Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Parenting

ForumGaya hidup Kristen

26 – 50 dari 144    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3 ... 6  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • 23 Juni

    Menurut teman2 di sini ... kesukaan/hobby bahkan ketidaksukaan seorang anak mungkin kah adalah karena dari keturunan atas nya ??

    Saya punya kasus begini :

    Keponakan saya itu ampun2 deh sama sekali tidak pernah suka makan sayur (semua jenis sayur).

    Sejak kecil saat MPASI, ma2nya sampai lelah loh ajari ini anaknya untuk menyukai masakan sayur2.

    Kakak dan kakak ipar saya itu tampaknya memilih jalur parenting yg sama sekali gak keras mendidik anaknya.

    Kesan yang saya tangkap adalah terlalu memanjakan dia.

    Usia keponakan saya di tahun ini adalah 16 tahun. Tali, bahkan di usia segitu, si keponakan saya ini susah sekali kalo urusan ke toilet untuk BAB (maaf😰) ...

    Dia bisa loh sampai 1 bulan ... baru akhir nya cukup ada pup yg dikeluarkan di jamban. Itu pun dengan perjuangan orang tua nya memakaikan obat pencahar yang ditusukkan ke anus si anak ...

    Saya bertanya dalam hati :  "usus nya anak ini gimana keadaan nya yaa ???"  Ujung2nya dokter hanya beri saran :  "makan sayur yang banyak yaa nak..."

    Kalau bisa saya ambil kesimpulan tentang keponakan saya terkait susah BAB itu adaah hal ini bisa terjadi yaa akibat 2 ortu nya selalu mengalah dengan sikap keras nya si anak mereka itu.

    Selidik punya selidik ... si engkong(kakek) nya si anak ini alias pa2 saya ... ternyata beliau juga sama persis deh...

    Saya sebagai anak ... sampai berbusa banyak loh mulut saya menasehati pa2 saya untuk belajar lah menyukai makan sayur ini itu yang sudah dimasak oleh ma2 saya.

    Usia muda masih belum terasa penyakit ini itu, di usia mulai deh banyak penyakit degeneratif (diabetes , darah tinggi , asam urat , kolesterol) bermunculan.

    Saya ini tipe orang yang sungguh sangat2 concern untuk urusan makanan dan minuman sehat dan bergizi. Bahkan konsep saya : apapun makanan dan minuman yang mau masuk dalam mulut saya, betul2 harus dipikir matang2 "apakah ini bikin penyakit atau bikin sehat tubuh saya ?"

    Contoh : saya tidak pernah mau minum minuman soda, minum kopi sachet hanya 2 cangkir dalam 1 minggu, dll.

    Tujuan saya cuma 1 : saya tidak mau di hari tua saya membuat repot anak dan mantu dengan keterbatasan saya yang punya banyak penyakit ini-itu.

    Kembali ke kasusnya keponakan saya yaa.....

    Terkadang saya sampai mbatin (berkata dalam hati) loh... ntar anak ku gak akan aku didik seperti emak(nenek) dan engkong(kakek) ku mendidik pa2 ku.

    Kalo ini anak dari orok diajari dengan cara sabar tentang makanan bergizi terutama makan sayur ... dia tidak menuruti , akhirnya saya memutuskan dengan kekerasan mungkin yaa..... dicekoki gitu ke mulut nya 😱😰 dan harus ditelan ... "sadis amat nih ma2 ku" demikian kata hati anak ku kelak 😁😁🤣🤣

    Oya... saya juga punya konsep : lebih baik dari muda kekang lidah dari keinginan untuk makan-makan enak dan berlemak tinggi, daripada di usia tua nanti harus kekang lidah ... karena perintah dokter.

    Btw... kunci mendidik anak menurut saya lebih banyak beban di pundak seorang ma2(ibu) loh... peran pa2 cenderung hanya terkait pembentukan karakter. Sedangkan peran ibu : bahkan tentang selera dan hobby anak biasa nya hasil dari hal2 disetir ma2nya si anak itu, karena bonding ibu ke anak sejak di dalam janin loh...

    Jadi ladies ..... yux kita jadi wanita2 yg smart dan terus bekali diri dengan update info2 ... terutama tentang pengetahuan akan makanan bergizi dan pola hidup sehat.

  • 23 Juni

    Pola makan anak ada kecenderungan meniru tingkah laku orang tuanya, itu benar, tapi tidak selalu. Bisa juga karena pola asuh dari yang merawatnya. Anakku dua diasuh baby sitter dari sejak lahir, saat mulai makan, baby sitter kebiasaan nge-blender semua makanan. Alhasil memang selalu abis dibandingkan teman sebaya yang suka memuntahkan makanan. Anak pertamaku baru mau makan nasi saat usia 5 th kls 1 SD dan kedua baru bisa makan nasi kls 3 SD. Sebenarnya bisa hanya ketakutan menelan. Ini bukti bukan dipengaruhi faktor keturunan kan?

    Soal sayur kan bisa disiasati dengan dicampur jus buah. Atau dengan tambahan vitamin yang komposisinya sayuran dan buah, ada kok bentuk jelly di apotek meski harganya lumayan.

  • 23 Juni

    Inti nya harus bisa cerdik jadi ortu khan yaa ??

    Jaman saya kecil dulu juga gak suka makan sayur loh... tapi gpp kalo sayur nya disembunyikan dalam nasi di sendok itu.

    Lha ini anak mungkin sifat gak trust nya kebesaran kali yaa kak 😰 dia gak trust ama ma2 saya suapi makan ke mulut nya (saat dia kecil dulu) ... selalu dia korek2 itu piring makan nya ada nasi ato gak ... padahal loh ini anak juga sibuk fokus ama game gadget nya di saat makan disuapi oleh ma2nya itu.

    3 kata deh... melelahkan pake banget 😰😖🙈

    UCI245 tulis:

    Pola makan anak ada kecenderungan meniru tingkah laku orang tuanya, itu benar, tapi tidak selalu. Bisa juga karena pola asuh dari yang merawatnya. Anakku dua diasuh baby sitter dari sejak lahir, saat mulai makan, baby sitter kebiasaan nge-blender semua makanan. Alhasil memang selalu abis dibandingkan teman sebaya yang suka memuntahkan makanan. Anak pertamaku baru mau makan nasi saat usia 5 th kls 1 SD dan kedua baru bisa makan nasi kls 3 SD. Sebenarnya bisa hanya ketakutan menelan. Ini bukti bukan dipengaruhi faktor keturunan kan?

    Soal sayur kan bisa disiasati dengan dicampur jus buah. Atau dengan tambahan vitamin yang komposisinya sayuran dan buah, ada kok bentuk jelly di apotek meski harganya lumayan.

    23 Juni diubah oleh GRACE721

  • 23 Juni

    GRACE721 tulis:

    Menurut teman2 di sini ... kesukaan/hobby bahkan ketidaksukaan seorang anak mungkin kah adalah karena dari keturunan atas nya ??

    ....

    Jadi ladies ..... yux kita jadi wanita2 yg smart dan terus bekali diri dengan update info2 ... terutama tentang pengetahuan akan makanan bergizi dan pola hidup sehat.

    Saya izin menanggapi

    Pernyataan yg kesukaan/hobby atau ketidaksukaan sso anak mungkin itu diturunkan garis keturunan diatas, Saya ga setuju sih..

    Itu bukan diturunkan dan ga ada penelitian secara medis ttg itu.

    Saya setuju pendapat ini,  ibu yang lebih banyak berperan dalam hal2 kecil yang tjd pada sang anak. Ibu saya dulu 24 jam utk urus anak dan keluarga. Bangun jam 4 pagi utk masak sarapan karena bapak harus kerja dan anak2 nya sekolah. Lanjut lagi beres2 rumah, ada aja yg dikerjakan dirumah. Bahkan urusan membersihkan pekarangan dan kebun tetap turun tangan padahal kami punya pembantu (ART) dan mamang yg bersihkan kebun. Hebatnya ibu sy sangat mandiri utk mengurus sendiri 6 orang anak dan suami. Jadi, sy  di didik emang harus mandiri. Berhubung ortu kerja pindah2 dan kami harus sering ditinggal ortu keluar kota. Tapi karena didikan itu, Kami terbiasa utk mengurus diri sendiri sejak di bangku kls 6 SD. Disuruh utk ngerjain pkerjaan rumah,  minimal bantuin masak, nyapu rumah, ngepel, nyuci piring, ngepel, dll. Tapi itu didikan yg bagus sih menurut ku.. Ada positif nya buat kami karena kami terbiasa sampai skrg utk mandiri.

    Ibu saya emang cerewet dan agak keras dlm mendidik anak2 nya..misal, belajar itu ada waktu nya dan ada waktu bermain, kami di ajarkan disiplin. Kalo ibu tuh selalu sendiri yg turun tangan mengajar kami. Kalo belajar matematika sdh siapkan lidi utk alat berhitung. Utk membaca  sdh diajarkan mengeja sampai disediakan buku bacaan utk latihan membaca. Kami diajarkan utk tidak hidup mewah. Uang jajan disekolah hanya dikasi 100 rupiah. Dulu kan uang segitu sdh banyak . Dibontoti makanan dr rumah utk makan siang disekolah..apalagi kalo les / ekstrakurikuler di sekolah dibekali minuman juga. Kami diajarkan utk hormat dan menghargai  orang yg derajat nya lebih rendah misal ART, mamang kebun, dan orang yang lebih tua.

    Diajarkan utk tidak sombong sekalipun hidup berkecukupan. Kalo ttg cita2 kami ibu membebaskan apapun yg jd pilihan kami anaknya. Pesan ibu belajarlah yang tekun dan berdoa spy segala cita2 kalian tercapai. Jangan sia2 kan kerja keras ortu kalian yg sdhm membesarkan kami dr kecil sampai besar.

    Itu kenyataan yang saya alami.  Ibu saya 24 jam habis kan waktu buat anak dan keluarga. Jadi wajar ibu itu sangat dekat dgn anak2 nya dibandingkan bapak. Dan banyak yg sy ambil pelajaran positif bagaimana ibu sy mendidik kami. Apalagi ibu tuh hanya pendidikan SMA ya , bisa mendidik anak nya sampai S1. Seharusnya saya harus bisa mendidik anak saya kelak diatas saya. Makanya saya bilang ibu saya itu hebat dan luar biasa.

    Yuk lah kita wanita2 hebat yg disini baik yg masih single ataupun yg sdh jd ibu, kita pasti bisa buat anak2 generasi penerus ini jauh lebih hebat dr kita. Supaya anak2 itu jadi anak yg luar biasa nanti👍

    23 Juni diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 23 Juni

    Keren n salut 👍👍👍👍 saya dengan ibu mu sis .....

    Bukan kutuk keturunan yaa nama nya ???

    Walaupun sebenarnya tentang gak suka makan sayur itu bukan hal dosa atau kutukan sih... tapi saya seringkali menganggap hal  itu adalah kutuk loh...

    Makanya, selain doa tentang pasangan hidup, saya juga doa (lebih tepatnya saya mematahkan kutuk itu) : anak2 saya kelak Harus Tidak Boleh Bawa sifat2, dan hobby2, selera2 buruk (yg gak baik untuk kesehatan tubuh dan mental dan terutama level iman) generasi atas2nya (gara2 gen DNA nih).

    Apalagi karena letak otak di atas lidah.

    Jadi, otak harus bisa setir lidah.

    ECHA124 tulis:

    Saya izin menanggapi

    Pernyataan yg kesukaan/hobby atau ketidaksukaan sso anak mungkin itu diturunkan garis keturunan diatas Saya ga setuju sih..

    .....

    Yuk lah kita wanita2 hebat yg disini baik yg masih single ataupun yg sdh jd ibu, kita pasti bisa buat anak2 generasi penerus ini jauh lebih hebat dr kita. Supaya anak2 itu jadi anak yg luar biasa nanti👍

    23 Juni diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 23 Juni

    GRACE721 tulis:

    Keren n salut 👍👍👍👍 saya dengan ibu mu sis .....

    Bukan kutuk keturunan yaa nama nya ???

    Walaupun sebenarnya tentang gak suka makan sayur itu bukan hal dosa atau kutukan sih... tapi saya seringkali menganggap hal  itu adalah kutuk loh...

    Makanya, selain doa tentang pasangan hidup, saya juga doa (lebih tepatnya saya mematahkan kutuk itu) : anak2 saya kelak Harus Tidak Boleh Bawa sifat2, dan hobby2, selera2 buruk (yg gak baik untuk kesehatan tubuh dan mental dan terutama level iman) generasi atas2nya (gara2 gen DNA nih).

    Apalagi karena letak otak di atas lidah.

    Jadi, otak harus bisa setir lidah.

    Menurut saya bukan kutuk akibat dosa keturunan. Tapi lebih ke pola asuh ortu nya yg  salah tidak memberikan asupan makanan sayur mayur sejak bayi sampai dewasa. Ibu sy cerewet apalagi Menyangkut hal makanan. Makanan itu 4 sehat 5 sempurna bagi ibu sy yang harus diberi dr kecil sampai besar.  Uang jajan aja ga banyak dikasi kalo sekolah. Spy ga jajan yg macam2 . Dibontoti nasi lengkap sayur, ikan dan minuman. Kadang2 adik yg cow itu suka di ledekin teman cew nya disekolah.  Dibilang anak cow kok bawa bontot ke sekolah. Karena gengsi kan biasanya kalo cow bawa gt an..tapi ya itu harus bontot kata ibu.

    Berdoa utk mematahkan kutuk dosa keturunan ga masalah sist Grace. Spy ada pelepasan bbgi hal yg berhubungan dgn kutuk dosa turunan..tapi yg terpenting adalah perbuatan kita sendiri. Artinya kalo kita tau sayur mayur itu bagus utk pencernaan spy ga susah BAB ya kita harus makan sayuran..jangan hanya doa saja tapi kita tidak melakukan.

    Saya blm pernah baca sec medis kalo ga makan sayur itu adalh sebuah penyakit keturunan atau kelainan DNA.

    23 Juni diubah oleh ECHA124

  • 23 Juni

    Maaf banget loh ya sis Echa ......

    Memang cara mikir saya dari orok sudah aneh 🤦‍♀️

    Jadi lupakan aja yaa tentang yg saya katakan tadi  :  "kutuk dosa keturunan" 😁🤣

    ECHA124 tulis:

    Menurut saya bukan kutuk akibat dosa keturunan. Tapi lebih ke pola asuh ortu nya yg  salah tidak memberikan asupan makanan sayur mayur sejak bayi sampai dewasa. Ibu sy cerewet apalagi Menyangkut hal makanan. Makanan itu 4 sehat 5 sempurna bagi ibu sy yang harus diberi dr kecil sampai besar.  Uang jajan aja ga banyak dikasi kalo sekolah. Spy ga jajan yg macam2 . Dibontoti nasi lengkap sayur, ikan dan minuman. Kadang2 adik yg cow itu suka di ledekin teman cew nya disekolah.  Dibilang anak cow kok bawa bontot ke sekolah. Karena gengsi kan biasanya kalo cow bawa gt an..tapi ya itu harus bontot kata ibu.

    Berdoa utk mematahkan kutuk dosa keturunan ga masalah sist Grace. Spy ada pelepasan bbgi hal yg berhubungan dgn kutuk dosa turunan..tapi yg terpenting adalah perbuatan kita sendiri. Artinya kalo kita tau sayur mayur itu bagus utk pencernaan spy ga susah BAB ya kita harus makan sayuran..jangan hanya doa saja tapi kita tidak melakukan.

    Saya blm pernah baca sec medis kalo ga makan sayur itu adalh sebuah penyakit keturunan atau kelainan DNA.

  • 23 Juni

    Harus keras memang Sis Grace untuk mendidik anak? Maaf kalau saya salah memahami tulisannya; saat ini keponakan Sis usia 16 tahun, dan bab nya bisa 1x dalam sebulan? Benarkah yg saya pahami ini? Atau kapan(usia berapa) bab yg cm 1x perbulan itu ya?

    Sebenarnya usia 16 tahun idealnya sudah lebih bisa diberikan edukasi. Pilihan2 makanan olahan sayur sangat banyak sebenarnya sangat banyak saat ini, dan serat-pun sebenarnya bisa juga di dapat dari buah2an jadi tak mutlak harus sayur saja. Serat harus dibarengi dengan asupan cairan yang cukup.

    Sebaiknya jangan membuat acara makan yang idelnya menyenangkan menjadi acara makan yang menakutkan dengan pemaksaan (sekedar saran🙏).

    Mungkin kalau usia balita memang belum sememahami anak usia 16 tahun ya..jadi bisa dilakukan dengan memberi contoh kebiasaan makan. Tetapi makanan (sayur tersebut) harus menarik minat anak dan  enak dari segi rasa juga tampilannya khan?

    Menurut saya, Ayah dan ibu punya peran masing2, pada fase tertentu dalam perkembangan anak,  entah seorang anak laki2 atau perempuan, membutuhkan peran ayah dan juga ibu nya. Bila tidak dimasa depan bisa ada masalah secara psikologis.

    Peran ibu juga pastinya bukan hanya sebatas pada selera dan hobi anak. Sayang sekali kalau smart-nya cm berperan di sana khan☺

    GRACE721 tulis:

    Menurut teman2 di sini ... kesukaan/hobby bahkan ketidaksukaan seorang anak mungkin kah adalah karena dari keturunan atas nya ??

    ....

    Jadi ladies ..... yux kita jadi wanita2 yg smart dan terus bekali diri dengan update info2 ... terutama tentang pengetahuan akan makanan bergizi dan pola hidup sehat.

    23 Juni diubah oleh JODOHKRISTEN

  • YUVENSIUS561

    23 Juni

    Kalau sumber di bawah ini bagaimana ya? Dikatakan di sana bahwa hobby bisa "diwariskan". Apakah maksud Anda itu konteks umum atau konteks Mba Grace ya?

    hobbyleads.com/can-hobbies-be- ... ed-are-genetic/

    www.telegraph.co.uk/news/uknew ... -inherited.html

    Saya rasa ada hubungannya dengan teori "nature vs nurture".

    www.sps186.org/downloads/basic ... 0Psychology.pdf

    Anaknya sudah umur 16 tahun, berada di "pertengahan remaja".. berdasarkan cerita, ortu suka memanjakan si anak, jadi "parenting style" orang tua sudah terekam oleh si anak. Orang tua ga tegas, anak jadi "senang" untuk mengatakan "NO VEGGIES! GIMME MEAT!" (joke, btw).. The kid thinks he is in control.

    mdpi-res.com/d_attachment/soci ... sion=1411045492

    www.researchgate.net/publicati ... 27s_the_problem

    ECHA124 tulis:

    Saya izin menanggapi

    Pernyataan yg kesukaan/hobby atau ketidaksukaan sso anak mungkin itu diturunkan garis keturunan diatas, Saya ga setuju sih..

    ....

    Yuk lah kita wanita2 hebat yg disini baik yg masih single ataupun yg sdh jd ibu, kita pasti bisa buat anak2 generasi penerus ini jauh lebih hebat dr kita. Supaya anak2 itu jadi anak yg luar biasa nanti👍

    23 Juni diubah oleh JODOHKRISTEN

  • 23 Juni

    YUVENSIUS561 tulis:

    Kalau sumber di bawah ini bagaimana ya? Dikatakan di sana bahwa hobby bisa "diwariskan". Apakah maksud Anda itu konteks umum atau konteks Mba Grace ya?

    hobbyleads.com/can-hobbies-be- ... ed-are-genetic/

    www.telegraph.co.uk/news/uknew ... -inherited.html

    Saya rasa ada hubungannya dengan teori "nature vs nurture".

    www.sps186.org/downloads/basic ... 0Psychology.pdf

    Anaknya sudah umur 16 tahun, berada di "pertengahan remaja".. berdasarkan cerita, ortu suka memanjakan si anak, jadi "parenting style" orang tua sudah terekam oleh si anak. Orang tua ga tegas, anak jadi "senang" untuk mengatakan "NO VEGGIES! GIMME MEAT!" (joke, btw).. The kid thinks he is in control.

    mdpi-res.com/d_attachment/soci ... sion=1411045492

    www.researchgate.net/publicati ... 27s_the_problem

    Maaf link yg kamu berikan semua dlm bahasa inggris jadi saya ga paham. Bahasa inggris sy ga  begitu bagus. Sy lihat di google. Hobby itu memang diturunkan atau diwariskan. Dan sy jd tau ternyata itu juga diturunkan.

    Tapi yg sy maksudkan dari kecil anak tidak suka makan sayur bukan suatu hobby.  

    Anak dr kecil sejak MPASI sdh susah dikasi makan dengan campuran nya sayur. Dan ibunya jd lelah utk memberikan sayur sampai usia 16 tahun. Ibu menuruti aja apa mau si anak. Dan anak jd manja. Klo sdh manja si ibu juga susah bertindak tegas dan mendisiplinkan si anak utk makan sayur. Ibu sy cerewet, dan anak2 nya juga ga bisa melawan klo disuruh makan sayur. Karena Mulut kami tuh di kasi sambal cabe kalo ga mau makan sayuran. Terus dibilang sama ibu sy,  km ga tau itu penting nya makan sayuran. Itu buat kesehatan pencernaan.  Spy ga susah BAB.  Jadi anaknya ga pernah dimanjakan klo ga mau makan sayur.

    23 Juni diubah oleh ECHA124

  • 23 Juni

    Kyanya nie typical ibu batak, "ngelawan kanjeng mami, kelar idup loe", wkwk...

    Peace sis, cuma becanda...✌️😁😉

    ECHA124 tulis:

    Maaf link yg kamu berikan semua dlm bahasa inggris jadi saya ga paham. Bahasa inggris sy ga  begitu bagus. Sy lihat di google. Hobby itu memang diturunkan atau diwariskan. Dan sy jd tau ternyata itu juga diturunkan.

    Tapi yg sy maksudkan dari kecil anak tidak suka makan sayur bukan suatu hobby.  

    Anak dr kecil sejak MPASI sdh susah dikasi makan dengan campuran nya sayur. Dan ibunya jd lelah utk memberikan sayur sampai usia 16 tahun. Ibu menuruti aja apa mau si anak. Dan anak jd manja. Klo sdh manja si ibu juga susah bertindak tegas dan mendisiplinkan si anak utk makan sayur. Ibu sy cerewet, dan anak2 nya juga ga bisa melawan klo disuruh makan sayur. Karena Mulut kami tuh di kasi sambal cabe kalo ga mau makan sayuran. Terus dibilang sama ibu sy,  km ga tau itu penting nya makan sayuran. Itu buat kesehatan pencernaan.  Spy ga susah BAB.  Jadi anaknya ga pernah dimanjakan klo ga mau makan sayur.

  • 23 Juni

    GRACE721 tulis:

    Maaf banget loh ya sis Echa ......

    Memang cara mikir saya dari orok sudah aneh 🤦‍♀️

    Jadi lupakan aja yaa tentang yg saya katakan tadi  :  "kutuk dosa keturunan" 😁🤣

    Sy menghargai pemikiran orang lain ttg suatu hal sist Grace. Dan itu kan hanya pandangan sy. Blm tentu saya benar juga loh dlm hal.ini..si, sist grace tidak perlu minta maaf sm saya atuh 🙏

  • 23 Juni

    VINA735 tulis:

    Kyanya nie typical ibu batak, "ngelawan kanjeng mami, kelar idup loe", wkwk...

    Peace sis, cuma becanda...✌️😁😉

    Betul sekali..ibu saya memang batak sist Vina. Itu didikan ibu2 batak pd umumnya 😘😘

    Walupun ga semua gt ya cara mendidik anaknya..

  • 23 Juni

    Jika Dalam usia 16 thn susah BAB mungkin ada yg kurang beres dng sistem pencernaannya, apakah sdh pernah diperiksa ke dokter lebih lanjut? saya waktu kecil jg GA mau makan sayur,  waktu jamannya TK pada hari tertentu makan sayur yg disediakan sekolah adeuhhh penyiksaan buat saya, tidak boleh main klu GA abis & saya memilih tdk menghabiskan gpp GA boleh main 😂 tdk suka sayur tpi saya doyan buah 👏

    Di rumah tdk dipaksakan jg makan sayur mungkin krn doyan buah jdi tdk dipaksakan makan sayur 😉

    Dan dikeluarga sebagian besar tdk masalah dng makan sayur 🙏

    Yg 'dipaksa' itu tiap hari  Minggu mau hujan badai wajibb hukumnya ke sekolah minggu ✌

    23 Juni diubah oleh INNE351

  • 23 Juni

    Haha...

    Iyes sis, emak2 emang umumnya terkesan galak atau g minimal tegas agar anak2 nya bisa disiplin. Makanya salut buat para ortu terutama emak2 (apalagi sambil bekerja) yg berhasil besarin anak2 nya dengan selamat (lahir batin) sampai usia dewasa, krn memanusiakan manusia itu g gampang, tipping hat utk para ortu...🙇🙇👍👏👏

    ECHA124 tulis:

    Betul sekali..ibu saya memang batak sist Vina. Itu didikan ibu2 batak pd umumnya 😘😘

    Walupun ga semua gt ya cara mendidik anaknya..

  • 23 Juni

    Makan jangan dipaksain.

  • 23 Juni

    Jd hrs gmn mas bro, klo cara persuasif g mempan. Klo ikut selera anak mah pasti banyakan pilih junk food & makanan g sehat lainnya...🤔😔

    BARNABAS668 tulis:

    Makan jangan dipaksain.

    23 Juni diubah oleh VINA735

  • 24 Juni

    ponakan kk tipenya sama kek aku dulu, ga suka sayur 😂🤣

    emakku ga mau maksain, klo ga mau sayur yaudah. waktu dulu sempat paling kurus sndiri dikeluarga dikira anak tetangga 🥲 makku ttp ga mau maksa makan ampe triak2 gt, cuma dia rutin kasih susu Klim sama jamu buyung upik.

    lol

    (coba googling aja itu apa) 🤭

    nah utk serat, didapat dari buah2an kk. pepaya paling ampuh biar lancar.

    pas beranjak kuliah, udh paham pentingnya ragam serat dlm tubuh. jd berangsur makan sayur walau kepaksa. tp ya jujur sih awalnya gegara liat mukbang DJ Katy butterfly yg makan sayuran cocol sambel 🙈🙈🙈 jd suka sayuran.

    jd klo dibilang bunda mesti tegas n galak soal makanan, aku ga stuju. msti pandai2 ambil hati anak sih. supaya dia itu paham kenapa dia harus makan sayur, bukan sekedar nurut2 saja. 😁

    anw, bbrp bulan lalu aku nemu vt parenting, mbak itu menjelaskan, ketika anak diberi sayuran utk pertama kali, dia baru mengenal bentuk dan warnanya otomatis cuma sampe mulut abis itu dilepeh.

    tp bunda msti ttp konsisten membuat porsi khusus sayuran dalam piring si anak. gpp klo sering terbuang, biarkan dia blajar. sampai bbrp kali dia akan penasaran sndiri knp bunda selalu menyodorkan makanan itu.

    saranku sih klo sbagai bunda kelak, emang msti disodorin terus utk makan sayur, tp jangan keras juga. nanti deh aku coba share disini mbak2 yg di tik*tok itu. bagus penjelasan dia soal parenting. berhijab dia. suka bgt liat penjelasannya deh 👍🏾👍🏾

    GRACE721 tulis:

    Menurut teman2 di sini ... kesukaan/hobby bahkan ketidaksukaan seorang anak mungkin kah adalah karena dari keturunan atas nya ??

    Saya punya kasus begini :

    Keponakan saya itu ampun2 deh sama sekali tidak pernah suka makan sayur (semua jenis sayur).

    Sejak kecil saat MPASI, ma2nya sampai lelah loh ajari ini anaknya untuk menyukai masakan sayur2.

    Kakak dan kakak ipar saya itu tampaknya memilih jalur parenting yg sama sekali gak keras mendidik anaknya.

    Kesan yang saya tangkap adalah terlalu memanjakan dia.

    Usia keponakan saya di tahun ini adalah 16 tahun. Tali, bahkan di usia segitu, si keponakan saya ini susah sekali kalo urusan ke toilet untuk BAB (maaf😰) ...

    Dia bisa loh sampai 1 bulan ... baru akhir nya cukup ada pup yg dikeluarkan di jamban. Itu pun dengan perjuangan orang tua nya memakaikan obat pencahar yang ditusukkan ke anus si anak ...

    Saya bertanya dalam hati :  "usus nya anak ini gimana keadaan nya yaa ???"  Ujung2nya dokter hanya beri saran :  "makan sayur yang banyak yaa nak..."

    Kalau bisa saya ambil kesimpulan tentang keponakan saya terkait susah BAB itu adaah hal ini bisa terjadi yaa akibat 2 ortu nya selalu mengalah dengan sikap keras nya si anak mereka itu.

    Selidik punya selidik ... si engkong(kakek) nya si anak ini alias pa2 saya ... ternyata beliau juga sama persis deh...

    Saya sebagai anak ... sampai berbusa banyak loh mulut saya menasehati pa2 saya untuk belajar lah menyukai makan sayur ini itu yang sudah dimasak oleh ma2 saya.

    Usia muda masih belum terasa penyakit ini itu, di usia mulai deh banyak penyakit degeneratif (diabetes , darah tinggi , asam urat , kolesterol) bermunculan.

    Saya ini tipe orang yang sungguh sangat2 concern untuk urusan makanan dan minuman sehat dan bergizi. Bahkan konsep saya : apapun makanan dan minuman yang mau masuk dalam mulut saya, betul2 harus dipikir matang2 "apakah ini bikin penyakit atau bikin sehat tubuh saya ?"

    Contoh : saya tidak pernah mau minum minuman soda, minum kopi sachet hanya 2 cangkir dalam 1 minggu, dll.

    Tujuan saya cuma 1 : saya tidak mau di hari tua saya membuat repot anak dan mantu dengan keterbatasan saya yang punya banyak penyakit ini-itu.

    Kembali ke kasusnya keponakan saya yaa.....

    Terkadang saya sampai mbatin (berkata dalam hati) loh... ntar anak ku gak akan aku didik seperti emak(nenek) dan engkong(kakek) ku mendidik pa2 ku.

    Kalo ini anak dari orok diajari dengan cara sabar tentang makanan bergizi terutama makan sayur ... dia tidak menuruti , akhirnya saya memutuskan dengan kekerasan mungkin yaa..... dicekoki gitu ke mulut nya 😱😰 dan harus ditelan ... "sadis amat nih ma2 ku" demikian kata hati anak ku kelak 😁😁🤣🤣

    Oya... saya juga punya konsep : lebih baik dari muda kekang lidah dari keinginan untuk makan-makan enak dan berlemak tinggi, daripada di usia tua nanti harus kekang lidah ... karena perintah dokter.

    Btw... kunci mendidik anak menurut saya lebih banyak beban di pundak seorang ma2(ibu) loh... peran pa2 cenderung hanya terkait pembentukan karakter. Sedangkan peran ibu : bahkan tentang selera dan hobby anak biasa nya hasil dari hal2 disetir ma2nya si anak itu, karena bonding ibu ke anak sejak di dalam janin loh...

    Jadi ladies ..... yux kita jadi wanita2 yg smart dan terus bekali diri dengan update info2 ... terutama tentang pengetahuan akan makanan bergizi dan pola hidup sehat.

  • 24 Juni

    ahahah sama kak inne 😂

    ga makan sayur gpp.

    tp ga boleh skip sekolah minggu.

    sampai2 dulu ngide pura2 sakit biar bs nonton doraemon shinchan chibi marukho chan 🥲

    maapin hamba yawlah 🙈

    ttp aja disuruh greja, krna actingnya kurang jago ahaha

    sedih wkt itu klo diingat2. tp skrg paham knp dulu wajib greja😁

    nemu sendiri momentum primanya

    uhye wkwkw

    INNE351 tulis:

    Jika Dalam usia 16 thn susah BAB mungkin ada yg kurang beres dng sistem pencernaannya, apakah sdh pernah diperiksa ke dokter lebih lanjut? saya waktu kecil jg GA mau makan sayur,  waktu jamannya TK pada hari tertentu makan sayur yg disediakan sekolah adeuhhh penyiksaan buat saya, tidak boleh main klu GA abis & saya memilih tdk menghabiskan gpp GA boleh main 😂 tdk suka sayur tpi saya doyan buah 👏

    Di rumah tdk dipaksakan jg makan sayur mungkin krn doyan buah jdi tdk dipaksakan makan sayur 😉

    Dan dikeluarga sebagian besar tdk masalah dng makan sayur 🙏

    Yg 'dipaksa' itu tiap hari  Minggu mau hujan badai wajibb hukumnya ke sekolah minggu ✌

  • 24 Juni

    cuma atu. ga prlu pke elmu2an.. lakuin FIRMAN aj. jangan sakiti hati anakmu.. ntu doang n smuany bakal bae2 aj..

    .

    EZTY822 tulis:

    Sepertinya blm ada thread ttg parenting ya?

    dan kebetulan ini thread pertama aq 😁

    Ilmu parenting penting banget buat rumah tangga, baik yg baru aja menikah ato udah lama menikah.

    Nah, Pasti calon org tua ato org tua disini ada beberapa pandangan tentang pola asuh anak, ato kiat tentang bagaimana cara mengasuh, menjaga, mengawasi, membentuk karakter anak dr sejak dini, sampe yg udh mulai gede agar dia menjadi pribadi yg baik, ga salah arah, pergaulan bebas, terjebak kenakalan remaja, spt free sex, narkoba, kejahatan, pemabuk, dll.

    Krn kita sbg org tua nanti ga akan mengawasi 24 jam penuh.

    Monggo yg punya usulan, ide, ato mau sharing pengalaman nya boleh banget, buat bekal kami² yg nanti nya akan mengarungi bahtera rumah tangga..

    Matur tengkiuu  😁👌🏻🙏🏻

  • 24 Juni

    IDE BAGUS BANGET nih..... "Mulut di kasi sambal cabe kalo ga mau makan sayuran."

    Jadi tercerahkan loh sis... ntar saya pake gitu aja deh metode nya ke anak saya kelak sis... udah terbukti manjur.

    Inti nya adalah keponakan saya itu adalah produk salah asuh ortu nya deh...

    ECHA124 tulis:

    Maaf link yg kamu berikan semua dlm bahasa inggris jadi saya ga paham. Bahasa inggris sy ga  begitu bagus. Sy lihat di google. Hobby itu memang diturunkan atau diwariskan. Dan sy jd tau ternyata itu juga diturunkan.

    Tapi yg sy maksudkan dari kecil anak tidak suka makan sayur bukan suatu hobby.  

    Anak dr kecil sejak MPASI sdh susah dikasi makan dengan campuran nya sayur. Dan ibunya jd lelah utk memberikan sayur sampai usia 16 tahun. Ibu menuruti aja apa mau si anak. Dan anak jd manja. Klo sdh manja si ibu juga susah bertindak tegas dan mendisiplinkan si anak utk makan sayur. Ibu sy cerewet, dan anak2 nya juga ga bisa melawan klo disuruh makan sayur. Karena Mulut kami tuh di kasi sambal cabe kalo ga mau makan sayuran. Terus dibilang sama ibu sy,  km ga tau itu penting nya makan sayuran. Itu buat kesehatan pencernaan.  Spy ga susah BAB.  Jadi anaknya ga pernah dimanjakan klo ga mau makan sayur.

  • 24 Juni

    Itu anak hobby nya makan masakan yang digoreng gitu.

    Minum air aja jarang2 loh... ortu nya malah harus ingetin dulu... "nak minum dulu ... jangan maen game mulu gitu ..."  buah dan sayur no no .....  kalo di usia 16 tahun sekarang ini kata ortu nya setidaknya sudah 2 minghu sekali baru BAB loh... perut nya jadi buncit n keras gitu 😱😰 harusnya itu perut di kolonoskopi kali yaa (utk lihat keadaan kotor nya itu usus nya si anak) ...

    Ma2 nya kasi edukasi ini itu ke si anak, bagi si anak dianggap ocehan remeh masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Ortu nya mikir :  "ya udah lah ... daripada ntar anak nya jadi tantrum, marah besar, hanya gara2 dipaksa maem sayur dan buah, nurut ae dah ama si anak."

    Ma2nya si anak (ipar saya) sebenarnya mau didik sedikit ketat (disiplin) loh... , eh lha pa2nya si anak (kakak saya) malah pukpuk si anak ... pa2nya bilang : "gak usah ... biarin aja ... anak masih kecil."

    Jadinya 2 ortu itu gak sepaham dalam didik anak.

    Btw pa2nya gak terlalu intervensi dalam didik anak sih ... soalnya pulang kerja sampai rumah udah capek, jadi sikap si pa2 hanya ajak bermain2 manjain nih anak.

    KATHARINA781 tulis:

    Harus keras memang Sis Grace untuk mendidik anak? Maaf kalau saya salah memahami tulisannya; saat ini keponakan Sis usia 16 tahun, dan bab nya bisa 1x dalam sebulan? Benarkah yg saya pahami ini? Atau kapan(usia berapa) bab yg cm 1x perbulan itu ya?

    Sebenarnya usia 16 tahun idealnya sudah lebih bisa diberikan edukasi. Pilihan2 makanan olahan sayur sangat banyak sebenarnya sangat banyak saat ini, dan serat-pun sebenarnya bisa juga di dapat dari buah2an jadi tak mutlak harus sayur saja. Serat harus dibarengi dengan asupan cairan yang cukup.

    Sebaiknya jangan membuat acara makan yang idelnya menyenangkan menjadi acara makan yang menakutkan dengan pemaksaan (sekedar saran🙏).

    Mungkin kalau usia balita memang belum sememahami anak usia 16 tahun ya..jadi bisa dilakukan dengan memberi contoh kebiasaan makan. Tetapi makanan (sayur tersebut) harus menarik minat anak dan  enak dari segi rasa juga tampilannya khan?

    Menurut saya, Ayah dan ibu punya peran masing2, pada fase tertentu dalam perkembangan anak,  entah seorang anak laki2 atau perempuan, membutuhkan peran ayah dan juga ibu nya. Bila tidak dimasa depan bisa ada masalah secara psikologis.

    Peran ibu juga pastinya bukan hanya sebatas pada selera dan hobi anak. Sayang sekali kalau smart-nya cm berperan di sana khan☺

  • 24 Juni

    Saya setuja banget dengan pendapat mu ......

    Dari kecil dididik disiplin, gpp agaj keras dikit, supaya terbentuk kebiasaan dan karakter yang baik.

    Lagipula menurut saya, seorang anak itu jelaslah masih gak tau mana yang baik dan tidak untuk diri nya, yg tau adalah ortu nya loh...

    Lha kalo dari kecil dibiasakan terima perlakuan manja, n kemauan anak ini itu hampir semua langsung dituruti, hasilnya si anak jadi belajar keras kepala dab menolak di saat ortu nya mau terapkan disiplin.

    YUVENSIUS561 tulis:

    Kalau sumber di bawah ini bagaimana ya? Dikatakan di sana bahwa hobby bisa "diwariskan". Apakah maksud Anda itu konteks umum atau konteks Mba Grace ya?

    hobbyleads.com/can-hobbies-be- ... ed-are-genetic/

    www.telegraph.co.uk/news/uknew ... -inherited.html

    Saya rasa ada hubungannya dengan teori "nature vs nurture".

    www.sps186.org/downloads/basic ... 0Psychology.pdf

    Anaknya sudah umur 16 tahun, berada di "pertengahan remaja".. berdasarkan cerita, ortu suka memanjakan si anak, jadi "parenting style" orang tua sudah terekam oleh si anak. Orang tua ga tegas, anak jadi "senang" untuk mengatakan "NO VEGGIES! GIMME MEAT!" (joke, btw).. The kid thinks he is in control.

    mdpi-res.com/d_attachment/soci ... sion=1411045492

    www.researchgate.net/publicati ... 27s_the_problem

  • 24 Juni

    MAE309 tulis:

    monggo...pengen tahu jg niy..p donesia kayaknya kan negara bisnis [bukan riset gituh maksudnya]...jadi kan pada online bisnis dan malah kayak jamanku malah temen2ku yg bisnis online jg udah bagus2 tuh incomenya...terbukti pada2 bisa kuliahin anak2nya sampe selesai ...

    Nah pertanyaannya (jaman skrg) apakah kuliah itu penting/required u/ bekal anak2 jaman skrg? toh ujung2 jg bisnis online jg...dan kalo iya/tidak alasannya kenapa? 🙏🏻😁

    menurut aq penting sih ci, krn dpt bekal ilmu jg, klo mau bisnis onlen, bs ambil jurusan manajemen pemasaran, agar pandangan ter upgrade jg...

    Tp liat si anak jg sih, dia mau kuliah ga...

    Krn kuliah sifat nya menunjang aja.

    Sharing dikit nih..

    Krn aq punya temen ketika lulus SMU, dia pingin nya usaha.

    Papa nya udh ngarahin dia buat kuliah dia ttep pengen usaha.

    Jd duit yg buat kuliah dia pke buat usaha bengkel mobil, sblm nya dia 1 taon kerja di bengkel orang dulu dan rajin nonton youtube. Dasar org nya cerdas jg, bengkel nya jd gede skg dan dia dah punya beberapa karyawan...

  • YUVENSIUS561

    24 Juni

    Thank you kak Grace :)

    Semua anak teman papa juga begitu. Kuliah itu harus meskipun nanti si anak kerjaannya beda tapi setidaknya dia bakal ada pegangan hidup untuk masa depan.

    Kata papa saya, tidak kuliah tapi bisnis-bisnisan itu boleh saja tapi sifatnya sama seperti "gambling" (judi), kalau sukses syukur tapi kalau enggak ya udah.. hehehe kecuali ortu kaya mencoba lagi dan lagi gak masalah jika gagal.

    Papa saya terbilang cukup keras tapi gak keras amat. Dari dia saya belajar mengelola uang dengan baik, berpikir bijak dan tidak gegabah, belajar bahasa asing dan mandiri.

    Kelak, saya mau anak saya kuliah setinggi-tingginya. Dari kecil saya akan fokus sama keahlian dia apa dan disitu saya supportnya. Suka musik, saya beliin dia gitar sama piano. Jadi dia akan tumbuh sebagai manusia yang dapat berkontribusi positif buat orang lain. 😊✌

    GRACE721 tulis:

    Saya setuja banget dengan pendapat mu ......

    Dari kecil dididik disiplin, gpp agaj keras dikit, supaya terbentuk kebiasaan dan karakter yang baik.

    Lagipula menurut saya, seorang anak itu jelaslah masih gak tau mana yang baik dan tidak untuk diri nya, yg tau adalah ortu nya loh...

    Lha kalo dari kecil dibiasakan terima perlakuan manja, n kemauan anak ini itu hampir semua langsung dituruti, hasilnya si anak jadi belajar keras kepala dab menolak di saat ortu nya mau terapkan disiplin.

26 – 50 dari 144    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3 ... 6  Selanjutnya Kirim tanggapan