Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

DISKUSI: Cinta itu apa sih?

ForumPersahabatan dan hubungan

26 – 50 dari 927    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3 ... 38  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • ANDREW934

    13 September 2015

    kalau menurut saya itu bukan cinta tapi kasih, karena memberi tanpa meminta imbalan....

    kalau cinta pasti ada apa"nya kalau gak cinta lagi yah di lepas, tapi berbeda dengan kasih, kasih menerima apa adanya, memberi tanpa harus menerima.

    RIANA473 tulis:

    Cinta itu sederhana, memberi tanpa ingin meminta kembali

  • BERNARD249

    13 September 2015

    @DOMI: definisi yang sangat maskulin :D

    @RIANA: i see.. definisi yang sangat dalam menurut saya, altruism, memberi tanpa mengharapkan balasan.. :up:

  • BERNARD249

    13 September 2015

    ANDREW934 tulis:

    kalau menurut saya itu bukan cinta tapi kasih, karena memberi tanpa meminta imbalan....

    kalau cinta pasti ada apa"nya kalau gak cinta lagi yah di lepas, tapi berbeda dengan kasih, kasih menerima apa adanya, memberi tanpa harus menerima.

    nah itulah, cinta sih kalau secara definisi mungkin sekarang sudah bergeser menjadi "desire to have"

    keinginan untuk memiliki.. ada faktor ego yang masuk ke situ.. berbeda banget dengan definisi cinta dari pujangga2 dulu.. yang intinya adalah kesejatian, memberi seluruh jiwa dan raga untuk kebahagiaan orang lain, tanpa ada balasan.. true love..

    apakah lantas itu adalah sesuatu yang negatif? kurasa tidak, yang penting adalah menyadari ekspektasi diri sendiri terhadap cinta itu.. ingin memiliki, tetapi menurut saya pribadi, sebaiknya tetap mempunyai kebijaksanaan untuk mengontrol ego.. sehingga menghindari konflik2 "atas nama cinta" seperti cemburu berlebih, sikap posesif yang amat sangat, sampai hal2 negatif seperti "mengancam atas nama cinta" misalnya "kl km cinta aku, km harus menjadi A,B,C,D demi aku, kl ngga berarti km ga cinta"

    kehancuran dalam hubungan, biasanya dimulai dari faktor ego yang menjadi dasar percintaan antar pria-wanita.. selingkuh itu dimulai juga dari ego, menginginkan untuk memiliki orang lain selain pasangan kan?

  • ANDREW934

    13 September 2015

    BERNARD249 tulis:

    nah itulah, cinta sih kalau secara definisi mungkin sekarang sudah bergeser menjadi "desire to have"

    keinginan untuk memiliki.. ada faktor ego yang masuk ke situ.. berbeda banget dengan definisi cinta dari pujangga2 dulu.. yang intinya adalah kesejatian, memberi seluruh jiwa dan raga untuk kebahagiaan orang lain, tanpa ada balasan.. true love..

    apakah lantas itu adalah sesuatu yang negatif? kurasa tidak, yang penting adalah menyadari ekspektasi diri sendiri terhadap cinta itu.. ingin memiliki, tetapi menurut saya pribadi, sebaiknya tetap mempunyai kebijaksanaan untuk mengontrol ego.. sehingga menghindari konflik2 "atas nama cinta" seperti cemburu berlebih, sikap posesif yang amat sangat, sampai hal2 negatif seperti "mengancam atas nama cinta" misalnya "kl km cinta aku, km harus menjadi A,B,C,D demi aku, kl ngga berarti km ga cinta"

    kehancuran dalam hubungan, biasanya dimulai dari faktor ego yang menjadi dasar percintaan antar pria-wanita.. selingkuh itu dimulai juga dari ego, menginginkan untuk memiliki orang lain selain pasangan kan?

    tapi ego juga di dasari oleh cinta, karena seperti yang saya paparkan sebelumnya, cinta itu hanyalah ketertarikan satu sama lain yang hanya dilihat dari luarnya, seperti kecantikan atau kegantengan, kemolekan tubuh atau kegagahan, atau yang lebih parah karena materi.

    semakin besar orang menginginkan cinta semakin besar pula egonya dan semakin besar juga harapan-harapan dan ke inginannya, dan akan timbul syarat dan prasyarat. dengan ekspetasi yang besar dan harapan yang besar pula.

    mengatas namakan cinta demi mendapatkan sesuatu mungkin itulah yang di gambarkan bahwa cinta itu hanya semu dan memiliki tujuan tertentu atau menginginkan balasan.  orang selingkuh juga bukan hanya karena ego, ego dapat di tekan bila ada Kasih, tapi kalau hanya berlandaskan cinta, perselingkuhan itu mungkin akan terjadi, karena mengharapkan suatu timbal balik, baik fisik, non-fisik, atau perasaan.

    13 September 2015 diubah oleh ANDREW934

  • TARI420

    13 September 2015

    jadi ingat salah satu profesor psikologi saya pernah bertanya apa itu cinta dan kita harus menjawab dengan satu kata. dan waktu itu saya menjawab pengorbanan. terus dia bilang pola pikir saya harus diubah kalau kamu ingin menjadi orang yang berbahagia. :'(

  • BERNARD249

    13 September 2015

    ANDREW934 tulis:

    tapi ego juga di dasari oleh cinta, karena seperti yang saya paparkan sebelumnya, cinta itu hanyalah ketertarikan satu sama lain yang hanya dilihat dari luarnya, seperti kecantikan atau kegantengan, kemolekan tubuh atau kegagahan, atau yang lebih parah karena materi.

    semakin besar orang menginginkan cinta semakin besar pula egonya dan semakin besar juga harapan-harapan dan ke inginannya, dan akan timbul syarat dan prasyarat. dengan ekspetasi yang besar dan harapan yang besar pula.

    mengatas namakan cinta demi mendapatkan sesuatu mungkin itulah yang di gambarkan bahwa cinta itu hanya semu dan memiliki tujuan tertentu atau menginginkan balasan.  orang selingkuh juga bukan hanya karena ego, ego dapat di tekan bila ada Kasih, tapi kalau hanya berlandaskan cinta, perselingkuhan itu mungkin akan terjadi, karena mengharapkan suatu timbal balik, baik fisik, non-fisik, atau perasaan.

    nah, ini kurasa definisi cinta duniawi banget.. cinta yang memiliki, cinta yang egois, cinta yang penuh keinginan untuk dipuaskan.. kurasa itu sejatinya bukanlah cinta, tapi ego yang menyamar..

    ego itu muncul bukan karena cinta, tapi muncul dari insting untuk mementingkan diri sendiri.

    kalau ditelusuri, sebenarnya ego itu muncul dari insting purba untuk mempertahankan kelangsungan hidup.. semisalnya ketika dihadapkan pada situasi sangat mendesak dimana tubuh sangat haus, dan hanya ada sedikit air, ego akan muncul dan akan mengarahkan manusia untuk memikirkan keselamatan dirinya sendiri dan menguasai air yang tersisa itu tanpa peduli orang lain yang juga kehausan..

    dalam hal ini, ego seakan2 menjadi dasar cinta hanyalah kedok dari ego itu sendiri.. ego yang mempertahankan diri sendiri akan menjustifikasi apapun yang dia lakukan sehingga seakan2 benar, misalnya dalam hal ini adalah tindakan mementingkan diri sendiri yang disamarkan secara pintar menjadi kesan "mencintai diri sendiri"

    padahal kita tahu sendiri kalau melihat secara jeli bahwa "mencintai diri sendiri" secara ego, biasanya mengarah pada hal yang negatif (tidak selalu sih) misalnya yang mungkin kita sudah tahu, pride (ga mau kalah dengan orang lain walau jelas2 kita tahu salah), lust (hanya menginginkan kenikmatan daging belaka), envy (menganggap orang lain itu jahat karena beruntung/diberkati sedang diri sendiri merasa tidak diberkati), wrath (selalu marah dengan orang lain jika tidak berlaku sesuai keinginan kita), sloth (kemalasan, sudah jelas), gluttony (kerakusan yang diselimuti dengan alasan untuk memuaskan diri sendiri), greed (tahu sendirilah keserakahan, ingin semuanya hanya untuk diri sendiri)

    demikian juga cinta yang didasari ego, benernya sih menurut saya pribadi bukanlah cinta sebenarnya, tetapi ego yang menyamarkan tindakan egoisnya dengan kata2 cinta.. semisalnya yang paling umum? "kalau km mencintai aku, maka kamu hanya boleh menjadi milikku, km tidak boleh samasekali berhubungan dengan orang lain" "kalau km mencintai aku, km harus berlaku sesuai dengan apa yang aku harapkan, kl ngga, ya berarti km ga cinta aku" "kl km ga berkorban untuk aku, ya berarti km ga cinta aku"

    bisa anda lihat benang merahnya? cinta yang berdasar ego biasanya fokusnya aku-aku-aku dan aku.. me-me-me and me..

    jadi mungkin sedikit klarifikasi aja sih.. menurutku kita kalau bisa sih mulai waspada dengan batasan2 antara cinta yang sebenarnya, dengan cinta yang didasari ego..

    dan itulah tujuan saya membuat thread ini, untuk mendiskusikan hal2 seperti ini, dan harapan saya sih, supaya saya bisa memuaskan keingintahuan saya tentang cinta yang sebenarnya dalam diri teman2 lainnya disini.. (bagian dari ego saya juga.. hahaha)

    @TARI: mungkin tentang pertanyaan dari profesor psikolog itu bisa agak teruraikan dengan tulisanku diatas.. semoga bisa membantu jika memang anda merasa perlu..

  • ANDREW934

    13 September 2015

    @ om bernard.

    ia saya dah liat benang merahnya, mungkin kesimpulan yang saya dapat yah, dengan melihat dari Alkitab, cinta yang tidak di dasari oleh ego atau pun sebaliknya di dalam Alkitab menyebutnya Kasih, atau buah-buah Roh. dan sedangkan cinta yang di landasi atau di dasari ego dan sebaliknya itu mungkin yang di katakan kasih eros, kasih yang semu dan bukan kasih yang berasal dari Roh.

    jadi ini mungkin dari saya, bila itu berlandaskan egoistis atau egosentris(pandangan dari ego pribadi) itu akan saya sebut cinta, namun bila itu berasal dari buah-buah Roh maka akan saya sebut kasih.

    1 lagi tambahan tahapan nya kalau diliat  cinta-kasih-sayang, cinta adalah titik awal ketertarikan, kasih adalah fondasinya, dan sayang merupakan implementasinya.

    mungkin seperti itu.

    13 September 2015 diubah oleh ANDREW934

  • RIANA473

    13 September 2015

    ANDREW934 tulis:

    kalau menurut saya itu bukan cinta tapi kasih, karena memberi tanpa meminta imbalan....

    kalau cinta pasti ada apa"nya kalau gak cinta lagi yah di lepas, tapi berbeda dengan kasih, kasih menerima apa adanya, memberi tanpa harus menerima.

    Kita semua memiliki pikiran berhak mengutarakan pendapat kan?

    Karena dari tulisan kamu, seperti menyalahkan definisi saya.

    Tapi ada baiknya, jangan mengatakan benar atau tidak setiap pendapat yang ada disini.

    Karena menurut saya, semua orang memilki bahasanya sendiri, memiliki caranya sendiri untuk mendeskripsikan cinta dalam hidupnya.

    Cinta bagi saya adalah kasih.

    Sedangkan cinta bagi kamu berbeda dengan kasih.

    Definisi cinta kamu dan saya berbeda, itu saja. :)

    No offense yah :)

    Btw, cinta karna ada apa2nya dalam bahasa saya adalah suka.

    Suka karena alasan atau mengharapkan balasan.

    Love is even though, like is because.

    Happy Sunday

    13 September 2015 diubah oleh RIANA473

  • RIANA473

    13 September 2015

    BERNARD249 tulis:

    @DOMI: definisi yang sangat maskulin :D

    @RIANA: i see.. definisi yang sangat dalam menurut saya, altruism, memberi tanpa mengharapkan balasan.. :up:

    Definisi yang dalam, karena cinta pun dalam.

    Kalau hanya diluar, mungkin bukan cinta..hanya kagum semata.

    Thanks.

    Happy Sunday

    13 September 2015 diubah oleh RIANA473

  • VIC671

    13 September 2015

    Jika cinta itu = kasih,, maka definisinya menurut alkitab adalah:

    Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; tidak cemburu. tidak memegahkan diri dan tidak sombong. tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

  • MEIMEI347

    13 September 2015

    Shalom.. cinta itu sederhana. Jika cinta setialah, jika tak mampu setia, pergilah..

    Happy sunday Tuhan memberkati.. :)

  • ADJI006

    13 September 2015

    Cinta adalah... Dian Sastro di film AADC.. hehehe..

    apapun definisinya, semoga orang2 disini bisa saling menyukai, saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi dengan pasangannya masing-masing..

  • 13 September 2015

    Definisi cinta, bisa terima org tersebut tanpa adanya untung rugi, gitu kali yah

    have a nice sunday..

  • DESHELA311

    13 September 2015

    Cinta itu emas..emas itu kuning..kuning itu bbntuk pisang

  • JHONY178

    13 September 2015

    Cinta itu sesuatu yg unik berharga yang datang dan tanpa di ketahui, dan yg membuat sesuatu yg biasa saja menjadi luar biasa..

    Misal kan seseorang, pendek dan gemuk,, ketika cinta iitu datang maka yg terlihat langsing dan tinggi... maka sebenarnya definisi cinta itu buta...

    Happy Sunday;-)

  • 13 September 2015

    cinta itu ada 4 agape, filia, abalove hayooo 1 lagi apa yah..?

    yg saya alami cinta adalah komitmen, kepercayaan dan yg terlebih besar dari itu semua adalah pengampunan.

    Gbu

  • MARIA106

    14 September 2015

    ADJI006 tulis:

    Cinta adalah... Dian Sastro di film AADC.. hehehe..

    apapun definisinya, semoga orang2 disini bisa saling menyukai, saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi dengan pasangannya masing-masing..

    Stuju bgt..p'cuma tau byk teori tp tindakan minus..slmt m'praktekkan cinta ke psgn msg2 ya & smg smpi maut m'misahkan..jgn dikit2 blg pts trs cari yg baru lg dgn alasan "tdk cocok"

    14 September 2015 diubah oleh MARIA106

  • YULEE694

    14 September 2015

    Ni Hao Cc Mei....

    Cintaaa nya disuruh prg kemn...???

    hehehehe

    MEIMEI347 tulis:

    Shalom.. cinta itu sederhana. Jika cinta setialah, jika tak mampu setia, pergilah..

    Happy sunday Tuhan memberkati.. :)

  • ALENA139

    14 September 2015

    cinta itu murah hati, sabar, sederhana....., cinta itu lemah lembut, rela menderita..... ajarilah kami bahasa cintaMu agar kami dekat padaMu ya Tuhanku, ajarilah kami bahasa cintaMu agar kami dekat padaMu....... haleluyaaaa...., semua bersorak soraiiiiii......

  • MEIMEI347

    14 September 2015

    Hen hao juli... Xie xie...

    Disuruh kembali ke alamnya aja deh hihihihi :p

    YULEE694 tulis:

    Ni Hao Cc Mei....

    Cintaaa nya disuruh prg kemn...???

    hehehehe

  • 16 September 2015

    Krn cinta adlh rasa..jk cinta datang,,tak seorangpun bs menolaknya..meski kadang,,cinta bs jg menyakitkan..meski kadang,,hukum mencinta n dicinta tdk berbanding lurus..

    aah..andai sj cinta sll berakhir indah,,pasti hr ini sy tdk disini...tp yg ada skrg,,saya sdh lupa bgmn rasanya jatuh cinta...

  • HENDRA249

    16 September 2015

    Cinta Itu Tulus Memberikan Kasih Sayang Tanpa Mengharapkan Balasan

    16 September 2015 diubah oleh HENDRA249

  • KARLINA273

    16 September 2015

    syalom,

    sy mau ikutan komen yah...

    menurut saya cinta itu selfish, egois, hanya ingin mementingkan diri sendiri, cemburu, mengikat dan menuntut banyak hal.

    tapi Kasih menutupi pelanggaran (Ams 10:12b)

    have a blessed, JBU

    16 September 2015 diubah oleh KARLINA273

  • 16 September 2015

    Sebelumnya sorry nih bang Bernard sepertinya topik yg anda buat pernah dibikin bang Nikolaus "Tentang Cinta" , Aku ga ada maksud apa2 lho bang.. 'n sorry kl mengganggu.. Yaudah silahkan dilanjutkan diskusinya temen2 :D

  • ELISA859

    22 September 2016

    Cinta itu saling memberi dan saling menerima,

26 – 50 dari 927    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3 ... 38  Selanjutnya Kirim tanggapan