Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Ketentuan dan Penjelasan tentang Forum

ForumTentang Jodoh Kristen

1 – 8 dari 8Topik ditutup

  • JODOHKRISTEN

    29 juli 2015

    Selamat datang di menu Forum di Jodoh Kristen! :-)

    Forum di Jodoh Kristen adalah ruang diskusi umum untuk single Kristen, yang bisa dibaca oleh siapa saja - orang-orang yang bukan anggota Jodoh Kristen.

    Mulai dari topik yang serius hingga topik ringan tersedia di ruang diskusi ini: iman, hubungan, doa, namun juga aktivitas, permainan kata, dan lelucon.

    Forum dibagi dalam beberapa sub forum (kategori), antara lain: 'Persahabatan dan hubungan', 'Gaya hidup Kristen', dan 'Doa'.

    Dalam sub forum ini, Anda akan menemukan topik (topik diskusi) yang terkait dengan judul sub forum.

    Anggota yang memulai topik baru, membuat judul dan menulis posting awal untuk topiknya. Di posting awal, pembuat topik menuliskan pendapatnya atau bertanya mengenai suatu hal. Kemudian peserta forum lainnya bisa merespon posting tersebut.

    Semua posting tertera secara kronologis, per topik.

  • JODOHKRISTEN

    29 juli 2015

    Pedoman Umum dan Peraturan

    • Hal pertama yang perlu diingat: menu Forum ini terbuka untuk umum. Siapapun dapat membaca apa yang anda posting, bahkan orang-orang yang bukan anggota Jodoh Kristen. Setelah ditayangkan, pada prinsipnya anda tidak dapat menghapus posting tersebut. Jadi postinglah hal-hal yang boleh diketahui oleh semua orang saja. Lindungi privasi anda dan hormatilah privasi anggota lain. Jika anda akan memposting informasi personal mengenai orang lain di Forum, tanyakanlah terlebih dahulu kepada orang tersebut apakah dia menyetujuinya.
    • Janganlah membuat topik yang melibatkan agama lain. Tidak diperkenankan membahas hal-hal yang berhubungan dengan agama lain. Meskipun bukan dimaksudkan untuk menyinggung atau menghina, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kesalahpahaman.
    • Tidak diperbolehkan memposting kontak info pribadi, baik milik anda sendiri maupun milik orang lain. Jadi janganlah menuliskan alamat, nomor telepon, profil Facebook, alamat email, dan sebagainya. Hanya dengan izin dari admin, pengecualian bisa diberikan untuk hal-hal tertentu.
    • Harap tidak menggunakan forum untuk melaporkan keluhan, pelanggaran, atau hal-hal yang mencurigakan. Topik mengenai keluhan atau laporan yang tidak dilaporkan langsung ke admin sehingga belum ditelusuri akan dihapus.Hal ini bukan dimaksudkan untuk membungkam/menutupi kejadian tersebut, namun untuk menghindari kesalahpahaman (prasangka yang belum dibuktikan kebenarannya), gosip, dan keterlambatan penanganan oleh admin. Admin bahkan tidak segan menginformasikan kepada anggota apabila ada oknum yang (terbukti) melakukan pelanggaran yang menyangkut keamanan anggota lain - agar diketahui dan diwaspadai sehingga tidak terulang kembali.
    • Harap gunakan Forum untuk sharing dan berdiskusi, bukan untuk sekedar berkirim salam. Dengan mendiskusikan sesuatu, anda sekaligus berkenalan dan mengenal anggota tersebut dengan lebih baik lagi ;-)
    • Janganlah gunakan forum untuk mengirimkan pesan personal, misalnya: "ANNIE123, aku ingin mengirimkan surat untukmu, tapi aku tidak memenuhi kriteriamu."
    • Janganlah menjadikan forum sebagai ruang untuk membicarakan orang-orang tertentu. Marilah kita terapkan kasih dan benar-benar menggunakan forum untuk berdiskusi.
    • Kami berdoa agar Forum bisa membangun, mendorong, dan mengarahkan pertumbuhan rohani kita semua. Diskusi yang kritis dan cukup sensitif diperbolehkan, namun harus disampaikan dengan, tanpa kalimat yang menyinggung atau merendahkan. Tanggapilah perbedaan pendapat dengan terbuka dan wajar - jangan emosional. Tanggapi topik atau postingannya, bukan penulisnya. Janganlah menyerang penulis topik atau posting secara personal.  Admin mungkin tidak menegur anggota yang melanggar melalui Forum melainkan secara personal melalui pesan pribadi dan memberikan kesempatan kepada anggota untuk mengubah cara penulisan posting.
    • Hormatilah satu sama lain, serta hormati pendapat orang lain. Di Jodoh Kristen tidak ada ruang untuk mempergunakan kalimat yang menyinggung, menghina, atau menyerang satu sama lain. Jangan gunakan kata-kata yang kasar, kotor, atau cabul. Selain itu, tetap ikuti Syarat dan Kondisi layanan di Jodoh Kristen. Singkatnya: Bersikaplah ramah, membangun, dan mendorong satu sama lain. Perlakukan satu sama lain dengan hormat sebagai saudara dalam Tuhan. Ingatlah bahwa anda adalah pengikut Kristus, dan bertindaklah demikian.
    • Posting yang berisi kalimat yang tidak senonoh, tidak sopan, yang tidak mencerminkan sebagai seorang Kristiani, akan dihapus dan anggota akan dikeluarkan dari Jodoh Kristen. Untuk pelanggaran lain yang masih dapat ditolerir, postingan hanya akan dihapus.
    • Tidak diperbolehkan bump (menyundul) topik, misalnya hanya dengan mengirim "up", "sundul" atau hanya emoticon.
    • Apakah anda ingin memposting puisi, artikel, atau sesuatu yang anda temukan di tempat lain di internet? Pastikan terlebih dahulu bahwa artikel tersebut bukan hoax atau berita palsu/tidak benar. Posting yang merupakan hoax akan dihapus (baik dengan atau tanpa pemberitahuan ke pembuat topik atau posting). Tuliskanlah sumber dan linknya, untuk menghormati sang pengarang. Apabila mengenai sebuah teks yang panjang, postinglah sebagian saja dari teks tersebut: kutipan atau beberapa point yang penting. Sehingga diskusi menjadi mudah dibaca.
    • Janganlah menggunakan huruf besar semua. Hal ini bisa dianggap seperti berteriak dan tidak sopan.
    • Iklan, penggalangan dana, atau kegiatan komersial di forum tidak diperbolehkan. Pengecualian dapat dilakukan hanya dengan izin dari admin.
    • Berhati-hatilah dengan penggunaan warna huruf, karena hal ini dapat menganggu perhatian atau pembacaan.Gunakan jika perlu saja.
    • Jangan terpancing apabila ada anggota yang cenderung memprovokasi. Admin memonitor anggota yang memiliki kecenderungan melakukan provokasi dan akan mengambil tindakan-tindakan untuk kepentingan serta kenyamanan bersama.
    • Apakah anda akan mengutip komentar yang mengandung kalimat yang menyinggung atau kasar/kotor? Abaikan saja komentar tersebut. Akan tetapi jika anda ingin menanggapi postingan tersebut, hapuslah kalimat yang menyinggung atau kasar/kotor dari kutipan. Dengan demikian, anda membantu agar admin tidak bekerja 2 kali, dengan memoderasi kutipan anda juga.
    • Apakah anda menemukan topik atau posting yang tidak semestinya? Bantulah admin untuk menjaga forum agar tetap bersih, dengan melaporkannya melalui link 'Laporkan' yang terletak di sebelah kanan atas di setiap posting.
    • Topik yang kritis dan sensitif.  Silakan tanggapi  topik yang sensitif dengan wajar dan tetap santun, karena jika tidak, topik akan ditutup atau dihapus. Tidak diperkenankan membahas agama lain (harap lihat point 2.).
    • Topik tentang doktrin. Penjelasan tentang suatu doktrin hanya bisa diberikan oleh penganut doktrin terkait. Anggota yang berbeda aliran boleh bertanya apabila ingin tahu, namun bukan untuk mendebat. Hal ini agar diskusi tetap santun dan tertib, saling menghormati.

    5 juni 2017 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • JODOHKRISTEN

    29 juli 2015

    Melihat-lihat Forum

    • Anda dapat melihat-lihat topik forum melalui sub forum/kategori. Anda juga dapat meng-klik 'topik aktif', di mana anda akan mendapatkan gambaran dari semua topik yang baru-baru ini ditanggapi.
    • Pada ringkasan, anda dapat membaca judul topik dan juga nama profil dari anggota yang memulai topik, serta nama profil dari orang yang terakhir memberikan tanggapan, dan tanggal/waktu tanggapan terakhir.
    • Jika ikon topik atau sub forum berwarna biru, hal ini berarti bahwa baru-baru ini terdapat tanggapan pada topik atau sub forum tersebut.
    • Jika pada ikon topik terdapat simbol kunci, berarti topik tersebut ditutup oleh admin. Dengan demikian anda tidak dapat memposting komentar lagi. Biasanya, dalam topik tersebut akan tertera alasan mengapa topik ditutup oleh admin.
  • JODOHKRISTEN

    29 juli 2015

    Memulai topik baru

    • Lihatlah terlebih dahulu topik-topik di forum apakah orang lain kebetulan sudah memulai topik dengan judul yang sama. Carilah melalui kotak pencarian yang terletak di sudut kanan bawah menu Forum. Misalnya anda ingin membuat topik tentang Baptis atau Baptisan, ketikkan kata kuncinya, yaitu baptis, pada kotak pencarian untuk melihat apakah sudah ada topik yang sama dengan topik yang ingin anda buat. Apakah anda menemukan topik tersebut? Janganlah memulai topik baru, namun tanggapi topik yang sudah ada. Dengan demikian, diskusi akan tetap terpusat.

    Kotak pencarian topik (di sudut kanan bawah menu Forum):

    i.pinimg.com/564x/c8/3a/82/c83a82cbb2e4be982e79047d9d30e0d5.jpg

    • Pilih sub forum yang tepat untuk topik baru anda. Misalnya, permintaan doa dalam "Doa" dan pertanyaan tentang patah hati di "Persahabatan dan hubungan. Setelah anda meng-klik pada sub forum yang sesuai, anda dapat mengklik pada tombol 'Buat topik baru'.
    • Pikirkanlah judul topik yang menggambarkan isi topik, buatlah judul sejelas dan sedetail mungkin. Jadi bukan 'Piknik' tapi 'Piknik dan Makan Bersama di Surabaya. Bukan "Permintaan doa" tapi "Permintaan doa untuk ibu saya yang sedang sakit". Bukan "Pertanyaan" tapi "Bagaimana saya tahu dia pasangan hidupku?". Judul topik tidak dapat diubah lagi. Hanya moderator yang dapat mengubah judul topik agar menjadi lebih jelas bagi anggota lain.
    • Anda juga tidak bisa memindahkan topik ke sub forum yang lain. Anda tidak dapat menghapus topik. Apakah anda membuat kekeliruan? Hubungilah admin, mereka mungkin dapat mengubahnya untuk anda.
    • Tuliskanlah posting awal tentang pernyataan atau pertanyaan anda dengan jelas. Posting awal mengenai topik yang serius perlu didukung dengan penelitian dan bukti.

    23 januari 2018 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • JODOHKRISTEN

    29 juli 2015

    Menanggapi topik

    • Apakah anda melihat topik diskusi di mana anda ingin berbagi pendapat anda? Kunjungilah topik tersebut dan klik pada "Kirim tanggapan".
    • Jagalah agar diskusi tetap relevan dan pada jalur topik.
    • Bukan chat: Forum tidak dimaksudkan untuk berbagi pesan singkat dengan 1 orang secara bolak-balik dalam waktu singkat, sehingga terlihat seperti chatting. Hal ini membuat topik terlalu panjang, dan biasanya isinya tidak relevan bagi orang lain.
    • Apakah Anda ingin menanggapi posting tertentu? Gunakanlah link 'Kutip' pada posting tersebut, dengan demikian pesan yang akan anda tanggapi tercakup dalam posting anda. Hal ini akan memperjelas diskusi. Apabila mengenai posting yang panjang, kutiplah sebagian saja dari posting tersebut: kutipan atau beberapa point yang penting. Sehingga diskusi menjadi mudah dibaca.
    • Periksalah ejaan atau kekeliruan lainnya pada posting anda.
    • Anda dapat mengubah pesan anda dengan mencari posting anda dan klik pada link "Ubah". Pada saat mengubah pesan anda, pertimbangkanlah juga kepentingan orang lain yang sudah telanjur menanggapi pesan anda. Karena alasan ini pula, anda tidak bisa mengubah pesan yang sudah diposting lebih dari 24 jam.
    • Anda tidak dapat menghapus posting forum.

    16 februari 2016 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • JODOHKRISTEN

    28 september 2015

    Bagi anggota yang mengakses Jodoh Kristen via perangkat seluler atau tablet, dapat menggunakan kode-kode berikut ini untuk memposting di Forum:

    [b]Bold[/b]

    [i]Italics[/i]

    [u]Underline[/u]

    [s]Strikethrough[/s]

    [q]Quote[/q]

    [list][*]Bulleted list item 1[*]Bulleted list item 2[/list]

    [list=1][*]Numbered list item 1[*]Numbered list item 2[/list]

    [color=#ff0000]Text color red[/color]

    [background=#f9f82e]Text marker yellow[/background]

    Hex codes untuk warna huruf yang tersedia:

    • Red: #ff0000
    • Firebrick red: #b22222
    • Brown: #8b4513
    • Dark goldenrod: #b8860b
    • Orange: #ff8c00
    • Olive: #808000
    • Green: #228b22
    • Teal: #008080
    • Dodger blue: #1e90ff
    • Blue: #0000ff
    • Navy blue: #000080
    • Magenta: #8b008b
    • Blue violet: #8a2be2
    • Magenta: #ff00ff
    • Pink: #ff1493
    • Gray: #9c9c9c

    Hex codes untuk warna blok yang tersedia:

    • Yellow: #f9f82e
    • Pink: #ff4da4
    • Blue: #77b6e8
    • Green: #95e75c
    • Orange: #ff8300

    28 september 2015 diubah oleh JODOHKRISTEN

  • JODOHKRISTEN

    15 juni 2017

    Penjelasan tentang "Menanggapi topik: Bukan chat"

    (Slow) chat: adalah apabila posting berupa obrolan berkepanjangan sehingga melenceng dari topik yang diangkat dan menjadi tidak relevan bagi anggota lainnya.

    Dalam memoderasi, kami juga sudah mengambil kebijakan dengan tidak terlalu ketat dan memperbolehkan 1-2 obrolan akan tetapi obrolan yang berkepanjangan dan dilakukan oleh banyak orang akan menenggelamkan topik yang diangkat.

    Kami juga menyadari bahwa anggota memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi secara santai sehingga memberikan kebijakan atau kelonggaran dengan membuat topik Kedai Kopi dan Teh: www.jodohkristen.com/topic/599/ serta memperbolehkan 'slowchat' pada topik yang tidak mengangkat tema tertentu yaitu topik grup berdasarkan lokasi atau etnis (di mana pembuatan topik baru berdasarkan etnis sudah tidak diperbolehkan lagi: www.jodohkristen.com/topic/2340/).

    Mari kita hormati kepentingan bersama <3

    Tuhan memberkati O:)

  • JODOHKRISTEN

    29 juni 2017

    Mengutip pemahaman dari saudari MENUK766 mengenai slowchat (terima kasih saudari Menuk yang terkasih atas bantuannya :up:):

    Shalom.. Jika saya boleh berpendapat, Benang merahnya disini itu adalah "Kepentingan Bersama", jadi TIDAK didominasi oleh satu atau dua anggota saja.

    ....

    Gunanya forum kan utk mengobrol [berdiskusi - red] bersama anggota forum bukan untuk mengobrol dgn satu atau dua atau beberapa anggota saja terlebih jika itu panjang lebar tentu akan sedikit mengganggu anggota lain yg tidak mengerti dengan obrolan yg dilakukan oleh satu atau dua atau beberapa anggota tersebut sehingga fungsi forum menjadi bergeser bukan utk mewadahi topik yg diulas melainkan mewadahi topik yg BUKAN menjadi ulasan.

1 – 8 dari 8Topik ditutup