asal ngikut tanpa mikir. Tuhan Yesus sendiri menghendaki kesatuan, bukan perpecahan.

    Nah, yang ini kalo diterusin bisa jadi topik sendiri. Hehehe.

    ANITA089 tulis:

    Hai Zoro eh Anto... sori dulu ada org JK namanya Zoro yg mirip sm Anto, OK, thanks penjelasannya. Aku sih ngga pernah menganalisa sedalam itu ttg natal. Yg kupikirkan adalah mau makan apa di malam natal dan di hari natal. hehehe....

    Ga mirip ah, emang orangnya sama. Ganti nama aja. Hehe.. 8+)

    Ya, merayakan Natal dengan sukacita boleh aja kok Kak. Penting malah.

    Cuma jangan sampe lupa sama esensi Natal itu sendiri.

    GBU

  • 17 Oktober

    ANTO562 tulis:


    Ya, merayakan Natal dengan sukacita boleh aja kok Kak. Penting malah.

    Cuma jangan sampe lupa sama esensi Natal itu sendiri.

    GBU

    Nah itulah, To. Org biasanya kalo jelang natal lbh fokus pd beli baju baru, nyiapin makanan enak , kado dan ngedekor rumah dng hiasan2 natal. Padahal, yg lbh penting adalah merenungkan makna natal itu sendiri.

1 – 14 dari 14Kirim tanggapan