Dating site Kristen pertama dan terbesar di Indonesia

Daftar sekarang secara gratis

Apakah Ada Dosa BESAR dan Dosa KECIL

ForumAlkitab

26 – 50 dari 500    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3 ... 20  Selanjutnya Kirim tanggapan

  • JOSEPH794

    11 Oktober 2017

    SAULINA744 tulis:

    Hahahah sip ko

    Jd tdk ada di saat apa pun yah kita tdk menjadi kudus? Kesimpulannya kita tetap kudus walaupun kita telah melakukan banyak dosa di dunia. Am I right babe?

    Berarti kesimpulannya percaya atau mengimani itu ada macam-macam nya dong ko. Lantas apa yg terjadi jika saya hanya mengimani bahwa Yesus sanggup mengusir setan atau menyembuhkan segala penyakit?

    betul de.. kita kehilangan kekudusan,  hanya pda saat kita berbalik tdk percaya yesus.. bukan berarti jg jdi bebas buat dosa mentang2 sudah dikuduskan untuk selama nya.. bagi kita yg percaya berlaku roma 13:1-6 pemerintah itu wakil allah di dunia.. kita tunduk thdap hukum negara,  ketika kita berbuat dosa atau kesalahan murka allah tetap turun.. hukuman penjara dan sanksi sosial merupakan murka allah thadap kita.. sperti cth mencuri,  selain dpt dipenjara efek lain nya kita tdk lagi dpercaya orang lain..

    jenis percaya/iman jg macem2 de.. percaya allah itu ada.. percaya yesus dpt melakukan muzizat,  percaya nama yesus dpt usir setan.. percaya thdap perbuatan baik merupakan bentuk ajaran kasih yesus.. smua jenis percaya ini tidak membuat kita memperoleh hidup kekal jenis percaya ini yg bahaya sperti di matius 7:21

    jenis percaya yg terpenting adalah kita percaya bahwa yesus adalah tuhan dan juruselamat yg telah mati dikayu salib bangkit pda hari ke 3 dan oleh krn darah nya kita telah ditebus dri dosa2 kita dan dikuduskan 1x untuk selama-lamanya

  • GRACIA048

    11 Oktober 2017

    @ joseph794  yg dimaksud dgn kalimat..........  dan dikuduskan 1x untuk selama2nya   spt apa bro mohon pencerahannya? mungkin pertany ini di luar topik ttg dosa besar  dan dosa kecil? setau sy kekudusan itu harus diperjuangkan krn  kita  masih hidup dlm kedagingan.jd kekristenan itu harus mengalami suatu pemprosessan . via  YESUS  Kristus dan ROH KUDUS

    Seperti  di nas Lukas 9: 23 Kata-Nya kepada mereka semua."Setiap orang yang mau mengikut Aku,ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya  setiap hari dan mengikut AKU.

    jenis percaya/iman jg macem2 de.. percaya allah itu ada.. percaya yesus dpt melakukan muzizat, percaya nama yesus dpt usir setan.. percaya thdap perbuatan baik merupakan bentuk ajaran kasih yesus.. smua jenis percaya ini tidak membuat kita memperoleh hidup kekal jenis percaya ini yg bahaya sperti di matius 7:21  .( yg saya ingin tanykan   bgm kita untuk memperoleh hidup kekal menurut versi bro?)

    ini hany sharing...

  • JOSEPH794

    11 Oktober 2017

    GRACIA048 tulis:

    @ joseph794  yg dimaksud dgn kalimat..........  dan dikuduskan 1x untuk selama2nya   spt apa bro mohon pencerahannya? mungkin pertany ini di luar topik ttg dosa besar  dan dosa kecil? setau sy kekudusan itu harus diperjuangkan krn  kita  masih hidup dlm kedagingan.jd kekristenan itu harus mengalami suatu pemprosessan . via  YESUS  Kristus dan ROH KUDUS

    ini hany sharing...

    bahas n sharing nya satu2 ya sis.. biar ga kpnjangan n member laen ga males n bt buat baca ny..

    ibrani 10:10 "dan karena kehendak nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh yesus kristus"

    coba dimaknai 1x untuk selama ny oleh tubuh yesus.. apakah ada cara lain untuk menguduskan kita.?  

    yg dperjuangkan itu percaya kita sis.. bukan memperjuangkan mengejar kekudusan.. skali kita kluar dri ksh karunia.. skali kita tdk percaya slesai sudah..

    apakah ketika kita melakukan dosa sperti dosa yg dtulis sis saulina kita menjadi tidak kudus atau tetap kudus.?  gmana mnrt sis.?

  • 12 Oktober 2017

    Apakah nomor 6 patut dan layak disamakan dengan dosa?

    SAULINA744 tulis:

    Dear guys ... dosa yang saya tuliskan dibawah ini

    ...

    6. Marah - Marah

    • Bolehkah pria marah terhadap pasangannya?

    www.jodohkristen.com/topic/1707/

    • M A R A H ? Bagaimana cara menghadapi &Solusi nya, nyook Share

    www.jodohkristen.com/topic/922/

    12 Oktober 2017 diubah oleh ZEGA376

  • JOSEPH794

    12 Oktober 2017

    shallom bro zega sbnerny link yg bro zega sdh mjwb pertanyaan bro.. ini saya quote jwban saya tkut ny bro zega lum baca.. marah yg tak terkendali bisa membuat orng berbuat jahat..

    JOSEPH794 tulis:

    marah nya selama msh dlm penguasaan diri ga gpp bro.. yesus jg pernah marah koq.. yg jdi mslh klo marah kita jdi ga terkontrol,  itu yg menjadi dosa.. bahkan dlm matius 5:21-22 yg membunuh dan yg marah hrus sama2 dihukum..

  • FERNANDO207

    12 Oktober 2017

    Lihat dibungkusnya, siapatau ada berat dosanya brp tertulis disitu :3

  • JOSEPH794

    12 Oktober 2017

    FERNANDO207 tulis:

    Lihat dibungkusnya, siapatau ada berat dosanya brp tertulis disitu :3

    wkwkwkwkwkwk.. di bungkusnya cuma ada tulisan.. dosa-dosa mu dan kesalahan mu sudah tidak ku ingat2 lg..

  • JACK973

    12 Oktober 2017

    FERNANDO207 tulis:

    Lihat dibungkusnya, siapatau ada berat dosanya brp tertulis disitu :3

    Adanya stempel "HALAL" di bungkusnya.. Haha..  :-)

  • JOE762

    12 Oktober 2017

    JOSEPH794 tulis:

    biasa ny orang yg sudah percaya yesus tidak mungkin melakukan kesalahan berulang kali de..cnth nya: bilang cinta sama pasangan hidup nya tpi selingkuh nya berkali2,  apa bisa kita bilang dia cinta sma pasangan hidup nya.?

    stiap perbuatan dosa yg kita lakukan pasti akan menimbulkan rasa bersalah dlm hati.. yg jdi mslh ny dan sangat berbahaya ntu ketika kita berbuat dosa kita merasa gagal untuk hidup kudus,  merasa bwa kita tdk kudus lg..

    jadi orang yg melakukan kesalahan berulangkali, sebenarnya belum percaya Yesus dong...... :-D

  • JOSEPH794

    12 Oktober 2017

    JOE762 tulis:

    jadi orang yg melakukan kesalahan berulangkali, sebenarnya belum percaya Yesus dong...... :-D

    kita ambil cth domba sma babi ya bro.. ktika domba jatuh ke kubangan lumpur dia akan mcba kluar dri kubangan itu.. tetapi babi ketika melihat kubangan dia akan menceburkan diri bhkan menjerit ketika ad yg cba mengeluarkan nya..

    saya percaya bahwa roh kudus yg ad di dlm kita akan menuntun kita menjadi pribadi yg lbh baik hari lepas hari..

    krn tuhan tau kita msh hidup di dunia ini sperti ada tertulis roh memang penurut tpi daging lemah..

    pernyataan saya "biasa nya orang sdh percaya tdk mungkin melakukan dosa berulang kali"  memberikan makna ada keinginan atau niat dri kita untuk berubah untuk tidak mengulangi kesalahan lgi atau keluar dri kubangan lumpur.. " tetapi gmana jika ia jatuh lg ke dosa yg sama., ya tinggal dilihat apakah dia malah berenang di kubangan itu atau dia mencoba keluar kembali.. klo dia berkubang lg tdk mcba untuk keluar bisa dipastikan dia memang tidak percaya dri mula nya..

    sgni dlo pjelasannya.. kepanjangan jg nti mles ny baca nya :)  

  • 12 Oktober 2017

    Bro Joseph, penjelasan mu greget bro... :D

  • JOSEPH794

    12 Oktober 2017

    EZTHY758 tulis:

    Bro Joseph, penjelasan mu greget bro... :D

    makasish sis ezthy..

    sbenerny cth alkitabiah ny bisa diambil dri cth 2 murid yesus.. yudas dan petrus.. yudas dri awal mempunyai jiwa penipu yoh 12:6 tpi yesus mempercayai dia sbgai bendahara.. sayang ny yudas tetap berkubang di dosa ny bahkan demi 30 keping perak dia mjual yesus.. banding kan dengan petrus yg menyangkal yesus 3x.. tetapi petrus meyesal akan kesalahan nya mat 26:75

  • 12 Oktober 2017

    Apakah ada dosa besar dan ada dosa kecil? Bagi saya jawabannya bisa Ya, bisa tidak. Tergantung dalam konteks apa kita berbicara.

    Jika kita berbicara bahwa semua dosa membawa (relasi) kita menjauhi Allah, jawabannya, semua dosa sama.

    Jawaban Ya, jika konteksnya : semua dosa (nilainya) tdk sama.

    Dimisalkan: si A mencuri mangga pak Raden dibandingkan dengan si B membunuh Ayah kandungnya sendiri. 2-2 nya berdosa, tetapi kadar nya Jauh berbeda.

    Sy percaya, Allah adalah hakim yang Adil, Dia akan mengadili dengan kasih.

    Sy mengambil acuan dari link berikut : www.ekaristi.org/forum/viewtopic.php?t=2815

    12 Oktober 2017 diubah oleh MOMON311

  • GRACIA048

    12 Oktober 2017

    bahas n sharing nya satu2 ya sis.. biar ga kpnjangan n member laen ga males n bt buat baca ny..

    ibrani 10:10 "dan karena kehendak nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh yesus kristus"

    coba dimaknai 1x untuk selama ny oleh tubuh yesus.. apakah ada cara lain untuk menguduskan kita.?

    yg dperjuangkan itu percaya kita sis.. bukan memperjuangkan mengejar kekudusan.. skali kita kluar dri ksh karunia.. skali kita tdk percaya slesai sudah..

    apakah ketika kita melakukan dosa sperti dosa yg dtulis sis saulina kita menjadi tidak kudus atau tetap kudus.? gmana mnrt sis.?

    ttg kekudusan 1 x untuk selama-lamanyayg bro tekankan pada ibrani 10:10  harap bro baca secara keseluruhan  injil  IBRANI  10: 1-18  arti judul perikopnya aj itu TENTANG PERSEMBAHAN YANG SEMPURNA

    Dimana  isinya tentang  2 bentuk korban persembahan yg terdiri dari:

    1) di ayat  1-8.  dan ayat 11  ( bahwa  korban pesembahan di jaman taurat bila u penghapusan dosa para imam melakukan korban via  di ay 4    membawa  darah lembu ato darah domba untuk menghapusan dosa) mk para iman pada jaman taurat sering melakukan persembahan korban penghapusan dosa sebagai  untuk  tebus dosa untuk mencapai keselamatan.. .( dimana ayat 1- 2)

    2) sdgkan persembahan korban yg sempurna  ( ay 10  pengertiannya  harap bro jgn menekankan pada kalimat  dikuduskan 1x untuk selama-lamanya  pengertianya sgt rancu bila tidak di beri penjelasan maksud dr  1x dikuduskan untuk selama2nya itu pengertianya spt ap?

    sedangkan klo kita baca sec keseluruhanya itu ttg keselamatan yg sempurna melalui pengorbanan TUHAN YESUS KRISTUS di kayu salib .memang yg dimaksud  1 kali dikuduskan  itu maksudnya adl dimana , artinya gak mungkin TUHAN YESUS  kembali ke dunia  menjadi manusia  spt kejadian pada 2000 thn yg lalu dimana TUHAN YESUS  yg diutus  o/ BAPA untuk turun kedunia sebagai manusia untuk menebus dosa manusa lagi

    sedangkan paket keselamatan yg TUHAN BERIKAN  itu adl kita pecaya mengenai KelahiranNYA , KematianNYA dan KebangkitanNYA dan menanti KedatanganNYA untuk ke2xnya  untuk menjemput   kita sebagai mempelaiNYA  dan memerintah bersama2 dgn DIA..

    tp jgn salah bro  kekeristenan  tidak hany percaya dan  meneriman TUHAN YESUS sebagai  Tuhan dan JURUSELAMET   saja bro, tetapi kekeristenan juga harus melakukan karya keselametan itu secara terus menerus spt paulus aj  melakukan spt di  FILIPI  2: 12- 19 PERIKOPNYA /JUDULNYA  TENTANG  TETAPLAH KERJAKAN KESELAMATANMU. ayat 12  isinya

    Hai saudara-saudaraku, yang  kekasih,kamu senantiasa taat;karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar....... baca sampai habis di ayat 19)

    catt tentang  kekudusan dan dikuduskan 1x di ayat ibrani 10:10 berbeda bro... untuk ibrani 10:  10 penjelasannya ud di atas . sdgkan kekeristenan diajarkan  untuk hidup kudus krn TUHAN  yg kita sembah adl TUHAN YG KUDUS.

    dgn kata lain  bahwa bila kita berdosa gak mungkin kita bisa  menghadap TUHAN yg  KUDUS mk di alkitab terdapat sebagai contoh bila kita marah jgn sampai matahari terbenam mksd kita harus  bereskan . dan mengenai  pertany bro ttg toipik  sist saulina 774 ttg dosa besar ato kecil dihub  apkah itu,   kita kudus ato tidak kudus sy katakan,  bila dlm diri kita masih  ad dosa  berarti tidak kudus krn  TUHAN YG KITA SEMBAH adl TUHAN YANG KUDUS.

    spt ad di alkitab  yg menjadi penghalang km dgn ALLAH adl DOSA .

    jd kekeristenan  adl merupakan suatu proses  tidak semata2 hany percaya dan terima  TUHAN YESUS  dikuduskan  trus ttg dosa kita   kita abaikan..jgn  salah.

    Seperti di nas Lukas 9: 23 Kata-Nya kepada mereka semua."Setiap orang yang mau mengikut Aku,ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut AKU.

    arti setiap hari  itu berarti kita harus mematikan kedagingan kita  yg biasa di artikan manusia lama kita . untuk menuju menjadi manusia baru spt di GALATIA 4: 17-32

    mk kenapa TUHAN YESUS  memberi ROH PENOLONG / ROH KUDUS kepada kita  krn DIA  tau bahwa kita org yg lemah  krn daging ini yg sulit untuk di taklukkan hany melalui ROH KUDUS lah kita bisa  .

  • 12 Oktober 2017

    JOE762 tulis:

    jadi orang yg melakukan kesalahan berulangkali, sebenarnya belum percaya Yesus dong...... :-D

    Hehehe #Gubraks... klo gitu, saya dimasukkan ke kategori ini donk....hiks

  • JONY310

    12 Oktober 2017

    GRACIA048 tulis:

    sedangkan klo kita baca sec keseluruhanya itu ttg keselamatan yg sempurna melalui pengorbanan TUHAN YESUS KRISTUS di kayu salib .memang yg dimaksud  1 kali dikuduskan  itu maksudnya adl dimana , artinya gak mungkin TUHAN YESUS  kembali ke dunia  menjadi manusia  spt kejadian pada 2000 thn yg lalu dimana TUHAN YESUS  yg diutus  o/ BAPA untuk turun kedunia sebagai manusia untuk menebus dosa manusa lagi

    tp jgn salah bro  kekeristenan  tidak hany percaya dan  meneriman TUHAN YESUS sebagai  Tuhan dan JURUSELAMET   saja bro, tetapi kekeristenan juga harus melakukan karya keselametan itu secara terus menerus spt paulus aj  melakukan spt di  FILIPI  2: 12- 19 PERIKOPNYA /JUDULNYA  TENTANG  TETAPLAH KERJAKAN KESELAMATANMU. ayat 12  isinya

    catt tentang  kekudusan dan dikuduskan 1x di ayat ibrani 10:10 berbeda bro... untuk ibrani 10:  10 penjelasannya ud di atas . sdgkan kekeristenan diajarkan  untuk hidup kudus krn TUHAN  yg kita sembah adl TUHAN YG KUDUS..

    jd kekeristenan  adl merupakan suatu proses  tidak semata2 hany percaya dan terima  TUHAN YESUS  dikuduskan  trus ttg dosa kita   kita abaikan..jgn  salah.

    Seperti di nas Lukas 9: 23 Kata-Nya kepada mereka semua."Setiap orang yang mau mengikut Aku,ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut AKU.

    arti setiap hari  itu berarti kita harus mematikan kedagingan kita  yg biasa di artikan manusia lama kita . untuk menuju menjadi manusia baru spt di GALATIA 4: 17-32

    mk kenapa TUHAN YESUS  memberi ROH PENOLONG / ROH KUDUS kepada kita  krn DIA  tau bahwa kita org yg lemah  krn daging ini yg sulit untuk di taklukkan hany melalui ROH KUDUS lah kita bisa  .

    Cerdas..!! Ini baru pemahaman yang bener, baca alkitab mmg harus liat secara keseluruhan, liat jg konteksnya, bukan asal comot ayat per ayat aja

  • 12 Oktober 2017

    @ kk Gracia....: hiiiy panjang bangeet....

    "mk kenapa TUHAN YESUS  memberi ROH PENOLONG / ROH KUDUS kepada kita  krn DIA  tau bahwa kita org yg lemah  krn daging ini yg sulit untuk di taklukkan hany melalui ROH KUDUS lah kita bisa  ." <-- sy Setuju....

    Hidup Kudus dihadapan Allah (sambil mengejar kekudusan) : jalani pangggilan hidup kita masing2 sambil atasi semua kelemahan kita (bongkibulgelimama =somBONG, KIkir, caBUL, GElojoh (rakus), Iri, MArah, MAlas- 7 Kelemahan/ akar dosa ), laksanakan 10 perintah Allah, (rajin2 ngaku dosa (bagi yg katolik)), sangkal diri, pikul salib ikutlah Yesus.

    12 Oktober 2017 diubah oleh MOMON311

  • TASYA351

    12 Oktober 2017

    seruu

    12 Oktober 2017 diubah oleh TASYA351

  • JOSEPH794

    12 Oktober 2017

    ibrani 10 itu memang mbicarakan tentang korban penghapus dosa.. klo saya jelas mengimani penghapus dosa yg dlakukan oleh yesus kristus

    ibrani 10:10 dikuduskan 1x untuk selama nya oleh persembahan darah kristus..

     1x itu ketika kapan.?

    selama nya itu sampe kapan.?  

    sis nanya sperti apa pengertian ayat 10 pdhal sdh saya jelaskan diatas.. cba deh jwb apa yg saya tanya..

    ketika kita berbuat dosa krn kita msh manusia,  kita tetap kudus tidak.?  ato kudua kita hilang.?

    klo kudus kita hilang dengan cara apa kita dikuduskan.?

    filipi 2:12-18 cba baca n fokus di ayat 13 siapa yg mengerjakan ny..?  

    tpi ini nanti kita sharing ny sis.. biar ga jdi panjang

    kita sharing yg ibrani 10:10ya..n tolong djwb pertanyaan saya..

  • JOSEPH794

    12 Oktober 2017

    JONY310 tulis:

    Cerdas..!! Ini baru pemahaman yang bener, baca alkitab mmg harus liat secara keseluruhan, liat jg konteksnya, bukan asal comot ayat per ayat aja

    maaf bro jony saya memang kurang cerdas :)  msh belajar.. bisa dibantu jwb pertanyaan saya

    ibrani 10:10 1x dikuduskan untuk selama nya oleh persembahan darah kristus

    1x ketika kapan.?

    selama nya sampe kapan.?

    manusia msh dpt berbuat dosa.. ketika berbuat dosa.. dia tetap kudus ga.?  ato kudus nya hilang.?

    klo hilang dengan cara apa dia dikuduskan kembali.?

    tolong dibantu jwb nya mas jony,  spy saya jdi cerdas maklumin ya msh belajar

  • TASYA351

    13 Oktober 2017

    coba jawab walaupun lum cerdas

    1x ketika yesus disalib

    selama nya sampai meninggal

    ketika berbuat dosa,  tetap kudus

    lalu bebas berbuat dosa.?

  • IMANUEL425

    13 Oktober 2017

    Sebelumnya maaf,  menurut saya dosa tidak melihat ukuran besar atau kecil.

    SAULINA744 tulis:

    Dear guys saya mau mendiskusikan apakah hal di bawah ini memiliki kadar dosa yang sama dihadapan Tuhan atau berbeda-beda kadar nya dari setiap dosa yang saya tuliskan dibawah ini

    1. Korupsi

    2. Zinah

    3. Mencuri

    4. Membunuh

    5. Berbohong

    6. Marah - Marah

  • 13 Oktober 2017

    Wew...tambah panas..... :-)

    Wafat Yesus di salib untuk menebus umat manusia dari kematian.

    Sejak di Babtis kita secara langsung di beri rahmat pengudus, yang akan menguduskan kita sehingga layak disebut anak-anak Allah, tapiii...karna kita sering jatuh dalam kelemahan2 kita yang mengakibatkan kita jatuh dalam dosa, sehingga kita sedikit menjauh dari Allah.

    Dengan pertolongan Roh Kudus, kita disadarkan untuk bertobat, dan berusaha ubtuk tdk jatuh dalam kelemahan.

    Kelemahan2 kita ini bisa dikatakan dosa2 kecil( munurut nilainya), tapi jika kita sering bahkan selalu jatuh dalam kelemahan itu terus, bisa menjadikan kita "buta" akan dosa itu sendiri, sehingga kita berada dalam dosa besar.

    Dosa2 kita memang telah dihapuskan oleh Tuhan Yesus, tetapi konsekwensinya tetap ada.

    (Mungkin bagi non katolik pernyataan ini akan di tentang, tetapi bagi teman2 katolik, konsekwensinya kita akan masuk ke dalam api penyucian tetapi bukan maut). Rahmat pengudus membantu kita untuk tdk jatuh dalam maut (neraka).

    Sebaiknya case2 gini, kita dibantu oleh moderator2 yg kompeten, sehingga kita bisa dijelaskan dan dimengertikan. Karna ini menyangkut iman.

    13 Oktober 2017 diubah oleh MOMON311

  • JOSEPH794

    13 Oktober 2017

    MOMON311 tulis:

    Wew...tambah panas..... :-)

    Dosa2 kita memang telah dihapuskan oleh Tuhan Yesus, tetapi konsekwensinya tetap ada.

    ga ad yg tambah panas koq.. mungkin tambah bingung ya..  :)

    ibrani 10 jelas ttg 2 cara penghapus dosa.. nah sis sama saya sma2 percaya dgn cara terakhir lwt tubuh kristus

    ibrani 10:10 "dan karena kehendaknya inilah kita telah dikuduskan 1x utk selama-lamanya oleh persembahan tubuh yesus kristus"

    nah pertanyaan saya dri kmrn kan simple lho

    1x itu kapan.?

    selama-lama nya itu sampe kapan.?

    klo kita berbuat dosa sperti sis saulina tulis,  kita tetap kudus ga.?  klo ga kudus,  dengan cara apa kita dikuduskan kembali.?

    simple kan

    ttg bebas berbuat dosa n ada konsekuensi ny sdh saya terangkan diatas.. tpi nti kita sharing lg klo lum jelas.. untuk saat ini saya mo jwban nya sperti apa..

  • GRACIA048

    13 Oktober 2017

    skg coba dr bro sendiri  yg jawab krn  bro yg memberi  

    brani 10:10 "dan karena kehendaknya inilah kita telah dikuduskan 1x utk selama-lamanya oleh persembahan tubuh yesus kristus"

    pengertinnya itu bgm...?

    nah pertanyaan saya dri kmrn kan simple lho

    1x itu kapan.?

    selama-lama nya itu sampe kapan.?

    klo kita berbuat dosa sperti sis saulina tulis, kita tetap kudus ga.? klo ga kudus, dengan cara apa kita dikuduskan kembali.?

    coba bro yg jwb dr pertany bro yg diatas?

    13 Oktober 2017 diubah oleh GRACIA048

26 – 50 dari 500    Ke halaman:  Sebelumnya  1  2  3 ... 20  Selanjutnya Kirim tanggapan